Tips Menjadi Blogger Professional

Share:
Saya memiliki blog ini sejak tahun 2007 dan memutuskan untuk monotize blog ini sejak 2016. Dulu mungkin menjadikan blogger sebagai profesi adalah sesuatu diluar perkiraan. Menjadi blogger seringkali hanya menjadi penyaluran hobi. Tapi kini, menjadi blogger juga bisa menjadi profesi. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadi blogger profesional.

Mengapa kita harus menjadi blogger profesional, karena salah satu sumber pendapatan bisa diperoleh dengan menjadi blogger profesional. Saya sendiri selalu berusaha menjadi blogger profesional walaupun sekarang masih menjadi blogger part time karena saya masih terikat pekerjaan kantor. 
 
cara menjadi blogger profesional
Sumber foto : pixabay.com
Nah, kira-kira apa yang harus dilakukan untuk menjadi blogger profesional? 

Datang Tepat Waktu

Seringkali menjadi blogger itu kerap kali di undang menghadiri berbagai undangan. Nah tentunya sebagai blogger profesional, kita harus datang tepat waktu. Misalnya undangan jam 10 ya kita usahakan datang pukul 10.00 WIB. Kalaupun telat sekitar 10 menit karena alasan mendesak masih masuk akal. Tapi kalau telat berjam-jam dan nggak ada kabar, tolong pikirkan lagi apakah masih ingin menjadi blogger profesional atau tidak. Datang tepat waktu itu juga seringkali memberikan kesempatan untuk bisa memikirkan angle foto terbaik sesuai pilihan.

Kerjakan Tugas Sebaik Mungkin

Saya paham kerja sebagai blogger itu tuntutannya banyak. Untuk menghadiri acara, seringkali blogger diminta untuk live tweet dengan tagar dan target trendding topic, live instagram, posting instagram. Bahkan ditentukan sejak awal deadline posting tulisan kapan dan jam berapa. Bagi saya, wajib hukumnya untuk mengerjakan tugas semaksimal mungkin. Misalnya diminta live tweet ya live tweet, kalau harus posting instagram 3 ya penuhi. Begitupula soal target posting tulisan di blog maka tepatilah. Selain itu janganlah menulis di blog ala kadarnya jika kita diberikan kerjaan sebagai blogger. 
tips menjadi blogger yang baik
Foto : pixabay.com

Tak Mudah Baper

Saya pribadi berusaha untuk tak mudah baper saat memutuskan menjadi blogger profesional. Misalnya nih saat saya nggak di undang di sebuah acara ya lebih baik diam aja daripada saya mengeluh di media sosial karena saya nggak di undang. Termasuk soal pembayaran fee, jika ada yang belum selesai pembayaran atau pembayaran di tunda, saya memilih menghubungi pihak pengundang atau menghubungi teman yang kerja bersama saya di bandingkan harus tulis di media sosial sambil ngeluh karena pembayaran tertunda. 

Menjaga Etika
Jadi blogger itu membuat saya harus semakin belajar beretika yang baik. Etika yang baik itu penting banget sebagai ciri seorang blogger profesional.

Misalnya saat di undang di sebuah acara, jangan lupa temui pengundang dan mengucapkan terima kasih. Begitupula saat pulamg dari acara. Mungkin terlihat sepele tapi percayalah ini akan membuat kita menjadi blogger profesional. Jangan lupa bergaul dengan teman-teman blogger yang lain sehingga kita semakin akrab.

Tingkatkan DA/PA dan Pageview

Menjadi blogger nggak hanya urusan posting tulisan saja. Tapi ada banyak yang bisa dilakukan untuk menjadi blogger profesional. Meningkatkan DA/PA juga menjadi target sebagai blogger yang kerap kali diminta oleh pengundang. Begitujuga untuk pageview. Jadi, jangan lupa untuk share tulisan teman-teman sehingga banyak yang membaca dan pageview pun melonjak.

Bergabung dengan Berbagai Komunitas

Menjadi blogger itu membuat kita sebaiknya bergabung dengan berbagai komunitas. Sekarang ada berbagai komunitas blogger yang bisa diikuti. Mulai dari Blogger Perempuan, Komunitas Emak-Emak Blogger, BloggerCrony, Blogger Depok City dan tentunya masih banyak lagi. Akan banyak informasi yang diperoleh dengan bergabung dengan komunitas. Sst, sapa tahu juga sering dapat job. Hhehehe 
Ya ini sebagaian tips menjadi blogger menurut saya. Mungkin ada teman-teman yang juga punya tips untuk menjadi blogger profesional? 


18 komentar:

  1. Wah bener banget nih teh.... makasih ya infonya.

    BalasHapus
  2. Bener nih, makasih tipsnya mba, salam kenalll

    BalasHapus
  3. Lam kenal yah..informatif sekali

    BalasHapus
  4. Thanks mbak tipsnya. Bisa refleksi diri terhadap apa dijalankan selama ini. Sukses terus mbak.

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas sharing tipsnya. Sambil baca artikel mbak ini sekalian saya ngoreksi diri saya sendiri. Mudah-mudahan kedepannya bisa menjadi blogger profesional dan berpenghasilan tentunya. Hehehe.

    BalasHapus
  6. Makasih Mbaa sharing bermanfaatnya. Jadi blogger profesional nggak lain debgan kerja kantoran ya, harus bisa memberikan performa yg baik (:

    BalasHapus
  7. Dulu saya selalu ontime , tapi sejak punya bayi kadang mepet sampai lokasi.

    BalasHapus
  8. Semoga saya bisa menjadi blogger profesional juga nih.. bermanfaat banget

    BalasHapus
  9. Mau belajar jadi blogger pro juga ah, terimakasih Mba.

    BalasHapus
  10. Kalau yang ini tambahan sih mbak, yaitu memiliki engagement yang baik di sosmed, katakanlah punya fanspage fb dan follower di twiter serta instagram... tapi susah mencapainya,, saya masih belum bisa,,, hahahah...

    Biasanya blogger pro berbanding lurus sebagai influencer

    BalasHapus
  11. Waaahhh. super banget tips mbak Alida ini :) Memang betul ya menjaga etika kita itu penting sekali. Meningkatkan DA/PA juga harus deh. Senang aja kalau banyak pembacanya dan apa2 yang kita tulis benar2 bermanfaat buat yang membutuhkan. Berarti pengunjung blo percaya dengan ulasan kita. Caring by sharing :D

    BalasHapus
  12. Akh masih jauh nih aku dari profesional. Makasih tipsnya kak. Terus belajar.

    BalasHapus
  13. Sayangnya saat ini seiring dengan semakin bnyknya blogger, banyak yg mengabaikan pentingnya attitude dan ontime datang pada saat event.

    BalasHapus
  14. Sebagai newbie dalam dunia blogger tips ini sangat membantu sekali, agar menjadi seorang blogger profesional memang harus menjadi etika ya ka dan jangan sungkan untuk belajar dan bergabung bersama komunitas blogger untuk menambah wawasan

    BalasHapus
  15. Singkat padat, jadi catatan buat aku, rasanya kaya diingatkan ya, ahahah. Aku belum bisa jadi blogger profesional.
    Masih jadi menantu rempong bagi ibu mertua, hehehe

    BalasHapus
  16. Tak mudah baper yihaaaa hehehe :D
    Yes menjaga etika wajib hukumnya ya, supaya dikenal sebagai blogger yang beretika :D
    Upgrade jg terus kualitas tulisan, medsos dll TFS tipsnya

    BalasHapus
  17. setuju banget sama semuanya. Semoga aku selalu profesional ketika menjadi blogger. Satu poin yang penting banget itu ya jangan baper! Emang bener kok kadang ada beberapa blogger yang suka nyinyir ketika dia nggak diundang. Aku pun kadang suka sedih kalau tidak diundang atau nggak diajak kerjasama. Tetapi balik lagi, mungkin memang belum rezeki kan yhaaa.... Pokoknya harus positive thinking terus deh.

    BalasHapus