Cara Menikmati Hari Libur dengan Produktif

Share:

Boleh dibilang jadwal libur saya itu tak menentu. Kadang sabtu saya masuk, terkadang saya libur. Terkadang saya libur sabtu dan minggu, terkadang pula saya masuk. Paling sering tuh saya juga libur di saat hari kerja. Kok bisa? Bisa saja karena memang jadwal kerja saya berbeda dari pekerja karyawan swasta lainnya. Karena itulah saya selalu mencari cara menikmati hari libur dengan produktif.

Saya sebetulnya memilih libur kerja saya dapat menghasilkan suatu karya yang produktif. Daripada sepanjang hari hanya rebahan tidur saja. Kalau hanya rebahan tidur saja, saya kuatir ketika masa kerja dimulai, saya malah jadi malas. Makanya, setiap kali libur kerja, saya selalu berusaha menikmati hari libur dengan produktif.
 
Sumber foto : pixabay.com
Ketika libur kerja, saya membuat jadwal saya selama libur jika ada kegiatan di luar rumah ataupun sekedar di rumah saja. Pagi hari biasanya di awali dengan persiapan sarapan dan persiapan jelang anak berangkat sekolah.

Malam hari biasanya anak saya sudah menyiapkan persiapan kebutuhan sekolahnya. Jadi malah hanya memastikan saja bahwa semuanya telah baik-baik. Setelah semuanya berjalan lancar, saya pun mengantar anak saya ke sekolah. Pulang antar anak sekolah, saya pun menyempatkan diri belanja di warung terdekat untuk membeli persiapan masak sore hari.

Pulang setelah mengantar anak sekolah, biasanya saya kemudian sarapan agar kondisi badan saya tetap fit. Terkadang saya pun menyempatkan diri untuk membersihkan rumah jika ART yang biasanya datang pagi hari belum datang.

Setelah semua saya rasa rumah bersih, baru deh saya menghabiskan diri dengan menulis blog. Biasanya saya mengagendakan selama empat jam di belakang layar laptop khusus untuk menulis blog. Setelah itu saya juga menyempatkan waktu untuk blogwalking di blog teman-teman. Blogwalking ini membuat saya semakin banyak mengenak teman-teman blogger di seluruh Indonesia.

Kalau di rumah saja, saya pun menyiapkan makan siang untuk dikonsumsi saya dan papa saya. Biasanya kami berdua makan makanan yang telah saya masak pagi hari. Setelah makan siang, saya memilih istiirahat ala ala saya.

Mulai dari menegur teman-teman di dunia maya. Atau sekedar nonton drama korea atau film yang menarik untuk saya tonton sendirian di kamar. Benar-benar memanfaatkan me time di saat libur di hari kerja.

Sambil menunggu anak pulang sekolah, biasanya saya pun menyempatkan untuk kembali menulis blog atau mengurus kerjasama klien untuk handle event blogger. Bagaimanapun event-event seperti ini tentunya membutuhkan koordinasi berulangkali.

Saya biasanya baru memasak pada sore hari. Biasanya saya memasak masakan sendirian sambil menunggu suami saya pulang kerja. Seringkali juga memasak dibantu anak saya walaupun sekedar memotong sayur atau sekedar mengaduk makanan di atas panci. Setelah itu, saya menghabiskan waktu untuk menemanin anak belajar di malam hari.

Jujur walaupun libur di hari kerja, aura kerja bagi saya masih sangat terasa. Hahhaa. Tapi ini hanya terasa ketika saat libur di hari kerja saja. Ketika libur di weekend, hampir seluruh waktu saya habiskan untuk bersama keluarga. Entah hanya sekedar nongrong bareng atau bahkan nonton film bersama-sama.

Seringkali ketika libur pun saya seringkali menghabiskan waktu dengan membaca atau jika ngantuk ya tidur. Tapi kalaupun tidur mungkin hanya 1-2 jam saja di siang hari untuk beristirahat. Tapi seringkali selalu ada aja yang saya lakukan sehingga ya itu tadi, saya masih tetap bisa menikmati hari libur dengan produkti.

Bagaimana cara teman-teman menikmati hari libur dengan produktif?


Tidak ada komentar