Peralatan Ngeblog untuk Menjadi Blogger

Share:

Peralatan ngeblog untuk menjadi blogger apa saja sih ? Nah, tulisan saya saat ini adalah untuk menceritakan tentang peralatan ngeblog apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi blogger. Namun sebelum membahas tentang peralatan ngeblog apa saja yang dibutuhkan, saya ingin berbagi awal kisah saya menjadi blogger.

Ingin menjadi blogger ? 
Semua bermula sejak saya memutuskan membuat blog pada tahun 2007. Namun waktu itu tulisan di blog saya lebih banyak berisi tulisan saat saya masih di majalah Gatra. Lalu tahun 2016, saya memutuskan untuk aktif ngeblog.

Setelah memutuskan aktif sebagai blogger, mau tak mau membuat saya harus menyiapkan berbagai peralatan agar tugas saya sebagai blogger maksimal. Menjadi blogger seringkali membuat saya harus meliput acara dan juga dituntut untuk menghasilkan karya foto yang bagus. Lalu, peralatan ngeblog apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi blogger ?

Kamera

Saya telah memiliki kamera sejak masih mahasiswa yang aktif di organisasi fotografi. Dulu masih kamera manual, tapi dengan berjalan waktu saya memilih menggunakan kamera digital. Menggunakan kamera digital memberikan kemudahan bagi saya untuk menghasilkan karya foto terbaik. Setelah aktif ngeblog, saya memutuskan menabung uang hasil kerja keras saya untuk membeli kamera Mirroless.

Laptop

Saya merasa lebih nyaman menulis di laptop. Dengan menulis di laptop, saya merasakan kemampuan menulis saya semakin terasah dan pikiran saya semakin terbuka. Ada yang merasa seperti saya ? Entah tersugesti atau nggak, itu yang saya alami. Tapi bagi saya, memiliki laptop itu menjadi barang yang wajib dimiliki untuk seorang blogger.

 Tripod

Blogger juga dituntut untuk menghasilkan foto atau video yang sempurna. Nah, untuk mendukung hasil maksimal, tripod adalah pilihan. Menggunakan tripod membuat blogger bisa mengambil video tanpa terlalu banyak goncangan yang tentunya sangat mengangu hasil video yang diinginkan. Nggak punya seseorang yang bisa membantu untuk memotret ? Tripod ini cukup membantu untuk menghasilkan karya foto terbaik.

Handphone

Bagi saya, handphone ini peralatan wajib yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Nggak kebayang deh bisa beraktifitas tanpa handphone ketika lagi mengerjakan kerjaan blogger. Loh kok bisa ? Bayangin saja, semua aktifitas blogger itu serba online. Apapun informasi selalu diperoleh melalui handphone. Nggak hanya itu saja, pekerjaan live tweet atau posting di instagram juga selalu dilakukan melalui handphone kan ?

Dengan segala kebutuhan itu, tentunya blogger harus memiliki handphone yang mumpuni namun harga terjangkau. Salah satu handphone yang saya rekomendasikan adalah Advan S6. Mengapa harus Advan S6?
Advan
Advan S6 hadir dengan panel layar penuh berteknologi IPS berukuran 5.34 inci plus resolusi 1280 x 800 p. Dengan adanya resolusi seperti ini, tentunya akan sangat memudahkan bagi blogger untuk streaming.   

Maklum menjadi blogger juga dituntun untuk streaming berbagai informasi melalui youtube. Tentunya ini harus didukung oleh handphone yang memiliki kenyamanan untuk streaming seperti yang dimiliki oleh Advan S6.

Satu hal yang saya suka dari Advan S6 ini adalah layar penuh yang dimilikinya. Jujur, saya tuh lebih senang memiliki handphone yang layar penuh dibandingkan yang tidak. Mengapa ? Ada kepuasan dan kenyamanan untuk menggunakan handphone dengan layar penuh seperti yang dimiliki Advan S6.

Lalu bagaimana dengan kualitas foto yang dimiliki Advan S6 ini ? Advan S6 ini dilengkapi dengan kamera 5 MP di sisi belakang dan 2 MP di sisi depan sehingga mampu menghadirkan karya fotografi yang baik untuk menjadi seorang blogger.

Dengan teknologi 4G LTE, WiFi, serta Bluetooth, Advan S6 ini mampu mendukung aktiftas seorang blogger. Sering kuatir baterai handphone cepat habis karena keasyikan live tweet atau streaming saat liputan sebagai blogger? Tenang saja. Advan S6 ini memiliki daya baterai 2200 mAh yang membuat baterai handphone tak mudah habis walaupun sering digunakan.  Bahkan Advan S6 ini bisa siaga 200 jam loh! Wow banget kan ?

Ingin punya peralatan ngeblog untuk menjadi blogger? Advan S6 seharga Rp 870 ribu ini bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.




32 komentar:

  1. setuju ummi semua peralatan itu emang paling dibutuhkan buat kita sebagai blogger :) alhamdulilah kupunya semua ((pamer pamer pamer)) wkwkwkkw

    BalasHapus
  2. Wah 200 jam ini waktu yang lumayan, bisa berguna banget buat aktif bloger kayak Mbak Alida ya

    BalasHapus
  3. Bener Mbak, live tweet dan streaming itu makan energi baterai banyak banget, murah ya dnegan harga segitu sudah bisa kece peralatan ngeblognya ^^

    BalasHapus
  4. Aku nggak punya tripod sama kamera nih. Semoga bisa segera punya biar bisa asik ngeblog. Btw, harga smartphone Advan memang terjangkau banget ya.

    BalasHapus
  5. Pas banget, saya sedang hunting gadget buat anak. Kayaknya sesuai nih si Advan S6 ini.

    BalasHapus
  6. Huhuhuuu...bunda cuma punya laptop ACER dan handphone doank.Advan S6 870rb? 200jam pulak? Emang woow banget. Perlengkapan bunda baru yg itu2 thok. Ada sih di batin pengen punya tripod.

    BalasHapus
  7. jaman sekarang jadi blogger kebutuhannya gak cuma laptop ya, soalnya harus update kan foto harus bagus, kalau bisa ditambah video hihi pas banget kalau ada perangkat smartphone kayak advan ini jadi gak perlu punya perangkat macem macem

    BalasHapus
  8. Untuk jadi seorang blogger yang dibutuhkan adalah internet unlimited setahun hehehe ini hp Advan canggih, harga terjangkau, favorit para blogger

    BalasHapus
  9. Sebetulnya kalau hpnya mumpuni, punya hp aja udah bisa ngeblog dengan bagus. Dalam 1 hp udah ada kamera juga. Tapi, saya juga sama kayak Mbak Alida, tetap lebih suka ngeblog pakai laptop. Kamera juga beli lagi. Meskipun begitu, tetap aja suka hp yang kualitas bagus. Apalagi murah begini kayak Advan, ya :)

    BalasHapus
  10. Wow Advan sekarang harganya murah-murah ya mba, spesifikasinya pun lumayan. Menarik! :)

    BalasHapus
  11. Sayangnya aku belum punya kamera mba 😭 mesti nabung dulu kau mau beli,
    Oiya ini hape advan speknya bagus sekali yah mna cocok buat blogging nih

    BalasHapus
  12. Wah lengkap ya mba peralatan ngeblognya, kalo aku cuma punya laptop, HP n kamera biasa..hehe.. Pokoke Alhamdulillah deh bisa mendukung aktivitas ngeblogku hehe.

    BalasHapus
  13. aku belun punya kamera mba, uhuhu
    makasi info hpnya. kebetulan lagi butuh hp baru tp yg terjangkau. belinya di grapari telkomsel ya?

    BalasHapus
  14. wah pas nih, aku enggak punya kamera dan kamera sekarang itu mehong banget, dengan advan jadi banyak fungsi!

    BalasHapus
  15. Aku ngiler pengen punya kamera ih. Sekarang bersabar dulu dan manfaatin HP dengan baik. Advan harganya emang bersahabat

    BalasHapus
  16. Wow banget ya mba fiturnya. Di bawah 1 juta juga.

    BalasHapus
  17. Btw, ngomong-ngomong kamera dan tripod, untuk melengkapi blog, saya baru aja belajar self portrait pakai tripod dan timer/ remote hihihi ternyata susah-susah gampang ya Mbaaa....

    BalasHapus
  18. Harganya murah ya mbak tapi speknya cukup buat ngeblog. Advan dengan layar penuh jadi lihatnya enak ya full

    BalasHapus
  19. Murah amat ya Advan! Aku belum pernah pakai Advan dan kira-kira Advan gimana ya baterainya? Kalau dipake buat main game, awet ga?

    BalasHapus
  20. Advan selalu jadi idola kebanyakan blogger ya Mba Lidh, dia emang bikin keren ya beserta kuotanya yang tak terbatas itu.

    BalasHapus
  21. Wah bisa standby 200 jam oke banget ini mbak hp nya jadi nggak repot bolak-balik ngecas .

    BalasHapus
  22. AKu tuh kaget pas awalnya tau ada temen blogger yang tulisannya bagus2 eh ternyata blm punya leptop lho. Salut banget mereka cuma pakai hape. Semangatnya itu lho yg patut ditiru ya saat blogging. Advan ini bisa jd henpon buat nulis ya buat tmn2 yg ngetiknya gak di leptop :D

    BalasHapus
  23. Handphone uda cakep...nanti tulisan nya juga mesti oke yaa, mba...
    Heehhe~
    Makin banyak event yang mengedukasi pembaca.

    BalasHapus
  24. Aku pengen mirrorless tapi kami udah punya banyak kamera di rmh. Hiks suamiku ga mau nambah kamera sementara ini

    BalasHapus
  25. Hp buat blogger bukan cuma buat moto-moto ya mba, tapi kalau kepepet buat nulis juga, jadi harus yang beterainya awet biar bisa ngetik lama :)

    BalasHapus
  26. Peralatan tempurku masih kurang banyak. Harus semangat lg biar bisa punya kamera dan hp inpian kayak advan ini

    BalasHapus
  27. Kamera dan tripod aku gak pernah pakai. Tapi pengen sih beli hape satu lagi, untuk support ketika ikut event blogger gitu. Satu hape untuk motret, satu lagi untuk live twiit

    BalasHapus
  28. Saya belum punya kamera sama tripod. Lagi nabung sih sekarang buat beli kamera. Oh iya, Mba Alida, saya izin share tulisannya ke twitter saya ya. Soalnya bermanfaat sekali. Heheeh.

    BalasHapus
  29. Spek lengkaonya dong mba djbahas jg, pingin tau berapa RAM nya dan internal memorynyaa

    BalasHapus
  30. tripod tuh aku punya ada 2 macem malah panjang ama pendek eh tapi malah suka ga dibawa kalo ada acara blogger

    BalasHapus
  31. tripod itu termasuk salah satu penunjang yang bikin hasil jepretan makin bagus

    BalasHapus
  32. Dulu saya sangka smartphone itu terpenting dalam hidup blogger.
    Tapi semakin kemari, saya makin setuju laptop berperan besar.
    Dan akhir-akhir ini, performa ngeblog saya turun gegara laptop serinf loadingnya lama.

    BalasHapus