Ingin Membuat Vlog dengan Kamera HP? Simak Tips Memilih Tripod HP Ini

Share:

Siapa yang ingin membuat vlog ? Apa bisa membuat vlog dengan kamera HP ? Apabila saat ini teman-teman mulai tertarik dengan dunia vlogging, tentunya membutuhkan peralatan agar hasilnya lebih maksimal. Dan tentunya juga harus menyiapkan konsep. Kalau nggak punya kamera mahal? Bisa juga gunakan kamera HP. Tapi, apa bisa membuat vlog hanya dengan kamera HP ? Teryata, agar hasil vlog lebih bagus, bisa menggunakan tripod HP
 
Tips memilih tripod. Sumber : pixabay.com
Tripod ini nantinya memudahkan ketika proses perekaman video. Memegang kamera smartphone sepanjang perekaman video akan memungkinkan hasilnya kurang bagus karena kamera cenderung bergetar dan bergerak-bergerak. Selain itu juga capek kan kalau selama ngevlog harus memegang HP ? Oleh karena itu agar video yang dihasilkan terkesan profesional, bisa memanfaatkan tripod untuk menyangga kamera. Penggunaan tripod akan membuat hasil rekaman lebih stabil.

 Memilih Tripod yang Tepat

Nah, salah satu yang harus disiapkan dan wajib ada adalah tripod. Menurut saya, menjadi vlogger sebaiknya ada tripod yang membuat tampilan gambar tidak goyang. Nggak pengen kan tampilan video terganggu karena gambarnya nggak stabil ?

Saya sendiri punya beberapa varian tripod. Dan saya lebih banyak membeli tripod melalui online shop. Membeli tripod salah satunya ya saya beli di Bukalapak. Tapi sekarang banyakbanyak varian tripod yang dapat dengan mudah dItemukan di pasaran. Akan tetapi tidak semuanya cocok dengan HP loh. Jadi, kita harus memilih tripod yang pas untuk HP. Apa saja tips memilih tripod ?

Ukuran yang fleksibel

Bukan tidak mungkin suatu saat nanti tripod ini akan dibawa ketika traveling. Agar tidak memenuhi daypack yang dibawa, maka memilih tripod yang berukuran mini bisa menjadi pilihannya. Selain itu, memilih tripod yang fleksibel ini akan memudahkan ketika menggunakannya di tempat-tempat yang tidak rata.

Ya, sebaiknya harus mengenal dulu apa tujuan membeli alat ini. Jika ingin digunakan di dalam ruangan saja, maka tidak masalah apabila memilih tripod yang bobotnya berat. Hanya saja, pastikan untuk memilih tripod yang tingginya ideal dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan ya.

Tatakan yang pas

Smartphone hadir dengan berbagai ukuran, begitu pula dengan tripod HP. Tatakan pada tripod tidak selalu cocok dengan tipe HP tertentu. Oleh karena itu pastikan tidak lupa untuk mencoba memasangkan HP pada tripod. Selain itu cek pula apakah kunci atau bagian yang menahan posisi HP cukup kuat.

Kaki tripod berlapis karet

Tripod ini nantinya akan berfungsi untuk menyangga smartphone ketika digunakan untuk mengambil foto maupun merema video. Pada kondisi tertentu mungkin akan gunakan di luar ruangan. Menggunakannya di luar ruangan memungkinkan tripod akan terkena angin, untuk itu agar tripod tidak mudah slip sebaiknya memilih tripod yang bagian kakinya dilapisi karet.

Mudah dipasang dan dilepas

Tripod akan kamu butuhkan pada saat-saat tertentu. Apalagi kamera yang digunakan adalah kamera HP, yang artinya HP tersebut juga kamu perlukan untuk kepentingan lainnya. Nah, agar lebih mudah memasang maupun melepas smartphone dari tripod, pilihlah yang bagian kuncinya mudah dioperasikan.

Kualitas atau harga?

Bisa dibilang harga tripod ini tidaklah mahal dibandingkan jenis aksesoris gadget lainnya. Kendati demikian, karena banyak yang berpikir bahwa fungsinya tidak seberapa akhirnya membuat seseorang lebih perhitungan ketika membelinya. Padahal memprioritaskan kualitas dibandingkan harga adalah keharusan loh.

Apa lagi kini banyak sekali jenis tripod yang dijual. Tentu setiap jenisnya memiliki keunggulan masing-masing. Jadi jika kamu ingin membeli tripod sebaiknya memilih tripod yang kualitasnya bagus ya. Tidak masalah jika harganya sedikit mahal, sebab ada harga ada kualitas. Lagi pula tripod ini akan sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan video vlogging kamu.

Demikianlah 5 tips yang perlu diperhatikan ketika berencana membeli tripod. Pada dasarnya fungsi semua jenis tripod ini sama, yakni sebagai penyangga HP. Namun mengingat tidak semua tripod kompatibel dengan smartphone tertentu, kamu disarankan untuk lebih teliti ketika memilihnya.

Pengen membeli tripod ? Di Bukalapak ada banyak yang menjual tripod dengan berbagai variasi dan hsrganya juga berbeda-beda. Bukalapak tidak hanya menyediakan tripod HP saja melainkan juga menyediakan berbagai pilihan aksesoris handphone. Varian produk yang banyak membuat teman-teman lebih mudah menemukan barang yang dibutuhkan.

Teman-teman apa ada yang ingin membuat blog menggunakan kamera HP ? Sudah punya tripod ?


41 komentar:

  1. Mpo punya 3 ,tripod gorila kecil ,besar dan 1,5 meter.

    Sering pakai yang besar

    BalasHapus
  2. kalo utk vlog jujurnya aku blm pgn aktif di situ.. tp buatku tripod itu keharusan utk foto, apalagi kalo sdg traveling sendiri dan ga ada org yg bisa dimintain tlg utk motoin. hasil selfie ttp aja ga sebagus kalo pake tripod :D.

    kadang kalo jalan berduapun, ada saatnya aku pgn foto berdua yg backgroundnya bisa luas terlihat. disitu butuh banget yg namanya tripod :).

    kalo ttg harga ato kualitas, aku masih ttp lbh mentingan kualitas . krn tripod bukan cm sekali 2x pakai. kalo bisa selama mungkin :)

    BalasHapus
  3. aku pengen punya tripod yang kakinya panjang ummi biar bisa capture moment aku lagi berdiri hehehe..rencananya juga pengen nge-vlog tapi kubelum PD :D

    BalasHapus
  4. Tripodku multifungsi bisa buat kamera juga hp mbak, belinya ya di bukalapak :-D

    BalasHapus
  5. aku punya ummi gorila podd, emang membantu banget buat bikin video.

    BalasHapus
  6. Jaman sekarang kamera hp aja udah pada kece banget, bisa dipake untuk ngevlog ya

    BalasHapus
  7. Di rumah sudah punya tripod, tapi ukurannya terlalu besar kalau mau dibawa kemana mana. Kayaknya aku butuh yang lebih kecil, biar bisa masuk ransel...

    BalasHapus
  8. Tripod itu barang yang penting banget buat yang suka foto dan bikin Video.

    BalasHapus
  9. Aku lagi kepingin banget lightweight tripod yg kuat, lagi survey2 merk dan harga nih. Nanti coba liat2 di Bukalapak ah :)

    BalasHapus
  10. Kapan hari dibeliin sama keponakan tripod hp. Cuma aku kurang sreg, kurang kuat gitu besinya. Kira2 ada contoh merek tripod yang bagus dan kokoh nggak mbk?

    BalasHapus
  11. emang sih yaa jaman sekarang hp udah bagus2 bahkan untuk ngevlog. apa ada rekomendasi merk dan jenis tripodnya mbak?

    BalasHapus
  12. Aku belum punya tripod. Belum percaya diri juga kalau ngomong di depan kamera. Hehehehe. Kalau aku pernah bikin video pakai kamera handphone dan tongsis aja nih.

    BalasHapus
  13. Saya tuh malu tampil di video, tapi kenapa kalau baca mengenai hal-hal kayak gini mupeng amat yak, padahal juga gak pinter fotografi.
    Cusss deh ke bukalapak buat liat2 tripod kece :D

    BalasHapus
  14. wah, bermanfaat bgt nih, kebetulan aku blm punya kamera. jadi kalau mau vlogging terpaksa pake hp. tripodnya sudah ada, tipe mungil yaitu YT 9928.ga ribet bawa kemana aja.

    BalasHapus
  15. Kualitas atau harga? ahahah, iya, bener banget tuh, sampai di situ, jika nggak mikir panjang bisa keliru ya mab.
    Terkadang malah memikirkan harga, nanti dapat barang yang nggak berkualitas, jatuhnya mahal juga

    BalasHapus
  16. Pengin nyoba ngevlog tapi nggak pede bikin vlog. Karena itu pula nggak terlalu mikir buat beli tripod. Sebenarnya kepikiran sih buat beli, tapi belum nemu yg cocok aja. Karena nggak buru2 butuhnya jadi ya nyantai saja nyarinya, sampai dpt tripod yg cocok.

    BalasHapus
  17. Aku dulu beliin Kakakku tripot yg kecil itu, Gorilla atau apa ya. Enak kalau posisinya di atas. Tapi pas ambil gambar datar, agar susyah. Aku kepikiran juga buat beli baru

    BalasHapus
  18. Saya juga selalu melihat kualitas ketika memilih tripod. Kalau belinya online seperti di Bukalapak, saya lihat review dulu.

    BalasHapus
  19. Sekitar dua tahun lalu, saya punya rencana beli DSLR. Tapi nundanunda terus. Lalu makin ke sini, jenis ponsel pintar makin beragam yang punya fasilitas video mirip DSLR (bahkan ada yang lebih bagus). Pas lah saya nggak perlu beli DSLR (dan untungnya kemarin nggak langsung beli). Tinggal tekninya aja ya berarti dan fasilitas pendukung seperti tripod itu. Saya pikir fokusnya hanya di teknik operasional ponsel aja tapi ternyata printilannya juga harus diperhatikan

    BalasHapus
  20. Sudah punya tripod yang tinggi itu.
    Suka dipakai kalau pas buat video buat lomba di medsos.
    Nah yang kamera nih yang belum.
    Bisa nih mulai dipikirkan.

    BalasHapus
  21. Asik bisa vlog dengan mudah tanpa goyang gambar nya. Tripod membantu sekali nih

    BalasHapus
  22. Anakku yang punya tripod, ada tiga macam. Dari yang untuk jalan-jalan, untuk foto bareng2 sama tripod mungil. Kalo yang mungil ini udah jarang digunakan sekarang

    BalasHapus
  23. Aku kok ga pede ya kalo ngevlog, geli sendiri denger suaraku sendiri hahahahahah

    BalasHapus
  24. Iya Mak, brasa bgt memang pegelnya klo g pake tripod tp hrs ngeshoot lama

    BalasHapus
  25. Wah makasih banget informasinya, pengen jg beli tripod yg bagus... aku jg suka beli di bukalapak Mba.

    BalasHapus
  26. Aku juga punya Tripod buat foto kece bareng keluarga hehe... banyak momen yang sayang ditinggalkan

    BalasHapus
  27. Sudah punya mba bberapa Jenis cuma belum pede untuk ngevlog

    BalasHapus
  28. Wah, ini nih yang aku butuhin, tripod. Aku masih bingung beli tripod. Sekarang enggak lagi deh. Kudu cus ke Bukalapak nih. Nyari yang oke, dengan harga oke pula :)

    BalasHapus
  29. Tripoood.
    Pingin banget punya.

    Hihi~
    Selain bisa buat video, tripod ini memudahkan banget yaa..
    Uda kaya asisten pribadi aja gituu~

    BalasHapus
  30. Pas banget nih, aku lagi nyari tripod buat ngevlog dan foto . Makasih kak Alida sharingnya.

    BalasHapus
  31. Sekarang harga tripod lebih terjangkau ya, pas harbolnas kemarin aku beli 45 rban, asyik bisa bikin video lagi

    BalasHapus
  32. NgevLog pake apapun sebenere ga ada masalah ya mba. Aku malah blm punya tripod utk hp mba :(

    BalasHapus
  33. Saya baru aja beli tripod yang alhamdulillah kompatibel untuk mirrorless dan hape hehe memang penting ya alat satu itu

    BalasHapus
  34. Sippp banget ini ulasannya, saya lagi belajar buat ngevlog. Tipsnya cocok ini. Hehe makasih udah sharing ya, mba.

    BalasHapus
  35. Kalau urusan tripod sku serahkan sama suamiku hehe. Sekarang kita pakai apa ya?

    BalasHapus
  36. Iya, emang lebih enak kalau ada tripodnya, jadi tangan enggak capek dan hasilnya pun enggak shaking ya. Kan kalau dipegang tangan gitu aja suka buram2 gimana gitu hasilnya.

    BalasHapus
  37. Tipsnya berfaedah sekali kak. Aku lagi belajar ngevlog soalnya hehe

    BalasHapus
  38. Aku punya tiga tripod buat hape #pamer hahaa tapi yg satunya dah rusak, maklum cuma 80 ribuan belinya :P
    Yg agak mahalan lbh bagus dan lbh awet, jd kalau buat inves peralatan mending beli yg mahalan dikit.

    BalasHapus
  39. Belum punya tripod nih Mbak, belum PD juga untuk ngevlog, pengen siih tapi maluuu, hihihih.
    Maybe someday, heheh.
    Anyway makasih tipsnya ya Mbak :)

    BalasHapus
  40. Aku tetap kesulitan mencari tripod buat hapeku krn ternyata rentang penyanggah tripod seringnya maksimal 5,5 inch

    BalasHapus
  41. Bener banget tripod harus ada karetnya bagian kakinya

    BalasHapus