Suka Duka Jadi Blogger Part Time

Suka duka menjadi blogger part time. Menjadi blogger juga terbagi menjadi blogger part time atau full time blogger

Suka Duka Jadi Blogger Part Time


Apa suka duka jadi blogger part time ?
Sejak memilih memonitize blog saya sejak 2016, saya sadar saya memiliki keterbatasan. Keterbatasan terutama ya karena saya masih menjadi karyawan swasta yang terikat jadwal kerja sehingga undangan blogger tak bisa selalu saya hadiri. Ya lebih banyak tidak bisa memenuhi undangan daripada sebaliknya. Ada suka duka menjadi blogger part time seperti yang saya jalani ini.
 
Numpang mejeng di Singapura
Jadwal kerja saya tak tentu setiap bulan. Jadwal ngacak sebulan sekali dan kadang weekend masuk, kadang weekend libur. Terkadang weekday pun saya libur. Jadi seringkali undangan sebagai blogger datang dengan penawaran menggiurkan tapi saya tak bisa. Tukar jadwal dengan teman lain ? Saya nggak pengen ini menjadi kebiasaan. Ini akan menganggu sistem kerja di kantor dan membuat hubungan kerja menjadi tidak baik.

Saya semakin sadar bahwa ada yang harus diutamakan. Apakah pekerjaan tetap sebagai karyawan atau sebagai blogger? Maka saat ini saya memilih mengutamakan pekerjaan tetap saya sebagai karyawan kantor. Sebagai blogger, mau tak mau saya harus menerima kondisi sebagai blogger part time.

Dengan adanya keputusan ini, tentunya ada suka dan duka ketika memutuskan menjadi blogger part time. Apa saja suka suka duka menjadi blogger part time ?

Duka Menjadi Blogger Part Time

Seperti yang saya sampaikan di atas, berbagai undangan yang ditawarkan ke saya tapi ketika bentrok sama jadwal kerja saya, terpaksa saya tolak. Padahal jujur saya pengen sekali ikutan. Terutama karena agendanya bermanfaat dan menginspirasi. Apalagi kalau bisa ketemuan sama teman-teman blogger dan seru-seruan bareng.

Jadi setiap kali melihat di media sosial keseruan teman-teman menghadiri acara, saya ya hanya bisa memandang lewat layar telepon. Hahhaha. Terkadang ketika ada tawaran untuk berkunjung ke luar kota, saya juga ingin ikut mendaftar. Tapi pas cek jadwal kerja, eh teryata ngantor. Batal deh liburan sambil kerjanya.

Kadang juga ada tawaran kerja sebagai blogger takkala saya libur kerja, tapi seringkali saya sudah ada janjian acara keluarga atau sekedar ingin menghabiskan waktu dengan anak sehingga tawaran pun saya tolak.

Suka Menjadi Blogger Part Time

Siapa bilang menjadi blogger part time nggak happy ? Alhamdulillah saya pun bahagia menjadi blogger part time. Setidaknya rejeki untuk tetap menjadi blogger masih tetap datang walaupun saya tak sering datang ke event. Saya pun masih berusaha untuk tetap berkarya dengan berbagai tulisan-tulisan melalui blog. Kerjaan yang datang untuk dapat saya kerjakan di rumah hampir selalu datang menghampiri.

Alhamdulillah juga masih banyak klien yang mau bekerja sama dengan saya sebagai blogger atau koordinator blogger berbagai event. Sekarang saya menghandle juga koordinasi penulisan untuk berbagai tulisan selain di blog.  

Saya juga senang karena bisa tetap bekerja sebagai karyawan kantor. Dengan berjalannya waktu, saya semakin sadar bahwa akan banyak pintu rejeki yang terbuka.

Alhamdulillah, satu hal yang hingga kini masih saya jaga adalah konsistensi tetap menulis di blog, postingan di media sosial yang bermanfaat. Tak peduli ada kerjaan atau tidak, semua saya lakukan karena kesenangan saya untul menulis.

Saya tidak tahu sampai kapan saya berada di posisi ini. Sekarang, saya mencoba untuk melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan. Tentunya ada suka atau duga menjadi blogger part time atau full time.

Kalau teman lebih memilih sebagai blogger part time atau full time? Apapun keputusannya, semoga yang terbaik yang teman ambil ya?  

 

19 comments

Avatar
herva yulyanti Dec 14, 2018, 9:53:00 AM

alhamdulilah rezeki terus mengalir seperti sungai Bengawan ya ummi meskipun part time blogger :) mantul ummi

Reply Delete
Avatar
Rohyati Sofjan Dec 14, 2018, 11:43:00 AM

Saya narablog (blogger) paruh waktu karena sedang membangun blog baru dan menjalin relasi lagi dengan banyak teman sesama narablog.
Blog saya belum di-monetize, Mbak.
Tetap semangat meski ada suka dukanya, setidaknya Mbak berpenghasilan tetap. Saya masih penulis lepas yang berupaya beroleh honor pemuatan dari media dan berharap kelak beroleh job review dari jenama (brand) yang membutuhkan jasa saya. :)

Reply Delete
Avatar
Valka Dec 14, 2018, 8:31:00 PM

Saat ini aku termasuk blogger penuh waktu karena belum terikat dengan perusahaan manapun. Enaknya sih bisa ikutan berbagai acara blogger. Apalagi kalau acaranya itu jalan-jalan dan diadakan di luar kota. Enggak enaknya ya karena gak jadi karyawan, jadi enggak ada penghasilan yang tetap karena sumbernya hanya satu. Baik paruh waktu atau penuh memang ada plus minusnya ya :D

Reply Delete
Avatar
Diah Dwi Arti Dec 14, 2018, 9:25:00 PM

Part-time, mbak. Full-time-nya jadi ibu. Hihihi...

Reply Delete
Avatar
indah nuria Savitri Dec 15, 2018, 1:59:00 PM

Aku part time blogger et happy koook hehehe.. kalau aku sih realistis aja, soalnya kerjaan full tim aku memang udah heboooh hehehe

Reply Delete
Avatar
jenni tanuwijaya Dec 15, 2018, 5:32:00 PM

wah hai kak! senasib, aku juga blogger part time. sempat beberapa kali terpikir untuk menjadikan ini sebagai pekerjaan utama, tapi masih ragu. masih menikmati penghasilan tetap dan ingin menabung dulu untuk masa depan yang lebih baik hehehe

Reply Delete
Avatar
Vebby Febriyanti♥ Dec 16, 2018, 12:12:00 AM

Waaaah meskipun part time rezeki tetep harus di syukuri ya mbak apalagi kalau kita senang mnulis rasanya asik aja gitu

Reply Delete
Avatar
Laksmi paopao Dec 16, 2018, 9:27:00 AM

Alhamdulillah ya kak, banyak ilmu, relasi banyak rejeki.. Baik dari tempat kerja maupun blogger.. Semoga sukses terus & ditunggu next blognya kak

Reply Delete
Avatar
Elliza Efina Dec 16, 2018, 9:52:00 AM

Blog saya belum dimonetisasi nih, mbak. Tapi alhamdulillah masih tetap semangat dalam menulis. Enjoy banget rasanya bisa menuangkan isi kepala dalam bentuk artikel.
Rezeki juga nggak bakalan lari ke mana kok ya, mbak. Akan selalu ada jalan, baik itu sebagai blogger part time maupun full time.

Reply Delete
Avatar
Ariani Rosidi Dec 16, 2018, 11:18:00 AM

aku blogger part time juga mba. full time jadi ibu & istri. . 😂😂

semangat dan sukses terus buat kita semua ya mba. . aamiin. .

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty Dec 16, 2018, 5:52:00 PM

Walaupun part ime yang penting penghasilannya kayak karyawan kantoran atau bahkan lebih hehehe..aku pun masih part time karena kerjaan utama saat ini jadi IRT

Reply Delete
Avatar
Indira W Dec 17, 2018, 5:31:00 AM

Aku juga blogger part time mba, jujur ga tau deh bisa apa gak jadiin ini kerjaan full time mengingat income nya gak pasti tiap bulannya.

Reply Delete
Avatar
Rima Angel Dec 17, 2018, 6:15:00 AM

Kalau aku dukanya itu ketika undangan datang tp eventnya di Jakarta sedangkan aku tinggalnya di Banjarmasin, sedih banget. :( Sering banget kejadian gitu. Mungkin mereka pikir aku blogger jakarta kali ya. Hehe

Reply Delete
Avatar
Suzannita Dec 17, 2018, 7:20:00 AM

Sama dong Mbak aku juga masih jadi part time Blogger, pengen menjadi full time blogger tapi kendalanya masih takut keluar dari zona nyaman

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Dec 17, 2018, 7:36:00 AM

Aku aja gak ngantor, tetap jadi blogger part time wkwk.... Tapi pasti berat ya jadj mba Alida, karena banyak tawaran job yang ditolak. Kalau aku nyantai aja, karena tawaran juga sedikit. Jadi gak sering menyesal hehehe....

Reply Delete
Avatar
Novi Handayani Dec 17, 2018, 8:28:00 AM

Aku juga blogger part time selama dua tahun ini dan itu ga menutup kemungkinan untuk mendapat rezeki mba. sampai saat ini sih saya masih nyaman dengan pekerjaan utama di kantor dan masih bisa dapat rezeki tanpa harus full time nge-blog. someday aku pengen jadi full time blogger jika diizinkan. tapi nanti, kalau resolusi saya di kantor sudah tercapai sepenuhnya dan saya sudah bisa dapat penghasilan yang besar hehe

Reply Delete
Avatar
Aulia Rizky Wijayanto Dec 17, 2018, 9:23:00 AM

kalo saya mneganggap blog ini sebagai aset saya, yang kadang menghasilkan apalagi kalau dirawat dengan baik dan benar. jalanin aja gimana gimananya sekarang, nanti kalo ke depan bisa jd full time lbh enak lagi hehe

Reply Delete
Avatar
Sandra Hamidah Dec 26, 2018, 8:14:00 PM

Meskipun ngga kerja, kayaknya saya jadi part time blogger cz anak masih kecil jadi jarang ikut event

Reply Delete