Bagaimana Cara Memilih Apartemen Untuk Investasi Masa Depan?

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Bagaimana Cara Memilih Apartemen Untuk Investasi Masa Depan?


Ngomong-ngomong soal apartemen, saya pernah investasi apartemen beberapa tahun lalu. Sebetulnya investasi apartemen ini nggak sengaja. Ceritanya saya sekeluarga datang ke mall dan melihat ada penawaran apartemen yang menurut kami tepat. Harga yang ditawarkan masuk akal dan lokasinya strategis.

Mengapa saya memilih investasi apartemen ? Pertama karena saya menganggap bahwa apartemen adalah salah satu investasi yang menguntungkan. Apalagi lokasi apartemen yang kami incar adalah apartemen yang terletak di pusat kota. Sayangnya, boleh dibilang saya kurang beruntung karena apartemen yang kami pilih pembangunannya mandeg. Tapi saya bersyukur karena uang saya bisa kembali 100 persen. 
 
Ilustrasi apartemen. Sumber foto : pixabay.com
Untuk memilih apartemen itu boleh dibilang gampang-gampang susah. Saya selalu menganggap membeli apartemen itu ibarat seperti membeli rumah. Serba jodoh-jodohan. Kadang kita sudah berkeliling berbagai tempat eh belum nemu. Tapi kayak yang saya alami. Nggak sengaja, eh malah nemu apartemen yang menurut kami bagus.  

Investasi di bidang properti memiliki prospek yang sangat bagus bagi kehidupanmu di masa yang akan datang. Apalagi ada banyak keuntungan dari investasi yang tersebut. Maka, pertimbangan yang besar pun harus dilakukan dengan matang. Mempertimbangkan lokasi investasi apartemen akan membuatmu terhindar dari kesalahan-kesalahan yang akan merugikan.

8 Tips Menarik Untuk Memilih Apartemen Terbaik Untuk Investasi

Apartemen tidak hanya merupakan tempat tinggal terbaik untuk seseorang. Bagi teman-teman yang memiliki dana yang banyak, bisa menggunakan dana untuk melakukan investasi  properti. Investasi properti merupakan salah satu hal yang menguntungkan. Apa yang harus dipertimbangkan sebelum membeli apartemen ?

Lokasi Apartemen
Memilih apartemen cukup susah untuk dilakukan. Salah memilih lokasi apartemen, bisa saja apartemen yang dimiliki tidak laku. Maka, pertimbangkanlah untuk memilih lokasi apartemen baik-baik. Lokasi apartemen yang baik adalah lokasi yang berdekatan dengan tempat umum. Dengan berlokasi di tempat yang strategis, maka akan banyak orang yang tertarik untuk tinggal di apartemen tersebut. Selain itu Anda juga bisa memilih apartemen yang paling laris yang datanya bisa dilihat di situs-situs atau portal properti, mungkin apartemen terlaris dijual berikut cocok untuk dilirik.

Kemudian, jangan pilih apartemen dari tampilan luarnya saja ya. Perhatikan pula fasilitas yang ada di dalam apartemen tersebut. Contoh lokasi apartemen terbaik adalah yang berdekatan dengan bandara. Sulit rasanya mencari apartemen yang berada di tempat yang strategis.

Itulah mengapa kita harus rajin-rajin untuk mencari informasi tentang lokasi apartemen terbaik yang sedang dijual. Nilai investasi apartemen sangat besar 10 tahun mendatang. Jika kini berhasil mendapatkan lokasi apartemen terbaik, bisa membayangkan berapa keuntungan yang akan dapatkan di masa yang akan datang.

Status lahan apartemen
Tips mencari apartemen untuk melakukan investasi berikutnya adalah dengan mengetahui status lahan dari apartemen yang akan dibeli. Informasi harus dicari sebaik-baiknya tentang status dari lahan apartemen tersebut. Pastikan bahwa status lahan tersebut sah atau tidak berada di dalam sengketa secara hukum.

Tanpa melakukan hal tersebut, bisa jadi ertipu dengan lahan apartemen yang tidak sah dan akan merugikan di kemudian hari. Tipsnya, jangan terburu-buru dalam memilih lahan apartemen. Carilah informasi dengan detail tentang status dari lahan tersebut baik dari pengembang ataupun dari pemilik lahan apartemen.

Fasilitas apartemen
Tips lain yang harus diperhatikan dalam memilih apartemen untuk melakukan investasi di masa yang akan datang adalah faktor fasilitas apartemen. Komponen ini merupakan salah satu hal yang akan diperhatikan oleh orang yang akan tinggal di dalam apartemen tersebut.

Fasilitas apartemen yang perlu dipertimbangkan adalah fasilitas keamanan. Fasilitas keamanan yang biasanya tersedia di sebuah apartemen adalah fasilitas CCTV yang bisa mengawasi keamanan apartemen selama 24 jam nonstop. Dengan memiliki fasilitas CCTV, akan dipastikan bahwa apartemen kamu lebih aman daripada apartemen lainnya. Fasilitas lain yang tidak kalah menariknya dari fasilitas keamanan adalah fasilitas hiburan.

Contoh dari fasilitas hiburan di dalam sebuah apartemen adalah kolam renang, bioskop, ataupun ruang terbuka untuk santai bersama keluarga. Jika ada, kamu bisa mencari apartemen yang menyediakan fasilitas karaoke. Nantinya, apartemen yang seperti itu akan lebih cepat laku di masa yang akan datang.

Dekat dengan fasilitas umum
Siapa yang tidak ingin tinggal di sebuah tempat strategis yang berdekatan dengan tempat umum? Setiap orang pasti menginginkan hal tersebut. Di jaman yang sudah serba canggih seperti sekarang, transportasi berbasis online sudah bisa dinikmati oleh setiap orang.

Dengan tinggal di sebuah apartemen yang dekat dengan fasilitas umum, maka setiap orang tentu akan merasa lebih mudah dalam mencari alat transportasi. Kamu bisa mulai mencari informasi tentang apartemen yang berlokasi di tempat-tempat terbaik seperti lokasi yang berdekatan dengan bandara atau pun dengan stasiun.

Hitunglah nilai investasi apartemen
Tips terakhir dalam mencari apartemen yang memiliki prospek menarik di masa yang akan datang adalah dengan menghitung nilai investasi. Apakah kamu bisa menghitung nilai investasi dari sebuah apartemen?

Tidak sulit kok untuk menghitung nilai investasi dari sebuah apartemen. Teman-teman bisa mencari beberapa sumber menarik dengan menggunakan kalkulator properti untuk menghitung nilai investasi apartemen yang akan kamu beli.
 
Sudut apartemen yang nyaman. Sumber foto : pixabay.com
Pertimbangkan beberapa tips menarik di atas untuk bisa mendapatkan apartemen terbaik sebagai investasi di masa depanmu. Investasi di masa depan tidak melulu soal uang atau emas. Properti pun bisa menjadi sebuah ladang investasi terbaik di masa yang akan datang.
Lalu, apakah memiliki apartemen untuk investasi itu menguntungkan? Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu memutuskan untuk investasi properti. Apa saja keuntungannya?

Keuntungan Melakukan Investasi Apartemen
Bagi kamu yang sedang merencanakan untuk membeli apartemen untuk investasi, jangan ragu. Ada banyak keuntungan yang akan kamu nikmati.

Banyak diminati
Apartemen merupakan salah satu hunian yang banyak diminati oleh orang-orang yang hidup di jaman sekarang. Mengapa demikian? Apartemen biasanya terletak di lokasi yang strategis. Selain itu, harganya pun pasti lebih murah jika dibandingkan dengan membangun rumah sendiri.
Kamu tidak perlu khawatir apartemen milikmu tidak akan laku. Banyak orang yang membutuhkannya dan kamu harus terus berpikir positif. Jika kamu semangat dalam melakukan penawaran, pastilah kamu akan mendapatkan calon penghuni yang tepat untuk apartemen kamu.

Penghasilan yang pasti
Keuntungan kedua yang akan kamu dapatkan adalah kamu akan mendapatkan penghasilan yang pasti. Ketika kamu menyewakan apartemen kepada seseorang, maka orang tersebut nantinya harus membayarkan sewa apartemen setiap bulannya.  Maka, kamu akan mendapatkan penghasilan yang tetap meskipun kamu tidak bekerja. Ini bisa menjadi ladang investasi terbesar di masa tuamu.
Terbukti, harga sewa apartemen di masa yang akan datang cukup mahal hingga mencapai 3 kali lipat dari sewa jenis properti lainnya. Jika seseorang menyewa rumah dengan harga 2 juta per bulan, harga sewa apartemen bisa jadi sudah mencapai 6 juta per bulannya. Bayangkan, berapa besar banyak penghasilan yang akan kamu dapatkan tanpa kamu harus bekerja.

Pusat kota menjadi lebih terjangkau
Membeli apartemen sebagai investasi di masa yang akan datang akan membuat kamu lebih mudah untuk menjangkau pusat kota. Apartemen pastinya terletak di tempat yang strategis atau di pusat kota.

Jika teman-teman merasa tertarik untuk melakukan investasi apartemen, maka jangan lupa untuk  mempelajari baik-baik tips membeli apartemen di atas. Keutungan yang dimiliki tentunya menjadi daya tarik untuk membeli apartemen. Jadi, untuk apa ragu menanamkan modal untuk membeli apartemen?

33 comments

Avatar
Miyosi Ariefiansyah Dec 23, 2018, 10:24:00 AM

Makasih tipsny mbaa
Rencana pengin jual rumah di daerah Cikarang Pusat buat beli apartemen yg terjangkau d ibukota biar nanti pas pindah ke Jakarta g rempong nyari tempat tinggal mbaa

Reply Delete
Avatar
Allaely Hardhiani Dec 23, 2018, 1:07:00 PM

Investasi properti memang cukup menggiurkan. Tapi kepikirannya, kalau misalnya ada bencana dan gedungnya rusak itu gimana ya? kalau rumah rusak, setidaknya lahannya masih jadi milik sendiri, tapi kalau apartemen gimana tuh?

Reply Delete
Avatar
Lendy Kurnia Reny Dec 23, 2018, 1:44:00 PM

Jaman sekarang, kalau beli apartemen juga bisa disewakan layaknya rumah hunian yaa, mba Lidha...

Karena beberapa kali ke Tangerang, sewa apartemen malah lebih murmer~

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa Dec 23, 2018, 4:15:00 PM

Kalau untuk jadi investasi, mungkin saya tertarik Mbak. Jika suati diberi rezki berlebih, tapi kalau untuk tinggal di apartemen koq saya gak minat ya. Rasanya takut aja gitu tinggal di gedung tinggi menjulang, huhuhuh. Tinggal di hotel aja dan sendiri kadang takut, heheeh. Mungkin karena disini juga belum ada apartemen kali, jadi belum mupeng, hihihih. Tapi thanks banget ya Mbak tipsnya, kali aja nanti ada yg pengen beli, bisa diberi tahu jg nih info kece ini :)

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti Dec 23, 2018, 5:49:00 PM

Bener juga, di perkotaan investasi apartemen memang investasi strategis ya mba, meskipun pemilihan apartemen mesti menimbang dari banyak sisi.
Bagi orang yang mau menghuni apartemen biasanya mereka yang butuh yang simpel, praktis, strategis dari pusat ekonomi dan mungkin mudah dijangkau dari tempat kerja mereka

Reply Delete
Avatar
HM Zwan Dec 23, 2018, 6:30:00 PM

Status lahan ini harus bener bener dicek baik baik ya mbk. Aku kok jadi inget meikarta, huhuhu sedih banget kalo ingat itu.

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Dec 23, 2018, 8:09:00 PM

Apartemen sekarang sudah jadi kebutuhannya selain praktis,fasilitas umumnya juga lengkap tapi kudu di perhatikan juga ya sebelum membeli apartemen biar ga menyesal dikemudian harinya.

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) Dec 23, 2018, 11:06:00 PM

Tinggal di kota besar zaman sekarang rasanya lebih nyaman tinggal di apartemen, apalagi yang di tengah kota.
Bisa jadi investasi yang menggiurkan pula :)

Reply Delete
Avatar
Eryvia Maronie Dec 24, 2018, 12:18:00 AM

Memilih apartment, sama halnya memilih rumah. Kadang udah cocok, eh suami yang kurang sreg. Atau pengen yang ada fasilitas ini, tapi gak tersedia, adanya malah di apartment yang jauh.. Haha

Reply Delete
Avatar
Siti Faridah Dec 24, 2018, 3:50:00 AM

Investasi apartemen kebanyakan bisa dilakukan di kota-kota besar aja ya. Kalau di Semarang ada banyak apartemen. Tapi sayang sekali kota Kecil seperti kota Kendal belum ada apartemen.

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas Dec 24, 2018, 6:46:00 AM

Ah iya ya Mbak, investasi dalam bentuk apartemen ini sesuatu yang menjanjikan. Kalau di kota besar apalagi, tapi kalau di daerahku kayaknya belum nemu apartemen, paling banyak malah rusun, hahahaha.

Reply Delete
Avatar
Ade Lisna Dec 24, 2018, 7:13:00 AM

Wah dapat ilmu baru tentang apartement. ternyata manfaat juga investasi properti wah jadi pengen belajar nih Mbak

Reply Delete
Avatar
Yola Widya Dec 24, 2018, 8:44:00 AM

waah menarik tulisannya...makasih infonya mba

Reply Delete
Avatar
Eka Rahmawati Dec 24, 2018, 10:16:00 AM

Baca tulisan Mba Alida mengingatkanku tahun lalu pernah nulis buat klien apartemen. Kurang lebih tipsnya sama hehe

Reply Delete
Avatar
Apura Dec 24, 2018, 10:16:00 AM

Apartemen untuk investasi memang tepat di kota besar. Saat ini juga kebanyakan orang memilih untuk menyewa apartemen ketimbang kamar hotel.

Reply Delete
Avatar
indah nuria Savitri Dec 24, 2018, 12:29:00 PM

Lokasi yang baik akan sangat membantu dN menentukan harga apartemen juga ya

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara Dec 24, 2018, 4:03:00 PM

Untuk sekarang belum kepikiran buat inves apartemen, masih di desa sih. Kebanyakan pada beli tanah kosong. Lalu digarap gitu. Pilih apartemen memang kudu jelas statusnya ya, keamanannya juga

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Dec 24, 2018, 4:40:00 PM

Saat ini masih investasi di rumah tapak nih. Nanti mungkin kalo udah dana lagi, baru melirik apartemen.

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Dec 24, 2018, 8:07:00 PM

Keinginan saya bila suatu saat bisa memiliki apartment memang pengennya lokasi yang strategis. Trus, salah seorang teman saya juga pernah mengingatkan perihal status lahan apartmen. Memang harus hati-hati

Reply Delete
Avatar
Indri Noor Dec 24, 2018, 9:30:00 PM

Sebetulnya kalau ada budgetnya asyik juga investasi di apartemen, cuma ya itu kita musti mengetahui detail dulu tentang apartemen dan investasinya

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Dec 24, 2018, 9:39:00 PM

Semua tips nya jadi perhatian penting nih, mba Lida. Terutama fasilitas, lokasi yang dekat tempat kerja, juga nilai jualnya nanti

Reply Delete
Avatar
siti hairul Dec 24, 2018, 10:39:00 PM

apartemen sekarang laris ya, di Jogja juga mulai banyak dibangun apartemen nih. manfaat banget nih informasinya

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti Dec 24, 2018, 11:30:00 PM

Alhamdulillah dapet tips banyak dari mba Lidha, lokasi paling penting nomer satu ya Mba. Aku jadi pengen investasi apartemen terus disewain, lumayan banget ya Mba Lidh

Reply Delete
Avatar
Yoanna Fayza Dec 25, 2018, 12:20:00 AM

Belakangan ini aku juga lagi tertarik pingin punya apartemen, walopun cuma ngimpi sih hahahaa. Kayanya lebih praktis & aman di banding rumah

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty Dec 25, 2018, 5:31:00 AM

Kalau tinggal di kota besar memang kayaknya butuh apartemen, selain untuk investasi juga bisa untuk tempat tinggal, saat ini saya tinggal di kota kabupaten, tapi pengen juga sih bisa punya apartemen di kota besar sebagai investasi, makasih ya sharingnya

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain Dec 25, 2018, 6:03:00 AM

Aku blm kepikiran punya apartmen sih karena orang desa gitu. Tapi bolehlah tipsnya. Mbokan suatu saat bisa kebeli apartemen. Paling cari yang aman dan sekat fasum

Reply Delete
Avatar
Bunda Biya Dec 25, 2018, 7:12:00 AM

Dari semua itu yg belum ku pahami menghitung investasi apartmen mba. Ngebayangin si jika membeli apartmen dipakai untuk sesuatu yang produktif aja gitu hehe

Reply Delete
Avatar
Nia Haryanto Dec 25, 2018, 9:45:00 AM

Wah, bener banget nih tipsnya. Banyak ya yang harus dipertimbangkan sebelom beli. Noted Mbak. Semoga nanti bisa beli apartemen. Anak saya tuh, impian banget deh punya apartemen. :D

Reply Delete
Avatar
Aprillia Ekasari Dec 25, 2018, 9:46:00 AM

Aku tuh pengen banget punya apartemen tapi khusus buat inves aja gtu mbak. Khususnya deket kampus. Di DarmagaIPB sdng ada pembangunan apartemen lho, pengen banget, sayang dananya blm ada hehe

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Dec 25, 2018, 10:05:00 AM

Saat ini orang banyak banget yang memilih apartemen tak jauh dari lokasi kerja karena bikin praktis ya. Sudah ribet banget sekarang orang tinggal di ibukota dengan jarak yang harus ditempuh dan kemacetan. Kalau bisa tinggal yang dekat tempat kerja tentu lebih menenangkan.

Reply Delete
Avatar
Utie adnu Dec 25, 2018, 10:10:00 AM

Kepinginnya bnget punya apartment buat investasi makasih lagi milih2 temoat nya dimana

Reply Delete
Avatar
Dian Farida Dec 25, 2018, 4:54:00 PM

Kalau ke depannya nilainya gimana Mbak? Meningkat kah seperti tanah dan rumah? Pingin apartemen tapi masih ragu euy

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Dec 27, 2018, 11:47:00 AM

jaditertarik investasi apartemen nih ummi apalagi keuntungannya dapat penghasilan pasti ya :) patut dicoba nih

Reply Delete