Theme Layout

[Rightsidebar]

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

yes

Dark or Light Style

[Light]
Uncategorized

Contact


Saya terlahir dengan nama Rachmawati Alida Bahaweres. Seringkali saya dipanggil ‘Alida’ dan ‘Lid’ oleh teman-teman. Sedangkan saudara memanggil saya dengan nama ‘Chici’. Saya terlahir di Sidoarjo, namun pada usia tiga bulan pindah ke Ambon, Maluku mengikuti kedua orangtua.

Saat duduk di bangku SMA kelas 1, saya pindah ke Sidoarjo, Jawa Timur. Di Jawa Timur, saya memilih kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi-Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA-AWS) jurusan Jurnalistik. Kuliah di jurusan Jurnalistik sesuai dengan keinginan saya sejak dulu, yakni ingin menjadi jurnalis. Keinginan ini berawal dari kesukaan saya membaca buku sejak kecil. http://www.lidbahaweres.com/…/membaca-sejak-dulu-hingga-kin…

Sebelum lulus kuliah, di semester tiga, saya menerima pekerjan sebagai jurnalis freelance di sebuah tabloid di Jawa Timur. Satu artikel di harga Rp 150 ribu. Ketika tabloid itu tutup, saya bekerja sebagai kontributor Gatra di Jawa Timur. Wilayah peliputan di seluruh Jawa Timur. Seringkali, belum selesai menulis liputan dari luar kota, saya sudah ditugaskan untuk meliput di daerah lain. Saya ingat, suatu kali baru tiba di Surabaya usai liputan di Lamongan, saya ditelepon untuk segera ke Sumenep, Madura, Jawa Timur. Dan itu kerap terjadi. Lulus kuliah, saya ditarik ke Jakarta. Selama di Majalah Gatra, saya selalu menulis isu perempuan mulai dari profil perempuan dan segala pembahasan.

Saya juga meliput isu kesehatan, politik dan hukum. Tapi secara keseluruhan, jurnalis selalu dituntut untuk dapat menulis tentang apapun. Selain sebagai jurnalis, saya juga aktif sebagai pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Selama dua periode, saya aktif sebagai Koordinator Divisi Perempuan AJI Indonesia. Tugas saya lebih banyak terkait pengawasan serta pelatihan pemberitaan terkait perempuan juga pekerja jurnalis perempuan. Salah satunya bisa melihat di postingan ini. http://www.antaranews.com/…/aji-media-massa-masih-eksploita….

Aktif di organisasi membuat saya kerap bepergian ke luar kota. Mulai dari Aceh hingga Jayapura adalah daerah yang saya kunjungi untuk materi terkait pelatihan menulis, jurnalistik dan isu perempuan. Lama kelamaan, anak saya mulai protes sehingga saya memutuskan untuk mengurangi kegiatan di AJI. Setelah bekerja delapan tahun (2005-2013) di Majalah Gatra, saya pindah ke Kompas TV. 

Di Kompas TV, saya awalnya bergabung sebagai Koordinator Liputan untuk wilayah Jabodetabek. Kemudian setelah setahun, saya di Koordinator Peliputan Daerah Kompas TV. Saya pindah ke Kompas TV saat kuliah S2 saya di Kriminologi FISIP UI masih dalam tahap akhir pengerjaan tesis. Saya lulus kuliah S2 tahun 20013. Saya harus berusaha sekuat tenaga membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan karena jika tidak sesuai target IP maka beasiswa akan dihentikan. Perjuangan kuliah saya bisa di baca di http://www.lidbahaweres.com/…/11/saya-emak-dan-pendidikan.h….

Sehari-hari, saya lebih banyak menggunakan commuter line. Saya beberapa kali menuliskannya di blog saya. Salah satunya adalahhttp://www.lidbahaweres.com/…/drama-commuter-line-anjlok.ht…
Saya menulis di blog sejak tahun 2007. Namun isi blog saya lebih banyak materi tulisan saya di Gatra, sehingga terkesan kaku. Saya kemudian pindah ke Multiply dan aktif menulis di sana tapi Multiply vakum dan saya tak sempat memindahkan tulisan saya. Saya kemudian menulis juga di Wordpress, namun kemudian tahun lalu memutuskan aktif menulis di blog www.lidbahaweres.com. 

Terima kasih atas perhatian teman-teman membaca tulisan ini. Mohon maaf jika ada yang tak berkenan. Saya bisa di hubungi di bawah ini : 

Email : lidbahaweres@yahoo.com 
Instagram : https://www.instagram.com/lidbahaweres/ 
Twitter : https://twitter.com/lidbahaweres 

You Might Also Like

13 komentar:

  1. malam mb alida, saya joko dan mau tanya terakhir mb ambil order dari traveloka kapan ya mb, kalau udah ckup lama saya ingin pasang lagi ni

    BalasHapus
  2. Mba kalau kostum astronot ada gk ya? Sy lg cari buat acara anak di sekolah, kalau ada bisa wa sy di 0858 1161 9976. Tks
    Ibu Atiek - Bedahan Sawangan Depok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tadi nanya. Katanya nggak ada kostum astronot, bu :)

      Hapus
  3. Mba, ada kostum belle yang all size tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung ke email afizarana@gmail.com ya mas :). Tq

      Hapus
  4. kostume kartini ada mba..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung menghubung : afizarana@gmail.com

      Hapus
  5. Mbak, punya baju adat apa aja ya, buat anak TK,
    anak saya cowok, buat dipakai tgl 29,
    baju adat apa ya yang kira2 bagus, biar mecolok
    keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba. Saya sudah kasih link whatsapp pemilik sewa kostum ya mba :)

      Hapus
  6. Mba GDC nya sektor dan blok berapa ? Mau sewa utk tgl 21.04.17 anak cowok usia 10th. Ada ?

    BalasHapus
  7. Saya mau sewa kostum profesi sperti kostum dokter/ suster/ pramugari... atau mngkn ada yg lain? Unt anak perempuan usia 8 thn. Info jg no Hp biar bisa saya tanya2 lbh lanjut.. tq

    BalasHapus
  8. Mbak,
    kostum negara untuk anak cowok umur 9 th ada apa aja yah?

    BalasHapus

[name=Rach Alida Bahaweres] [img=https://2.bp.blogspot.com/-nU7vyrF6_rE/WWw9fpyD9kI/AAAAAAAADWA/7zfkXenvrN8MH6Q4lAACPTciMJaet1lGACLcBGAs/w345-h245-c/Alida.png] [description= Saya Alida. Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com] (facebook=https://www.facebook.com/rach.bahaweres) (twitter=https://twitter.com/lidbahaweres) (instagram=https://www.instagram.com/lidbahaweres)

Follow @lidbahaweres