Menjalin Kebersamaan dengan Anak di Bulan Ramadan

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Menjalin Kebersamaan dengan Anak di Bulan Ramadan

Selama bulan Ramadan tahun ini, saya selalu berbuka puasa bersama keluarga. Apalagi Ayyas hingga kini semangat belajar puasa hingga magrib sehingga tak tega rasanya jika saya tak berbuka puasa tanpa Ayyas. Ini tahun kedua Ayyas berpuasa hingga magrib. Tahun lalu, ia berpuasa penuh hingga magrib dan hanya bolong 3 hari karena sakit. Pertama kali Ayyas puasa adalah saat TK B yakni puasa hingga dzuhur. Dan alhamdulillah selama ini dia tak pernah merengek ataupun ‘drama’ saat berpuasa. Semuanya berjalan dengan mudah dan lancar. Alhamdulillah.

Sebagai bukti dukungan karena ia mampu berpuasa hingga magrib, saya selalu mendampinginya saat berbuka puasa. Nah, sambil menunggu waktu berbuka puasa, kami melakukan kegiatan bersama-sama. Mulai dari nonton film bersama-sama atau memasak-masakan ringan bersama-sama. Cara-cara itu yang dapat membantunya untuk menghabiskan waktu. Jadi tanpa dia sadari, tak lama kemudian sudah waktunya untuk berbuka puasa.
 
Hiasan Choco Pie oleh Chef
Bagi saya, kebersamaan saat bulan Ramadan sangat penting agar saya bisa semakin mendekatkan diri dengan Ayyas yang kini berusia 7 tahun. Syukurlah saya mendapat undangan berbuka puasa oleh Lotte Choco Pie dan Komunitas Emak-Emak Blogger (KEB) pada hari Sabtu, 10 Juni 2017 di Masjid Baitussalam Perumahan Billy & Moon, Kalimalang, Jakarta Timur. Dan makin seru lagi karena acara ini bisa mengajak keluarga. Asik banget kan?

Jadinya, Sabtu, 10 Juni setelah menjalankan ibadah shalat dzuhur kami berempat (Saya, Suami, Ayyas dan Mba Farah) menuju kawasan Kalimalang. Kami sengaja berangkat lebih awal karena diakutirkan akan terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan. Namun alhamdulillah perjalanan berjalan lancar. Hanya 1 jam saja dari Pasar Rebo ke kawasan Kalimalang. Akses menuju Perumahan Billy & Moon pun mudah sehingga saya tak menemui kesulitan tiba di lokasi.
 
Berfoto di stand Lotte Choco Pie
Saat tiba di lokasi, dua stan berukuran besar telah berdiri. Sebuah gapura dominan warna coklat dengan ornamen ala masjid bertuliskan ‘Marhaban Yaa Ramadan’ dan ‘Lotte Choco Pie’ telah terpasang. Di sisi kiri halaman masjid, beberapa orang tampak sibuk menyiapkan bahan-bahan untuk kegiatan sore itu. Saya, Ayyas dan Mba Farah langsung menuju ruang masjid untuk menunaikan ibadah shalat dan berkumpul dengan emak-emak blogger lainnya. Setelah berkumpul dan menunaikan ibadah shalat Ashar, kami pun bergegas untuk menuju tenda Choco Pie. Di tenda Choco Pie, ada beberapa kegiatan yang dilakukan yakni :

Kids Pastry Classes
Kegiatan ini adalah cooking class untuk anak-anak. Anak-anak disediakan meja lipat dan disediakan berbagai bahan untuk menghias Lotte Choco Pie. Bahan-bahan yang disediakan beragam. Mulai dari fondan, aneka cake decorating tools, alat penggiling adonan hingga sarung tangan agar tangan tetap bersih. Chef Nanda kemudian memberikan step by step cara untuk menghias Lotte Choco Pie. Pertama-tama, fondan di ulen dengan tepung maizena hingga kalis kemudian di giling. Setelah di giling, fondan bisa di cetak sesuai keinginan. Nah, hasil cetakan itu yang kemudian diletakkan untuk di hias di Lotte Choco Pie. 
Chef dan MC membawakan acara seru 
Ayyas awalnya sempat binggung mau menghias apa. Tapi kemudian setelah dia mengikuti sesuai instruksi, hasilnya pun tampak. Kreatifitas inilah yang menurut saya sangat penting dikembangkan untuk anak. Ayyas memilih untuk menghias menggunakan potongan fondan dan juga hiasan lainnya. Semua anak yang mengikuti kids pastry class mendapat hadiah berupa stiker dan notes kecil dan Ayyas senang sekali. Oh ya, ada tiga pemenang di Kids Pastry Classes ini dan mendapatkan hadiah Lotte Chopie.

Lotte Choco Pie Creative Competition
Nah, setelah Kids Pastry Classes, kegiatan selanjutnya adalah Lotte Choco Pie Creative Competition. Kompetisi ini adalah kompetisi masak ibu berpasangan dengan anak. Ada dua sesi kompetisi ini dan masing-masing sesi diikuti lima pasangan ibu dan anak. Saya berkompetisi di sesi kedua bersama empat pasangan ibu dan anak lainnya. Masing-masing tim memakai celemek dan topi ala koki. Wah, aku ngerasa seperti ikut lomba masak di televisi. Hhahahaa … Jadi karena ada dua Choco Pie yang disediakan, langsung deh saya dan bagi tugas untuk menggiling adonan, mencetak dan menghias. “Ummi aku mau hias pakai hiasan yang ini,” kata Ayyas. Saya kemudian persilahkan Ayyas untuk melakukan seperti keinginannya. 

Ceritanya lagi sibuk menghias
Tapi eh tapi, saya malah berfokus pada hiasan Choco Pie ala saya. Hahhaaa, maafkan. Ummi punya cita-cita jadi koki yang tak terwujud. Setelah selesai menghias, tiba-tiba Chef sampaikan kalau kebersihan meja juga menjadi bagian penilaian. Alhasil, saya dan Ayyas yang hobi bersih-bersih langsung deh bersihkan meja yang dijadikan tempat menghias tadi. Ayyas bagian ngelap kiri, saya ngelap kanan. Perlengkapan masak saya letakkan di pojok dinding biar nggak kelihatan. Hahhahaa .. Nah, Chef sempat menanyakan saya dan Ayyas apa maksud dari hiasan ini. Saya sampaikan bahwa desain saya dan Ayyas itu bertema persahabatan antara dua orang dan selalu berusaha untuk menjalin kerjasama. Chef-nya hanya bisa menggut-manggut entah apa yangd ipikirkan setelah mendengarkan saya panjang lebar.

Tausyiah
Setelah selesai mengikuti dua kegiatan yakni Lotte Choco Pie Creative Competition dan Kids Pastry Classes, saya pun mengikuti tausyiah yang disampaikan oleh Ustaz Wildan dan dongeng boneka oleh Kak Muis. Acara ini seru sekali karena di bawakan secara interaktif sehingga anak pun tertarik. Ada drama boneka yang membuat anak-anak senang mengikuti kegiatan. Sesekali saya mendengar suara tawa anak-anak saat mengikuti kegiatan ini. Usai tausyiah dan dongeng boneka, anak-anak yatim diberikan santunan oleh Lotte Choco Pie. Santunan tak hanya berupa uang melainkan juga tas Lotte Choco Pie dan seperangkat alat sekolah. Saya melihat anak-anaknya senang sekali dengan mendapat hadiah dari Lotte Choco Pie. Alhamdulillah
 
Rame ya yang hadir
Nah, setelah kegiatan itu kami kemudian berkumpul untuk berbuka puasa bersama-sama. Setelah itu, dilakukan pengumuman pemenang lomba Lotte Choco Pie Creative Competition . Ayyas sempat berbisik kepada saya "Ummi, kalau kita kalah gimana?". Saya awalnya hanya senyum-senyum saja karena tak mengira dia menanyakan hal ini. "Kalau kita kalah nggak papa dek. Yang penting kita sudah berusaha," kata saya kepada Ayyas. Saat pengumuman itu, nama saya dan Ayyas tidak disebutkan dan ini berarti kami kalah. Hehehe. Bagi pemenang, mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp 300 ribu (pemenang 1), Rp 200 ribu (pemenang 2) dan Rp 100 ribu (pemenang 3). Bahagia banget kan?. Acara terakhir ditutup dengan foto bersama dengan teman-teman blogger. Dan yang paling membahagiakan, anak-anak juga mendapat hadiah tas Lotte Choco Pie. Alhamdulillah Ayyas dan tentunya anak-anak dari Mom blogger juga senang sekali.

Ingin merasakan keseruan Ramadan Lotte Choco Pie? Yuk datang di Masjid Raya Al Ikhsan di Bumi Serpong Damai (BSD) untuk ikuti keseruan acara bertabur hadiah. Tak hanya itu saja. Lotte Choco Pie juga mengadakan kuis foto di Facebook dan Instagram. Caranya mudah banget!. Teman bisa membeli2 kemasan Lotte Choco Pie isi 6 lalu upload foto kebersamaan dengan anak di bulan Ramadan bersama Lotte Choco Pie di Instagram dan Facebook. Jangan lupa sertakan hastag #RamadanTogether #TogethermoreLotteChoco Pie. 

Oh ya, apa kegiatan yang teman lakukan bersama anak di bulan Ramadan ini? Yuk berbagi.
Terima kasih   




112 comments

Avatar
Liswanti Jun 16, 2017, 10:01:00 AM

Acara kemarin memang seru banget ya mba. Anak-anak senang sekali

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 7:38:00 PM

Alhamdulillah seru banget. Jadi pengen lagi mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Mang Lembu Jun 18, 2017, 1:56:00 PM

emang seruh menyeru acaranya, anak saya yang bungsu bahkan nggak mau pulang dari tempat acaranya hingga terpaksa kami harus mengicap didalam kendaraan...begitulah kemeriahannya sedemikian makjleb

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jun 16, 2017, 10:16:00 AM

seru banget acaranya gpp kalah disini kaka Ayyas kemarin ummi uda menang hP juara 2 minta ke ummi y kaka hadiahna 😁
yah aku baru beli 1 ternyata mesti 2 dus y mba baiklah pgn coba sapa tau menang kek umi 😁

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 7:39:00 PM

Hahaha, nih Ayyass udah nagih hapeku buat dia pakai nih. Ah Bunda sudah menang terus tuh :p

Reply Delete
Avatar
Ipeh Alena Jun 16, 2017, 12:09:00 PM

Acaranya seru banget yaa. Pasti anak-anak pada seneng ya Mba pas ikutan bukber. Biasanya kan suka pada bete tuh kalo diajak bukber Kalo ga sama temen2nya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 7:39:00 PM

Nah kalau ada bukber yang melibatkan anak pasti anakku senang mbaa. Jadi biar nggak bosan :)

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Jun 16, 2017, 2:18:00 PM

Wah serunyaaa bisa berpasangan ibu dan anak ikut kompetisi.
Lotte Choco Pie kesukaan anak2ku :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 7:41:00 PM

Iyaa mba. Kesukaan banyak orang ih karen rasanya emang enak

Reply Delete
Avatar
Risalah Husna Jun 16, 2017, 6:38:00 PM

Seru banget aktivitas dari Lotte Choco Pie. Sambil nunggu buka puasa, anak-anak diajak main. Sampai ngga inget lagi puasa saking semangatnya. Pastry kid bikin anak-anak jadi kreatif yaa. Kreasinya macem-macem, dari yang bentuknya jelas sampai yang absurd adaaa..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 7:41:00 PM

Hahhaaa namanya aja anak-anak ya banyak yang bisa bikin absurd :p

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi Jun 16, 2017, 7:00:00 PM

Chocopie anak saya semua suka...di panggang dulu lebih enak..marsmello nya meleleh..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 7:42:00 PM

Wah ada pilihan baru nih konsumsi Choco Pie :)

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Jun 16, 2017, 7:02:00 PM

Anak2 jg suka Choco pie.
Paling biasanya sama anak2 ngabuburit, jalan2 sore nyari takjil bareng atau sekadar main sepeda

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 7:42:00 PM

Nah bisa juga ngabuburt main sepeda ya mba April.

Reply Delete
Avatar
prana ningrum Jun 16, 2017, 7:07:00 PM

lotte chocho pie memang enak ya mbak ....

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 7:42:00 PM

Enak banget. Kesukaan keluarga :)

Reply Delete
Avatar
Yurmawita Adismal Jun 16, 2017, 7:43:00 PM

Seru ya couple begini suka deh kalau ada gini di tempatku..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:48:00 AM

Semoga ada di tempat mba juga ya :)

Reply Delete
Avatar
Okti Li Jun 16, 2017, 8:39:00 PM

Wah harus beli kue coklatnya dulu ya buat ikutan lombanya. Rencana minggu besok mau ngadain buka puasa bareng anak2 nih...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:09:00 PM

Pas mba. Siapa tahu bisa menikmati bersama anak-anak ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Anggarani Ahliah Citra Jun 16, 2017, 10:02:00 PM

Serunyaaa... bakat terpendam ummi nya tersalurkan juga yah di acara ini

Reply Delete
Avatar
Anonymous Jun 16, 2017, 10:34:00 PM

wahh beruntungnya si kakak diajak main ke tempat yg seru banget sama bundanya :) kelihatan facenya happy :*

Reply Delete
Avatar
Icha faizah Jun 17, 2017, 12:30:00 AM

Sayang, anak saya masih bayi mba. Padahal pgn bgt ikut keseruan bareng lotte choco pie di bsd 😁

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 17, 2017, 9:29:00 AM

Ntar kalau udah agak gede bisa tuh menikmati keseruannya mba :)

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Jun 17, 2017, 2:49:00 AM

wah seru sekali ya, anak juga pasti suka ditemani ibunya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 17, 2017, 9:30:00 AM

Alhamdulillah suka banget, mba Tira :)

Reply Delete
Avatar
Nova Violita Jun 17, 2017, 3:50:00 AM

senangnya..jika ada event bisa bawa anak...dan anak dilibatkan langsung...
apalagi anak menikmati dan senang... seru.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 17, 2017, 9:30:00 AM

Iya mba Nova. Aku juga menikmati banget keseruannya :)

Reply Delete
Avatar
Harie Khairiah Jun 17, 2017, 5:40:00 AM

wah aku bacanya aja kebayang keseruannya harus banyak ada kegiatan bersama ibu dan anak neh

Reply Delete
Avatar
Eni rahayu Jun 17, 2017, 9:38:00 AM

Seru ya bunda acaranya. Bikin anak senang. Kalau sy selama ramadhan bekerja. Jd kegiatan dg anak ya memyiapkan menu berbuka. Kalo pas liburan jalan santai ke alun2

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:39:00 AM

Nah alun-alun juga bisa jaid tempat yang pas mba buat ngabuburit

Reply Delete
Avatar
Yenny Susanty Jun 17, 2017, 9:43:00 AM

Acaranya menarik dan kelihatan seru banget ya mbak

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah Jun 17, 2017, 10:00:00 AM

Wah acaranya pasti menyenangkan, kebersamaan yg berkualitas :)

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen Jun 17, 2017, 10:02:00 AM

Seru ya mbak acaranya, kelihatan jadinya bonding antara ibu dan anak :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:40:00 AM

nah iya. Paling penting tuh bondingnya bisa tercipta mba

Reply Delete
Avatar
Wiwid Jun 17, 2017, 10:05:00 AM

Acaranya seruuuu banget mbak.. aku jadi mupeng. Ide membuat hiasan Pie bisa nih dipraktekin di rumah. Nyontek ide aah.. sambil berdoa & menunggu acara choco Pie serupa di Surabaya!

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:40:00 AM

Aamin. Semoga ada di Surabaya ya mba

Reply Delete
Avatar
Enny Mamito Jun 17, 2017, 10:11:00 AM

Saya sama Zidan di rumah aja mbk. Nonton tv kadang ngabuburit sambil beli takjil *dih cuma gitu aja sayah ya 😂

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:42:00 AM

Nah yang penting dilakukan berdua ya mba Enny :)

Reply Delete
Avatar
Haeriah Syamsuddin Jun 17, 2017, 10:24:00 AM

Seru banget acaranya, anak-anak pastinya senang karena mendapat banyak pengalaman baru. Mudah-mudahan acara sejenis juga nanti diadakan di kotaku.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:42:00 AM

Aaamin ya mba. Biar dilakukan di bebberapa daerah ya

Reply Delete
Avatar
Amanda Ratih Jun 17, 2017, 10:29:00 AM

Kak.. klo ada lagi kabarin dong. Mau ikutan juga nih..

Reply Delete
Avatar
Rizka Alyna Jun 17, 2017, 11:10:00 AM

Anak saya baru mulai diperkenalkan dengan puasa Mbak. Belum berpuasa, tapi saya ingatkan untuk tidak makan dan minum di luar, untuk menghormati yang berpuasa. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa puasa bedug.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:43:00 AM

Aamin. Mengajarkan puasa secara perlahan kepada anak ya mba

Reply Delete
Avatar
turiscantik.com Jun 17, 2017, 11:11:00 AM

Anak mu sudah besar banget ya mbak..aduh aku mau bukber pakai choco pai ah entar sore hehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:43:00 AM

Hahha iya udah gede banget, mba. Hayuuk makan choco pie :)

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan Jun 17, 2017, 12:49:00 PM

Senangnya ya bisa jalan bareng anak-anak dan membuat mereka bahagia.

Reply Delete
Avatar
Shine Jun 17, 2017, 1:29:00 PM

Kakak ayyas cantik 😍 bagi chocopie-nya donk *eh
Selain acaranya seru jd bonding jg ya mba antara anak dan ibu.

Reply Delete
Avatar
Walkerend Jun 17, 2017, 1:37:00 PM

seru banget ya mbak.
nanti saya juga ajak anak saya deh mbak
makasih ya sharenya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:45:00 AM

Selamat menikmati bersama anak ya :)

Reply Delete
Avatar
andrie Jun 17, 2017, 1:47:00 PM

Jangan putus asa nih ma buat anakknya, terus di support lagi biar bisa mengikuti kompetisi lainnya, dulu saya juga pernah begitu hhe.. tapi berkat motivasi dari orang tua saya pun mengikuti terus walaupun kalah... benar tuh kata mba : " yang penting kita sudah berusaha ", dan coba lagi untuk lomba yang selanjutnya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:45:00 AM

Iyaa. Sellau coba untuk lomba slenajutnya ya mas

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi Jun 17, 2017, 10:29:00 PM

Seru banget sih, tapi aku kebayang ini uminya yang lebih excited deh daripada ayyas-nya pas lomba menghias, hihihi.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:45:00 AM

hhaha tahu aja. Calon koki gagal, mba :p

Reply Delete
Avatar
ira duniabiza Jun 18, 2017, 12:06:00 AM

ayas antusias banget ya mba bikinnya. senang punya mama kaya mba Alida yang cepat tanggap dan mengerti perasaan ayas... Kak Ayas nanti ajarin bintang menghias kuenya juga ya... bintang suka lo bikin-bikin kue... :-)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:46:00 AM

Nanti bintang hias bareng kakak Ayyas ya. TRus kasih ke Ummi Ayyas :p

Reply Delete
Avatar
Witri Jun 18, 2017, 4:00:00 AM

Acaranya seruuu, penasaran sama choco pie nyaa

Reply Delete
Avatar
Lia Lathifa Jun 18, 2017, 4:32:00 AM

acaranya seru dan edukatif sekali, gak cuma mengenalkan produk tapi bikin kreasi yg bikin anak jadi krearif. Anak-anak dan aku juga suka chocopie,

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:46:00 AM

Iya banyak yang suka chocopie mba . Enak sih :)

Reply Delete
Avatar
Febrianty Rachma Jun 18, 2017, 5:37:00 AM

Wah Ayyas, sudah puasa full ya. Psti ga sabar tuh kalau nunggu adzan magrib. Dan kegiatan seperti ini selain mengalihkan anak untuk lebih ersabar menunggu adzan magrib juga mendekatkan ibu dan anaknya ya mbak. Keren deh dengan semangatnya Lotte Chcoco Pie ini

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:48:00 AM

Alhamdulillah mba sudah sejak kelas 1 SD, Ayyas puasa full, mba :)
Iyyaa aku juga senang dengan kegiatan ini mba

Reply Delete
Avatar
Ina Inong Jun 18, 2017, 6:37:00 AM

Seru banget emang ya, aku juga pengen masak-masakan tapi gak bawa Keyaan... huhuhu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 18, 2017, 8:48:00 AM

Lain kali ajak Keyan yuk biar sama-sama :)

Reply Delete
Avatar
Tri Sapta Jun 18, 2017, 7:42:00 AM

Selain bounding dengan anak, acara ini juga bermakna dalam. Pembelajaran 'kalah' dengan legowo itu luar biasa. Pasti diingat Ayyas hingga dewasa. Saat sportif tertanam, energi bisa full untuk kompetisi berikutnya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 22, 2017, 7:20:00 AM

Iya mba. Harus diajarkan sejak masih anak-anak :)

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad Jun 18, 2017, 8:42:00 AM

Ayyas pinter dan cantik ya mba. Momen ngabuburit bareng anak emang nyenengin plus harus pintar-pintar supaya tetep bermanfaat

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 22, 2017, 7:20:00 AM

Alhamdulillah. Makasih Mama Darrel :)

Reply Delete
Avatar
Maya Jun 18, 2017, 9:18:00 AM

memelihara kebersamaan dengan keluarga pada moment ramadhan rasanya sangat penting ya, Maya juga sdh beberapa kali tidak hadir ajakan teman-teman utk bukber soalnya gadis kecil jg ikut berpuasa rasa nggk tega kalau tdk menemaninya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 22, 2017, 7:21:00 AM

Iya, mba Maya. Sesekali tapi boleh lah. Hehhee

Reply Delete
Avatar
eva sri rahayu Jun 18, 2017, 1:35:00 PM

Mak Ranch so sweeet.... Ngedukung si kecil puasa dengan nemenin buka bareng 😍

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 22, 2017, 7:21:00 AM

Iya mba. Dukungan paling sederhana ya mba Eva

Reply Delete
Avatar
Winda Krisnadefa Jun 18, 2017, 1:46:00 PM

Safina sama sepupunya seneng banget kemarin...mana bawa pulang Choco Pie banyak...hihihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 22, 2017, 7:21:00 AM

Iyaa keliatan Safina senang bangeet

Reply Delete
Avatar
Pritahw Jun 18, 2017, 4:01:00 PM

Cantik kayak umminya ya si kakak..asik ya mbak, masak2 bareng sekaligus ngalihin perhatian nunggu bukber, jadi ngabuburit

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 22, 2017, 7:21:00 AM

Alhamdulillah makasih ya mba Prita. Iya nih anak jadi senang :)

Reply Delete
Avatar
Junaidi Net Jun 18, 2017, 5:28:00 PM

asik dan Seru banget acaranya, Andaikan dekat ngak kan terlewatkan acara semacam ini, pasti melihat, Ya ampunn umminya semangat banget amppe anaknya hanya lihatin saja ehehehe

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Jun 19, 2017, 1:08:00 AM

Wah Mama sama ayyas seru banget itu lomba ngehias choco pie nyaa..

Reply Delete
Avatar
Ade Anita Jun 19, 2017, 4:48:00 AM

chocopienya sendjri udah enak ya..dihias hias gitu makin enak banget deh. btw..Rach..selamat ya menang hp ..sori telat ngasi ucapan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 22, 2017, 7:22:00 AM

Alhamdulillah. Makasih mba Ade :)

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya Jun 19, 2017, 5:28:00 AM

duh asyik banget bebikinan gitu, anak2 pasti suka, apalagi abis bebikinan bisa langsung dimakan hasil kreasinya eh nunggu bedug dulu yak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 22, 2017, 7:23:00 AM

Nah itu mba. Langsung dimakan karena enak mba. Hahhaa

Reply Delete
Avatar
Rina Susanti Jun 19, 2017, 5:58:00 AM

acaranya emang seru banget...mau lagi lah diajak gathering Choco Pie *ngarep* hehhe

Reply Delete
Avatar
Noe Traveler Jun 19, 2017, 6:26:00 AM

Berkesan bgt ya acaranya, jd dapat ide aktifitas untuk nunggu waktu buka kalo di rumah :D

Reply Delete
Avatar
Fely Ina Jun 19, 2017, 7:47:00 AM

Seru banget, sih. Sayang acaranya di Serpong, aku ndak bisa ikutan. Hueeee... Btw, selamat menjalankan ibadah puasa yang sebentar lagi mau berakhir ya. Senangnya abis ini idul fitri

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 22, 2017, 7:39:00 AM

Alhamdulillah. Terima kaish mba :)

Reply Delete
Avatar
Uli Hape Jun 19, 2017, 9:15:00 AM

seruuu dan semoga tahun depan di bulan Ramadan kitabisa bukber lagi ya mbk

Reply Delete
Avatar
Putu Sukartini Jun 19, 2017, 11:27:00 AM

Wah asik banget acaranya
Merangsang kreatifitas anak biar gak bosen nungguin waktu berbuka

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri Jun 19, 2017, 9:25:00 PM

Wah menarik banget ada kids pastry classes nya :) Ini bikin mupeng mama dan anak yang ga ikutan ya. Seru sekali bikin aneka kreasi bentuk cokelat dan cake lainnya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 22, 2017, 7:39:00 AM

Iya mba. anak-anak senang banget

Reply Delete
Avatar
Helena Jun 20, 2017, 3:35:00 AM

Waaah ga kepikiran menghias lotte choco pie. Biasanya langsung ku makan aja soalnya enaaak. Padahal ini bisa jadi bonding moment dan melatih kreativitas anak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 22, 2017, 7:39:00 AM

Haha langsung makan aja udah enak mbaa

Reply Delete