5 Tips Mudik Selamat, Aman dan Nyaman Menggunakan Transportasi Udara

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

5 Tips Mudik Selamat, Aman dan Nyaman Menggunakan Transportasi Udara

Seberapa sering menggunakan transportasi udara untuk mudik? Dulu, saya hampir selalu mudik lebaran menggunakan transportasi udara. Misalnya mudik lebaran ke Ambon saat Mama dan Papa saya masih tinggal di Ambon. Menggunakan transportasi udara lebih menghemat waktu dibandingkan transportasi laut yang menghabiskan waktu hingga 4 hari 3 malam.  

Setelah Mama saya pindah kerja ke Surabaya, mudik kemudian berpindah ke Surabaya. Papa saya yang masih bekerja di luar kota pun mudik lebaran ke Surabaya. Jarak tempuh pesawat hanya 1,5 jam dari Jakarta ke Surabaya. Kini, saya lebih banyak mudik lebaran di rumah mertua di Kudus, Jawa Tengah. Setelah lebaran, biasanya saya ke Surabaya untuk nyekar ke makam Mama. Selama menggunakan pesawat terbang, ada beberapa hal yang saya lakukan agar mudik berjalan aman dan lancar. Saya selalu berharap agar perjalanan yang saya lakukan bisa sehat dan selamat sampai di tujuan. Bahkan, saya juga bergabung menjadi #SobatAviasi yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan dan selalu ada informasi agar perjalanan udara berjalan lancar. Yuk, simak apa saja yang saya lakukan …  
 
Kondisi bandara saat saya tiba di Surabaya

Beli tiket jauh hari sebelum lebaran
Apabila ingin membeli tiket mudik lebaran, saya sarankan tidak memesan tiket mendekati lebaran. Tiket ketika mendekati lebaran biasanya harganya lebih mahal dan susah juga diperoleh. Ada teman yang bahkan memesan tiket sebulan sebelum lebaran agar mendapatkan harga tiket yang harganya lebih terjangkau.

Bawa barang bawaan seperlunya
Saya sering lihat banyak yang membawa tas berukuran kecil dalam jumlah banyak sehingga kesulitan saat membawanya ke pesawat. Saya lebih memilih membawa tas berukuran standar daripada membawa tas kecil jumlah banyak. Saya juga membiasakan menghitung berapa barang yang saya bawa sehingga ketika pengecekan tidak ada yang terlewat. Upayakan juga tidak membawa barang yang melebihi kapasitas. Selain karena merepotkan, membawa barang yang melebihi kapasitas juga akan menimbulkan biaya tambahan. Pernah teman saya yang harus membayar biaya kelebihan bagasi Rp 1,5 juta padahal harga tiketnya Rp 500 ribu. Nggak pengen seperti itu kan?

Ada yang manyun pas nunggu barang di bandara. Hehhe
Datang ke bandara tidak mepet
Kita tidak bisa memprediksi seberapa macet perjalanan dari rumah menuju bandara. Ada teman yang merasa rumahnya dekat bandara sehingga datang agak mefet batas akhir check in. Teryata jalan tol macet parah sehingga dia membutuhkan waktu lebih lama untuk tiba di bandara. Pas tiba di bandara, teryata counter check in ditutup sehingga ia harus membeli tiket lagi. Saya selalu merasa lebih aman menunggu lama di bandara daripada datang agak mepet. Usahakan 3 jam sebelum waktu keberangkatan telah tiba di bandara dan siap melakukan pemeriksaan barang bawaan. Dua jam sebelum keberangkatan lakukan check in di counter check-in atau menggunakan fasilitas check-in online. Nah, satu jam sebelum keberangkatan, pastikan sudah berada di waiting list dan gate yang
sesuai dengan penerbangan.

Tidak bercanda bilang bom 
Ini kejadian nyata yang terjadi tahun lalu di Jeddah. Ceritanya, sata berada di dalam pesawat dan siap terbang, pramugrai menghampiri dan menawarkan barang milik WNI (Warga Negara Indonesia) yang juga jamaah haji.. “Berat banget, Bu. Kopernya isi apa,” tanya pramugrai dalam bahasa Melayu. “Dari Arab Saudi masak bawa bom. Ya oleh-olehlah, Bu, “kata WNI.  Kalimat ini langsung disampaikan pramugari ke ruang pilot dan seluruh jemaah satu rombongan diminta turun untuk screening ulang dan cek bagasi. Akibatnya, pesawat tertunda lebih dari 14 jam. Di Indonesia, telah diatur tentang larangan bercanda tentang Bom. Hal ini diatur di  Pasal 437 UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Jadi, menyampaikan informasi palsu, bergurau atau mengaku-ngaku membawa bom di bandara dan di pesawat udara dapat dikenakan pidana penjara.

Berdoa
Setiap kali naik kendaraan umum, saya selalu membaca doa. Begitupula saat naik pesawat. Bagi saya, hanya Allah yang mampu melindungi kita dan selalu mendoakan agar sehat selamat sampai tujuan.
 
Berdoa agar selalu diberikan keselamatan 
Nah, itu tips agar bisa mudik selamat, aman dan nyaman menggunakan Transportasi Udara. Jika ingin tahu lebih banyak tentang mudik menggunakan transportasi udara, langsung saja buka :
Facebook : Sobat Aviasi  
Instagram : @djpu151

Ingin hadiah ke Raja Ampat? Yuk ikuti Vlog Competition yang diadakan Direktoral Jendral Perhubungan Udara. Informasi lebih lengkap langsung klik http://selamanya.id/ 
Dengerin dulu ya lagu di bawah ini ....


Lebaran tahun ini juga ada rencana mudik menggunakan transportasi udara? Apa saja yang disiapkan? Yuk berbagi ….

69 comments

Avatar
Beautyasti1 Jun 14, 2017, 8:01:00 PM

Sobat aviasi apa ya mba? Btw bayar bagasi 1,5jt itu bawa apaan aja ya ^^' banyak bangeeeyt

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 15, 2017, 7:54:00 AM

ITu komunitas yang dibentuk oleh Dirjen Kemenhub, mba.
Haha soal bagasi emang banyak banget. Aku aja sampe kaget. Itu isinya perlengkapan bayi pesanan kakaknya teman, mba

Reply Delete
Avatar
Ria fasha Jun 14, 2017, 8:43:00 PM

Naik pesawat memang jadi pilihan tepat mbak untuk mudik.. Apalgi kalo bwa anak2 lebih nyaman. Cepet nyampenyaa...

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti Jun 14, 2017, 9:49:00 PM

Bawa barang seperlunya nih yang masih susah mbak. Perasaan tiap mudik pasti aja deh ribet bawaannya. Hhahahaha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 15, 2017, 9:19:00 AM

Hahah iyaa mba Andy. Tapi aku juga malah kalau jadi ribet apalagi kalau bawa anak anak

Reply Delete
Avatar
Eko Nurhuda Jun 14, 2017, 11:03:00 PM

Alhamdulillah, tahun ini kembali bisa mudik ke Sumatera. Insya Allah, bakal lewat Soekarno-Hatta lagi karena kalo mudik memilih pakai pesawat karena pertimbangan efektivitas waktu dan kenyamanan. Soal datang ke bandara, karena saya dari Pemalang jadi udah berangkat ke Jakarta malamnya. Misal terbang 18 Juni pagi, kami berangkat naik travel dari Pemalang tanggal 17 malam habis Isya. Sampai di bandara Subuh, atau malah lebih pagi tergantung sopirnya sering istirahat atau nggak. Nah, boleh dicontoh tuh hahaha.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 15, 2017, 9:21:00 AM

Alhamdilillah bisa mudik ke Sumatera ya mba. Wah idenya boleh juga nih bagi yang penerbangan dari luar kota menuju Jakarta. Makasih sudah berbagi mas Eko

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti Jun 15, 2017, 9:44:00 AM

Mba Al mudik ke Kudus? aku mudik habis lebaran mba, sudah nggak nahan nih pengin cepet mudik

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 15, 2017, 6:29:00 PM

Iya mba. InsyaAllah abis shalat langsung ke Kudus, mba :)
Smoga bisa jumpa ya :)

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas Jun 15, 2017, 10:10:00 AM

Itu kenapa ada yang manyun di bandara? hahhaha.. kalau aku seumpama ingin membawa barang banyak, beberapa barang dipaketin dulu terpisah mbak jadinya nggak kelebihan bagasi daripada disuruh bayar 1,5 juta. Hahaha.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 15, 2017, 6:30:00 PM

Hahhaaa iya itu Ayyas lagi manyun :p
Wah iya juga y ipaketin. Tapi biaya ongkirnya juga gede

Reply Delete
Avatar
Mira Utami Jun 15, 2017, 11:19:00 AM

Aku biasanya meluangkan waktu supaya gak mepet yg penting sampe Bandara dan nunggu lama gpp.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:20:00 AM

Nah ini juga bisa mba. Biar nggak mefet euy. Malas juga datang pas mefet ya

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti Jun 15, 2017, 11:40:00 AM

Ya ampun gegara si ibu, jadi cek ulang. Geli tapi ya beneran takut ya. Becandaan tapi ya kata bom itu bikin merinding. Thanks tipsnya mba Lid, semoga yang mudik diberi kemudahan aamiin.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:20:00 AM

Iyaa. Niat becanda tapi malah jadi petaka :(

Reply Delete
Avatar
Shona Vitrilia Jun 15, 2017, 2:23:00 PM

mudikku deket mba.. bekasi aja hehe.. orang Padang padahal, tapi orangtua n mertua di pulau jawa semua

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:21:00 AM

Nah alhamdulillah bisa bebas macet. Hihihih

Reply Delete
Avatar
lingga permesti Jun 15, 2017, 3:23:00 PM

mba lida dulu mudiknya jauh banget yaa ke ambon..kalo mudik ongkos abis di jalan pasti...syukur sekarang udah lebih deket ya..hehe..oiya ngomong2 soal bagasi..aku juga pernah kejadian barang bawaan kelebihan muatan jadi harus tambah sejuta...nyeseek2

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:21:00 AM

Waduh mba Lingga juga ngalamin ya. Aku sih syukurlah belum. DUh moga nggak terulang lagi ya

Reply Delete
Avatar
Dian Ravi Jun 15, 2017, 3:35:00 PM

Lebaran ini aku enggak mudik, agak sedih juga. Aku pun kalau mudik pakai pesawat sampai Surabaya, abis itu lanjut jalan darat ke Bondowoso. Lumayan hemat waktu.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:25:00 AM

Semoga lebaran tahun depan bisa mudik ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Gilang Maulani Jun 15, 2017, 4:07:00 PM

Aku belum pernah merasakan yang namanya naik pesawat. Lha iya,akunya di rumah :D Mudik sih pernah waktu ngekost muehehe. Tapi makasih untuk tipsnya mba, aku catat, siapa tahu nanti mengalami naik pesawat :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:25:00 AM

Aamin, mba Gilang. Smeoga kesampaian ya. Yuk naik pesawat ama aku aja :)

Reply Delete
Avatar
Evrinasp Jun 15, 2017, 5:41:00 PM

Bentar lagi suasana mudik nih, pingin sekali2 pakai pesawat juga mbak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:26:00 AM

Iyaa mba Evrina. Smoga kesampaian ya

Reply Delete
Avatar
Molly Jun 15, 2017, 8:51:00 PM

Ngerasain mudik seumur2 cuma pas kuliah dulu, mba. Dari Bandung ke Medan. Biasanya naik KA dulu ke Jkt baru terbang nuju Medan. Sekarang aku udh stay di Medan, jadi ga ngerasain mudik deh. Hahahaha :D.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:26:00 AM

Nah pas yang lain Mudik keluar Jawa. Mba Molly mudik aja ke Jawa mba :)

Reply Delete
Avatar
Annafi Jun 15, 2017, 9:21:00 PM

aku belum pernah mudik dengan pesawat tapi udah kebayang riwehnya hehe, makasih ya mba udah sharing tipsnya :D

Reply Delete
Avatar
Okti Li Jun 15, 2017, 10:07:00 PM

Pernah mudik pakai pesawat saat masih kerja di luar negeri sekarang sih mudiknya pakai sepeda motor aja. Cuma beda kecamatan sih hahaha

Reply Delete
Avatar
Nova Violita Jun 15, 2017, 10:26:00 PM

jangan samoe telat..apalagi ketinggalan.. berat diongkos.. apalagi kalo gak balik..uhuhu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:27:00 AM

Waduh jangan sampai kejadian deh ya mba

Reply Delete
Avatar
Lidha Maul Jun 16, 2017, 12:51:00 AM

saya mudik biasanya gak bisa pas lebaran, paling banter dua bulan setelahnya. Soalnya milih selamat, aman dan nyaman-nya ya jatuh setelah itu
*termasuk aman dan nyaman di dompet, jiahhh*
Salam buat yang manyun :D
--mbak satu lagi, link selamanya id gak bisa di klik-- Makasih

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:30:00 AM

Oh gitu. Makasih koreksi, mba LIdha :)
Aku perbaiki

Reply Delete
Avatar
Andi Nugraha Jun 16, 2017, 4:04:00 AM

Bermanfaat nih teh, meskipun mudikku gak pake pesawat, tapli tips dari teh Lidha sangat bermanfaat. Dan yang aku setuju dengan berdoa, karena hanya Allah yang bisa menjamin keselamatan kita. Makan dari itu harus banyak berdoa. Terlebih seperti di foto diatas, baca Al-Qur'an biar adem hatinya ya, Teh..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:48:00 AM

Alhamdulillah aku juga ngresana kalau ngaji lebih tenang, mas :)

Reply Delete
Avatar
Andi Nugraha Jun 16, 2017, 9:43:00 PM

Selain tenang, dapet pahala lagi. Semoga bisa sitiqomah ya, Teh..aamiin..

Reply Delete
Avatar
Helenamantra Jun 16, 2017, 5:08:00 AM

aku biasa timbang dulu koper pake timbangan badan buat cek kira-kira berapa kg. Biaya tambahan bagasi ini lho mihil

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:51:00 AM

Nah bisa juga mba buat pakai timbangan badan :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani Jun 16, 2017, 5:30:00 AM

Mudik dengan pesawat memang banyak persiapannya ya..untuk menghindari ketinggalan pesawat, kalau sampai telat, repot deh.

Reply Delete
Avatar
Ardiba Jun 16, 2017, 6:52:00 AM

Beli tiket jauh2 hari, tp abis beli jangan buka2 situs tiket pesawat lg. Pengalaman ternyata ada tiket yg lebih murah n itu bikin kuciwa. Hahahha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 16, 2017, 10:54:00 AM

Hahha bener, mba. Sedih . Hahhaa

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jun 16, 2017, 8:13:00 AM

becanda mestinya ada dlm situasi tepat makanya bibir n fikiran mesti sikron y mba jd aja ngerugiin semuanya gila aja samle 14jam aku aja nunggu 5 jam uda murang mareng ngambek apalagi ini. tipsnya manfaat bgt biar semua org bisa ngerem becandaanya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 17, 2017, 8:12:00 AM

Nah itu bukan kita berdoa yang doyan becandanya kelewatan sih :P

Reply Delete
Avatar
Yurmawita Jun 16, 2017, 9:31:00 AM

Wah becanda aja gak boleh ya...Hehe..Nanti dikira beneran ada bom ya mba. Kalau aku seringnya bawa buku untuk ngusir jenuh

Reply Delete
Avatar
Eni martini Jun 16, 2017, 12:01:00 PM

Waaah,aku tahun ini ga mudik ke yogya. Senangnya bisa naik pesawat ya..wusss

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Jun 16, 2017, 2:57:00 PM

Tanteku ada yg takut naik pesawat mbak, sampai suatu hari kepaksa naik pesawat juga, sepanjang jalan dzikir tak henti2

Huhuhu kangen mudik naik pesawat, Dema nih blm pernah sama sekali naik pesawat hiks

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jun 17, 2017, 8:13:00 AM

Hayok Dema naik pesawat sama tante aja :p

Reply Delete
Avatar
prana ningrum Jun 16, 2017, 7:08:00 PM

wah iya tuh pernah kan mbak yg ditv itu ada kasus orang becanda ttg bom dan ditangkap polisi ...

Reply Delete
Avatar
Nufa Zee Jun 17, 2017, 1:11:00 AM

Mending kalo ada bagasi yg melebihi kapasitas mending dikirim pakai cargo ya kan Mb jadinya lebih murah deh ^^

Reply Delete
Avatar
Ernawati Lilys Jun 17, 2017, 7:31:00 AM

kalau sudah jadi emak, bagasi sudah diminim2 pakai baju yg bisa dikombinasi aja kadang kalah sama bawaan anak, ya mainan, ya bonekanya, ya baarang kesayangannya :) xixixix penuh deh ya mba bagasinya. happy mudik ya mba sekeluarga

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim Jun 17, 2017, 8:33:00 AM

Cateeettt, kali aja bsok2 aku mudiknya lewt jalur udara,
Tengkiu sharenya mbk :)

Reply Delete
Avatar
Anonymous Jun 17, 2017, 10:20:00 PM

Di Ambon masih ada keluarga mbak?

Reply Delete
Avatar
Anonymous Jun 17, 2017, 10:21:00 PM

Masih ada saudara di Ambonkah?

Reply Delete
Avatar
D. Pusupa Jun 17, 2017, 10:22:00 PM

Sekarang mudiknya ke Ambon atau Surabaya?

Reply Delete
Avatar
tutyqueen Jun 18, 2017, 1:05:00 AM

tahun in aku mudik naik pesawat nih, mesti diingat-ingat tipsnya :)

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi Jun 18, 2017, 9:00:00 AM

Meski nggak ikut mudik karena keluarga di Jakarta semua, tipenya bermanfaat, kepakai buat pergi kapan aja

Reply Delete
Avatar
Ajen Jun 19, 2017, 6:36:00 AM

Setuju sama yang bercanda tentnag Bom.. pernah naik pesawat dan ada yg ngimong soal Bom di oesawag. Ngeselin.. pengen jitaka.
Terima kasih Tiosnya, Mbak

Reply Delete
Avatar
Percha Jun 19, 2017, 10:55:00 AM

Wah ketemu Sobat Aviasi juga nih... kalau bagian cari tiket sama kyk saya mba, rencana & beli jauh hari kalau bisa, terus setuju harus prepare minimal 3 jaman kalau naik pesawat.
Anyway thanks ya sharing nya

Reply Delete
Avatar
Evi Sri Rezeki Jun 22, 2017, 6:03:00 AM

Kasus yang becanda tentang bom itu emang parah banget dan merugikan

Reply Delete