SLIDER

Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Sekolah


Tahun lalu, tepatnya April 2017 saya dan Ayyas (anak saya yang kini berusia 9 tahun) mengunjungi Yogyakarta. Ayyas baru pertama kali ke Yogyakarta sedangkan kedatangan saya ke Yogyakarta saat itu adalah kedatangan yang ke 5. Tapi kedatangan-kedatangan saya sebelumnya tidak membuat saya memiliki kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta. Jadi saat saya ke Yogyakarta lagi, saya bertekad untuk mengunjungi tempat wisata bersama Ayyas.
 
Taman Sari Yogyakarta 
Perjalanan saya dan Ayyas ke Jogja hanya selama 3 hari 2 malam. Cukup singkat memang karena menyangkut jadwal kerja saya dan juga Ayyas pun masih harus sekolah. Jumat pagi kami berangkat dari rumah menuju ke bandara soekarno hatta.


Siang hari kami sudah tiba di Yogyakarta dan langsung menuju hotel. Setelah istirhat sejenak, karena tak ingin melewatkan waktu untuk menikmati tempat wisata di Yogyakarta, saya dan Ayyas pun langsung mengunjungi tempat wisata.

Tempat wisata apa saja di Yogyakarta apa yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga khususnya anak usia di bawah 10 tahun ? Ini pengalaman saya mengunjungi tempat wisata selama 3 hari 2 malam di Yogyakarta.

Taman Sari

Saya dan Ayyas mengunjungi Taman Sari menggunakan becak. Kami mengunjungi Taman Sari sudah agak siang dan cuaca terasa sangat menyengat. Ini pula yang membuat saya tak bisa berlama-lama di Taman Sari. Kolam pemandian Taman Sari ini sungguh indah dan menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Yogyakarya. Kolam pemandiannya berisi air jernih kebiruan.




Saya dan Ayyas di Taman Sari 

Kolam pemandian di area ini terbagi menjadi tiga, yakni Umbul Kawitan (kolam untuk putri Raja), Umbul Pamuncar (kolam untuk para selir), dan Umbul Panguras (kolam untuk Raja). Dulunya tempat ini hanya boleh dimasuki oleh Raja dan keluarganya. Taman Sari ini adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton yang dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB 2) pada tahun 1758-1766. Liburan sekaligus belajar sejarah yaa ...

 Taman Pintar

Pas ke Taman Pintar, Ayyas senang banget. Boleh dibilang, kalau bawa anak ke Yogyakarta maka bawalah anak ke Taman Pintar. Lokasi Taman Pintar nggak begitu jauh dari Pasar Beringharjo. Saya dan Ayyas memilih jalan kaki dari Pasar Beringharjo dan lewat bagian belakang Taman Pintar.





Taman pintar ini terbagi atas beberapa bagian. Nah saya dan Ayyas mengunjungi bagian utama Taman Pintar yang nyaman banget dan berpendingin udara. Dii Taman Pintar ini, kita juga bisa belajar tentang alat indera manusia dan berbagai kegiatan sains yang menghibur.

Mencoba permainan di Taman Pintar 
Taman Pintar ini memiliki tiga wahana dan tiga atraksi pertunjukan yakni :
  • Wahana Oval-Kotak : Bisa dimasuki semua umur. Tiket masuk buat anak Rp 10 ribu dan buat dewasa Rp 18 ribu
  • Wahana PAUD Barat/Timur : Usia 3-6 tahun. Tiket masuk Rp 3000
  • Wahana Bahari : Bisa dimasuki semua umur. Tiket masuk buat anak dan dewasa masing-masing Rp 4000.

Untuk berkunjung ke gedung oval Taman Pintar Yogyakarta ini ada beberapa aturan. Misalnya, tidak diperkenankan membawa makanan dan makan dan minum di dalam gedung. Alur kunjungan di Gedung Oval-Kotak adalah satu alur. Sehingga bila sudah di dalam gedung tidak diperkenankan keluar masuk kecuali membeli tiket baru kembali.

Keraton Yogyakarta

Saya ke Keraton Yogyakarta juga menggunakan becak. Kalau ke Keraton Yogyakarta dan memilih menggunakan becak maka pengemudi becaknya bisa menunggu di depan Keraton sehingga bisa meluncur ke tempat wisata Yogyakarta lainnya.

Untuk biaya masuk seingat saya Rp 5000. Dan sebetulnya di Keraton Yogyakarta ini menyediakan tour guide yang bisa membantu menjelaskan dengan baik kondisi Keraton. Saya memilih tak menggunakan tour guide dengan anggapan semua informasi akan tersedia.  Tapi pilihan saya teryata kurang tepat.

Keraton Yogyakarta 

Saran saya sebaiknya gunakan tour guide jika ingin mendapat informasi lebih banyak tentang sejarah Keraton Yogyakarta. Saya senang sekali ke Keraton Yogyakarta ini karena masih terjaga dengan baik dan sangat bersih.

 

Malioboro

Bagi saya, Malioboro adalah salah satu tempat wisata yang sebaiknya dikunjungi jika ke Yogyakarta. Bahkan banyak yang bilang kalau ke Yogyakarta nggak ke Malioboro ya seperti nggak ke Yogyakarta ? Bener nggak anggapan itu ?

Jalan Malioboro yang rapi 
Di Malioboro sekarang jalannya sangat rapi walaupun banyak sekali penjual di kiri dan kanan jalan. Selain itu, banyak juga kursi-kursi cantik yang tersedia di jalan Malioboro. Ingin belanja khas Yogyakarta ? Semua tersedia di Malioboro. Jangan lewatkan juga kesempatan buat berfoto di bawah papan tulisan Jl. Malioboro yang sangat legendaris itu.


Barang yang diperdagangkan di Jalan Malioboro

Nah, itu beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang menurut saya wajib dikunjungi di Yogyakarta. Tempat wisata ini terletak di pusat kota sehingga sangat mudah di akses. Oh ya, tempat wisata apa yang telah teman kunjungi selama di Yogyakarta ?

15 komentar

  1. Ini destinasi yang dulu Sering saya kunjungi waktu kuliah. Suka solo traveling ke Jogja.

    BalasHapus
  2. Dari semua tempat ini anak-anakku belum pernah ke Taman Sari, kalau simboknya sih sudah. Eh jadi dapat ide deh, apalagi lokasi Taman Sari ini cucok banget buat pepotoan. Sekalian deh belajar fotografi. Nice Share, Mbak Lida

    BalasHapus
  3. duh jadi kangen ke jogja lagi

    BalasHapus
  4. If yyⲟᥙ wish for to improve your know-how simplyy keep
    visiting this site andd be updated with the hottest news posted һere.

    BalasHapus
  5. wah kapan yaa aku bisa maen ke yogya. dulu taunya cuman malioboro doang krna yg sempet didatengin cuma itu. kudu lamaan lagi nih kalo jalan2 ke sana

    BalasHapus
  6. Beberapa kali ke Jogja belum pernah ke Taman Sari, Jogja memang selalu bikin rindu ya 😊

    BalasHapus
  7. Ah senang liat yogya rapi banget, tapi lebih senang lagi liat tumpukan baju batik di pinggir jalan itu ya. 😊naluri emak emak

    BalasHapus
  8. Terakhir ke Jogja, cuma keliling aja pakai becak. Waktu itu anak-anak masih SD, belum pernah naik becak. Trus, Keke ketagihan naik becak hehehe

    BalasHapus
  9. Aaaaa aku cinta sekali kota ini
    Kota dimana ritme kehidupan terasa melambat dan penuh keramahan penduduknya
    Aku juga kalau ke Jogja ngunjungin tempat2 itu deh

    BalasHapus
  10. Malioboro itu emang ikonik banget ya 😀

    BalasHapus
  11. Sekian kali ke Jogja, belum pernah mengunjungi taman sari

    BalasHapus
  12. Seru banget! Aku paling penasaran sama Taman Pintar. Berasa anakku udah kegedean buat ke tempat wisata kayak gitu. Cuma kalo lihat review-mu sepertinya masi ngga apa-apa ya, bawa anak SMP?

    BalasHapus
  13. Terakhir ke Jogja, Tamansari belum direnov. Masih lumutan dan serem. Wah...itu kapan yah? Kayaknya perlu nih ke Jogja lagi. Obyek wisatanya nambah juga. Keren...

    BalasHapus
  14. Bau beberapa saja lokasi wisata unik yang kukunjungi nih... kalo ke jogja meski banyak waktu untuk berkunjung ke tempat wisata yang unik lainnya nih.. keren.. jogja..

    Sae

    BalasHapus
  15. Saran kalau belanja mending di Mirota Batik. Harga lebih murah ketimbang di pkl sepanjang jalan Malioboro. Barangnya lebih bagus dan variatif juga. 😁

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell