Belajar Sains di Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar di Yogyakarta bisa menjadi pilihan wisata edukasi keluarga. Datang yuk ke Taman Pintar

Belajar Sains di Taman Pintar Yogyakarta

Kalau ke Yogyakarta dan membawa anak kecil, saya sarankan berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta yang beralamat di Jalan Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta. Mengapa? Karena datang ke Taman Pintar ini sekaligus mengajarkan anak belajar tentang sains.

Saat ke Yogyakarta April 2017, saya hanya berdua sama Ayyas menginap di hotel di kawasan Malioboro. Dari hotel, kami berjalan-jalan melewati Pasar Beringharjo kemudian melewati bagian belakang pintu masuk Taman Pintar. Sebetulnyaa agak keder juga karena pintu masuknya itu melewati toko-toko buku bekas. Tapi setelah tanya kiri-kanan, dan lihat ada tulisan petunjuk Taman Pintar, akhirnya kami pun masuk. Selain jalan kaki dari Malioboro, aksesnya juga bisa dilakukan dengan naik becak.
 
tempat wisata gratis di yogyakarta taman pintar
Gedung Oval Taman Pintar Yogyakarta
Sebetulnya pas jalan kaki dari hotel ke Taman Pintar agak sedikit jauh bagi anak kecil. Tapi saya lihat Ayyas semangat dan beberapa kali saya nanya dia bilang belum lelah. Akhirnya ya udah kami memutuskan buat jalan kaki saja. Hhehehe.
Taman Pintar Yogyakarta ini memiliki tiga wahana dan tiga atraksi pertunjukan yakni :
Wahana Oval-Kotak : Bisa dimasuki semua umur. Tiket masuk buat anak Rp 10 ribu dan buat dewasa Rp 18 ribu
Wahana PAUD Barat/Timur : Usia 3-6 tahun. Tiket masuk Rp 3000
Wahana Bahari : Bisa dimasuki semua umur. Tiket masuk buat anak dan dewasa masing-masing Rp 4000.

cara menuju taman pintar di yogyakarta
Bagian luar ada taman juga
Untuk Planetarium, Teater 4D dan Dino Adventure harga tiket masuk antara Rp 15 ribu hingga Rp 15 ribu. Planetarium di Taman Pintar Yogyakarta ini merupakan Planetarium ke 4 di Indonesia dan menjadi yang pertama di Indonesia yang menggunakan digital projector.
 
harga tiket masuk taman pintar yogyakarta
Ada tentang sejarah jaman beheula juga
Planetarium ini menampilkan simulasi suasana langit kota Yogyakarta pada malam hari dengan susunan bintang dan benda-benda langit. Selain itu juga ada film film tentang perjalanan manusia di bulan. Planetarium ini berkapasitas 68 orang dengan durasi 30 menit setiap pertunjukan.  

Kami langsung memilih memasuk ke wahana Oval-Kotak yang menurut kami luas dan pas untuk seusia Ayyas. Setelah membeli tiket, kami langsung memasuki ruangan dan disambut dengan wahana pra sejarah. Ada manusia-manusia purba dan aneka dinasaurus serta telur-telur dinosaurus yang dipamerkan. Semuanya masih dalam kondisi bagus di Taman Pintar Yogyakarta. 

cara belajar sains di taman pintar yogyakarta
Suasana di Gedung Oval
Setelah itu, di ruangan oval, suasanaya terasa lebih luas. Sesuai namanya, bangunan ini terletak di bagian dalam dan berbentuk oval. Di sisi kiri dan kanan ada berbagi jenis ekperimen yang bisa dilakukan untuk tahu lebih banyak tentang sains.

Berpose di simulator gempa bumi
Sayangnya, karena tak ada pemandu saat saya datang dan saya pun tak begitu paham soal sains, akhirnya ya seolah hanya mencoba dan tak begitu paham. Memang sih ada sedikit penjelasan, tapi tetap saja tak mudah saya pahami walau percobaan sains itu sederhana. Harap maklum ya. Hheheh. Tapi apapun, kami cukup terhibur dan Ayyas pun tak ragu untuk mencoba berbagai percobaan.

Nah, di bagian agak atas, ada beberapa pemandu yang membantu menjelaskan tentang gempa. Jadi, ada rumah-rumahan yang disetting bisa bergerak seperti gempa melanda Yogyakarta. “Hayuk bu, dicoba masuk ke rumah gempa,” kata mas pemandu. Baiklah, akhirnya saya dan Ayyas pun masuk dan kami berdua pun berpelukan karena setting gempa ini dibuat seperti gempa sekitar 5 skala richter. Astagfirullah. Tak terbayangkan paniknya kondisi Yogyakarta saat gempa dahsyat melanda kala itu. Saya dan Ayyas kemudian dijelaskan banyak kondisi Yogyakarta.

Keliling Taman Sains

Setelah itu, kami melewati jalan yang memutar ke atas dan di dinding-dinding ada informasi tentang tokoh-tokoh penting seperti Avicenna (Ibnu Sinna) yang sangat memberikan kontribusi pada dunia kedokteran, psikolingi dan lain-lain. Juga ada foto-foto Prof Baharuddin Jusuf Habibie dan Prof Eniya Listiani Dewi yang memberikan kontribusi besar bagi perkembangan teknologi hingga kimia terapan di Indonesia. 

lokasi taman wisata di yogyakarta
Kebangaan Bangsa Indonesia :)
Oh ya, Prof Eniya Listiani Dewi ini dulu pernah saya wawancara untuk profil beliau untuk kantor saya dulu tapi sayangnya saya nggak sempat foto bareng. Padahal, sapa tahu foto saya ikutan nempel di sampingnya ya. Duh mengharap banget. Tapi ya sapa tahu bukan saya tapi foto Ayyas ikut mejeng di antara foto tokoh-tokoh keren itu. Aaamiin ... J

Kalau ingin belajar tentang  fisika, biologi dan lain-lain, di Taman Pintar ini ada beberapa zona yang bisa dimasuki. Salah satunya adalah zona fisika. Di zona fisika, kita bisa mendapat banyak informasi. Misalnya tentang cermin cekung dan cermin cembung. Dijelaskan bahwa pada cermin cembung dan cermin cekung tidak terdapat pantulan cahaya melainkan pembelokan cahaya.

Oh ya, di Taman Pintar ini, kita juga bisa mengetahui lebih banyak tentang kota Yogyakarta.  Informasi ini kami peroleh saat datang ke Galeri Kota Wisaya Yogyakarta. Misalnya ada miniatur candi borobudur hingga informasi upacara adat dan pesta rakyat di Yogyakarta.    
 
bagaimana cara menuju taman sains
Ayyas mejeng :)
Untuk berkunjung ke gedung oval Taman Pintar Yogyakarta ini ada beberapa aturan. Misalnya, tidak diperkenankan membawa makanan dan makan dan minum di dalam gedung. Alur kunjungan di Gedung Oval-Kotak adalah satu alur. Sehingga bila sudah di dalam gedung tidak diperkenankan keluar masuk kecuali membeli tiket baru kembali.

Jika ingin ke Yogyakarta bersama anak, saya sarankan berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta. Ayyas selama hampir satu jam berkeliling Gedung Oval sangat senang dan terkesan antusias. Sayangnya kami tak sempat mencoba planetarium dan aneka wahana lain di Taman Pintar karena keterbatasan waktu.

Apakah teman-teman sudah pernah berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta ? Ada kesan yang bisa dibagikan selama di sana?

Taman Pintar Yogyakarta
Jalan Panembahan Senopati 1-3 Yogyakarta

Tlp : 0274583631 

113 comments

Avatar
Anggraeni Septi Jan 21, 2018, 9:11:00 PM

Wah bagus niiih taman pintar jogja. Bagus ya ada info tokoh-tokoh penting seperti Avicenna dll. Moga bs ajak Luigi ke Jogja sekalian merayakan rindu unt kuliner dan suasana malam jogja :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 22, 2018, 8:18:00 AM

Aamin mba. Semoga terwujud ya :)

Reply Delete
Avatar
Utie adnu Jan 21, 2018, 9:15:00 PM

Kmrn ke Jogja ngga ke sini mba,,, mepet waktunya next bawa kidos Kali ya,, biar happy sekaligus education ada,,,

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 22, 2018, 8:18:00 AM

Hayuk pas buat ajak anak-anak nih mbaa

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Jan 21, 2018, 9:24:00 PM

Wahhh keren ya ..selain happy kita bisa dapat ilmu juga hehe.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 22, 2018, 8:20:00 AM

Dan anak-anak yjuga senang banget mbaa

Reply Delete
Avatar
Ayi Prima Jan 21, 2018, 9:31:00 PM

Agenda wajib ini tiap pulang ke Jogja. Planetarium nya keren banget!

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 22, 2018, 8:21:00 AM

Agak sedikit nyesel nggak ke Planetarium, mbaaa

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Jan 22, 2018, 2:45:00 AM

bagus buat anak2 untuk edukasi mereka ya

Reply Delete
Avatar
Indira Jan 22, 2018, 9:42:00 AM

Waaah belum pernah kesana saya Mbak Lidaaa.. Makin keren Jogja yaaa

Reply Delete
Avatar
Junita Susanti Jan 22, 2018, 9:59:00 AM

Jogga memang selalu bikin kangen, aku pernah ke sini tahun 2012, memang Taman Pintar cocok untuk wisata edukasi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 22, 2018, 10:47:00 AM

Iya bener. Pas buat wisata edukasi mba :)

Reply Delete
Avatar
Okti Li Jan 22, 2018, 10:17:00 AM

Kami berkunjung ke taman pintar tahun lalu saat Kompasiana ngadain acara di Yogyakarta. Saat yang lain wisata kuliner di Malioboro, sebelum pulang kami mampir di sini. Iya anak suka kami juga hehehe...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 22, 2018, 10:55:00 AM

Anak pasti senang sekali ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti Jan 22, 2018, 12:20:00 PM

Aku dulu sering ek Taman Pintar, waktu masih jadi pengurs TK, bagus buat sarana bejar teknologi bagi anak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 22, 2018, 1:06:00 PM

Wah pantesan sabar. teryata mantan pengurus TK :)

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi Jan 22, 2018, 1:10:00 PM

Dulu banget pas adikku masih SD, aku suka kesini sama dia. Belajar soal sains trus diakhiri beli buku di pasar buku yang nggak jauh dari Taman Pintar. Dulu kalau janjian kopdar sama teman juga disana karena tempatnya enak dan strategis. Sekarang udah lama banget nggak ke Taman Pintar. Udah banyak berubah ya kayaknya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 24, 2018, 7:02:00 AM

Asik ya mba dan berkesan banget. Aku nggak sempat ke toko buku bekas disamping itu

Reply Delete
Avatar
Larasati Ristiana Jan 22, 2018, 2:10:00 PM

Wah, wajib ke sini nih, pas ke yogyakarta. Pastinya menarik banget ya, Mbak untuk anak-anak.

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Jan 22, 2018, 2:21:00 PM

Aku belum pernah kesini, insya alloh kalau ke jogja sama anak2 mau main ah, edukatif ya buat anak.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 24, 2018, 7:03:00 AM

Alhamdulillaah smoga bisa ke sini ya mba Tetty

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jan 22, 2018, 2:26:00 PM

aku pengen nih nanti kapan2 kesini ajakin neyna dan adenya hehehe..

ummi salfok sama tas kaka ayyas hahaha perjuangan yah dapetin tas itu detik2 terakhir di KL :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 24, 2018, 7:03:00 AM

Iya ntar ama Ayyas yaa. Hhaha iya sampai skarang tasnya masih bisa dan bagus lohh

Reply Delete
Avatar
Ikrom Zayn Jan 22, 2018, 2:42:00 PM

hampir tiap hari saya transit di halte TJ Taman Pintar
tapi belum eprnah masuk
lihat ramenya jadi males hehe
tapi bagus banget apalagi bisa main2 di ruang oval

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 24, 2018, 7:03:00 AM

Ih aku pas datang nggak terllau rame mas :)

Reply Delete
Avatar
Uchy Sudhanto Jan 22, 2018, 3:34:00 PM

Wuuaah keren banget! Jadi pengen kesana.. nanti mampir ah kl ke jogja..

Reply Delete
Avatar
Yervi Hesna Jan 22, 2018, 5:42:00 PM

InsyaAllah mau ke Yogya September ini. Langsung masuk list nih buat anak anak. Makasih mbak Lidha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 24, 2018, 8:36:00 AM

Alhamdulillah dan semoga berlangsung dengan baik ya mba

Reply Delete
Avatar
Anindita Ayu Jan 22, 2018, 7:57:00 PM

Kalo di bengkulu ga perlu ada simulator gempa lagi mbak, karena sering banget gempa..

Reply Delete
Avatar
prana ningrum Jan 22, 2018, 9:10:00 PM

aku belum keturutan nih mbak ke taman pintar...karena macet dan macet nanti deh kalau anak2 libur sekolah

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati Jan 22, 2018, 11:51:00 PM

Asyik nih ke Yogya ada tempat wisata lain. Jadi nggak ke Candi mulu ya...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 24, 2018, 8:46:00 AM

Aku udah lama banget nggak ke candi

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah Jan 23, 2018, 3:51:00 AM

wah kebetulan baca ini..insa Allah ada planning mau ke sini Maret nanti. Tks infonya mba :)

Reply Delete
Avatar
Leyla Jan 23, 2018, 4:28:00 AM

Aiih keren banget nih tamannya. Kapan ya ke Yogya. ajak donk mbaa

Reply Delete
Avatar
Hani S. Jan 23, 2018, 7:08:00 AM

Udah lama bgt pengen liburan ke Jogja,semoga bisa kesana dalam waktu dekat dan bisa wisata edukatif ke Taman ini. :)

Reply Delete
Avatar
Annafi Jan 23, 2018, 9:29:00 AM

Wih seru banget ya, mba! Murid sd enaknya diajakin ke sini biar lihat mater3secara langsung, pasti gampang ingetnya. Masuk ke wishlist kalo main ke yogya!

Reply Delete
Avatar
Puspita Yudaningrum Jan 23, 2018, 9:37:00 AM

Wah keren nih selain rekreasi tempat ini bisa dijadi tempat belajar juga, sayang di Bengkulu belum ada

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 24, 2018, 9:11:00 AM

Pas ke Jogja bisa buat mampir ke sini mbaaa

Reply Delete
Avatar
Noe Traveler Jan 23, 2018, 10:44:00 AM

Kemaren waktu ke Jogja, mau ke taman pintar tapi ngga jadi. Nyeseel

Reply Delete
Avatar
Milda Ini Jan 23, 2018, 12:11:00 PM

pengen ngajak anak-anak bisa main ke sini

Reply Delete
Avatar
yurmawita Jan 23, 2018, 1:45:00 PM

subhanallah masih mudah sudah profesor muslimah lagi keren banget deh. asli.

Reply Delete
Avatar
laili umdatul khoirurosida Jan 23, 2018, 7:57:00 PM

Kalau buat seumuran saya (yang ABG *ah ngaku ngaku aja wkwk) pasti taman pintar macam ini kurang menarik, tapi kalau buat anak anak pasti seneng banget di ajak kesini.
Saya dulu inget, seumuran Ayyas itu sukaa banget di ajak liburan ke tempat macam begini. Biasanya sebelum berangkat, malam harinya saya gak bisa tidur bayangin liburan macam ini.

haha.

Nah aku setuju mba, di tempat sains kayak gini biasanya pamerannya hanya berupa tulisan2. Seharusnya di tambahin guide ya untuk penjelasan2 gitu.
Semoga suatu saat nanti Taman Pintar lebih atraktif kalau ada guide nya di bagian percobaan2 sains nya itu ^^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 24, 2018, 9:12:00 AM

Bener banget, mba. Biar emak-emak dengan keterbatasan info kayak aku, jadi lebih paham

Reply Delete
Avatar
Eni Martini Jan 23, 2018, 9:05:00 PM

Bagis nih buat anak-anak,temen-temen di Yogya banyak yang recomend taman ini

Reply Delete
Avatar
Zulaeha Jan 23, 2018, 9:15:00 PM

Professor Eniya itu keren banget, Mbak. Aku sampai zoom fotonya agar bisa membaca full bio-nya. :D

Reply Delete
Avatar
Ade UFi Jan 23, 2018, 11:05:00 PM

Waaah ade pernah kesini waktu abang usia 7 tahun. Dia suka bangeeet. Jangankan Abang, umminya aja suka.. hahaha.. jadi senang ya, mba belajar ipa kalau masuk taman pintar.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 24, 2018, 9:13:00 AM

Nah, harapannya begitu, mba. Anak pun jadi tertarik ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya Jan 23, 2018, 11:45:00 PM

pernah ke taman pintar sama adik2ku, setelah anakku lahir blom pernah ngajak ke situ sih

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Jan 24, 2018, 9:39:00 AM

Moga2 ada kesempatan ke Yogyakarta dan bisa ke sana. Dari dulu penasaran org bilang Taman Pintar2 tapi aku blm pernah ke sana T.T

Wah org2 keren dgn otak cemerlang di Indonesia ada di sana ya. Jd nyesel dulu pas sekolah gk belajar lbh rajin hehe :P

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 26, 2018, 9:01:00 AM

Sakarang aja udah pintar kok :)

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah Jan 24, 2018, 11:21:00 AM

Saya malah blas belum pernah ke Taman Pintar, padahal setiap tahun ke Jogja. Dulu mikirnya ank2 masih kekecilan. Tahun ini mgkn sudah cukupan lah ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 26, 2018, 9:16:00 AM

Ajak yuk mba dan pasti anak-anak akan senang banget

Reply Delete
Avatar
nur rochma Jan 24, 2018, 11:50:00 AM

Dulu, waktu anak-anak masih kecil, pernah kesini. Tempatnya bikin mereka penasaran. Trus, liburan lalu, nggak sempat kesini lagi.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 26, 2018, 9:18:00 AM

Nih anakku ya pengen juga nih mba :)

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP Jan 25, 2018, 4:53:00 AM

Dulu pernah ke sana jg pas jav msh kecil, jd blum terlalu ngerti

Reply Delete
Avatar
Vanisa Desfriani Jan 25, 2018, 7:36:00 AM

dulu pas masih sekolah pengen ke sini, tapi pas ke sana ternyata tutup. Sekarang udah dewasa kok ya kurang seru haha emang harus sama anak2 ke sana nya :)

Reply Delete
Avatar
Ranselusang Jan 25, 2018, 9:25:00 AM

ah seru sekali kak, ternyata ada wahana seprti ini di jogja. apalagi sampai bisa mencoba simulasi gempa, merinding juga kalo ngebayangin gempa beneran.

ini bisa jadikan destinasi pilihan jika berkunjung ke jogja jika sedang rame

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 26, 2018, 9:20:00 AM

Wajib datang loh kalau ke JOgja

Reply Delete
Avatar
Kang Nata Jan 25, 2018, 10:06:00 AM

saya suka hal yang berbau sains,,, menarik dan masuk akal soalnya. :)

namun dikota saya belum ada,,,,,

sepertinya membaca artikel diatas adalah pengobatnya,,heheh.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 26, 2018, 9:21:00 AM

Smoga main ke Jogja dan bisa berkunjung ya :)

Reply Delete
Avatar
Khanif Ahmad Jan 25, 2018, 10:42:00 AM

wihh seru jalan-jalan di taman pintarnya :D

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti Jan 25, 2018, 12:06:00 PM

lengkap banget ya Taman Pintar ini. Semua yang ingin dipelajari mulai dari alam ada semua, kapan-kapan kuagendakan ach kalau pas ke Yogyakarta lagi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 26, 2018, 9:22:00 AM

Insyallah dan semoga terwujud yaa

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Jan 25, 2018, 1:03:00 PM

Waaa jadi kangen ke Taman Pintar. Udah lama banget. Orang dewasa pun banyak yang suka, karena setidaknya banyak area untuk jadi tempat foto, hahah... Plus nambah banyak wawasan juga. Taman Pintar banyak area-nya, nggak cukup kalau cuma sekali datang. Kalau ke sana lagi, pingin ke Petualangan Dino nya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 26, 2018, 9:26:00 AM

Petualangan DIno nggak cukup aku eksplore nih mba. Padahal pengen juga sih

Reply Delete
Avatar
Hana Bilqisthi Jan 25, 2018, 2:42:00 PM

wow biaya masuknya murah ya mba :D makasi infonya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 26, 2018, 9:28:00 AM

Dan bisa mendapat banyak info menarik ya mba

Reply Delete
Avatar
dudukpalingdepan Jan 25, 2018, 5:24:00 PM

Jogja memang selalu istimewa ya mba 😍. Di Jambi belum ada model taman seperti itu semoga bisa jadi contoh di provinsi lainnya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 29, 2018, 8:50:00 AM

Iya tapi mungkin variasi tempat yang seperti ini ya mba

Reply Delete
Avatar
dekcrayon tata Jan 26, 2018, 11:11:00 AM

Wah kalo anak-anak dibawa liburan ke tempat seperti ini pasti seru ya mbak. Bisa jadi refrensi kalo liburan kesana. Tengkyu mbak sharing pengalaman liburannya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 29, 2018, 8:51:00 AM

Terima kasih kembali udah mampir mba :)

Reply Delete
Avatar
Latifika Jan 26, 2018, 12:56:00 PM

Wah, baru tau ada taman pintar di Yogya, aku taunya di Malang. Maklum tinggal di Kalimantan, hehe. Padahal suami sering ke Yogyakarta nih, nanti kalo diajakin sama blio mau masukin list ke Taman Pintar ini ah *ngarepp

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 29, 2018, 8:51:00 AM

Yuk main main sapa tahu bisa ke JOgja

Reply Delete
Avatar
Primastuti Satrianto Jan 26, 2018, 4:01:00 PM

Ini deket banget sama rumah mama, sering anter ponakan ke sini malah blm nulis cerita lengkapnya. Makasih mbaaaa infonya. Ayuk ketemuaaann di Jogjaaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 29, 2018, 8:52:00 AM

Iya mpga bisa ketemuan ya pas ke JOgja mba

Reply Delete
Avatar
wati Jan 27, 2018, 7:47:00 AM

Harus dicoba Gedung Oval supaya dapat belajar sains serta mengenal tokoh tokoh sains dunia, terimaksih sharinya mba

Reply Delete
Avatar
mutie aryanti mutimimut Jan 28, 2018, 5:19:00 PM

Pengen banget ke Taman Pintar ini, sayang terakhir ke Yogya belum kesampaian...mesti diagendakan lagi nih kapan-kapan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jan 29, 2018, 9:00:00 AM

Aih sayangnya. Semoga bisa ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Indri Noor Feb 3, 2018, 2:10:00 PM

Anak anak udah ngajakin ke sini nih. Thanka infonya mba. Mudahan ada rezekinya nih ke sana ngajak mereka 😊

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 4, 2018, 8:20:00 AM

alhamdulillah jika sudah mencoba ya mba. Siap aamin aamin

Reply Delete
Avatar
Tuty Saca Feb 3, 2018, 4:14:00 PM

Beberpa kali bolak-balik ke Jogja dua tahun lalau tapi tidak tahu tempat ini. Boleh nih dikunjungi saat nanti ke jogja lagi. Listed.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 4, 2018, 8:20:00 AM

Iya mba. Aksesnya dekat pulak :)

Reply Delete
Avatar
Afifah Mazaya Feb 3, 2018, 5:33:00 PM

Pengen ke sini juga waktu ke Jogja, tapi kayaknya serunya kalau bareng anak-anak, ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 4, 2018, 8:21:00 AM

Iyaa. Saranku emang ajak anak deh mba :)

Reply Delete
Avatar
ahmadi sultan Feb 3, 2018, 6:27:00 PM

Wah tempat yang keren. Gak hanya buat refreshing tapi juga jadi tempat belajar. Jadi kangen jalan-jalan lagi ke Yogya!

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 4, 2018, 8:41:00 AM

Smoga ada kesempatan lagi ya mas :)

Reply Delete
Avatar
Eni Martini Aug 24, 2018, 6:41:00 AM

Bagus ya ada taman edukasi begini buat anak-anak. Anak jadi pintar plus happy

Reply Delete