SLIDER

4 Tips Menggunakan Eyeliner Bagi Pemula


Setiapkali bepergian, saya hanya menggunakan kosmetik simple nan praktis. Apalagi saat kantor, saya lebih sering menggunakan lipstik dan sunblock saja. Kalaupun agak rajin sedikit, saya menggunakan bedak tipis untuk membuat kulit wajah terlihat lebih fresh. Tapi jika ada undangan nikahan, saya mau tak mau mulai berekspresimen untuk mencoba kosmetik agar penampilan terlihat sedikit berbeda.
Maklum, tak mungkin juga kan setiapkali ada undangan nikahan saya harus ke salon untuk sekedar make up? Jadi, menurut saya penting belajar menggunakan kosmetik saat ke pesta. Kosmetik yang saya gunakan saat pesta biasanya selain lipstik dan bedak, saya juga menggunakan eye shadow, mascara, foundation dan eyeliner.
Eyeliner
Make up di mobil. Sumber foto : pexels
Nah, menggunakan eyeliner nih yang membutuhkan waktu lama bagi saya untuk mengaplikasikannya di mata dengan tepat. Padahal, jika menggunakan eyeliner akan membuat mata terlihat lebih ekspresif dan terkesan ‘hidup’. Tapi menggunakan eyeliner itu juga tak mudah.

Berulangkali saya menggunakan eyeliner, berulangkali pula berakhir berantakan. Sebel kan?. Makin sebel lagi, kalau menggunakan eyeliner dan suami berucap, “Itu kenapa mata dicoret-coret?,”. Duh sebel! Udah latihan eh malah diledekin ama suami.


Eyeliner kini dengan mudah diperoleh di toko-toko kosmetik atau di toko online. Kalau saya membeli online. Sekarang, saya menggunakan eyeliner maybelline karena banyak pilihan dan harga eyeliner maybelline pun cukup bervariasi.  


Saya sudah pernah mencoba pencil eyeliner, liquid eyeliner hingga liquid pencil eyeliner. Jadi, ada beberapa jenis eyeliner yang beredar di pasaran, yakni :


Pencil eyeliner

Sesuai namanya, pencil eyeliner ini berbentuk pensil. Banyak juga orang yang memilih menggunakan eyeliner ini karena harganya juga lebih murah. Sayangnya, eyeliner ini mudah luntur dan juga harus sering digunakan beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal. Tapi yang menyenangkan dari menggunakan eyeliner ini adalah, menggunakan pencil eyeliner tidak meluber seperti halnya menggunakan liquid eyeliner maupun eyeliner jenis lainnya. Horee ....

Oh ya, jangan lupa beli rautan khusus untuk pencil eyeliner ya. Dan pisahkan penggunaan rautan khusus pensil dan rautan untuk eyeliner untuk menghindari pertukaran bakteri.
Eyeliner
Sumber foto : maybelline.om
Liquid eyeliner
Menggunakan liquid eyeliner menurut saya paling susah. Penyebab utamanya ya karena lebih sering tampak meluber. Atau karena saya memang yang belum pandai menggunakan eyeliner jenis ini ya? Tapi selain karena eyeliner ini mudah meluber, eyeliner ini juga lama keringnya.    

Liquid pencil eyeliner

Saya lagi kesemsem dengan eyeliner tipe ini. Mengapa, soalnya pengaplikasian liquid pencil eyeliner ini terhitung lebih mudah dibandingan liquid eyeliner. Jadi, liquid pencil eyeliner ini bentuknya seperti  liquid eyeliner tapi kuas dan kemasannya lebih menyatu seperti spidol. Dengan kemudahan itu, bisa dijamin menggunakan liquid pencil eyeliner tidak akan meluber seperti saat menggunakan liquid eyeliner.

Gel eyeliner

Saya sih belum pernah menggunakan eyeliner jenis ini. Tapi setahu saya, eyeliner jenis ini ‘tintanya’ berada di wadah khusus misalnya berbentuk bulat dan berukuran kecil. Cara menggunakan harus menggunakan kuas khusus yang dibasahi agar eyelinernya dapat diaplikasikan dengan sempurna.

Daaaan, dari keempat jenis eyeliner yang saya sampaikan tadi. Saya paling suka menggunakan liquid pencil eyeliner karena lebih praktis dan tidak meluber. Lalu, bagaimana cara menggunakan eyeliner bagi pemula? Ingat ya, ini khusus pemula seperti saya karena terhitung jarang menggunakan eyeliner dan tak terlalu jago juga mengaplikasikannya. Tapi setidaknya tips cara menggunakan eyeliner bagi pemula ini lumayan berhasil bagi saya. Penasaran kan apa saja tipsnya?
Eyeliner
Gunakan eyeliner. Sumber foto : pexel
Gunakan eyeliner yang sesuai dengan kebutuhan  
Misalnya nih, jika menggunakan eyeliner untuk ke kantor, pencil eyeliner, liquid eyeliner adalah pilihan yang tepat. Mengapa? Karena praktis dan anti ribet. Soalnya kalau ke kantor kan kita berpacu dengan waktu sehingga semua aktifitas pun harus dikebut. Termasuk saat menggunakan make up dan terkhusus menggunakan eyeliner.  

Pencil eyeliner cocok untuk pemula

Kepada pemula sepeti saya, saya menyarankan menggunakan pencil eyeliner sebelum coba-coba menggunakan jenis eyeliner lainnya. Apalagi langsung menggunakan liquid eyeliner karena liquid eyeliner ini mudah meluber dan dikuatirkan luberannya akan membuat mata anda menjadi hitam dan terkesan abis ditonjok. Nggak mau kan?

Gunakan eyeliner dengan tepat

Menggunakan eyeliner sebaiknya sambil duduk dengan benar. Posisi yang stabil tentunya akan membuat pengaplikasiaan eyeliner menjadi lebih mudah. Setelah itu, dongakan kepala agar dapat melihat garis mata lebih jelas. Lantas, buatlah titik-titik atau garis halus di kelopak mata kemudian ditebalkan dengan mengaplikasikan eyeliner lagi. Oh ya, usapkan eyeliner satu kali usap agar tidak terlalu tebal dan hasilnya pun lebih baik.

Teruslah berlatih

Jangan pernah menyerah mencoba menggunakan eyeliner. Tapi dengan berlatih secara terus menerus, hasilnya tentu akan lebih baik. Selain itu, sebaiknya berlatih menggunakan eyeliner saat waktu senggang. Sehingga saat membutuhkan menggunakan eyeliner, sudah dapat mengaplikasikannya dengan tepat.

Baiklah, itulah 4 tips menggunakan eyeliner ala saya. Tapi ya semuanya juga disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Ada yang mungkin merasa menggunakan eyeliner bisa untuk ke kantor, tapi ada juga yang merasa hanya menggunakaan saat-saat ke pesta atau waktu tertentu saja. Teman-teman sudah ada yang jago pakai eyeliner? Atau masih pemula seperti saya?


82 komentar

  1. Dulu aku pertama pakai eyeliner berasa susah banget. Apalagi sering kecolok matanya. Duh sempet males. Tapi gara-gara sering latihan Alhamdulillah lancar dan bisa cepet pakainya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha ya ampun bahaya euy kalau sampai kecolok

      Hapus
  2. Ini pernah jadi masalah banget mba buatku, sempet BT sesaat sebelum pergi gara2 eyeliner gak jadi2.

    Tapi memang benar, terus berlatih akan semakin bikin luwes tangan dan feeling kita ya. Walau belum expert, tapi better lah dari sebelumnya, sekarang kalau pakai eyeliner lumayan rapi, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih emang kuncinya harus berlatih latih mbaa :)
      Horee udah berhasill :)

      Hapus
  3. pakai make up emang challenging jg ya mba..aku juga jarang bgt pake, yang ada eyeliner meleber kemana2..emang harus sering latihan juga ini biar keliatan lebih segar pake riasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biar penampilan juga jadi berbeda ya mba :)

      Hapus
  4. saya paling suka yang liquid pencil eyeliner, aplikasinya paling gampang dan resiko bleber dimataku paling minim.


    salam kenal
    diah
    www.diahestika.com

    BalasHapus
  5. saya masih belum bisa nih makai eyeliner. berantakan banget. makanya mau beli kok jadinya males. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii kalau dikasih gratis jadi pengen belajar ya mba :)

      Hapus
  6. Wah maybelline 😍😍 pertama kali makai eye liner bentuk spidol ya merk ini hadiah menang lomba twitter. Awet pula udah dipakainya, dan gampang banget buat diaplikasikan. Trus buat wudhu ga ilang. Ahhh suka deh sm eye liner ini. Oia biasanya aku kalao makai eye liner sambil narik nafas mbak haha biar hasilnya ga belepotan. Pokoknya eyeliner itu sekarang jadi barang wajib selain sunblok dan lipstik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada tips kece nih. Aku belum pernah nih pakai eyeliner sambil tarik napas. Hhehehe

      Hapus
  7. Kalo pake eyeliner aku dah bisaaaa Maak, Yeaaay!! (girang banget) soalnya yang bisa pake cyma ini wkwkwkw
    meski awalnya gatot terus hahhaa..Aku seneng pake yang liquid, tinggal sreeet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmh aku harus belajar banyak nih sama teh Nchie :p

      Hapus
  8. Aku paling ga bisa pakai eyeliner nih hahahaha... tapi gara2 baca tulisan mb Alida ini aku mau ah coba liquid pencil eyeliner...meskipun usia udh ga muda lagi..boleh lah ya mempercantik diri biar daerah mata kelihatan cemerlang 😊

    BalasHapus
  9. aku suka pake eyeliner walau hasilnya juga belepetan wkwkwk pede banget kan aku demi mata yang indah :D

    yang pencil emang cepet luntur ummi sekali wudhu belaratan dah tuh item abis solat dah berubah jadi panda :D

    BalasHapus
  10. Sampe skrg aku masih belum bisa pake eyeliner, gak bakat gambar aku hehe

    BalasHapus
  11. Pake eyeliner emang butuh latihan, kalo ga bakal ga sama kanan kiri 😂 sampe sekarang juga masih suka gagal nih aku kalo pake eyeliner hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha aku ya pun merasa begitu. kadang nggak sama antara kanan dan kiri :p

      Hapus
  12. Buatku liquid eyeliner paling tricky pakainya, paling gampang sih yang bentuknya pensil.

    BalasHapus
  13. saya minus mata kanan lebih besar. jadi kalau mata nutup, pake eyeliner ga keliatan >< ga jelas

    BalasHapus
  14. Betul, practise make perfect. Saya dulu jg gt nggak bisa tp mau berlatih dan hasilnya better hehehe

    BalasHapus
  15. Aseli..mga bisa pakai ginian,punya aneka jenis tetep.susaaah

    BalasHapus
  16. awal pake eyeliner yg pensil, kurang suka soale kurang bold, trus pindah pake liqud eyeliner, nyaman wesss pake itu

    BalasHapus
  17. Saya cmn bisa pake yg pensil heuheu...

    BalasHapus
  18. Aku belum berani pakai eyeliner karena mataku mata panda. Jadinya nanti tambah gelap kan.

    BalasHapus
  19. Fokus ke poin terakhir : "teruslah berlatih" soalnya saya nyobain 2-3 kali mencong-mencong hasilnya kayak anak tk main crayon huhu. Sekarang belum nyobain lagi, harusnya pantang berhenti sebelum eyeliner tergambar sempurna ya mba 😂

    BalasHapus
  20. Saya pemulaaa. Jadi pakainya yang pencil. Pengin sih nyoba yang liquid tapi yang pencil dulu deh. Namanya juga pemula :D

    BalasHapus
  21. Pengen bisa pakai eyeliner buat kelopak atas krn mataku kaya org sembab gitu, tapi ya itu ga bisa dan malesin karena cemong2... Hihi. Jadi pengen nyoba juga deh yg liquid

    BalasHapus
  22. Beneeeer.. kalau pemula mendingvpakai pensil eyeliner. Dulu saya awal pake eyeliner langsung pakai liquid. Yang ada seperti yg mba Al bilang. Meleber kemana2.. hahaha.. dan item bangeeeet, malah jadi kayak make eyeshadow item.. hahaha. Akhirnya ketemulah pencil eyeliner. Dulu agak susah mba nyarinya. Skrg dah banyak ya. Maybilne punya juga ya.. cari ah kalau lg ngemal. Ma kasih infonya, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa berarti sama dong kayak aku yaa. Aku kira aku snedirian yang langsunng pakai liquid. Hahhahaa

      Hapus
  23. Terus latihan ya mba... ^^ cemungudh.. aku juga suka liquid eyeliner. Tapi terkadang pakai pencil eyeliner udah cukup keliatan natural

    BalasHapus
  24. Wah aku bgt neh harus bnyk latihan pake eyeliner masih suka melebar kmn2

    BalasHapus
  25. Aku juga seneng pake yg kayak spidol itu..
    Liquid tapi ga kuas kecil ujung nya keras..

    Lebih rapi dan ringkas..

    BalasHapus
  26. aku pingin banget pake eyeliner, pernah coba pakai yg pensil dan lesete terus jadi sakit kelopaknya -_- pake yg gel jadi kayak panda karena belepotan hiks

    BalasHapus
  27. Ihiiiy, Mba Alida dandaaaan.. :D Cantiks Cantiks.. Iya, mba Alida aku juga lebih gampang pake yang model pensil gitu, kalo yang liquid susah.. Masih beginner pula aku dalam per-make-up-an.. hihi

    BalasHapus
  28. Mba referensi donk merek eyeliner favorit mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maybelline bisa jadi salah satu pilihan mba :)

      Hapus
  29. Muali dr yg pensil, spidol, gel, kajal, ampe liquid aku udh prnh coba nih. Ttp aja favoritnya yg pencil :p.. Yg liquid sih bisa, tp butuh konsentrasi tinggi :D. Sedikiiit aja meleng, wassalam lah.. Ulang lg tuh semua makeup wkwkwkwk..

    BalasHapus
  30. Wah, aku nggak bisa kalau nggak pakai eyeliner mbak Lida. Eyeliner itu untuk aku istilahnya wajib fardu ain. Hehehe. Favorit dan andalan aku jelas eyeliner cair, baik yang bentuknya pen atau yang kuas soalnya hasilnya presisi dan tajam. Selain itu juga tahan air dan keringat seharian.

    BalasHapus
  31. Aku cukup nyimak aja ya, Teh.
    Karena nggak menggunakan juga..hehe

    BalasHapus
  32. Kalo untukku, paling amannya sih pake pencil eyeliner. Pas banget untuk pemula seperti aku.

    BalasHapus
  33. Hahahaha.... aku gak pernah berteman akrab sama yang namanya makeup. Tapi beberapa bulan ini emang pengen banget nyoba pakai eyeliner mbak. Tp belum sempet cari tutorialnya 😅

    BalasHapus
  34. Tadinya saya suka merasa aneh kalau pakai eyeliner. Tapi lama-lama malah sua kalau mata saya dikasih eyeliner :)

    BalasHapus
  35. Aku nggak bisa pakai eyeliner mba, dulu pernah nyoba pakai duh sampai kecolok matanya, begitu juga waktu pakai maskara, nasibnya sama. Bikin alis juga nggak bisa, kiri kanan nggak sama haha. Emang nggak pernah dandan, paling banter cuma pakai bedak dan lipstik aja :D Harus latihan terus mungkin ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali skali mungkin bisa mencoba pakai eyeliner, mbaa

      Hapus
  36. Saya malah paling bisa pakai liquid eyeliner, kalau pencil atau matic selalu keliatan nggak rapi :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih beda2 ya mba. Aku nggak bisa nih kalau liquid :p

      Hapus
  37. Awal2 pake eyeliner kecolok kak, sering latihan e bisaaaa betaaa.. :D
    jadi syaratnya kudu banyak latihan kak wkwk

    BalasHapus
  38. Aku nyoba yg liquid dan sering gagal, hahaha. Mau cari yg model pensil aja biar dandannya makin jago

    BalasHapus
  39. Aku paling suka gel liner model spidol mbaak. Favoritku keluaran mizzu. Klo yang pake kuas, malah gagal total. Jadi mata panda *cryyy*

    BalasHapus
  40. Hana juga gagal mulu klo pakai eyeliner jadinya nyerah XD hahahah XD makasih tipsnya :D berarti hana beli pencil dlu ya? terus beli yang liquid? :)

    BalasHapus
  41. saat ini saya lebih suka pake eyeliner pencil Mbaa, walau cepat luntur tapi tetap paling gampang diaplikasikan dibanding jenis eyeliner lainnya :)

    BalasHapus
  42. Mbaaak, kalau udah bisa, keknya gampang banget yaaa. Belum pernah coba, bikin alis aja gagal mulu. Tapi mau tak coba ach

    BalasHapus
  43. Aku pertama kali pake yang gel mba. Kata yang jual katanya lebih mudah daripada liquid. Nyatanya susah buat aku hahaha. Malah sekarang lebih mudah pake liquid daripada gel. Tapi nanti mau beli yang pensil ah biar lebih mudah lagi hehehe. Terima kasih sharenya mba Rach :)

    BalasHapus
  44. saya tak bisa bermake up mangkanya saya senang kalo ada yang share miake up untuk pemula,karena mau tak mau make up adalah kebutuhan kaum hawa

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell