4 Tips Menggunakan Eyeliner Bagi Pemula

Sudah mahir menggunakan eyeliner? Atau masih pemula seperti saya? Ini 4 tips menggunakan eyeliner bagi pemula

4 Tips Menggunakan Eyeliner Bagi Pemula


Setiapkali bepergian, saya hanya menggunakan kosmetik simple nan praktis. Apalagi saat kantor, saya lebih sering menggunakan lipstik dan sunblock saja. Kalaupun agak rajin sedikit, saya menggunakan bedak tipis untuk membuat kulit wajah terlihat lebih fresh. Tapi jika ada undangan nikahan, saya mau tak mau mulai berekspresimen untuk mencoba kosmetik agar penampilan terlihat sedikit berbeda.
Maklum, tak mungkin juga kan setiapkali ada undangan nikahan saya harus ke salon untuk sekedar make up? Jadi, menurut saya penting belajar menggunakan kosmetik saat ke pesta. Kosmetik yang saya gunakan saat pesta biasanya selain lipstik dan bedak, saya juga menggunakan eye shadow, mascara, foundation dan eyeliner.
Eyeliner
Make up di mobil. Sumber foto : pexels
Nah, menggunakan eyeliner nih yang membutuhkan waktu lama bagi saya untuk mengaplikasikannya di mata dengan tepat. Padahal, jika menggunakan eyeliner akan membuat mata terlihat lebih ekspresif dan terkesan ‘hidup’. Tapi menggunakan eyeliner itu juga tak mudah.

Berulangkali saya menggunakan eyeliner, berulangkali pula berakhir berantakan. Sebel kan?. Makin sebel lagi, kalau menggunakan eyeliner dan suami berucap, “Itu kenapa mata dicoret-coret?,”. Duh sebel! Udah latihan eh malah diledekin ama suami.


Eyeliner kini dengan mudah diperoleh di toko-toko kosmetik atau di toko online. Kalau saya membeli online. Sekarang, saya menggunakan eyeliner maybelline karena banyak pilihan dan harga eyeliner maybelline pun cukup bervariasi.  


Saya sudah pernah mencoba pencil eyeliner, liquid eyeliner hingga liquid pencil eyeliner. Jadi, ada beberapa jenis eyeliner yang beredar di pasaran, yakni :


Pencil eyeliner

Sesuai namanya, pencil eyeliner ini berbentuk pensil. Banyak juga orang yang memilih menggunakan eyeliner ini karena harganya juga lebih murah. Sayangnya, eyeliner ini mudah luntur dan juga harus sering digunakan beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal. Tapi yang menyenangkan dari menggunakan eyeliner ini adalah, menggunakan pencil eyeliner tidak meluber seperti halnya menggunakan liquid eyeliner maupun eyeliner jenis lainnya. Horee ....

Oh ya, jangan lupa beli rautan khusus untuk pencil eyeliner ya. Dan pisahkan penggunaan rautan khusus pensil dan rautan untuk eyeliner untuk menghindari pertukaran bakteri.
Eyeliner
Sumber foto : maybelline.om
Liquid eyeliner
Menggunakan liquid eyeliner menurut saya paling susah. Penyebab utamanya ya karena lebih sering tampak meluber. Atau karena saya memang yang belum pandai menggunakan eyeliner jenis ini ya? Tapi selain karena eyeliner ini mudah meluber, eyeliner ini juga lama keringnya.    

Liquid pencil eyeliner

Saya lagi kesemsem dengan eyeliner tipe ini. Mengapa, soalnya pengaplikasian liquid pencil eyeliner ini terhitung lebih mudah dibandingan liquid eyeliner. Jadi, liquid pencil eyeliner ini bentuknya seperti  liquid eyeliner tapi kuas dan kemasannya lebih menyatu seperti spidol. Dengan kemudahan itu, bisa dijamin menggunakan liquid pencil eyeliner tidak akan meluber seperti saat menggunakan liquid eyeliner.

Gel eyeliner

Saya sih belum pernah menggunakan eyeliner jenis ini. Tapi setahu saya, eyeliner jenis ini ‘tintanya’ berada di wadah khusus misalnya berbentuk bulat dan berukuran kecil. Cara menggunakan harus menggunakan kuas khusus yang dibasahi agar eyelinernya dapat diaplikasikan dengan sempurna.

Daaaan, dari keempat jenis eyeliner yang saya sampaikan tadi. Saya paling suka menggunakan liquid pencil eyeliner karena lebih praktis dan tidak meluber. Lalu, bagaimana cara menggunakan eyeliner bagi pemula? Ingat ya, ini khusus pemula seperti saya karena terhitung jarang menggunakan eyeliner dan tak terlalu jago juga mengaplikasikannya. Tapi setidaknya tips cara menggunakan eyeliner bagi pemula ini lumayan berhasil bagi saya. Penasaran kan apa saja tipsnya?
Eyeliner
Gunakan eyeliner. Sumber foto : pexel
Gunakan eyeliner yang sesuai dengan kebutuhan  
Misalnya nih, jika menggunakan eyeliner untuk ke kantor, pencil eyeliner, liquid eyeliner adalah pilihan yang tepat. Mengapa? Karena praktis dan anti ribet. Soalnya kalau ke kantor kan kita berpacu dengan waktu sehingga semua aktifitas pun harus dikebut. Termasuk saat menggunakan make up dan terkhusus menggunakan eyeliner.  

Pencil eyeliner cocok untuk pemula

Kepada pemula sepeti saya, saya menyarankan menggunakan pencil eyeliner sebelum coba-coba menggunakan jenis eyeliner lainnya. Apalagi langsung menggunakan liquid eyeliner karena liquid eyeliner ini mudah meluber dan dikuatirkan luberannya akan membuat mata anda menjadi hitam dan terkesan abis ditonjok. Nggak mau kan?

Gunakan eyeliner dengan tepat

Menggunakan eyeliner sebaiknya sambil duduk dengan benar. Posisi yang stabil tentunya akan membuat pengaplikasiaan eyeliner menjadi lebih mudah. Setelah itu, dongakan kepala agar dapat melihat garis mata lebih jelas. Lantas, buatlah titik-titik atau garis halus di kelopak mata kemudian ditebalkan dengan mengaplikasikan eyeliner lagi. Oh ya, usapkan eyeliner satu kali usap agar tidak terlalu tebal dan hasilnya pun lebih baik.

Teruslah berlatih

Jangan pernah menyerah mencoba menggunakan eyeliner. Tapi dengan berlatih secara terus menerus, hasilnya tentu akan lebih baik. Selain itu, sebaiknya berlatih menggunakan eyeliner saat waktu senggang. Sehingga saat membutuhkan menggunakan eyeliner, sudah dapat mengaplikasikannya dengan tepat.

Baiklah, itulah 4 tips menggunakan eyeliner ala saya. Tapi ya semuanya juga disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Ada yang mungkin merasa menggunakan eyeliner bisa untuk ke kantor, tapi ada juga yang merasa hanya menggunakaan saat-saat ke pesta atau waktu tertentu saja. Teman-teman sudah ada yang jago pakai eyeliner? Atau masih pemula seperti saya?


82 komentar

Avatar
Amallia Sarah 15/01/18, 09.41

Dulu aku pertama pakai eyeliner berasa susah banget. Apalagi sering kecolok matanya. Duh sempet males. Tapi gara-gara sering latihan Alhamdulillah lancar dan bisa cepet pakainya...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 07.49

Hahha ya ampun bahaya euy kalau sampai kecolok

Reply Delete
Avatar
Hani S. 15/01/18, 09.48

Ini pernah jadi masalah banget mba buatku, sempet BT sesaat sebelum pergi gara2 eyeliner gak jadi2.

Tapi memang benar, terus berlatih akan semakin bikin luwes tangan dan feeling kita ya. Walau belum expert, tapi better lah dari sebelumnya, sekarang kalau pakai eyeliner lumayan rapi, hihi.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 08.18

Iya sih emang kuncinya harus berlatih latih mbaa :)
Horee udah berhasill :)

Reply Delete
Avatar
dunialingga 15/01/18, 09.52

pakai make up emang challenging jg ya mba..aku juga jarang bgt pake, yang ada eyeliner meleber kemana2..emang harus sering latihan juga ini biar keliatan lebih segar pake riasan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 08.19

Iya biar penampilan juga jadi berbeda ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Diah Estika 15/01/18, 10.22

saya paling suka yang liquid pencil eyeliner, aplikasinya paling gampang dan resiko bleber dimataku paling minim.


salam kenal
diah
www.diahestika.com

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 08.21

Iya mba. Praktis pulak yaaa

Reply Delete
Avatar
antung apriana 15/01/18, 10.51

saya masih belum bisa nih makai eyeliner. berantakan banget. makanya mau beli kok jadinya males. hihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 08.32

Hihii kalau dikasih gratis jadi pengen belajar ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Febrianty 15/01/18, 11.33

Wah maybelline 😍😍 pertama kali makai eye liner bentuk spidol ya merk ini hadiah menang lomba twitter. Awet pula udah dipakainya, dan gampang banget buat diaplikasikan. Trus buat wudhu ga ilang. Ahhh suka deh sm eye liner ini. Oia biasanya aku kalao makai eye liner sambil narik nafas mbak haha biar hasilnya ga belepotan. Pokoknya eyeliner itu sekarang jadi barang wajib selain sunblok dan lipstik

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 08.34

Wah ada tips kece nih. Aku belum pernah nih pakai eyeliner sambil tarik napas. Hhehehe

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 15/01/18, 11.55

Kalo pake eyeliner aku dah bisaaaa Maak, Yeaaay!! (girang banget) soalnya yang bisa pake cyma ini wkwkwkw
meski awalnya gatot terus hahhaa..Aku seneng pake yang liquid, tinggal sreeet..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 08.36

Mmh aku harus belajar banyak nih sama teh Nchie :p

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 15/01/18, 12.02

Aku paling ga bisa pakai eyeliner nih hahahaha... tapi gara2 baca tulisan mb Alida ini aku mau ah coba liquid pencil eyeliner...meskipun usia udh ga muda lagi..boleh lah ya mempercantik diri biar daerah mata kelihatan cemerlang 😊

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 08.37

Cantik kan sepanjang masa, mbaa. Hehhee

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 15/01/18, 12.53

aku suka pake eyeliner walau hasilnya juga belepetan wkwkwk pede banget kan aku demi mata yang indah :D

yang pencil emang cepet luntur ummi sekali wudhu belaratan dah tuh item abis solat dah berubah jadi panda :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 08.41

Haha kirim dong foto pas mirip panda :p

Reply Delete
Avatar
CatatanRia 15/01/18, 13.15

Sampe skrg aku masih belum bisa pake eyeliner, gak bakat gambar aku hehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 08.51

Belajar gambar sama2 yuk :)

Reply Delete
Avatar
Ata 15/01/18, 14.35

Pake eyeliner emang butuh latihan, kalo ga bakal ga sama kanan kiri 😂 sampe sekarang juga masih suka gagal nih aku kalo pake eyeliner hihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 08.53

Hahha aku ya pun merasa begitu. kadang nggak sama antara kanan dan kiri :p

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi 15/01/18, 15.22

Buatku liquid eyeliner paling tricky pakainya, paling gampang sih yang bentuknya pensil.

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih 15/01/18, 15.40

saya minus mata kanan lebih besar. jadi kalau mata nutup, pake eyeliner ga keliatan >< ga jelas

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 08.57

Hhaha sama sih kayak aku, mbaa :p

Reply Delete
Avatar
Atiqoworld.id 15/01/18, 19.17

Betul, practise make perfect. Saya dulu jg gt nggak bisa tp mau berlatih dan hasilnya better hehehe

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 15/01/18, 21.58

Aseli..mga bisa pakai ginian,punya aneka jenis tetep.susaaah

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya 15/01/18, 22.48

awal pake eyeliner yg pensil, kurang suka soale kurang bold, trus pindah pake liqud eyeliner, nyaman wesss pake itu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 09.18

wah canggih nih pakai liquid eyeliner :p

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 15/01/18, 23.32

Saya cmn bisa pake yg pensil heuheu...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 09.23

udah alhamdulillah tuh mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati 15/01/18, 23.40

Aku belum berani pakai eyeliner karena mataku mata panda. Jadinya nanti tambah gelap kan.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/01/18, 09.30

Wah iya ya. Kuatir salah dampaknya ya

Reply Delete
Avatar
dudukpalingdepan 16/01/18, 00.22

Fokus ke poin terakhir : "teruslah berlatih" soalnya saya nyobain 2-3 kali mencong-mencong hasilnya kayak anak tk main crayon huhu. Sekarang belum nyobain lagi, harusnya pantang berhenti sebelum eyeliner tergambar sempurna ya mba 😂

Reply Delete
Avatar
Hairi Yanti 16/01/18, 06.46

Saya pemulaaa. Jadi pakainya yang pencil. Pengin sih nyoba yang liquid tapi yang pencil dulu deh. Namanya juga pemula :D

Reply Delete
Avatar
Latifika 16/01/18, 08.06

Pengen bisa pakai eyeliner buat kelopak atas krn mataku kaya org sembab gitu, tapi ya itu ga bisa dan malesin karena cemong2... Hihi. Jadi pengen nyoba juga deh yg liquid

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 19/01/18, 14.28

Coba yuk mba. TRus posting ya :)

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 16/01/18, 08.23

Beneeeer.. kalau pemula mendingvpakai pensil eyeliner. Dulu saya awal pake eyeliner langsung pakai liquid. Yang ada seperti yg mba Al bilang. Meleber kemana2.. hahaha.. dan item bangeeeet, malah jadi kayak make eyeshadow item.. hahaha. Akhirnya ketemulah pencil eyeliner. Dulu agak susah mba nyarinya. Skrg dah banyak ya. Maybilne punya juga ya.. cari ah kalau lg ngemal. Ma kasih infonya, Mba.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 19/01/18, 14.29

Hahhaa berarti sama dong kayak aku yaa. Aku kira aku snedirian yang langsunng pakai liquid. Hahhahaa

Reply Delete
Avatar
Beautyasti1 16/01/18, 08.38

Terus latihan ya mba... ^^ cemungudh.. aku juga suka liquid eyeliner. Tapi terkadang pakai pencil eyeliner udah cukup keliatan natural

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 19/01/18, 14.33

Mau belajar banyak ah dari mba Astri :)

Reply Delete
Avatar
khairiah 16/01/18, 10.12

Wah aku bgt neh harus bnyk latihan pake eyeliner masih suka melebar kmn2

Reply Delete
Avatar
Nova Violita 16/01/18, 10.27

Aku juga seneng pake yg kayak spidol itu..
Liquid tapi ga kuas kecil ujung nya keras..

Lebih rapi dan ringkas..

Reply Delete
Avatar
Annafi 16/01/18, 11.46

aku pingin banget pake eyeliner, pernah coba pakai yg pensil dan lesete terus jadi sakit kelopaknya -_- pake yg gel jadi kayak panda karena belepotan hiks

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/01/18, 07.35

Oh iya ya. Harus pintar2 olesin ya

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari 16/01/18, 12.55

Ihiiiy, Mba Alida dandaaaan.. :D Cantiks Cantiks.. Iya, mba Alida aku juga lebih gampang pake yang model pensil gitu, kalo yang liquid susah.. Masih beginner pula aku dalam per-make-up-an.. hihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/01/18, 07.37

Yuk kita sama2 belajaar. Hehhee

Reply Delete
Avatar
fika 16/01/18, 14.12

Mba referensi donk merek eyeliner favorit mba?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/01/18, 07.38

Maybelline bisa jadi salah satu pilihan mba :)

Reply Delete
Avatar
Fanny f nila 16/01/18, 14.29

Muali dr yg pensil, spidol, gel, kajal, ampe liquid aku udh prnh coba nih. Ttp aja favoritnya yg pencil :p.. Yg liquid sih bisa, tp butuh konsentrasi tinggi :D. Sedikiiit aja meleng, wassalam lah.. Ulang lg tuh semua makeup wkwkwkwk..

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin 16/01/18, 23.48

Wah, aku nggak bisa kalau nggak pakai eyeliner mbak Lida. Eyeliner itu untuk aku istilahnya wajib fardu ain. Hehehe. Favorit dan andalan aku jelas eyeliner cair, baik yang bentuknya pen atau yang kuas soalnya hasilnya presisi dan tajam. Selain itu juga tahan air dan keringat seharian.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/01/18, 07.47

Nah ini. Jagoan eyelinernya datang :)

Reply Delete
Avatar
andi nugraha 17/01/18, 01.50

Aku cukup nyimak aja ya, Teh.
Karena nggak menggunakan juga..hehe

Reply Delete
Avatar
Anindita Ayu 17/01/18, 14.20

Kalo untukku, paling amannya sih pake pencil eyeliner. Pas banget untuk pemula seperti aku.

Reply Delete
Avatar
Heizyi 17/01/18, 23.52

Hahahaha.... aku gak pernah berteman akrab sama yang namanya makeup. Tapi beberapa bulan ini emang pengen banget nyoba pakai eyeliner mbak. Tp belum sempet cari tutorialnya 😅

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 18/01/18, 15.54

Tadinya saya suka merasa aneh kalau pakai eyeliner. Tapi lama-lama malah sua kalau mata saya dikasih eyeliner :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/01/18, 07.52

Ih jadi lebih berbeda ya mbaa

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati 19/01/18, 08.54

Aku nggak bisa pakai eyeliner mba, dulu pernah nyoba pakai duh sampai kecolok matanya, begitu juga waktu pakai maskara, nasibnya sama. Bikin alis juga nggak bisa, kiri kanan nggak sama haha. Emang nggak pernah dandan, paling banter cuma pakai bedak dan lipstik aja :D Harus latihan terus mungkin ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/01/18, 08.06

Sekali skali mungkin bisa mencoba pakai eyeliner, mbaa

Reply Delete
Avatar
Imaniar 19/01/18, 13.02

Saya malah paling bisa pakai liquid eyeliner, kalau pencil atau matic selalu keliatan nggak rapi :))

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/01/18, 08.08

Ih beda2 ya mba. Aku nggak bisa nih kalau liquid :p

Reply Delete
Avatar
Amanda ratih pratiwi 19/01/18, 13.18

Awal2 pake eyeliner kecolok kak, sering latihan e bisaaaa betaaa.. :D
jadi syaratnya kudu banyak latihan kak wkwk

Reply Delete
Avatar
Jiah 19/01/18, 17.51

Aku nyoba yg liquid dan sering gagal, hahaha. Mau cari yg model pensil aja biar dandannya makin jago

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22/01/18, 08.12

Nah bisa tuh cari yang model pensil aja :)

Reply Delete
Avatar
www.faradiladputri.com 24/01/18, 13.16

Aku paling suka gel liner model spidol mbaak. Favoritku keluaran mizzu. Klo yang pake kuas, malah gagal total. Jadi mata panda *cryyy*

Reply Delete
Avatar
Hana Bilqisthi 25/01/18, 14.43

Hana juga gagal mulu klo pakai eyeliner jadinya nyerah XD hahahah XD makasih tipsnya :D berarti hana beli pencil dlu ya? terus beli yang liquid? :)

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid 26/01/18, 09.13

saat ini saya lebih suka pake eyeliner pencil Mbaa, walau cepat luntur tapi tetap paling gampang diaplikasikan dibanding jenis eyeliner lainnya :)

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti 30/01/18, 21.32

Mbaaak, kalau udah bisa, keknya gampang banget yaaa. Belum pernah coba, bikin alis aja gagal mulu. Tapi mau tak coba ach

Reply Delete
Avatar
GE MAULANI 09/02/18, 12.06

Aku pertama kali pake yang gel mba. Kata yang jual katanya lebih mudah daripada liquid. Nyatanya susah buat aku hahaha. Malah sekarang lebih mudah pake liquid daripada gel. Tapi nanti mau beli yang pensil ah biar lebih mudah lagi hehehe. Terima kasih sharenya mba Rach :)

Reply Delete
Avatar
cicih surya 03/03/18, 13.28

saya tak bisa bermake up mangkanya saya senang kalo ada yang share miake up untuk pemula,karena mau tak mau make up adalah kebutuhan kaum hawa

Reply Delete