Pembiayaan KlikA2C untuk Sektor UMKM

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pembiayaan KlikA2C untuk Sektor UMKM


Banyak yang terkena dampak pandemi yang datang tak diduga ini. Ada yang kehilangan pekerjaan, tak sedikit yang usahanya harus gulung tukar karena pandemi ini. Termasuk sektor UMKM yang juga terkena dampak pandemi ini. 


Dukungan agar sektor UMKM tetap bisa survive pun dilakukan. Dan ini yang dilakukan oleh KlikA2C yang berkomitmen meningkatkan sektor UMKM untuk memperoleh access to credit. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan akses kredit produktif UMKM. 


Mengapa sektor produktif UMKM ? Teryata, sebanyak 60 persen penduduk Indonesia belum memiliki akses keuangan. Bank Indonesia (BI) bahkan mencatat sebanyak 91,3 juta masyarakat masih belum tersentuh layanan finansial atau perbankan (unbankable). Upaya KlikA2C merangkul mitra dari berbagai sektor bidang usaha untuk memajukan akses keuangan. “Kami percaya inklusi keuangan dapat dibangun dengan semangat kemitraan,” ungkap Djoemingin Budiono, Chief Executive Officer KlikA2C saat konperensi pers yang dilaksanakan pada Selasa, 23 November 2021. 




PT Aman Cermat Cepat atau KlikACC berubah nama menjadi Klik2AC merupakan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi atau fintech yang telah berizin dan diawasi oleg Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Perubahan nama ini merupakan momen perusahaan menuju pencapaian selanjutnya,” kata Bong Elysabeth, Chief Operation Officer KlikA2C. 


Pembiayaan sektor produktif UMKM termasuk petani ini berhasil membukukan peningkatan pencairan pinjaman sebesar 8 kali lipat sepanjang 2 tahun terakhir yakni dari periode Januari-September 2019 hingga Januari-September 2021 dengan kualitas kredit yang terjaga yakni TKB 90 mencapai 99,54%. Bahkan total penyaluran pinjaman sejak beridirinya perusahaan sebesar Rp 529,79 miliar kepada total 3014 peminjam atau borrower dan outstanding pinjaman Rp 86,65 miliar. “Ini terjadi karena dukungan dari banyak pihak,” kata Djoemingin lagi. 


Djoemingin Budiono, Chief Executive Officer KlikA2C. Foto : Imawan

Penyaluran pembiayaan ini juga didukung oleh pinjaman modal kerja ke pemilik showroom mobil bekas yang naik lebih dari 15 kali lipat dan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke petani yang lebih dari 4 kali lipat. “Ini menunjukkan komitmen yang konsisten dari Klik A2C kepada sektor UMKM dan yang belum terakses lembaga keuangan terutama perbankan,” kata Djoemingin Budiono. 


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, outstanding pinjaman fintech P2P lending mencapai Rp 27,48 trilyun pada September 2021. Angka itu naik 5,3% dibandingkan pada bulan sebelumnya yakni sebesar Rp 26,09 trilyun. 


“Industri fintech lending bertumbuh positif di saat pandemi ini. Bahkan peranan para penyelenggara semakin meningkat untuk menyalurkan pinjaman pembiayaan ke sektor produktif UMKM. termasuk KlikA2C ini,” kata Direktur Eksekutif Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). 


Tentang KlikA2C

KlikA2C berhasil membukukan pertimbuhan bisnis yang positif, yakni rata-rata pertumbuhan setiap kuartal sebesar 11 persen selama 10 kuartal terakhir. “Kami bersyukur perusahaan tumbuh positif di tengah tantangan pandemi covid ini,” ungkap Djoemingin Budiono lagi. 






Saat konferensi pers, ada dua pengguna KlikA2C yang dihadirkan yakni Azis, petani tembakau dan Ruda Mimbi dari showroom Mimbi Cars yang berada di Bursa Mobil, Jakarta Selatan. Azis menceritakan ia didatangin KlikA2C dan memberikan penyuluhan sekaligus program KUR melalui aplikasi KlikA2C. “Kami coba daftar dan teryata prosesnya sangat mudah dan aman. Sebelum jam 12 siang, semua sudah cair,” kata Azis. Dengan adanya pembiayaan ini, ia membantu mendapat kemudahan membayar setelah panen. “Kami terbantu sekali,” katanya lagi. Azis mengaku sudah dua kali mengajukan pembiayaan yakni Rp 100 juta dan Rp 150 juta. “Kami bisa memperluas sewa lahan dan bisa menanam lagi,” kata Azis. 


Ruda pun telah merasakan keuntungan pembiayaan dari KlikA2C ini. Awalnya, ia mengaku hanya memiliki satu showroom tapi dengan pembiayaan ini, ia kini memiliki dua showroom. Prosesnya pun katanya aman dan cepat. “Dengan bergabung, saya jadi cepat berkembang dan survive selama pandemi ini,” kata Ruda. 


Azis, pengguna Klik2AC. Foto : Imawan


Ada beberapa keunggulan KlikA2C yakni aman karena  Klik A2C terdaftar dan diawasi oleh OJK dan AFPI. Pencairan Pinjaman yang bisa dilakukan di hari Sabtu pun merupakan keunggulan KlikA2C. Bagaimana dengan bunga ? BUnga pinjaman ditentukan oleh pemberi pinjaman dan penerima pinjaman dan bertujuan untuk mengembangkan usaha UMKM. 


Selain itu produk dan pembayaran KlikA2C inovatif karena semuanya disesuaikan dengan usaha dan kebutuhan. Misalnya seperti petani yang membayar setelah masa panen. Keunggulan lainnya KlikA2C adalah manajemen yang terpercaya karena telah berpengalaman lebih dari 10 tahun di industri finansial. Akses KlikA2C ini pun bisa dilakukan dimana saja yakni melalui website ataupun hanpdhone berbasis android maupun ios. 


Cara mengajukan pembiayaan pun mudah. Pertama-tama lakukan registrasi dengan menyertakan data diri seperti nama, nomor hanpdhone dan email. Prosesnya mudah hanya 3 menit saja. Setelah itu dilakukan verifikasi data terhadap data yang diberikan. Jika telah disetujui,  pengguna akan mendapat limit kredit dengan bunga yang sudah ditentukan. Jika membutuhkan pinjaman, dapat diajukan dan juga melampirkan dokumen terkait.  JIka pinjaman terdanai, Klik2AC akan mengirimkan notifikasi untuk melakukan tanda tangan secara digital untuk pencairan dana.  Untuk pembayaran, Klik2AC akan mengirimkan notifikasi.   






32 komentar

Avatar
Aliyatus sa'diyah 26/11/21 16.03

kalau sudah terawasi OJK gini jadi gak was was lagi ya soalnya di masa pandemi ini emang ekonomi banyak yang goyah

Reply Delete
Avatar
dessy achieriny 29/11/21 09.10

Betul mbak, banyak temenku pelaku UMKM semenjak pandemi kaya diambang jurang, Alhamdulilah sekarang merintis kembali.

Reply Delete
Avatar
Regina Napitupulu 26/11/21 17.06

bersyukur ada cara yang memudahkan UMKM disisi keuangan, pasti sangat membantu ya. Semoga perekonomian kita semakin baik ya

Reply Delete
Avatar
dessy achieriny 26/11/21 19.25

Terbantu banget ini ya bagi para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnis terpentok modal. Bisa melalui KlikA2C yang bisa dengan mudah melakukan pinjaman sesuai kebutuhan.

Reply Delete
Avatar
Ainhy E 27/11/21 07.25

Sejak pandemi memang, banyak yang terkena dampaknya terutama pelaku umkm. Saya baru tahu soal fintech ini kak, pengen kepoin lebih lanjut, pas banget ad keluarga yang butuh modal usaha.

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 27/11/21 08.01

baru tahu soal klik A2C ini. bagus banget kalau berhasil mengantarkan banyak umkm menuju sukses, ya

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 27/11/21 16.19

Alhamdulillah ya, meski sedang pandemi tapi Pak Azis tetap bisa panen bahkan bisa mengembangkan lahannya yaa berkat Klik2AC, begitu juga dengan Pak Rudi malah bisa nambah showroom yaa.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 27/11/21 23.11

menarik banget ya ummi cuma 3 menit sudah bisa lansgsung daftar nih semoga bisa terus support umkm yang ada

Reply Delete
Avatar
Bayu Fitri 28/11/21 00.14

Untung ya ada program pembiayaan klika2c ini untuk membantu umkm keren deh jadi nya pasti semangat para UMKM ini

Reply Delete
Avatar
Ida 28/11/21 08.10

Saya juga baru tahu nih tentang A2C.... UMKM memang kadang terkendala modal, dengan adanya pembiayaan seperti ini pastinya bakal terbantu banget ya...

Reply Delete
Avatar
Lita Chan Lai 28/11/21 08.42

KlikA2C bantu UMKM utk majukan usahanya. Kadang UMKM suka kekurangan modal utk penuhi pesanan pelangan. KlikA2C pas bgt utk kebutuhan UMKM. Pecairan hari sabtu juga dijabanin.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 28/11/21 08.51

Ah iyaa... terkadang untuk mendapatkan akses perbankan tuh banyak syaratnya ya klo usaha kecil. Lumayan nih ada KlikA2C ini bisa membantu para pemilik UMKM untuk meningkatkan kapitalnya agar usaha makin berkembang.

Reply Delete
Avatar
Shyntako 28/11/21 09.00

Soal pembiayaan sekarang sudah semakin banyak pilihan jadi bisa semakin merangkul pelaku umkm di berbagai pelosok daerah sih, yang penting kaya klik2ac ini yaa yang sudah terdaftar dan berlisensi OJK, jadi gak worry deh kalo mau ajuin pembiayaan

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 28/11/21 09.15

Semoga membantu UMKM yang mau berkembang dan bunganya gak mencekik ya. Karena kalo bunga terlalu tinggi, bukannya berkembang malah bangkrut. Maju terus UMKM Indonesia dengan pinjaman modal yang ringan.

Reply Delete
Avatar
Ainhy E 29/11/21 06.47

Setuju banget mba, kalau bunganya tinggi, kasian pelaku UMKM yah apalagi klu skalanya masih kecil

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 28/11/21 09.48

Ini pinjaman berarti khusus utk pengusaha gtu ya mbak AL? Wih banyak juga ya modal yang bisa dipinjam sampai ratusan juta gtu. Tapi syaratnya ketat ya pastinya.

Reply Delete
Avatar
Dw 28/11/21 10.14

Bagus banget nih dukungan yang diberikan emang kok kenyataanya UMKM sangat mmbutuhkan support funding yang tidak sedikit u mengembangkan usaha.

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 28/11/21 10.16

Seneng deh kalo ada fintech yang peduli pada UMKM gini. Semoga aja mudah dapat tambahan modalnya dan bunganya juga ringan ya.

Reply Delete
Avatar
Bunsal 28/11/21 10.24

Semoga keberadaan KlikA2c semakin banyak membantu pulihnya para pengusaha UMKM dan Ekraf di Indonesia.

Berikutnya, bisa pula mengerakkan roda perekonomian secara umum. Aamiin

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 28/11/21 11.35

Alhamdulillah program pembiayaan KlikA2C ini membantu UMKM untuk berkembang di masa pandemi ini ya. Apalagi dengan berlisensi OJK jadi aman.

Reply Delete
Avatar
Idah Ceris 28/11/21 12.03

Alhamdulillaah...aku seneng bacanya lho mbak kalau ada pihak2 yang care sama UMKM atau pelaku usaha seperti ini. Apalagi terkait dengan pendanaan atau pinjamam online. Pelan2 turut menggerakkan perekonomian Indonesia, ya.

Reply Delete
Avatar
cicifera 28/11/21 12.34

wah aku baru tau ada ini. bisa menolong umkm untuk mengembangkan usahanya ya mba. apalagi udah diawasi ojk, tenang ya.

Reply Delete
Avatar
Dian Radiata 28/11/21 12.42

Seneng deh ada cara yang memudahkan UMKM kayak gini. Semoga usahanya makin makin maju dan berkembang. Dan perekonomian kita pun semakin membaik.. Aamiin..

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 28/11/21 19.41

Membaca kiprah KlikA2C yang sudah 10 tahun memberikan bantuan modal UMKM jadi ikut senang, Mbak. Semoga makin banyak yang terbantu

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 28/11/21 20.37

Yang paling penting dari lembaga pembiayaan adalah jaminan OJK.
Karena kini ternyata banyak pinjaman ilegal yang merugikan. Semoga menjadi edukasi bagi UMKM yang ingin meluaskan usahanya.

Reply Delete
Avatar
Eni MArtini 28/11/21 20.53

UMKM memang butuh disupport dana agar dapat berkembang lebih pesat ya mba, lebih-lebih masa pandemi ini. Kalau ada bantuan modal seperti ini, tentu akan memudahkan mereka

Reply Delete
Avatar
catatansiemak 28/11/21 20.57

Cepet banget nih proses pendaftarannya cuma tiga menit. Memudahkan banget untuk teman-teman UMKM. Membantu sistem permodalan juga

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin 28/11/21 21.49

Sayang sekali aku tahu info KlikA2C ini telat, usaha gula aren yang aku dan suami rintis sudah keburu bangkrut karena pandemi. Salut dengan KlikA2C yang punya komitmen bantu UMKM.

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 28/11/21 21.50

Solutif sekali.
Dengan memiliki lembaga pinjaman keuangan yang terjamin KlikA2C bisa menjadi partner UMKM masa kini.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 28/11/21 22.01

A2C nih mempermudah untuk UMKM ya. Memang selama ini UMKM agak sulit mendapatkan dana modal usahanya. Apalagi A2C ini tercatat oleh OJK ya. Jadi ga mencekik kek fintech lainnya

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 29/11/21 11.01

Dampak pandemi ni bener2 deh mbaaaa.... UMKM di kompleksku juga banyak yg cenat cenuttt... ada bantuan dari sana sini, tapi kata beberapa Budhe yg jual makanan, ngakses bantuannya syusaaah :( Padahal udah di-survey, potrat/e gitu, tapi yo nda cair.

Nah, ntar aku coba mau ngabarin ttg KlikA2C ini ahh.
Semogaaaa bisa banget menjadi jalan terang buat para pelaku UMKM

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 29/11/21 13.38

KlikA2C ini memang membantu banget ya.. saat ikut PKN II di LAN kemarin kita sempat ada visual visit ke UMKM Bandung mba dan memang banyak yang perlu dibantu saat pandemi seperti ini

Reply Delete