Mulia Wisata Kudus, Alternatif Tempat Liburan Keluarga di Kudus

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup

Mulia Wisata Kudus, Alternatif Tempat Liburan Keluarga di Kudus

Saya pernah berkunjung ke kolam renang saat long weekend. Dampaknya, teryata ramai sekali. Sebetulnya saya inginnya balik saja ke rumah tapi udah terlanjur janji ke anak untuk menemaninya berenang di sebuah kolam renang dekat rumah. Alhasil, mau tak mau hanya berenang sebentar saja. Jadi, kalau diminta berenang lagi saat libur long weekend, biasanya saya sih mikir-mikir. 

Tapi, lebaran tahun ini saat salah satu sepupu saya dari Surabaya datang ke Kudus dan mengajak berenang di waterboom, saya pun sulit menolak. Apalagi anak dan keponakan-keponakan juga senang banget saat di ajak berenang. Siapa yang mampu menolak permintaan anak-anak lucu dan menggemaskan itu?

mulia wisata kudus tempat wisata gratis di kudus
Patung selamat datang
Tapi masalahnya, saya nggak tahu waterboom di Kudus. Maklum, selama mudik di Kudus, saya tak pernah berkunjung di kolam renang atau sejenisnya. “Tenang aja, Chi. Nanti liat di google map,” kata sepupu saya. Good idea!. Oh ya tapi sebelumnya adik ipar saya menyebutkan tiga tempat berenang yang ia ketahui, walaupun belum pernah ia kunjungi.

Jadi, berkat google map, akhirnya kami pun tiba di Mulia Wisata Kudus sekitar pukul 08.20 WIB. Perjalanan dari rumah ke lokasi hanya sekitar 20 menit. Nah pas kami tiba, hanya tiga mobil yang terparkir. Patung kingkong (atau gorilla?) yang berada di bagian atas gedung terlihat menonjol.

Harga tiket masuk Mulia Wisata Kudus adalah Rp 25 ribu. Ini harga untuk anak-anak di atas 85 cm dan untuk orang dewasa. Kalau renang pukul 17.00-22.00 WIB, harga tiket masuknya Rp 15.000.

tempat liburan keluarga di kudus

Awalnya saya mengira, tempat berenang itu akan penuh. Teryata dugaan saya keliru.  Suasana di dalam kawasan tempat wisata masih lenggang. “Wah, teryata ada kolam dewasa. Tahu gitu, aku bawa celana renang,” kata suami saya. Nah, kami pun tak ada yang tahu kalau di Mulia Wisata ini ada kolam renang dewasa. Biasanya, waterboom hanya lebih banyak tempat mainan anak dan dewasa saja.

Ya sudah, karena suami tak membawa celana renang, ia hanya mengamati saja dari jauh. Om dan sepupu saya kebetulan membawa celana renang sehingga mereka pun asyik berenang.

Adik sepupu saya yang baru duduk di kelas 6 SD sangat mahir berenang.  Saya lihat dia berulangkali berenang dengan cepat dan lincah sepanjang kolam renang dewasa. Ayyas dan ketiga keponakannya kemudian memilih bermain air di kolam kolam yang ada plorosotan. Keasyikan main, salah satu sepupu Ayyas, Viki, mengaku kedinginan sehingga ia memilih selesai berenang. Hal yang sama kemudian di lakukan oleh Untsa, sepupu Ayyas lainnya.

tempat wisata gratis dan murah di kudus
Abis berenang jadi lapar
Hanya tersisa Ayyas dan sepupunya Iza yang masih bermain di kolam renang. Ayyas sebetulnya lebih senang berenang daripada main perosotan. Alhasil, saya berulangkali menjaga dia berenang. Setelah berenang di kolam renang setinggi dada anak-anak, Ayyas pun diajak berenang oleh om saya di kolam renang dewasa. “Ayok dek berenang disini saja,” kata om saya. Saya menemani di pinggir kolam karena kolam renang itu hampir setinggi badan saya.


tips berkunjung ke mulia wisata kudus di kudus

Ayyas untungnya dibantu oleh om saya untuk belajar mengapung. Kaki digerakkan seperti gaya bersepeda. Sedangkan tangan digerakkan seolah mengayun juga. Ayyas mencoba beberapa detik dan berhasil. Kemudian dia berlatih lagi mengapung agak lama. Alhamdulillah berhasil satu menit.

Fasilitas apa saja yang ada di Mulia Wisata Kudus?

Kolam renang dewasa
Yap, seperti yang tadi saya bilang, ada kolam renang dewasa dengan kedalaman 140-180 cm. Pengen lompat ala atlet renang? Bisa di kolam renang ini ya.

aneka tempat wisata murah di kudus mulia wisata kudus

tempat liburan keluarga di kudus mulia wisata kudus

Sewa gazebo
Gazebo yang lebih luas harganya lebih mahal daripada gazebo yang agak kecil (ya iyalah). Hehhe. Hanya saja kondisi gajebonya agak kurang bersih. Tampak beberapa genangan air dan sampah serta daun-daun yang berserakan. Tapi karena adanya sapu, akhirnya saya memutuskan untuk membersihkan sendiri.

Kolam permainan anak
Aneka permainan di kolam renang ada di Mulia Wisata Kudus. Salah staunya ember tumpah yang seru banget saat main bersama Ayyas dan keponakan. Selain itu juga ada kolam arus di samping kolam renang. Hanya saja arusnya sama sekali tak ada. Jadinya saya bertanya-tanya, ini kolam arus atau bukan ya? HHehhe.


Soal makanan?
Oh ya jangan kuatir soal makanan. Untuk ke sana kita bisa membawa masuk makanan dan minuman. Tapi kalau mau membeli makanan pun bisa karena banyak makanan yang dijual. Salah satunya adalah tahu pedas yang di jual dalam keadaan panas dan rasanya enak.  

Mulia Wisata Kudus kini bisa menjadi salah satu tempat liburan yang pas untuk berkeluarga saat berkunjung ke kota Kudus. Tempat ini bisa menjadi tempat untuk outbond, training, meeting dan gathering.

Mulia Wisata Kudus
Jl. Raya Kudus-Colo KM 12, Lau, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
082341107000, 08574084600  


39 comments

Avatar
elva susanti Oct 5, 2017, 1:31:00 PM

Seru ya mbak tempat wisatanya, maulah saya main ke Kudus

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 5, 2017, 2:26:00 PM

Hayuk mba main ke Kudus mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Sandra Nova Oct 5, 2017, 1:46:00 PM

kalau dapetin permintaan dari bumil yg lucu & menggemaskan bakal nolak ngga mbaaa? hahahhaha #ngelunjak
Kapan ya aku ke kudus, kayaknya jarang banget ke daerah jawa timur or tengah karena jarang ada saudara disana :D ajak2 dong mbaaa #ngelunjaklagiii :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 5, 2017, 2:26:00 PM

HAyuuk mbaa. InsyaAllah smoga berkesempatan main ke Kudus, mba. Ntar ajak aku ke Hongkong ya mbaa. Hahhaa

Reply Delete
Avatar
Putu Sukartini Oct 6, 2017, 4:58:00 PM

Waktu perjalanan darat ke Bali 2 tahun lalu, kami sempat melintas di Kudus. Gak tau kalau ada tempat main asik begini, kalau tau enaknya mampir nih
Kapan-kapan diulang lagi ah khusus eksplore Kudus

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 9, 2017, 8:03:00 AM

Hayuk mba jalan-jalan ke Kudus :)

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti Oct 6, 2017, 7:48:00 PM

Aku setahun sekali ke Kudus, belum pernah diajak jalan-jalan sama adikku, hehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 9, 2017, 8:03:00 AM

Hayuk mba minata diajak ke sini

Reply Delete
Avatar
Andi Nugraha Oct 8, 2017, 12:59:00 PM

Bisa jadi reverendi kalau maen ke kudus nanti nih.. Nice info teh..
Kudus kulinernya apa ya, Teh?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 9, 2017, 8:04:00 AM

Banyak banget kulinernya Kudus, mas. Selain soto KUdus yang memang enaak

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Oct 8, 2017, 7:43:00 PM

Kalau Kudus ingatnya langsung ke soto hehehe. Tapi saya bleum pernah ke Kudus :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 9, 2017, 8:04:00 AM

Smoga kapan2 ke Kudus ya mba Myra :)

Reply Delete
Avatar
Mugniar Oct 9, 2017, 9:03:00 AM

Asyik Mbak kalau week end sepi, biasanya sudah kayak sarang tawon ya saking penuhnya peminat kolam renang :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 14, 2017, 7:46:00 AM

Hah aiyaa, enak banget ini mbaa Niar :)

Reply Delete
Avatar
NiaNastiti Oct 9, 2017, 10:06:00 AM

Aku baru sekali ke Kudud buat kondangan, baru nyobain garang asem doang. Padahal penegn icip soto di Kudus :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 14, 2017, 7:46:00 AM

Wajib tuh ke Kudus makan Soto Kudus, mba :)

Reply Delete
Avatar
Dewi Nuryanti Oct 9, 2017, 11:51:00 AM

Belum pernah eksplore Kudus kalau melewati atau hanya sekedar melintas pernah sih. Selama ini belum ada sih yang menggoda dengan pesona Kudus. Nah baru tulisan ini nih yang bikin jadi kepo ttg Kudus wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 14, 2017, 7:50:00 AM

Hayuk main lagi ke Kudus ya mba Dewi. Banyak hal menarik di Kudus

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Oct 10, 2017, 3:36:00 AM

Wah, lebaran tapi kolam renangnya sepi gini. Ajaib banget deh. Tapi Kudus kabarnya emang sepi ya. Bukan cuma kolam renang, kotanya juga.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 14, 2017, 7:51:00 AM

Rame mba. kalau malem macet banget. Hhhehehe. Iya ini mungkin karena aku kepagian juga mungkin ya

Reply Delete
Avatar
Ucig Oct 10, 2017, 7:12:00 AM

Seneng banget klo nggak ramee. Kadang bikin males mba, jalan2 pas liburan 😅 tapi dilema ya. Anak2 mau refresh kaan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 14, 2017, 7:51:00 AM

Nah jadinya tetap maksa buat refreshing ya mba. Hehhe

Reply Delete
Avatar
Mira Miut Oct 10, 2017, 11:10:00 AM

Udah lahh gak mau baca lagi bikin sedih detail nya bikin iri pengen langsung oake pintu doraemon.Ayyas bisa nih ajak Babam kn suka banget berenang klo Babam big ni. Susah banget diajak renang ke kolam.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 14, 2017, 9:59:00 AM

Babam kalau renang ama kak Ayyas pasti betah bangeet

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Oct 11, 2017, 8:49:00 AM

Aku ga bisa renang dan Neyna belum sekalipun injakkan kaki ke kolam wkwkwkwk *mamak macam apalah daku ini :p klo mau ke Kudus ajakin ya ummi :* Ngareeeeppp hahhaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 14, 2017, 9:59:00 AM

Hahhahaaa Neynaaa sini sama Ummi Ayyas ajaa. Hayuk aku traktir gratisan kalau ke Kudus. All you can eat deh :p

Reply Delete
Avatar
Amelia Fafu Oct 11, 2017, 11:38:00 AM

Yah gak ada sanak saudara di Kudus, kesempatan main ke kudu kayaknya nol koma sekian persen nih. Hahaha. Tapi kolam renangnya asik bgt ya sepi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 14, 2017, 10:00:00 AM

Iyaa. Puas banget bisa main renang ke sini ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Oct 12, 2017, 12:00:00 AM

Terpesona sama kolam renangnya, sepi bisa relaks dan menikmati suasana ga kaya di Jakarta selalu rame sama penuh huhu.

Reply Delete
Avatar
Dee - HDR Oct 16, 2017, 9:07:00 PM

Mayan ya kak jadi bisa refreshing bareng keluarga disini :)

Disini juga tersedia tmpt penitipan barang kan ya kak? Biar gak rempong barang takut ilang hihihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 18, 2017, 7:44:00 AM

Aku kurang cek nih mba. Tapi sepertinya ada ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri Oct 17, 2017, 11:04:00 AM

Woooooww di Kudus ada waterboom juga 😊 Kelihatan bersih gitu air kolamnya ya aku jadi ga sabar nyebur. Seperti biasa aku paling suka berenang. Oh ya kolam dewasanya 140-180cm lumayan juga. Cocok buat kita2 😊

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Oct 18, 2017, 7:45:00 AM

Ada mba Nurul Sufitri. Ih aku nggak berani ke kolam dewasannya

Reply Delete
Avatar
putri Oct 18, 2017, 11:11:00 AM

asyik ya mba kolam renangnya, pengen banget berenang di sana, entar mau liburan ke kudus aja deh, bayar masuk ke dalam kolam renangnya bayar berapa mba ?

Reply Delete
Avatar
Sang Harry Oct 19, 2017, 3:28:00 AM

Coba deh ke Colo. Tepatnya di petilasan Sunan Muria.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi Oct 22, 2017, 10:06:00 AM

Iiih itu murah aja HTM nya. Cuma 15rb dan 25rb? Coba kalau di Depok.. huhuhu. Tapi boleh lah nanti kapan-kapan kalau ke Kudus mampir kemari. Kapan yaaa? ^_^

Reply Delete