5 Tempat Makan Favorit Keluarga yang Wajib Dikunjungi

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

5 Tempat Makan Favorit Keluarga yang Wajib Dikunjungi


Saya sekeluarga sebetulnya termasuk keluarga yang doyan makan. Tapi kamu nggak terlalu ngoyo untuk selalu mencoba restoran atau rumah makan. Tapi satu hal yang pasti, setiap kali berkunjung ke daerah tertentu, selalu diusahakan untuk mencoba makanan khas daerah itu.

Bagi saya, wajib hukumnya mencoba kuliner khas daerah itu jika berkunjung ke tempat yang baru dikunjungi.  Mengapa? Saya selalu menghargai upaya rumah makan atau restoran itu untuk menjaga kuliner khas itu tetap ada.
 
Menu makanan di tempat makan Bumi Sampireun 

Pilihan lain, saya sekeluarga senang makan di retoran yang nyaman dan bikin kami betah makan sekeluarga. Soalnya seringkali makan juga dibarengin acara ngobrol-ngobrol ngalur ngidul. Kalau tempatnya berisik dan penuhnya kebangetan, biasanya kami mikir dua kali deh sebelum mampir ke restoran atau rumah makan itu.

Soal rasa di restoran itu juga menjadi pilihan. Karena saya penyuka rasa pedas, tentunya saya senang jika makanan yang disajikan memiliki cita rasa yang menggugah selera. Kalau makan makanan yang pedas, entah kenapa nafsu makan selalu bertambah. Ada yang sering merasakan demikian ?

Selain itu, saya sekeluarga juga suka makan di restoran yang menggunakan konsep all you can eat. Maklum, kami memang doyan makan. Jadi kalau makan di all you can eat jadi puas makan sepuasnya. Walaupun harganya lumayan mahal tapi kepuasan dan kelezatannya sungguh merupakan perpaduan yang pas.

Pengen tahu apa saja restoran yang menjadi pilihan saya ? Mmh sebagian sudah pernah saya ulas di blog saya jadi teman-teman bisa membaca review lengkap di blog saya ya ....

 
Bumi Sampireun Vimala Hills

Biasanya saya makan bersama suami dan anak-anak. Tapi pas ke Bumi Sampireun Vimala Hills, saya datang berdua saja dengan suami untuk memperingati Hari Ultah Tahun Pernikahan kami. Uhuy!

Aksesnya mudah dicapai dari Jakarta. Dari pintu tol Ciawi langsung ketemu Vimala Hills yang terletak di sebelah kanan. Nanti dari pintu gerbang, harus menempuh perjalanan sekitar satu kilometer menuju restoran Bumi Sampireun Vimala Hills.
 
Saya dan Suami di Bumi Sampireun 
Tempatnya nyaman banget. Mau lesehan ada. Mau duduk di kursi ramai-ramai juga tersedia. Suasanya juga tenang sehingga bisa buat berduaan tanpa diganggu. Ehem ...
 
Bumi Sampireun Vimalla Hills
Soal kuliner yang ditawarkan cukup beragam. Ada ikan gurame rica-rica, cumi bakar, ayam goreng hingga es pisang. Saya hingga kini masih terasa kelezaatan ikan gurame yang sungguh lezat dan pedas. Saya dan suami makan berdua sampe kekenyangan. Alhamdulillah. Soal harga sebetulnya relatif lebih mahal tapi dengan suasana yaang ditawarkan, Bumi Sampireun Vimala Hills bisa menjadi pilihan

Depot Hok lay di Malang

Saya berkunjung ke Malang sekitar Januari tahun ini. Depok Hok Lay menjadi satu-satunya rumah makan tertua yang menjual cwie mie. Rumah makan yang berada di Jalan K.H. Ahmad Dahlan ini berdiri sejak tahun 1946. Dari luar, rumah makan ini tampak sederhana. Bahkan kami (saya, Bapak Suami, Mas Ghaffar dan Ayyas) sempat ragu-ragu untuk masuk karena bangunanya sederhana dan kebetulan kala itu di samping kiri dan kanan sedang ada perbaikan jalan. Tapi setelah meyakinkan bahwa inilah Depot Hok Lay, kami pun masuk.

Ruangan rumah makannya boleh dikatakan sederhana. Pemiliknya hingga kini masih mempertahankan suasana sejak awal rumah makan ini dibangun. Hanya ada lima meja yang terletak di samping kiri dan kanan.

Pangsit cwie mie adalah kuliner khas di Malang yang hingga kini masih ada dan dapat ditemui dimana saja. Sedangkan lumpia semarang adalah kuliner khas Semarang yang kemudian citarasanya diadaptasi dengan lidah masyarakat Malang yang menyukai makanan agak manis.

Rumah Makan Inggil di Malang

Saat di Malang, saya pun menikmati aneka kuliner di Rumah Makan Inggil. Sebetulnya kunjungan itu adalah kunjungan saya kedua. Tapi waktu itu saya datang bersama rekan-rekan ketika berkunjung ke Malang.
 
Suasana di rumah makan Inggil 
Saya jatuh cinta dengan Rumah Makan Inggil karena masih menawarkan konsep rumah makan khas tempo doeloe dan aneka kuliner yang sungguh menggoda selera. Ada alat penggeriting rambut, mesin tik dan radio jaman dahulu.


Bagaimana dengan kuliner yang ditawarkan ? Ikan gurami bakarnya benar-benar enak. Bumbunya meresap banget di daging. Jadi ya makan sekali nggak mungkin berasa cukup. Cumi goreng pun enak karena udangnya di goreng kering tapi tak alot saat digigit.

Restoran Hanamasa All You Can Eat 

Saat memutuskan makan di restoran Hanamasa, kami harus mikir agak lama dan menunggu semua keluarga bisa ikutan makan. Waktu itu kami pernah makan sekeluarga berlima. Tapi pernah mas Ghaffar nggak ada ya kami tetap makan di Hanamasa. Hehehe ...


Yuk makan di Hanamasa
Makan di Hanamasa ini beneran bebas makan alias all you can eat. Tapi kami juga ika ingin menikmati makanan serba panganggan, yakiniku adalah pilihan yang tepat. Sedangkan bagi yang menyukai makanan serba direbus, shabu-shabu adalah pilihannya. Kami memilih keduanya sekaligus sehingga dapat menikmati shabu-shabu dan yakiniku sekaligus. Saya sendiri lebih banyak mengkonsumsi makanan ala yakiniku karena seringkali memasak shabu-shabu di rumah.
 
Saya sekeluarga di Hanamasa
Shabu-shabu ini dinikmati bersama kuah kaldu yang gurih dan enak. Plus ada saus ponzu khas Hanamasa yang tersedia. Sedangkan yakiniku disediakan saus niku tare (saus berwijen) sebelum dipanggang, dan dicelupkan lahi ke soto tare setelah dipanggang.

Rumah Makan Sari Asih di Cipanas

Di Rumah makan Sari Asih, kuliner khas yang ditawarkan adalah sate maranggi. Sudah lebih dari dua kali saya sekeluarga makan di rumah makan ini. Sate Marangginya benar-benar enak dan selalu buat saya sekeluarga balik lagi.
 
Sate Maranggi Sari Asih 
Padahal tempatnya agak jauh dan tempat parkir mobilnya cukup jauh. Tapi ya namanya suka, mau bagaimana lagi ?


Sate Maranggi adalah sate yang bercita rasa seperti dendeng. Cenderung manis tapi rasa yang paling menonjol adalah rasa bumbu ketumbarnya. Satu lagi yang membedakan adalah sambal oncomnya yang menjadi ciri khasnya. Rasa sambal oncomnya agak gurih tapi nggak pedas sama sekali. Makanya, disediakan cabe hijau kalau ada yang suka pedas.



46 komentar

Avatar
Tetty Hermawati 27/11/18, 06.24

Hanamasa yessss. Suamiku ngajak kesana tapi blm kesampean lagi, hehehe. Dulu makan hanamasa yang di bandung

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti 27/11/18, 10.29

Hanamasa ini goda banget aku dulunbanget makan disini ummi wkwwkwk ntar kita makan sini yuk

Reply Delete
Avatar
Anonim 27/11/18, 11.50

Wow, amazing Ƅlog strսcture! How long have you beеn blogging for?
you make running a blog ⅼook easy. The full lοok off your webѕite is wonderful,
aas well as the content material!

Reply Delete
Avatar
Dwi Puspita 27/11/18, 12.35

Aseliii...kalau lihat orang2 pada kuliner gini perut saya jadi lapar, terlalu menghayati gambar dan ceritanya. Hahahaha... btw kalau makan suasana alam gitu bikin saya mupeng mbak, pengen juga deh kapan2 main ke pegunungan...buat cari tempat makan yg asik

Reply Delete
Avatar
GE MAULANI 27/11/18, 12.42

Hanamasa all you can eat menggoda banget sih mba Rach. Ku pengin nyoba belum jadi terus hehehe.

Reply Delete
Avatar
Inna Riana 27/11/18, 13.56

kok kita ga ketemuu di bumi sampireun? :D

aku baru tahun lalu lho makan di hanamasa sekeluarga. nunggu si bungsu gedean dikit biar makannya banyak haha

Reply Delete
Avatar
Mama Karla 27/11/18, 14.21

Penasaran sama yg hanamasa, harga per org nya berapa mba? Trua anak umur berapa mulai bayar? Harganya sama dg dewasa?

Reply Delete
Avatar
Nurul Noe 27/11/18, 14.21

Kalo makan di resto all you can eat gitu ada batasan jamnya ngga si mba? Misal, maksimal 1 jam aja atau brp gitu

Reply Delete
Avatar
Retno Kusumawardani 27/11/18, 16.36

Sebenernya kalau makan bareng sama keluarga itu makan apa aja enak, tapi kalau mau lebih enak lagi kenapa enggak? hehehe
lagian kalau makan diluar nggak bingung cucian piring menumpuk #eh itu kan aku wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 27/11/18, 19.45

Itu Bumi Sampireun Vimala Hills tempatnya oke banget ya Mbak. View nya itu bikin suasana nyaman, makan jadi semangat pasti niih :)

Reply Delete
Avatar
Mechta 28/11/18, 05.30

Wah..foto2 dan diskripsi makanannya sangat menggugah selera. Jadi pengen nyicip satu satu..haha ..

Reply Delete
Avatar
cerita sore 28/11/18, 05.40

Kalau sate maranggi, tetep favoritku yang di Purwakarta mbak hihi..
Tapi bolehlah kalau aku ke cipanas mampir kesini 😁

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 28/11/18, 09.51

Udah cobain makan sate maranggi Cibungur, Mbak? Kalau saya tempat favorit untuk makan sate maranggi di sana

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 28/11/18, 10.50

aku udah pernah ke sate maranggi, bumi sampireun dan pastinya hanamasaaaa. Enak banget itu semua, walaupun akhu juga musti hati-hati jaga makanan hehehe

Reply Delete
Avatar
Citra 28/11/18, 13.19

wah menunya enak semua ya, jadi lapar baca ini di siang bolong

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 28/11/18, 16.35

Hihihi..saya juga suka Hanamasa All You Can Eat, sayang di SUkabumi nggak ada, kalau mau ke Hanamasa mesti ke Bandung

Reply Delete
Avatar
Yoanna Fayza 28/11/18, 18.30

sate marangginya bikin ngiler mbaa.. di Jogja susah cari sate maranggi, atau aku aja yg mainnya kurang jauh hehee.

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 28/11/18, 18.43

Bumi sampireun tuh enak banget ya viewnya dah gt makanannya juga enak-enak, pokoknya suasana sundanya dapet banget deh.

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak 28/11/18, 19.29

Makan di tempat view indah memang bisa bikin selera 'menggila' ya, mba.
Apalagi kalau sambil ngobrol topik seru, bisa tambah lagi dan lagi, HAHAHA.

Reply Delete
Avatar
Ade anita 28/11/18, 19.49

Aku kalo makan sekeluarga malah menghindari menu all you can eat krn 2 anakku makannya sedikit banget dan lama pula..hahaha..sayang kalo gaya makan kek gitu bayarnya sama kayak emak bapaknya yg pemakan segala. Kalo makan berdua suami okelah boleh

Reply Delete
Avatar
Ade anita 28/11/18, 19.50

Aku dari dulu pingin banget ke sampireun sejak liat dia jadi lokasi azan pas ramadhan

Reply Delete
Avatar
Fairy Books 28/11/18, 20.11

Waa saya penasaran sama rumah makan Inggril, pas lihat dekoreasinya itu semacam tema jaman old yah mba

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas 28/11/18, 20.34

Pengalamannya Mbak Alida meuni banyak pisan ya soal restoran. Tapi kok masih langsing aja to Mbak? Aku baru melirik makanan aja udah langsung naik timbangannya.

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid 28/11/18, 21.18

Menu makanan di 5 tempat makan favorit mba Alida memang menggugah selera banget. Saya jadi lapar lagi nih setelah melihat foto-foto makanannya

Reply Delete
Avatar
Siti Faridah 28/11/18, 21.35

Yah jadi pengen ke Hanamasa deh aku. Lihat sate Marangginya menggoda banget. Aku jadi pengen juga. Seketika mendadak lapar aku. Hehehe.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 28/11/18, 21.53

sate maranggi kesukaan aku banget mbak, enak rasanya beda dengan sate pada umumnya

Reply Delete
Avatar
Juli 28/11/18, 21.54

Wahh, semuanya menggiurkan sekalii!

Reply Delete
Avatar
Handriati 28/11/18, 21.57

Tergoda dengan menu makanan yang di Bumi Sampireun mba, duh jadi laper jam segini hihihi

Reply Delete
Avatar
Dewi Sulistiawaty 29/11/18, 00.54

Wah, ada Hanamasa juga dalam daftar resto fav keluarga yaa. Kalo aku mungkin ada kfc dan hokben juga, wekeke

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain 29/11/18, 05.02

tenpat makannya bagus2 semua dan mewah ya mbak. kalau aku sukanya soalnya yang kaki lima hehe... hanamasa kayaknya enak2 ya masakannya

Reply Delete
Avatar
Ika Puspita 29/11/18, 05.54

Huhuhu, pagi-pagi liat sate maranggi bikin ngiler. Itu sate maranggi yg sering diliput di tv kah? Blm pernah nyobain tp kyknya enak ya mbaak

Reply Delete
Avatar
lita chan lai 29/11/18, 06.23

cari tempat makan bersama teman atau keluarga emang enaknya cari yang nyaman ya. apalagi kalau cita rasa masakannya enak. udah pasti bakalan kebayang terus sm restonya.

oia, hanamasa sekarang udah dipakein timer ya. makan sepuasnya dibatasin sama jam. kalau dulu mah, beneran puas karena waktu makannya lebih panjang.

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 29/11/18, 06.42

Saya belum pernah ke Hanamasa
Selain mahal, si kecil juga ga picky eater jadi cukupnya harus nasi.

Reply Delete
Avatar
Siti hairul 29/11/18, 06.55

Mbak Alida Hanamasa itu udah sertifikasi halalnya belum? Anakku soalnya pengen ngajak ke sana.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 29/11/18, 07.36

Pas banget nih aku mau ke Malang weekend nanti, eh mba Lida nulis rekomendasi tempat makan Cwi Mie. Tengkiyuuu bangeeet

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 29/11/18, 08.16

Keliatannya enak semua masakannya nih tapi aku belum mampir 1 pun yang disebutkan di atas wkwk

Reply Delete
Avatar
Heni Puspita 29/11/18, 08.27

Huaaa di sini belum ada Hanamasa tapi mulai banyak resto resto ala Jepang di Mall

Reply Delete
Avatar
Prita HW 29/11/18, 09.24

wah, ternyata ga hanya 1 kota nih reviewnya. aku juga sukanya yg alami2 kayak yg sunda dan jawa bgt itu mb, bikin betah

Reply Delete
Avatar
Sri Untari 29/11/18, 10.23

yang menunya bumi sampireun tuh bikin ngiler. Lha semua ada kok komplit banget ada lauk ama esnya yang bikin kemecer

Reply Delete
Avatar
Eka Rahmawati 29/11/18, 11.26

Depot Hok lay sama Rumah Makan Inggil di Malang kayaknya bisa nih masuk daftar tempat makan yang perlu aku kunjungi kalau tahun depan jadi ke Malang. Soalnya baru bikin rencana mau ke sana, tahun depan sama teman-teman hehehe. Makasih Mba Rach Alida :)

Reply Delete
Avatar
Dewi Natalia 29/11/18, 12.01

Mbak, restoran Bumi Sampireun Vimala Hills itu mahalnya seberapa mba? Aku jadi penasaran. View sekitar restoran sepertinya bagus ya mba.

Reply Delete
Avatar
Indira Wulandari 29/11/18, 12.39

Aku sih paling sering mampir ke Hanamasa sama keluarga, teman atau tau rekan kerja

Reply Delete
Avatar
Echi Mustika 29/11/18, 19.34

Waduh salah buka blog dijam segini. . Ikanya bikin aku pengen ambil nasi mba. . Kalo bakmi ak setuju bakmi kelinci memang paling top

Reply Delete
Avatar
Marasoo 30/11/18, 17.46

Bikin laper kak, aq dah lama pengen hanamasa tp blum berani masuk hihi

Reply Delete
Avatar
Unknown 03/12/18, 21.24

sate maranggiinyaaa duhh sampai keliatan gtu rempah2nyaa..looks yummy bangetttt

Reply Delete
Avatar
bunda ratna 07/01/23, 08.40

mantap nih infonya mba. kapan2 pas kesana mau mampir juga ,,biar bisa cicipi masakannya.. kayaknya enak.. hehhee

Reply Delete