SLIDER

Tips dan Panduan Wisata Hemat ke Singapura


Pengalaman saya berkunjung ke Singapura saya alami Agustus 2018 bersama Ayyas dan empat teman blogger. Sungguh ini perjalanan pertama saya ke Singapura walaupun sebetulnya sudah lama ingin sekali ke Singapura tapi belum pernah terwujud. Jadi ya sejak enam bulan sebelum keberangkatan, kami pun menyediakan segala kebutuhan untuk bisa menikmati Singapura.

Salah stau tempat wisata favorit di Singapura
Saya berangkat bersama Ayyas, anak saya yang kini berusia 9 tahun. Jadi boleh dibilang, pengeluaran saya dua kali lipat. Sedangkan mba Ade Ufi bawa dua anak, jadi ya tiga kali pengeluaran. Hahhaa. Tapi sejak awal merencanakan keberangkatan, sudah bertekad wisata hemat ke Singapura.

Saya dan teman-teman Blogger. Minus Bubu Dita yang motret:) 
Awalnya saya sempat mikir juga, apa bisa wisata hemat di Singapura? Soalnya di Singapura mau nggak mau, semua masih serba lebih mahal daripada di Indonesia. Tapi kemudian kami banyak mencari informasi apa saja yang bisa mendukung niat kami untuk wisata murah di Singapura. Lalu apa saja yang

Cari Penerbangan Harga Terjangkau

Bagi yang sering traveling pasti banyak pertimbangan sebelum berangkat. Termasuk mencari tiket penerbangan promo. Banyak teman yang bahkan sering begadang demi mendapatkan harga tiket murah untuk tujuan ke kota impian. Termasuk saya dan teman-teman. Kebetulan Mba Ade yang paling giat mencari informasi harga tiket yang terjangkau sesuai pilihan. Nah kami kemudian memilih penerbangan berangkat sore hari sehingga tak terlalu terburu-buru untuk berangkat dari rumah. Tapi memang di satu sisi, kami tiba di Singapura jadinya agak malam sehingga udah terlanjur capek jadinya tiba di penginapan malah ngantuk. Hihihi ....

Persiapkan Dana Tunai Sesuai Anggaran

Saya sih sejak awal merencanakan hanya membawa uang tunai dollar Singapura saat berkunjung ke Singapura. Saya nitip untuk tukar di money changer melalui teman. Untuk 3 hari 2 malam nginap bersama anak, saya hanya menukar Rp 2 juta ke dollar Singapura. Kalau nggak salah pas di tukar nggak nyampe 200 USG. Itu pun teryata pas pulang masih ada uang cash dollar Singapura yang masih saya simpan hingga sekarang. Hahhaa ..


Sejak awal mba Ade juga udah memberikan informasi tentang perkiraan dana yang harus dibawa. Jadi ya sudah ada gambaran berapa dana yang harus saya bawa. Dana yang dibawa sesuai dengan perkiraan untuk tiga pengeluaran utama yakni transportasi, makan, oleh-oleh.

Penginapan Bersih Harga Hemat

Traveling ke Singapura tapi nginap di penginapan mewah? Emang bisa? Alhamdulillah bisa. Jadi, satu sisi yang mempengaruhi harga penginapan. Misalnya nginap di pusat keramaian Singapura ya mungkin harganya mahal. Beda jika di wilayah lain misalnya saja kayak di kawasan Mustafa, Singapura. Kami nginap di kawasan Mustafa dengan harga 3 hari 2 malam, per orang nggak sampai Rp 500 ribu loh. Penginapannya bersih, wifinya kenceng dan lokasinya strategis. Rencananya saya akan tulis tentang penginapan ini di tulisan tersendiri. Recomended deh!

 
Bawa Cemilan dan Botol Air

Pas ke bandara, alhamdulillah saya bawa botol minuman kecil, lolos. Jadinya ya kalau botol minuman habis, saya pun isi dengan air isi ulang yang tersedia. Pas di bandara Soekarno Hatta, ada beberapa tempat untuk minum air gratis. Tapi pas di Singapura sayangnya saya jarang menemukan tempat minum gratis (heheh) di MRT ataupun tempat wisata. Seingat saya hanya nemu pas di satu tempat wisata saja selama di Singapura. 

Numpang minum air gratis :)
Jadi saya bawa dua botol akhirnya isi penuh, pas nemu tempat isi air, langsung deh dimanfaatkan semaksimal mungkin. Hahaha. Saya sempat beli sebotol air mineral yang seingat saya kalau dirupiahkan sekitar Rp 20 ribu. Untuk jus buah yang dijual cenderung terjangkau yakni sekitar 1 USG. Soal camilan pun saya bawa yang agak ringan seperti coklat atau biskuit beberapa buah. Pas sebelum berangkat ke Singapura, saya bawa nasi dan lauk untuk di makan bersama Ayyas. Biar nggak kelaparan di bandara. Hahhaha ...

Gunakan Transportasi Umum

Taksi memang termasuk transportasi umum, tapi gunakan taksi di Singapura tentunya mahal. Nggak kebayang kemana-mana naik taksi, tentunya bikin kanting cepat jebol. Akhirnya, kami memilih menggunakan transportasi umum selama di Singapura. Kami naik MRT yang paling sering. Lalu naik juga bus yang harganya sekitar 1-2 USD untuk sekali jalan. Ya lumayan kan menghemat.

 
Banyak pilihan transportasi umum yang bisa digunakan 

Pilih Makanan Melayu

Makanan-makanan melayu yang dijual di Singapura cenderung lebih murah daripada makanan lainnya. Misalnya saat makan di kawasan Mustafa, Singapura menjual makanan enak, halal dengan harga 5 USG. Porsinya pun banyak banget untuk menu makanan nasi kebuli. Jadinya kalau ngerasa kebanyakan bisa makan sepiring berdua atupun di bungkus untuk bisa dimakan saat tiba di hotel. Membantu banget kan?

Berkunjung ke Tempat Wisata Gratis

Di Singapura banyak tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi tanpa perlu membayar uang masuk alias gratis. Dan tentu saja ini yang menjadi tempat pilihan saya dan teman-teman saat berkunjung ke Singapura. Jadi ya pas di sana, kami kunjungi Bugis street, Orchard road, Merlion Park, Marina Bay Sands dan lain-lain. Rencananya saya juga akan tulis tentang tempat wisata ini di postingan saya yang lain ya.
 
Keindahan tempat yang bisa dilihat gratis
Ummi dan Ayyas numpang mejeng 
Sementara, ini tips dan panduan wisata hemat ke Singapura yang saya dan teman blogger lakukan pada tanggal 25-27 Oktober 2018. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan memang bisa berhemat selama di Singapura. Kalau ditanya senang nggak travellingnya ke Singapura, saya senang sekali dan berharap bisa melakukan traveling hemat lagi suatu saat nanti, entah kapan dan dimana. Bismillah suatu saat nanti ...



48 komentar

  1. Wah, langsung aku teringat saat kita traveling bareng ke Singapura ya :) AKu pun perdana dan ga nyangka malah peginya sama temen blogger. Aku ngandelin Mbak Alida banget urusan isi saldo tiket MRT hahaha abis takut salah klik. Hemat ya dengan 2 jutaan kita bisa seneng2, asal mau naik transportasi umum, rela cape2an hihihi makannya juga yang khas Melayu dan ga yang wow gitu biasa tapi nikmat :)

    BalasHapus
  2. bermanfaat banget artikelnya apalagi buat yang travelingnya solo kayak aku. Hehe.

    Yap sepakat banget soal air minum, selain hemat anggaran tentu lebih sehat yaa minum air mineral. Btw. Foto2 nya cling banget sih mba, bagus. suka

    BalasHapus
  3. Mbak, di daerah mana yang ada tap water? Duluuu waktu ke sana jarang nemu.

    BalasHapus
  4. Mba ajakin aku dong jalan2.
    Btw, thanks tipsnya mba. Mau persiapan ah.

    BalasHapus
  5. Asik banget nih bisa liburan ke Singapura bersama teman blogger. Aku setuju banget nih kalo pakai alat transportasi umum. Dan memilih tempat wisata gratis. Aku pengen juga nih liburan ke Singapura bareng temen blogger.

    BalasHapus
  6. Pengin banget jalan2 ke singapore sama temen2. Buat me time. Makasih tips-nya ya mbak.

    BalasHapus
  7. Waah seru banget ya mba jalan-jalan ke Singapura, dan sekarang memang banyak info ya sehingga biaya bisa dibuat budget lebih hemat, jadi pengen ke sana lagi, ke sananya sama anak-anak, hehehe

    BalasHapus
  8. Travelling hemat ini bisa jadi panduan buat temen-temen yang pingin keluar negeri juga.
    Haturnuhun kak Lidha...uda berbagi.

    BalasHapus
  9. Toss dulu yang tentang air minum. Buat saya waktu ke Singapura juga salah satu pengeluaran terbesar di air minum. Jarang nemuin tempat minum yang gratis. Mana saya sekeluarga kan kuat minum juga. Apalagi di Singapura jalan kaki terus. Jadi pas beli minum, gak usah dikurs ke rupiah. Bisa bikin sakit hati hahaha

    BalasHapus
  10. Kalau traveling bareng begini justru bisa lebih hemat banyak mba.. banyak yg bisa dishare yaaa

    BalasHapus
  11. Singapur memang kota yang ramah buat traveller yaa.. Aku pingin ke sana bawa anak-anak backpackeran, nanti kalau jadi mau ttiru tipsnya mba Alida ini ah :)

    BalasHapus
  12. Waah, pengen banget bisa ke Singapura bareng teman-teman dengan budget yang nggak terlalu mahal. Nyicil nabung dulu, ah

    BalasHapus
  13. Cocok banget nih baca artikel ini, bisa jadi panduanku pas nyobain ngebolang ke Singapura kapan2 nanti ya mba hihiii.. Aku belum pernah piknik ke negara tetangga nih. Ternyata bisa juga ya diatur agar sengirit mungkin.

    BalasHapus
  14. Ayo cuss budal.
    Sudah ada guide di sini hehe.
    Sekarang harus urus paspor si kecil dulu.

    BalasHapus
  15. Boleh juga nih dicoba tipsnya, karena memang biasanya kalau ke Spore suka over budget dan akhirnya mengambil uang tunai lagi deh disana. Kalau akau makanan wajib itu Zam Zam Resto dalam liburan sekali perjalanan kesana pasti bisa 2-4 kali mampir. Seru ini, mau ah ajak teman-teman juga

    BalasHapus
  16. kereenn bisa nulis begini banyak yang cari mba. soalnya aku juga lagi cari2 referensi ke singapura. hehee

    BalasHapus
  17. Bisa jadi rekomendasi klo backpakeran sama anak ini mah. Terbilang hemat juga ya, mba. Asal jangan laper mata belanja-belanja. Intinya menahan diri. Setu banget bisa traveling bareng temen blogger. 💙

    BalasHapus
  18. Wah...boleh dong minta bocoran itinerary n rincian biaya selama 3 hr 2 malam itu mba.
    Pengen juga bisa ke sana begini.. kalau nanti ditulis, colek2 aku ya mbak...

    BalasHapus
  19. Jadi gak selamanya main ke luar negeri itu, harus mengeluarkan dana yang besar, ya, Mbak. Nyatanya bisa aja jalan-jalan ke luar negeri dengan paket hemat. Asal tau aja triknya ya..

    BalasHapus
  20. Botol minuman kecil yang berapa ml Mom? Lolos? Emangnya sebenarnya gak boleh ya bawa botol seperti itu. Asli nanya karena gak tau.
    Terimakasih untuk infonya jadi pengen perpanjangan paspor yang sudah lama matinya. Pengen Liburan bareng anak - anak dan suami ke LN juga minimal Asia Tenggara dulu lah.

    BalasHapus
  21. Jadi pengen gunakan paspor mba, aku tunggu reviw hotelnya ya mba serius ngga sampai 500rb

    BalasHapus
  22. Belum pernah ke Singapur sekalipun, semoga suatu saat bisa ke sana, hehehe.

    BalasHapus
  23. Ada juga Mbak tempat jalan yang cantik dan gratis di Chinese Garden. Temen sih yang ngasih tahu. Cuma akunya belum pernah ke sana. Kalau nginep murah, kawasan little india juga bisa. Pun lumayan mudah cari makanan halal di situ. Cuma... baunya buat beberapa orang kurang nyaman.

    BalasHapus
  24. Wah bareng mom bloggers lainnya seru ya mom. Aku kapan kapan kalo si bayi udh gede mau ajak juga ah traveling bareng momblogger hehe.

    BalasHapus
  25. asyik banget tipsnya mba, harus di save atau bookmark ini.
    Tempat-tempat gratisan itu tujuan utama deh, maklum traveler kelas bawah hiks hahaha.
    Semoga bisa ke Spore segera, aamiin :)

    BalasHapus
  26. Itu di laut mana? Bersih bgt ya..
    Bunga tinggi di taman itu buatan kan ya? Cantik!

    BalasHapus
  27. Wah, noted banget nih tips dan panduannya. Semoga nanti bisa praktekin saat ke Singapura. Semoga bisa secepatnya ke sana. :D

    BalasHapus
  28. Wah kurah banget ya hotel di daerah Mustafa itu, 3 hari 2 malam per orang cuma 500rb..duh murah itu mbak, setauku hhotel di Singapore mahal-mahal soalnya. Boleh juga nih tips nya.

    BalasHapus
  29. Tempat wisata gratisnya aja udah bagus-bagus yaa, banyak pula, ga akan habis diputerin sehari. Next time ke singapur mau nyoba tips hemat ala mba Lida ah :)

    BalasHapus
  30. Wah.. pengen, makasih kak tipsnya.... Tapi paspor ku sudah kadaluwarsa. . Coba ngomong sama suami dulu :)

    BalasHapus
  31. Singapura memang selalu menarik hati. Aku ngga pernah bosan ke sana Mba, walau apa-apa serba mahal buat ukuran kantong kita orang Indonesia hehehe. Dan udah 2 tahun aku ngga mampir lagi. Favorit siy lewat Batam naik ferry gitu, biar sekalian nengok Batam juga.

    BalasHapus
  32. Singapur memang selalu ada tempat wisata yang baru, atau minimal... tempat wisata favorit itu direnovasi terus. Jadi selalu ada semangat untuk kembali liburan ke Sin. Saya pun ngetrip middle sih kalau pas ke Sin :D

    BalasHapus
  33. Asyik banget yah travelling overseas dengan budget minimalis. Udah lama banget niy belum ke singapore lagi. Terakhir 2009. Waktu itu nginep nya di semi apartment punya kawan. Per nite nya 20$ sing. Sekarang sudah banyak pilihan menginap dan tempat wisata yang terjangkau. Thanks for sharing mbak. InsyaAlloh kami sekeluarga bisa juga ke singapore. Travelling ia make us happy!

    BalasHapus
  34. Keep this ɡoing pⅼease, gгeat job!

    BalasHapus
  35. Wah kalau ke negeri sebelah kyk Singapura ntr bisa nih nanya2 mbak Ade jg hehe.
    Seru ya mbak liburan bareng2 teman2 :D
    Skrng ke Singapura makin gampang ya, udah kyk melipir ke Bandung aja😂

    BalasHapus
  36. Iihhh, seru ya mbak. Apalagi sambil bawa anak, bisa jadi pengalaman buat mereka juga nih jalan-jalan ke negara lain. Aku menantikan banget tentang hotelnya mbak. Kepikiran juga pengen traveling ke sana sama bocils atau buat second hanimun, ihihihi

    BalasHapus
  37. ke singapura memang bisa hemat kok
    saya aja dengan ongkos kapal krn kami dari bintan, ga habis 2 juta.itu udah termasuk penginapan, makan dan beli oleh oleh
    murah meriah asal tahu triknya

    BalasHapus
  38. Destinasi wisata yg masuk list aku nih tapi nunggu sampe Reynand bisa jalan dulu biar lebih asik. Pastinya tips dari kamu bakal aku terapin. Manfaat bgt thx ya

    BalasHapus
  39. Ya ampun, para moms ini ternyata hangout nya jauh aja sampai Singapore. Bersih dan tertata rapi yah, jadi ingin juga di sini melihat seperti itu. Oh iya, oleh-oleh buat daku mana hayoo 😂

    BalasHapus
  40. Seru banget ya kak,bisa sejenak jalan-jalan ke luar negeri bisa cari wawasan baru dan pengalaman seru juga dapat.

    BalasHapus
  41. ini jadi wishlist aku kak lid. kepengen ajak anak kesini sebelum memasuki usia sekolah. singapur banyak wahan menarij soalnya.

    BalasHapus
  42. wuaaa seru banget mbak jalan2 keluar negri bareng kayak gitu 😍 makasii buat tips2nya.. secara aku belum pernah ke singapura nih

    BalasHapus
  43. Asikk banget jalan bareng gitu kak al, bookmared ah kalo mau kesana singkat dan hemat bisa nyontek disini hehehe

    BalasHapus
  44. Bookmark! Buat rencana jalan-jalan tahun depan. 2019 harus banyak liburan nih biar hidup tetap selow. Hehe

    BalasHapus
  45. Moga2 tahun depan bisa ke Singapura. Targetnya tahun depan negara2 tetangga dulu disinggahi. Tahun depannya lagi coba Asia yg agak jauhan hehe

    BalasHapus
  46. Seruu jalan2 jauhan dikit kayak gini bareng temen2, sampe sekarang belum kesampean nih. Btw, ke arab street ga mba? Hehe.. sing memang bersih nan rapih ya mba, cocok buat percontohan.

    BalasHapus
  47. Duh..,jadi mupeng pengen ke Singapur...secara dong belum pernah kesana.Hahaha...makasih sharingnya mbak...bermanfaat banget nih buat diriku yg pengen jalan2 kesana

    BalasHapus
  48. 2 juta udah bisa liburan sama anak ke Singapore 2 hari 3 malem. Terjangkau ya, tinggal ngurus passport nya si kecil nih.
    Minum air gratis ndak bikin mual ya mba ? Air keran disana apa bisa diminum juga ?

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell