SLIDER

6 Alasan Mengapa Menulis di Blog


Meskipun memiliki blog sejak tahun 2007, blog pada mulanya hanya sekedar menuangkan isi tulisan saya di Gatra. Alhasil, blog kemudian hanyalah menjadi etalase tulisan-tulisan ala majalah saja. Hingga kemudian salah seorang pembaca saya mengatakan tak perlu berlanggganan majalah Gatra karena telah membacanya di tulisan saya di blog.
Apa manfaat ngeblog
Mengapa harus ngeblog ? 
Saya kemudian merasa ada yang keliru dengan ini. Alhasil, blog saya kemudian nganggur. Saya sibuk dengan pekerjaan saya menulis di majalah Gatra. Tahun 2013, saya pindah ke Kompas TV. Selama setahun bekerja tanpa menuangkan kata-kata dalam tulisan membuat saya stres. Saya yang terbiasa menuangkan kata-kata mellaui karya tulis, kini hanya berjibaku lebih pada koordinasi peliputan. Kalaupun menulis, itu pun hanya sedikit sekali. Sehari-hari kehidupan saya hanya dari kantor ke rumah. Begitu terus selama setahun.

Saya sampaikan itu kepada suami dan komentar suami pun seolah membuka pikiran saya. “Kenapa Ummi nggak kembali menulis? Sayang loh kalau kebiasaan menulis hilang begitu saja,” kata Bapak Suami.

Menulis ? Menulis dimana ?
Saya tak lagi bekerja di majalah dan kalaupun menjadi penulis lepas, mungkin intensitas menulis pun tak akan banyak banyak. Saya kemudian ingat bahwa saya memiliki blog yang telah lama tak aktif. “Ah, mengapa tak saya aktifkan saya blog saya kembali,” pikir saya kala itu.  

Tahun 2014, saya kemudian memilih menuangkan kegiatan saya sehari-hari di blog yang kala itu masih belum memiliki domain dot com. Tulisan saya lebih pada aktifitas Ayyas, anak saya yang terkecil. Mulai dari kegiatan berkemahnya, pengalaman dia naik panggung pertama kali hingga saat ia masuk TK B.

Semuanya tercurahkan melalui kata-kata di tulisan. Setahun kemudian, saya masih tetap aktif menulis di blog tapi tak bergabung di komunitas apapun. Saya kala itu penasaran ketika ada teman yang aktif ngeblog. Belakangan, saya pun baru tahu kalau teryata ngeblog juga memberikan bonus penghasilan.

Tapi kala itu pikiran saya adalah bagaimana bisa tetap ngeblog agar kemampuan menulis saya tak hilang di makan waktu. Jika tak diasah, saya yakin bahwa kebiasaaan saya menulis pun akan lenyap. Lalu, apa alasan mengapa harus menulis blog ?

Menjaga Semangat Menulis

Menulis bagi saya harus tetap dijaga agar tetap ada. Apalagi bagi saya yang memiliki latar belakang pekerjaaan sebagai jurnalis majalah cetak sehingga kebiasaan menulis harus tetap dipertahankan. Sayang kan kalau terbiasa menulis tapi kemudian lenyap begitu saja akibat tak terasa?

Berbagi Inspirasi

Mungkin terkesan agak berlebihan, tapi saya selalu berharap dengan menulis saya bisa berbagi inspirasi bagi para pembaca blog saya. Saya memilih menulis profil tentang tokoh-tokoh atau orang-orang yang tak patah semangat untuk bekerja dan menginspirasi orang lain. Misalnya nih ya saya menulis tentang profil Lian Gogali, insiator perdamaian dari kota Palu. Mba Lian adalah perempuan yang menebarkan perdamaian dengan menggandeng perempuan-perempuan di kota Palu untuk bersama-sama menciptakan perdamaian.

Menghilangkan Stres

Percaya nggak kalau menulis itu bisa menghilangkan stres ? Saya sih merasa demikian. Misalnya nih ya, saat pekerjaan kantor lagi menumpuk, saya pun memilih untuk menuangkan tulisan di blog. Dengan menulis di blog, isi pikiran yang mumet bisa tersalurkan. Saya bisa menulis apa saja yang menurut saya bisa membuat pikiran saya menjadi lebih lega dan mampu menghilangkan sres karena pekerjaan kantor.

Mencatat Pengalaman Pribadi

Jadi begini, dengan menulis di blog, saya menjadikan blog sebagai tempat untuk mencatat pengalaman pribadi. Misalnya nih ya, saya menulis saat anak saya Ayyas mencabut giginya. Atau pengalaman saat kami sekeluarga traveling ke Belitung, Jogja dan lain-lain. Dan yang paling berkesan adalah pengalaman saat umrah bersama keluarga menjadi sesuatu pengalaman yang saya tulis di blog. Dengan menulis blog, banyak juga yang menjadi terbantu dengan tulisan saya dan bahkan mengontak saya untuk bertanya lebih lanjut tentang pengalaman yang saya alami.

Menambah Tali Silaturahmi

Alhamdulillah dengan menulis di blog, saya bisa menambah pertemanan di luar pekerjaan saya sebagai jurnalis. Apalagi dengan menjadi blogger, saya memiliki tambahan teman dari seluruh Indonesia. Walaupun lebih banyak berinteraksi di dunia maya, tapi dengan menulis blog, saya menjadi mengenal banyak orang.

Menambah Sumber Penghasilan

Bagi saya ini adalah sesuatu yang diluar dugaan. Saya awalnya tak mengira bahwa dengan menulis di blog, bisa mendapatkan penghasilan. Penghasilan tak melulu uang tapi juga berbagai produk hingga fasilitas lain yang bermanfaat bagi saya dan keluarga. Bahkan, saya bisa jalan-jalan di berbagai daerah di Indonesia seperti Jogjakarta dan Belitung. Kemudian ke Malaysia dan Melaka juga alhamdulillah berkah menang lomba blog. Sumber penghasilan di blog menjadi salah satu berkah bagi saya dan keluarga.  

Nah, kemungkinan inilah beberapa alasan saya menulis di blog. Alhamdulillah sejak memiliki konsisten ngeblog sejak 2015, saya merasakan sangat banyak alasan untuk aktif ngeblog. Kalau boleh tahu, apa alasan teman-teman tetap ngeblog ?


43 komentar

  1. Yeyyy, banyak juga hasil ngeblognya ya mba. Bisa jalan-jalan sampai ke luar negeri euy. Senangnya! Aku juga masih akan terus ngeblog, gatau sampai kapan. Soalnya udah kadung cinta sih :)

    BalasHapus
  2. Kalau Mbak Lida, mah, udah jago ngeblognya, karena basicnya emang udah jurnalis ya. Tapi saya salut masih nyempetin blogging dan bisa mengambil manfaatnya. Kalau saya pribadi untuk saat ini alasan blogging dibuat lebih selow, hehehe. Lebih banyak untukbersenang-senang dan berbagi sudut pandang. Nah, yg paling penting untuk menyimpan memori.

    BalasHapus
  3. Horeee tulisan pertama :D
    Emang ngeblog itu mengasyikkan ya, selain bisa menulis apa yang ada dalam pikiran kita, jg bisa menambah2 pendapatan jg :D

    BalasHapus
  4. Alasan saya salah satunya ya terapi diri Mbak. Saya gampang stress orangnya. Kalo gak diluahkan bisa kepikiran terus, jadi nulis diblog membantu menetralisir hati dan pikiran.

    Makasih sharingnya Mbak.

    BalasHapus
  5. betul banget, kalau tidk diasah nanti lama2 kemampuan menulis ilang ya mba, makanya harus tetap dilatih slah satunya melalui blog

    BalasHapus
  6. mencatat pengalaman pribadi setuju banget ummi karena itulah aku nulis blog supaya nanti anak2, cucu, cicit tahu nenek moyangnya :D

    BalasHapus
  7. Dulu papah saya langganan Gatra, lho. Dan saya suka ikutan baca majalah ini. Jangan-jangan saya suka baca tulisan Mbak Alida juga. Cuma ya saya tuh kalau baca majalah atau koran, jarang memperhatikan nama penulisnya. Berbeda dengan blog :)

    BalasHapus
  8. Kalau saya bertahan ngeblog selama 9 tahun ini ya karena memang menulis blog udah menjadi kesenangan saya. Pernah vakum saat menikah, tapi kangen dan balik lagi. Semangat terus yaa ngeblog mba :)

    BalasHapus
  9. ngeBlog memang banyak banget positifnya ya mbaa, aku bersyukur banget punya kesempatan jadi blogger dan dapat banyak sekali dapat hal2 baik :)

    BalasHapus
  10. Bener banget, ngeblog jadi catatan kehidupan tersendiri.. jadi makin semangat nulis nih *brb ngumpulin ide

    BalasHapus
  11. Kalau saya lihat, mereka yang mmeiliki basic jurnalis dan ngeblog tulisannya keren-keren. Kek, mba Rach.
    Beberapa alasan yang mba ungkapkan pas dengan alasan saya. Salah satunya melepas stres

    BalasHapus
  12. Menghilangkan stress dan mengisi me time. Itu aku banget. Mmg byk kemajuan yaa mba kalo hbs nulis di blog itu. Rsnya plong n lega. Ya, kalo ak pribadi sih leganya krn udah curhat. Haha

    BalasHapus
  13. Udah lama itu dari tahun 2007 semangat nulisnya masih oke..aku mulai ngeblog tahun 2012 hihi. Enak sih jadi blogger nambah teman dan nambah wawasan dapat kesempatan berbagi lewat tulisan.

    BalasHapus
  14. Keren banget mba kerja di Gatra dan Kompas TV, ngeblog memang banyak manfaatnya yaaa

    BalasHapus
  15. Sama ummi, diluar dugaan bangettt. Ternyata ngeblog bisa menghasilkan pundi2 rupiah.

    BalasHapus
  16. Wah kalo banyak alasan gini, gak mungkin kendor ya semangatnyA.memang kalo uda terlanjur cinta dan hobi, susah ninggalin lama ya

    BalasHapus
  17. Agar semangat menulis memang perlu stategi khusus, salah satunya rutin menulis ya mba.. aku nih masih sering naik turun semangat menulisnya.. tapi kadang baca-baca blog temen-teman seperti ini nih yang buat aku tambah semangat menulis dan menjadi kaya akan informasi terbaru.. banyak hal-hal baru yang kita dapat dengan membaca blog, semangat menulis buat kita semua

    BalasHapus
  18. Blog jadi salah satu sumber penghasilan yah, mba. Semoga job2 terus berdatangan.

    BalasHapus
  19. Aku pun demikian mbak Lida, kadang rutinitas harian bikin aku ga sempat nulis. Tapi sekarang, apapun ceritanya aku selalu mencoba untuk menulis di blog, walah hanya 15 menit

    BalasHapus
  20. Berbagi pengalaman pribadi dan menyalurkan hibi nulis. Itu kalo aku. Ya kita mirip2 lah yaw alasan ngeblognya, mb Al hehehe. Soal pendapatan itu merupakan bonus yg memang makin tinggi makin disyukuri sesuai dengan kualitas tulisan kita :D

    BalasHapus
  21. 6 alasan ini jadi motivasi diri yang sangat kuat ya Mbak. Saya salut dengan semangat blog Mbak Alida. MOga istiqomah, Mbak.

    BalasHapus
  22. Aaaahhhhhh... mbak Alida memberikan banyak pencerahan tentang ngeblog, aku pun lagi mencoba ngeblog dengan serius lagi nih. Karena awalnya ngeblog karena cerita tentang perjalanan program hamil.

    BalasHapus
  23. Alasan nge-blog...biar ketemu kak Alidaa...
    Hehehee~

    Suka banget sama sahabat-sahabat blogger yang saling support.
    Sukses selalu, kak.

    BalasHapus
  24. Hehehe bener juga mba, menulis itu ngilangin stress walau kadang ku ga paham mw nulis apa, ntar juga ngalir aja

    BalasHapus
  25. Selalu ada banyak alasan utk ngeblog ya. Manfaatnya itu lho bejibun

    BalasHapus
  26. Menulis emang bisa bikin stress release ya mbak. Apalagi kalau kerjaan di kantor dah padat merayap. Menulis di blog jg bisa jd semacam onlen diary gtu....

    BalasHapus
  27. Alasanku ngeblog kurang lebihnya ya sama denganmu mba. Alhamdulillah, jadi dapet banyak teman juga ya sesama blogger. Tidak hanya yang tinggal di kota yang sama, bisa kenal juga dengan banyak blogger lain dari kota-kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  28. Manfaat ngeblog emang banyak ya Mba, aku senang karena bisa nambah teman, nambah ilmu, dan menjaga semangat menulis. Rasanya kalau liat teman rajin nulis tuh (kalau diri sendiri lagi males) pasti langsung jadi terpacu buat menghasilkan artikel di blog.

    BalasHapus
  29. Gak jauh beda sama ummi nih, alasan aku ngeblog. Ternyata nulis juga bisa jadi obat stress dan rasanya itu plong kalau udah di curahin..

    BalasHapus
  30. Menulis buat keluarin unek-unek enak banget ya mba, apalagi kaya aku, dulu suka nulis buku harian.
    Blog memang banyak manfaat, selain ilmu, wawasan, teman, juga manfaat finansial

    BalasHapus
  31. Aku sendiri ngeblog dari SMA, tapi on off banget karena sering males dan suka lupa password hehe. Pengen rutinin ngeblog lagi sekarang ah

    BalasHapus
  32. Menghilangkan stres...iyessss banget karena andai tak menulis kutak sanggup berbulan-bulan hanya terbentur dinding dan cucian wkwkwk

    BalasHapus
  33. Rata rata hampir sama ya teman teman blogger alasannya satu sama lainnya. Semangat terus kak dengan tulisan tulisannya yang luar biasa.

    BalasHapus
  34. 2007? Aku masih kelas 2 SMA. Blas belum kenal blog. Kenal baruu 2010 dan cuma buat nulis cerpen.

    BalasHapus
  35. Alasan utama.aku karena nganggur elh pas nulis awal2 banyak waktu kesini langsung kebingungan sendiri memangenya. Ada cerita yang beda di tiap pengalaman. Makasih mba Al udah banyak sharing pengalaman yang baik

    BalasHapus
  36. Kurang lebih alasan kenapa aku ngeblog sama kaya mbak Alida sih, mencari tempat untuk bisa menuangkan isi pikiran. Aku pun nggak menyangka sekarang blog aku bisa membantu untuk menambah penghasilan juga. Sukses terus untuk blognya ya mbak.

    BalasHapus
  37. Masyaa Allah, udah lama banget nulisnya ya mbak. Saya masih dua tahunan mulai nulis blog dari yg awalnya blog gratisan menjadi TLD spt sekarang ini. Menulis bagi saya itu spt terapi, agar kita bisa tetap berbagi

    BalasHapus
  38. Aku klo ditanya ttg alasan knp ngeblog lgsg spanneng sendiri. Apa yah alasanku. Awalnya sih krn tmn bikin blog ya aku ikutan aja bikin. Tp ngga nyangka serame inj.

    BalasHapus
  39. Nggak bisa jauh-jauh dari menulis ya Mba Lida. Udah jurnalis, blogger pula. Masya Allah, semoga keduanya terus membawa manfaat baik buat Mba Lida maupun pembaca. Semangat terus buat kita Mbaa <3

    BalasHapus
  40. Aku ngeblog pertama kali waktu masih kuliah, di geocities wkwkwkwk dulu ngeblog buat tugas kuliah. Agak ribet ngeblog di geocities, kudu hafal kode html dll. Pindah dong ke wordpress tahun 2007 dengan nama blog yg agak alay pake embel2 "nona". Banyak yg mampir dan komen. Pas nikah bikin blog baru di wordpress. Isinya awal2 tentang pernikahan dan kehamilan. Baru serius tahun 2016.

    BalasHapus
  41. Beneran nih, nulis blgo itu meluaskan rejeki dan manjangin silaturahmi. ga nyangka juga selain interaksi di dunia maya bisa ketemu langsung. Ga kepikiran pertemanan maya jadi nyata

    BalasHapus
  42. Menulis itu memang salah satu terapi terbaik untuk menghilangkan stress kok. Yang unek-unek tadinya cuma dipendam aja saat dikeluarkan dalam bentuk tulisan jadi lebih lega. Dapat penghasilan tambahan itu efek samping hehe.

    BalasHapus
  43. Iya mba. Aku juga baru tau blog bisa menghasilkan setelah 7tahun punya blog. Dan itu taunya ya dari komunitas2 yang aku ikuti. Sebelumnya isi blog hanya mindahin curhatan dari diary ke bentuk digital.

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell