SLIDER

Makna Nama Blog Lidbahaweres


"What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet," William Shakespeare (26 April 1564-23 April 1616).

Terdengar familiar kalimat tersebut? Yap, mungkin banyak yang menggangap tak terlalu penting arti nama bagi seseorang. Nama hanyalah dianggap nama saja. Tanpa makna dan terasa kosong. Tapi pandangan ini berbeda bagi saya.

Sumber Foto : Pixabay.com

Bagi saya, setiap orang memiliki makna dari setiap kata yang tersematkan. Nama dalam bahasa Arab disebut dengan isim yang bermakna tanda ataupun bermakna as samuu (sesuatu yang tinggi). Sehingga isim (nama) boleh diartikan sebagai tanda yang tertinggi pada seseorang.

Sama seperti nama yang tersematkan kepada saya Rachmawati Alida Bahaweres tentulah memiliki makna bagi saya. Dari nama yang diberikan kedua orangtua menjadi identitas diri bagi saya. Ketika saya bekerja sebagai jurnalis majalah Gatra, saya memakan nama Rach Alida Bahaweres. Kata Rach merupakan kependekan kata dari kata Rachmawati.

Beberapa narasumber yang pertama kali bertemu saya mengira saya adalah sosok yang tinggi besar dan gagah karena membaca nama Rach Alida Bahaweres. Pernah ada yang mengatakan langsung kepada saya “Eh, teryata mba Alida kecil dan imut ya. Beda sama namanya yang terkesan gagah,”. Hahhaa ...

Ketika saya memutuskan untuk membuat blog pada tahun 2007, saya memilih membuat nama blog yang memiliki kaitan dengan nama saya. Saya ingin ketika ada yang mengetahui nama blog itu, selaluu teringat pada saya. Bukan kepada orang lain.

Setelah mempertimbangkan tanpa melalui sidang-sidang yang panjang, akhirnya saya memutuskan memakai nama Lidbahaweres. Mengapa harus memakai nama Lidbahaweres? Ada dua alasan memilih nama Lidbahaweres dot com sebagai identitas diri saya.

Identitas Diri

Seperti yang saya sampaikan di atas, saya ingin orang langsung mengingat nama Lidbahaweres dot com adalah blog saya. Bagi saya, penting sekali menggunakan branding yang memiliki kaitan dengan nama saya pribadi.

 Unik

Boleh nggak kalau saya menggatakan kalau nama Lidbahaweres terkesan unik ? Jadi, Lid adalah nama panggilan saya. Lid adalah singkatan dari kata Alida. Banyak yang kesulitan memanggil Alida sehingga memilih memanggil Lid. Akhirnya, saya menyematkan kata Lid di depan nama Lidbahaweres. Sedangkan kata Bahaweres adalah marga atau nama keluarga saya. Bahaweres adalah marga keturunan Arab karena kedua kakek dan nenek saya masih keturunan Arab. Kakek (saya memanggil Bib) berasal dari marga Bahaweres. Nenek saya (Baba) marga Bamahry. Tapi karena Arab adalah sistem patrineal, maka nama Bib saya yang digunakan yakni Bahaweres.

Dua itu sebetulanya yang menjadi alasan saya memakai branding Lidbahaweres. Alhasil hampir semua akun media sosial saya menggunakan nama Lidbahaweres. Akun twitter dan instagram saya memakai @lidbahaweres. Alamat email saya pun lidbahaweres@gmail.com dan lidbahaweres@yahoo.com.


Kalau boleh berbagi, apa sih alasan teman-teman memilih nama blog yang sekarang? Lalu selama ini, apakah ngerasa bahwa nama blognya sudah sesuai dengan kepribadian atau tujuan teman-teman ngeblog ?




9 komentar

  1. Alasan pilih nama... karena suka aja haha lebih lengkapnya ada sih di blog karena saya juga ikut challenge. Pakai nama sendiri memang paling mudah ya

    BalasHapus
  2. kalau aku pake nama sendiri ntar aku langsung femes ummi wkwkwkwk *kan komennya minta digampar duit* kode pengen dpt Job :))))

    BalasHapus
  3. Ummi cantik keturunan arab, iya nama bahaweres itu unik. Paas awal baca blog ini pun aku tersepona karena nama itu.

    BalasHapus
  4. Awal2 aku agak susah mengingat nama blogmu. Kalo dibaca terlalu cepet, ntah kenapa aku nyebutnya lidhabaweres. Pdhl lidbahaweres :)

    Jd tau kalo itu marga ya mbaaa.. Aku sendiri udh telanjur pakai nama dcatqueen dr sejak tau medsos. Udh jelas krn aku pecinta kucing. Tapi sbnrnya utk nama blog, nyesel jiga sih pakai dcatqueen. Soalnya kepengin yg namanya berkaitan ama traveling ato makanan :D. Cuma ya sudahlah... Malah repot kalo diubah2 lg :)

    BalasHapus
  5. Nggak gampang sih tentukan nama blog ya mba, apalagi aku yang waktu itu dibikinin, ahaha

    BalasHapus
  6. Nama yg indah dan unik ya mbak Al 😘😘 orang2/ pembaca jadi inget blognya deh. Aku pun punya blog sengaja dg namaku sendiri lengkap gt. Kalo mb Al kan depannya dipersingkat hihihi.

    BalasHapus
  7. Baru tahu kalau Rach itu kependekan dari Rachmawati. Keren ya arti nama mbak Alida. Nama itu memang doa ya mbak. Kalau aku sebetulnya antara nyesel juga sih pakai nama blog yang sekarang (soalnya bukan nama lengkap dan baru tahu kalau sebaiknya branding pakai nama asli dan lengkap). Tapi ya udah terlanjur jadi lanjut aja deh pakai nama Talkative Tya. hehehe

    BalasHapus
  8. Unik mbak nama blognya, awal kenal dulu saat baca nama mbak Al saya berpikir mbak Alida asli orang Arab atau keturunan India 🙈. Keren nama nya mbak

    BalasHapus
  9. Namamu banyak yang bilang sulit wkwkwk, aku juga pertama kali bingung trus manggil RACH eh ternyata Alida, simpel sekali

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell