SLIDER

Lomba Media Sosial Menuju Indonesia Maju oleh Setkab


Assalamu Alaikum Wr Wb
Teman-teman masih ingat nggak beberapa waktu lalu saya sering berbagi informasi tentang lomba yang diadakan Sekretariat Kabinet? Lombanya beragam. Mulai dari lomba instagram, twitter hingga lomba blog.

Saat saya membagi informasi tentang lomba ini ke media sosial saya, antusiasme orang untuk mengikuti lomba ini sangat tinggi. Misalnya lomba facebook menjawab tentang teka teki silang, banyak yang mengaku mengisi teka-teki silang ada kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain itu, dengan mengisi teka teki silang di lomba medsos Setkab, kita juga bisa belajar tentang kepahlawanan karena tema yang diangkat adalah tema kepahlawanan.
 
Lomba Meme Medsos
Sebelum saya bahas lengkap tentang lomba medsos, saya ingin berbagi dulu apa sih yang menjadi latar belakang di adakan lomba medsos ini. Ada yang tahu alasannya ? Mengapa memakai kata #MenujuIndonesiaMaju ?

Jadi, sejak awal pemerintahan, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi - JK) telah melakukan berbagai cara agar #MenujuIndonesiaMaju. Di tahun pertama, Jokowi - JK dengan Kabinet Kerja meletakkan pondasi pembangunan nasional yang kokoh melalui transformasi fundamental perekonomian dan meletakkan kembali paradigma Indonesiasentris.

Pada tahun kedua, pemerintah mendorong percepatan pembangunan nasional, baik pembangunan infrastruktur fsik, peningkatkan daya saing dalam mengejar ketertinggalan dengan negara lain, maupun melakukan percepatan deregulasi ekonomi melalui berbagai Paket Kebijakan.



Tahun ketiga, difokuskan pada pemerataan bagi seluruh rakyat Indonesia. Lalu bagaimana dengan tahun keempat ? Jadi tahun keempat fokus pada penguatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan pondasi yang sudah dibangun sejak awal pemerintahan.

Teman-teman pengen tahu apa program prioritas Pemerintah Indonesia? Saya sempat mencari informasi tentang program prioritas , yaitu:
  • Infrastruktur, konektivitas, dan kemaritiman.
  • Ketahanan pangan.
  • Pendidikan.
  • Kesehatan.
  • Perumahan dan pemukiman.
  • Ketahanan energi.
  • Pengembangan dunia usaha dan pariwisata.
  • Pembangunan wilayah.
  • Politik, hukum, pertahanan, dan keamanan.
  • Penanggulangan kemiskinan.


Pada tahun 2019, pemerintah akan fokus kepada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Nah, informasi tentang kinerja pemerintah ini yang menjadi tugas Sekretariat Kabinet untuk disebar luaskan di sosial media. 

Mengapa harus Lomba Medsos ? Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengemukakan, di era era sosial media sekarang ini, apa saja bisa terjadi dengan begitu cepat, begitu dahsyat, tanpa orang bisa melakukan apa-apa terhadap hal tersebut.

Nah, peran banget peran netizen untuk mengedukasi sekaligus memberikan literasi media. Sekarang ini orang baca koran sudah semakin menurun, orang nonton televisi (TV) juga jauh menurun, karena sekarang dengan gawai yang dimiliki orang bisa melihat apa saja. Teman pasti sepakat dengan kalimat itu kan ?

Di era media sosial (medsos) sekarang ini, peran netizen sangat penting untuk mengedukasi publik. “Netizen tinggal memilih sekarang ini mau jadi haters atau mau jadi lovers. Karena menjadi lovers atau haters itu adalah pilihan,” kata Seskab Pramono Anung.

 
Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju

Nah, edukasi sekaligus literasi media tentang progran pemerintah itu yang kemudian diwujudkan melalui lomba medsos. Namun satu yang pasti, lomba medsos ini tak akan berhasil tanpa dukungan dari berbagai pihak.

Masyarakat diajak untuk mengenal lebih dekat Kabinet Kerja beserta program dan capaiannya. Emang hanya itu saja ? Tidak. Jadi, masyarakat pun dapat menyampaikan aspirasinya lewat lomba medsos ini.

Penasaran apa saja lomba yang diberikan ?  

Lomba Twitter dan Facebook

Ada dua cara untuk mengikuti lomba ini. Pertama membuat moments/ kultweet/ chirpstory. Selain itu juga dengan mengisi Teka Teki Silang dan membuat tweet hal-hal yang berhubungan dengan seberapa jauh dampak kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah terkait program prioritas. Mudah kan ?

Pemenang Lomba Twitter 

Lomba Vlog dan membuat cerita pendek

Vlog mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia dan manfaat pembangunan tersebut ke masyarakat. Film pendek bercerita mengenai program prioritas pemerintah di bidang maritim, energi, pangan dan pariwisata. Nah karya yang diikutsertakan ini berhak digunakan Sekretariat Kabinet untuk kepentingan publikasi dan atau promosi tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Lomba Instagram 

Membuat meme bertema ke
pahlawanan di instagram

Pemenang lomba Instagram 


Lomba Blog

Menulis blog tentang #MenujuIndonesia. Blogger yang mau ikut lomba bisa menggunakan platfoam blog apapun. Tapi jangan lupa buat follow akun twitter, instagram, fanpage dan youtube Sekretariat Kabinet RI ya.

Jumlah tulisan minimal 500 hingga 1500 kata. Hadiahnya apa ? Jadi pemenang 1 berhak mendapat hadiah Rp 3 juta, pemenang kedua mendapat hadiah Rp 2 juta dan pemenang ketiga mendapat Rp 1 juta.

Siapa pemenangnya ? Langsung simak foto di bawah ini ya.

Pengen tahu info lebih banyak tentang #MenujuIndonesiaMaju ? 

Twitter: @setkabgoid

IG: @sekretariat.kabinet
Fanpage FB: @Setkabgoid atau Setkab RI  





6 komentar

  1. wah aku ketinggalan infonya nih :) padahal aku ini netizen budiman yang baik hati tak suka share berita hoax apalagi berita ora mutu

    BalasHapus
  2. Pemenang blognya siapa kakak? Kok gak keliatan fotonya? Mantep hadiahnya ya, semua unsur dilibatkan

    BalasHapus
  3. Dengan lomba ini semoga semakin membuat kita cinta pada pahlawan ya dan mengingat perjuangan mereka

    BalasHapus
  4. Program program yang mengajak masyarakat aware & secara nggak langsung mengedukasi melalui medsosnya ya kak

    BalasHapus
  5. Program prioritas pemerintah ini pernah dijabarkan waktu ada acara menkominfo di Palembang. Semoga memang terealisasi dg baik, apalagi untuk program pemerataannya ya mba. btw, lomba blognya jg udh selesai y mba? kereeen, selamaat buat para pemenaaang :)

    BalasHapus
  6. Kalau meme menarik, bahasan sosial politik pun bisa membangkitkan selera di masyarakat ya, mb Al :) Wah, hadiahnya asik nih dan sudah ada nama2 pemenangnya ya. Selamat buat para pemenang, kalian luar biasa :D

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell