SLIDER

5 Film Tema Kuliner yang Direkomendasikan untuk Wajib Ditonton


Saya dan keluarga sebetulnya adalah keluarga yang suka nonton. Tapi karena kesibukan suami, saya lebih sering nonton sama anak kalau di bioskop. Kalau sama suami, biasanya kami nonton di rumah. Ada beberapa tema film yang menjadi pilihan saya dan suami.

Karena saya dan suami suka masak. Apalagi suami saya hobi ngobrak ngabrik isi dapur, maka film tema kuliner termasuk jadi pilihan kami untuk nonton bersama keluarga atau nonton berdua di kamar. Tapi lebih sering sih nonton bareng anak-anak.

rekomendasi film bertema kuliner
Salah satu adegan di film bertema kuliner. Sumber foto : The New York Times
Mengapa suka nonton film bertema kuliner? Ya selain karena hobi, film bertema kuliner termasuk jenis film yang bisa ditonton anggota keluarga. Hampir tak ada adegan dewasa seingat saya dalam film-filmnya.

Film bertema kuliner lebih mengekpslore proses pengolahan masakan dengan indah. Penyajiannya yang luar biasa indah. Selain itu juga perjuangan untuk tetap berusaha di dunia kuliner yang penuh perjuangan dan persaingan.

Lalu, apa saja film bertema kuliner yang saya rekomendasikan untuk ditonton ?

Chef

Film Chef ini dibintangi sederet bintang papan atas seperti Scarlett Johansson, Dustin Hoffman dan Robert Downey Jr. Pertengkaran yang dilakukan Carl Casper membuat ia memutuskan keliling Amerika Serikat dengan truk makanan.
 
pilihan film kuliner
Film Chef yang bisa ditonton bersama keluarga 

Jangan bayangkan truk makanannya hanya berisi produk-produk murahan. Tapi Carl berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk karya makanan yang ia jual. Makanan-makanan yang disajikan disini sungguh menggugah selera. Kepiawaian Carl Caspek meracik bahan makanan keren banget. Dijamin lapar setelah menonton film ini.

Cook Up A Storm (2017)

Saya awalnya nonton trailer film ini di Facebook. Lalu karena lihat trailer bagaimana sih koki memotong ikan dengan luar biasa keren, saya langsung cari tahu judul filmnya. Setelah tahu, saya nonton bersama keluarga. Film ini bukan film hollywood tapi film produksi Tiongkok yang mengisahkan persaingan dua koki Asia di kompetisi masak tingkat internasional.

Adegan film ini membuat mereka sama-sama unjuk kebolehan di depan banyak orang di jalan umum. Jadi ya kebayang dong keseruan masing-masing tim pendukung agar jagoannya menang. Adegan yang menurut saya paling keren ya adegan potong ikan raksasa menjadi sajian makanan yang siap santap. Ih ya, pemainnya juga sedap dipandang kok :p

Julie & Julia (2009)

Pengen nonton film kuliner yang diadaptasi dari buku dan blog? Film Julie & Julia ini wajib ditonton. Film ini berasal dari autobiografi berjudul My Life in France dan blog Julie & Julia : 365 Days, 524 Recipes, 1 Tiny Apartement Kitchen. Film ini menurut saya keren banget ! Walaupun saya sudah menonton film ini lama, tapi film bertema kuliner ini tetap membekas dalam ingatan saya.

Film ini memiliki dua setting waktu yakni tahun 1950 yang bercerita tentang Julia Child (dimainkan dengan baik oleh Merly Streep) dan tahun 2002 yang berkisah tentang Julie Powell (diperankan oleh Amy Adams).

Julia yang pindah ke Paris kemudian memutuskan ikut kursus masak sedangkan Julie memutuskan menyelesaikan 524 resep dalam waktu satu tahun dan menerbitkannya di blog. Perjuangan kedua perempuan ini ditampilkan dengan baik dan tak membuat kesatuan film ini menjadi terganggu.

Cara Julie memiliki kemampuan mengiris bawang dengan sangat cepat dan tipis-tipis sungguh membuat saya bermimpi ingin ada kemampuan itu. Film ini juga mampu menampilkan kedua perempuan yang memiliki kesamaan hobi ini putus asa. Tapi kepiawaian Julie dan Julia untuk membuat makanan lezat, jangan diragukan. Tapi khusus untuk Julie, ia harus berjuang karena dianggap remeh oleh peserta kursus lain yang meragukan kemampuannya namun semuanya bisa ia buktikan bahwa ia bisa.


Ratatoille (2007)

Entah sudah berapa kali saya tonton film ini. Pertama karena suka dan kedua ya karena anak saya suka banget. Hahhaa. Film ini mengisahkan tentang tikus yang jago masak. Mungkin awalnya agak kontradiktif ya karena tikus kan kesannya kotor dan jorok sehingga kalau di dapur ya tentu saja makanan jadi tak sehat.

Tapi film kartun animasi ini memang bisa menampilkan keseruan adegan masak dengan baik. Kisah di film ini juga mengajarkan untuk jangan meragukan kemampuan seseorang termasuk untuk urusan masak memasak. Walaupun film animasi, film Ratatoile ini mampu menampilkan makanan-makanan yang lezat ala makanan perancis dengan penataan yang indah.


The Hundret Foot Journey (2014)

Saya suka film ini dan juga nonton film ini lebih dari 3 kali. Hahhaa. Film ini mengisahkan satu keluarga yang secara terpaksa terusir drai kampung halaman dan kemudian memutuskan mereka pun pindah ke negara lain.  

Dalam kebimbangan dan keresahan ia tahu hidupnya harus berlanjut. Bersama kelima anaknya, sang Ayah terbang ke Lumiere, sebuah desa kecil di pegunungan Perancis. Setibanya di Lumiere, Ayahnya terpikat dengan sebuah bangunan yang usang, jelek namun berada di depan sebuah restoran Le Saule Pleureur terkenal di kota itu. Kelima anaknya tentu tak setuju. Ayah yang keras kepala tentu tak mau menerima begitu saja saran anak-anaknya. Tanpa sepengetahuan kelima anak-anaknya, Ayah pun membeli bangunan itu. Dan, sebagai seseorang yang asli India, Papa pun menghias restorannya dengan khas India.
 
film bertema kuliner berjudul the hundret journey
SUmber : The Hundred Foot Journey


Lalu siapa yang memasak? Adalah Hassan Kadams (Maish Dayal), anak keduanya yang memiliki bakat memasak seperti ibunya. Bakat masak yang mengalir secara alami dan menjadi andalan keluarga. Di tangan Hasan, restoran itu memiliki cita rasa India yang sarat bumbu. Namun, tak mudah membangun restoran. Tak ada yang mampir saat pembukaan restoran.  

Tak hanya itu saja, konflik terbuka pun terjadi antara Sang Ayah dan Madame Mallory (Helen Millen), pemilik restoran Le Saule Pleureur. Hasan yang berbakat memasak, mencuri perhatian Madame yang meminta Hassan bergabung dengannya. Walau awalnya, Madame Mallory seakan enggan menggakui kehebatan Hasan. Bergabung dengan Madame Mallory, membuat Hasan semakin menunjukkan bakatnya. Makanan Perancis diramu dengan bumbu-bumbu khas India.

Cinta pun tumbuh di antara Hassan dan Marguerite (Charlotte Le Bon), perempuan yang juga bekerja di restoran Madame Mallory. Kehebatan Hasan mampu membuatnya berkibar di dunia internasional. Ia pun kembali terbang ke negeri orang dan menjadi koki yang membuat banyak orang berdecak kagum. Namun, berada jauh dari keluarganya membuatnya kosong.

Nah kira-kira itulah 5 film bertema kuliner yang sungguh menggugah selear dan wajib ditonton bersama keluarga. Apakah ada teman yang punya pilihan film bertema kuliner lain ? Apakah teman sudah menonton lima film ini ?

4 komentar

  1. Cuman tahu Ratatoille doang ummi wkwkwk ini juga kasih inspirasi ke aku kalau masak :p

    BalasHapus
  2. baru nonton yg tikus. itu pun berulang sama anak2 haha.
    makasi rekomennya mbaa...aku catet ahh

    BalasHapus
  3. Baru kmaren msu nonton cook up strom, pnasaran akting nicolas rse, trus liat trailernya bahan2 masakannya bikin ngiler

    BalasHapus
  4. Cuma Julie & Julia yang belum aku tonton, lainnya sudah dan emang masuk rekomendasi juga :D
    masih ada tambahan lagi, Mbak.. Burnt, boleh coba ditonton..

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell