Theme Layout

[Rightsidebar]

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

yes

Dark or Light Style

[Light]

Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017


Saya sebenarnya jarang membuat target khusus untuk mengunjungi suatu daerah. Satu hal yang sudah pasti dan selalu saya kunjungi adalah Kudus. Minimal setahun sekali saya berkunjung ke kampung halaman suami yang terletak di kawasan Jawa Tengah itu. Selebihnya, selalu mendadak atau maksimal 2 atau tiga bulan sebelumnya.

Kalau ditanya apakah punya dana khusus buat liburan, saya jujur nggak menyiapkan dana khusus untuk liburan. Tapi saya memiliki anggaran dana khusus yang dapat digunakan untuk anggaran diluar anggaran rutin bulanan. Tapi itu bukan berarti saya seenaknya saja membelanjakan uang untuk liburan. Karena saya adalah Ummi yang pintar mengatur keuangan (Heheheh), sebelumnya, saya hitung dulu keperluannya untuk apa saja sehingga ketahuan dana yang dibutuhkan berapa. Jika menggunakan pesawat terbang, saya juga cek harga pesawat yang terjangkau tapi juga menyesuaikan dengan kebutuhan traveling.

Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017
Numpang foto saat di Belitung
Tulisan ini sebetulnya bukan ini menunjukkan saya sombong (ehem) karena telah berkunjung ke berbagai daerah. Saya sih yakin masih banyak orang yang lebih banyak bepergian selama setahun, dibandingkan saya. Bahkan hingga ke luar negeri. Tapi ini juga bukti rasa syukur Allah masih memberikan kesempatan bagi saya untuk jalan-jalan bersama keluarga walau posisi saya masih bekerja kantoran. Alhamdulillah …  

Biasanya setiap kali berkunjung, saya mengunjungi berbagai tempat dan melakukan wawancara dengan pemiliknya. Biasanya pas datang saya cari makanan khas, oleh-oleh khas hingga tempat wisata yang seringkali digemari ataupun yang jarang dikunjungi. Harapannya datang dan menuliskannya di blog. Tapi apa daya hamba yang terkadang lupa dan menunda-nunda menuliskannya di blog. Hahhahaaa …

Daaaaan, inilah catatan perjalanan saya di luar kota selama tahun 2017 …..

Datang ke Ambon di akhir Januari hingga Februari 2017
Kedatangan saya ke Ambon boleh jadi karena urusan keluarga yang mendesak karena tante saya sakit dan minta saya datang berkunjung. Padahal saya sudah lama tak terpikir untuk ke Ambon sendirian. Maklum, masih deg-degan naik pesawat dalam perjalanan panjang. Tapi ya akhirnya diberanikan walaupun tiba di Jakarta nangis karena pesawatnya mengalami gonjangan. Hikss …
Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017


Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017
Oleh-oleh hiasan kerang di Ambon dan Masjid di Ambon
Selama di Ambon, saya membagi waktu antara mengurus tante dan kunjungan ke beberapa tempat. Salah satunya Gong Perdamaian. Saya juga menikmati makan makanan khas Ambon seperti papeda dan kuliner Ambon dan alhamdulillah menang juara 1 dan mendapat hadiah jalan-jalan ke Jogja. Alhamdulillah. Selain ke Gong Perdamaian, saya juga ke pusat pembuatan serba kerang dan ke pusat oleh-oleh di kota Ambon.


Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017

Akhirnya ke Jogjakarta pada bulan Maret 2017
Salah satu kota yang ingin saya kunjungi adalah Jogjakarta. Bahkan, saya pernah menulis rencana kunjungan saya ke Jogjakarta sejak setahun lalu untuk mengikuti lomba blog. Alhamdulillah di tulisan itu banyak yang mendoakaan suatu saat saya bisa ke Jogjakarta dan alhamdulillah lagi, tulisan saya MENANG sehingga saya mendapat hadiah jalan-jalan ke Jogjakarta. Horeeee 
                                                               
Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017
Ayyas di Taman Sari
Saya ke Jogjakarta selama 3 hari 2 malam berdua sama Ayyas yang berusia 7 tahun. Kami berdua memilih menginap di hotel dekat Jalan Malioboro sehingga bisa memudahkan jalan-jalan. Alhamdulillah lagi penginapan gratis berkat sponsor selama 3 hari 2 malam. Selama di Jogja, kami makan gudeg Yu Djum, gudeg Mbah Lindu (jualan di pingir jalan tapi terkenal banget) hingga angkringan. Kami juga berkunjung ke berbagai tempat seperti Taman Sari, Keraton, Taman Pintar Jogja dan lain-lain. Rencana menulis tentang Jogjakarta hingga kini pun belum terlaksana. Sebagian catatan perjalanan ke Jogjakarta saya tulis di blog saya dan alhamdulillah Menang dan mendapat tiket perjalanan liburan juga. Alhamdulillah

Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017
Nebeng di Jalan Malioboro
Lebaran Idul Fitri di Kudus
Salah satu hal yang saya syukuri adalah masih bisa menikmati lebaran Idul Fitri di Kudus, Jawa Tengah bersama keluarga besar. Dan saya semakin senang karena adik dan om saya yang tinggal di Surabaya secara bergantian mengunjungi saya di Kudus selama lebaran. Alhamdulillah.

Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017

Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017
Bersama keluarga besar suami di Kudus
Saya berangkat ke Kudus usai shalat Idul Fitri menggunakan mobil selama 15 jam perjalanan darat. Tiba di Kudus, kami menyempatkan diri bersilaturahmi dengan keluarga besar dan menyempatkan diri mengunjungi salah satu tempat wisata di Kudus yakni ke Wisata Mulia Kudus.  

Berkunjung ke Purwokerto dan Banyumas di bulan Juli 2017
Setahun sebelumnya, saya berkunjung ke Banyumas selama 3 hari 2 malam untuk silaturahmi dengan keluarga adik ipar yang menetap disana. Tapi alhamdulillah Mba Farah ketrima kuliah di UNSOED sehingga kami pun ramai-ramai mengantarnya ke Purwokerto. Purwokerto kami tempuh dengan perjalanan menggunakan mobil selama 7 jam. Di sana, kami sempat berkunjung ke salah satu pantai di Banyumas dan mencicipi kuliner khas Purwokerto yakni Soto Sokaraja. Kami juga mampir di Pantai Widara Payung

Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017

Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017
Saya dan keluarga
Tak hanya itu saja, kami juga mencicipi dan melihat langsung proses pembuatan Nopia, oleh-oleh khas Banyumas. Kebetulan proses pembuatannya berada tak jauh dari rumah saudara. Pas pulang, sepanjang jalan ada banyak sekali penjual getuk, olahan dari Singkong yang menjadi kuliner Purwokerto yang sangat terkenal.

Oh ya, pas perjalanan ke Purwokerto dan Banyumas ini, saya sekeluarga sempat mampir ke Cirebon buat isi bensin sekaligus mencicipi makanan khas Cirebon yakni Nasi Jamblang yang terkenal itu. Tulisannya menyusul deh :)

Liburan ke Belitung di bulan Oktober 2017
Jika ada yang bilang perjalanan ke Belitung adalah kado pernikahan saya dan suami, bisa jadi iya. Tapi bisa jadi tidak. Loh kok? Jadi, liburan ke Belitung itu sebenarnya tidak di agendakan khusus. Saya sengaja ambil libur awal bulan Oktober dan harapan bisa ke Makassar. Teryata akhir bulan September saya dikabarkan menang lomba dan berhadiah tiket jalan-jalan ke Bali. Tapi karena kondisi yang tak memungkinkan akhirnya dialihkan ke Belitung. Kebetulan kami belum pernah ke Belitung dan terpikat dengan keindahan alamnya. Dari Jakarta ke Belitung bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan pesawat terbang. Harga tiket pesawat sekitar Rp 1,2 juta untuk PP (pulang –pergi)
Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017
Tim Belitung :)
Jadilah saya, suami, mas Ghaffar dan Ayyas pun ke Belitung selama 3 hari 2 malam. Kami memilih menggunakan jasa travel selama di Belitung. Alasannya untuk mempermudah selama di sana dan ingin berkunjung ke berbagai pulau. Nanti saya akan tulis detail di postingan saya tentang perjalanan ini ya. Intinya selama di Belitung. Dalam sehari kami mengunjungi 5 pulau dalam sehari. Hari-hari lainnya dilakukan dengan mengikuti berbagai tempat menarik seperti rumah adat Belitung dan tentu saja, menikmati kuliner khas Belitung seperti Mie Belitung.

Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017

Jalan-jalan ke Bogor di bulan November 2017
Saat tante saya datang, saya tak hanya mengajak jalan-jalan keliling Jakarta tapi juga ke Bogor. Nah mengapa saya memasukkan perjalanan ke Bogor menjadi bagian dari perjalanan saya di tahun 2017 ini? Ya biar keliatan aja banyak jalan-jalannya. Hahahhaa …..

Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017
Taman Meksiko di Kebun Raya Bogor
Tapi memang kedatangan saya ke Bogor memang sengaja buat jalan-jalan. Awalnya binggung mau ngajak ke mana ya selama di Bogor walaupun saya tahu Bogor punya banyak pilihan tempat. Akhirnya kami memutuskan jalan-jalan di Kebun Raya Bogor. Selama di Kebun Raya Bogor ini kami mengunjungi beberapa zoba seperti kawasan Taman Meksiko yang penuh dengan tumbuh-tumbuhan kaktus yang menjulang tinggi dan berukuran raksasa. Sempat juga menaiki jembatan merah yang hanya bisa dilewati 10 orang. Pulangnya, kami mampir membeli oleh-oleh di kawasan Gedung Dalam, Jl. Siliwangi, Sukasari, Bogor. Di kawasan ini, banyak kuliner khas Bogor yang dijual misalnya Asinan Bogor dan Roti Unyil. Kalau teman-teman mau berkunjung ke Bogor, dari jakarta bisa menggunakan commuterline sekitar 1 jam atau mobil pribadi selama 2 jam paling lambat.  

Mengunjungi Kudus di bulan Desember 3027
Kedatangan saya ke Kudus selama dua kali dalam setahun dikarenakan urusan keluarga. Nah kebetulan awal bulan Desember dua keponakan saya menikah berbarengan hanya berbeda hari. Akhirnya Kamis sore setelah pulang kerja saya janjian dengan suami untuk meluncur ke Kudus. Sebelumnya kami menjemput adik ipar dulu di Bekasi yang ke Kudus bersama kedua anaknya. Perjalanan ke Kudus dari Jakarta kami tempuh selama 12 jam.

Saya bersyukur kunjungan ke Kudus kali ini, saya masih dapat menikmati Sop Kudus dan Sate Kerbau kesukaan saya. Sop Kudus ini beda ya dengan Soto Kudus. Warna kuahnya lebih bening, rasanya lebih enak dan sayurannya lebih banyak. Itu menurut saya. Nah satu hal lagi yang menyenangkan selama 4 hari di Kudus.

Catatan Perjalanan Selama Tahun 2017
Museum Jenang Kudus 
Nah itulah catatan perjalanan saya selama tahun 2017. Sekali lagi, tulisan ini menjadi pengingat bagi saya karena telah banyak yang saya lakukan untuk berkunjung ke beberapa daerah. Tulisan ini juga menjadi tanda syukur saya karena Allah telah memberikan saya kenikmatan melakukan perjalanan walaupun masih menjadi karyawan kantor. Dan tentunya juga karena suami saya yang sangat mendukung hobi saya melakukan jalan-jalan.

Tahun 2018, saya memang sudah ada rencana ingin berkunjung ke suatu tempat. Nah, kalau teman-teman selama tahun 2017 kota yang paling berkesan untuk di kunjungi apa? Lalu apa tahun depan sudah punya rencana kunjungi kota lain? Yuk berbagi …









You Might Also Like

95 komentar:

  1. huaaa asiknya mba, kalo saya tahun 2017 ini Alhamdullilah paling jauh ke tempat mertua di bali, sambil curi curi kesempatan jalan jalan disana hahaa..tahun depan nanti inshaallah pulang ke kota kelahiran..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah senangnya bisa ke Bali, mbaa.
      Aamin. Moga tahun depan bisa terkabul ya mbaa. Makasih ya udah mampir :)

      Hapus
    2. Wah kalau ngomongin BALI ingatan saya langsung saat masih aktif di KangGuru Indonesia. Dari 2005 - 2010 setiap tahun kami konsolitdasi, dan consultative group meeting di IALF Denpasar Bali. Kalau nda salah sudah 10 kali ke Bali. Rasanya kangennn. Mau ke Bali lagi hiieiheihiee

      Hapus
    3. Wah banyak banget sampat 10 kali ke Bali. Mantaap. Smoga terwujud ya keingianan ke Balinya :)

      Hapus
  2. Bisa jalan-jalan di tengah padatnya jadwal kerja dan jatah cuti yang terbatas pasti membahagiakan banget ya, Mba. Apalagi kalau jalan-jalan dari hadiah lomba :D. Tahun 2017 ini aku ngga banyak perjalanan siy, karena alasan tertentu. Tapi yang berkesan adalah bisa ke Thailand (lagi) hadiah lomba blog dan Famtrip ke Lampung (ini perdana ke Lampung soalnya). Dan sebetulnya semua perjalanan mengasyikkan, karena pengalamannya beda-beda :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya senang banget mba. Alhamdulillah semua disyukuri ya mba. Iya bener mba. Masing-masing perjalanan ada ceritanya ya mbaa :)

      Hapus
  3. waa asikk... tahun 2017 ini kalo aku sekeluarga ga banyak jalan jauh euyy
    sinih mampir ke bogor lagi mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba Inna. Smoga bisa mampir juga ah ke Bogor dan ketemu mba Inna :)

      Hapus
  4. Aseeeeknyaaaa jalan-jalan ya... Aku mau diajak dong ya kapan2, jalan brg Mba Alida hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayukk insyaAllah ya smoga ada kesempatan jalan jalan keluar kota bareng

      Hapus
  5. 2017 ini aku alhamdulillah ke Bangkok karena menang lomba, semoga di tahun 2018 bisa menjelajah ke banyak tempat ^^

    BalasHapus
  6. Puas bangetmbak perjalan 2017 nya..mudah2an tahum 2018 aku juga bisa banyak travelling :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba Tuty mba. Dinikmati semua langkah ya mba :)

      Hapus
  7. tahun 2017 ini aku kemana ya, cuma ke jogja sm bandung aja. Seringnya bolak balik jakarta-ciamis, alias pulang ke rumah pasti pulang sebulan sekali nengokin ortu.
    Aku penasaran ih sama kebun raya bogor padahal deket tp blm pernah kesana. semoga tahun 2018 punya rezeki dan kesempatan ya buat travelling lagi.aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebun Raya bOgor bisa jadi tempat liburan yang murah meriah dan menarik mba :)

      Hapus
  8. Keren niiih padahal kerja karyawan masih bs jalan2. Dan seneng ya mbak,
    suami juga dukung. Ayok dong mbak, ke Surabaya, banyak tempat bagus loooh di kota pahlawan:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba. MAsih dikasih kesehatan untuk bisa jalan-jalan. Iya udah dua tahun aku nggak ke Surabaya nih mba :(

      Hapus
  9. Museum Jenang udah pernah diceritain mbak...?
    pengen tau deh, karena pernah punya pengalaman lihat orang masak dodol di kampung kami
    seruuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum aku tulis siih mba tentang museum Jenang. Rencnanaya mau aku tulis juga sih mba :)

      Hapus
  10. wah seru sekali bisa mengunjungi indonesia barat dan timur
    semoga impian-impian jalan2nya kesampaian mbak
    amin

    BalasHapus
  11. Dulu pernah bikian post beginian juga, seru ya kilas balik tempat mana saja yang sudah dikunjungi dan baru sadar jadi merasa keren hahaha. Merasa beryukur juga sih punya kesempatan jalan-jalan. Tahun ini absen bikin pot kilas balik, semoga next year aku bisa nulis dan menginspirasi hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buat catatan juga sih. Hehhee. Aamin. Yuk kita saling mendukung dan mendoakan :)

      Hapus
  12. Liburan minggu lalu aku sempet jalan-jalan ke Bogor mbak hehehe, tapi gatau sih ada Taman Meksiko. Coba kalau tau pasti mampir. Kulinernya berlimpah dan harganya hemat-hemat. Sehari ke Bogor bisa 4 tempat kuliner dicoba. Tapi ga bikin kantong jebol hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Aku ya baru kemarin itu ke Taman Meksiko gara-gara baca tulisna di media online. Hehhee

      Hapus
  13. sungguh sebuah pencapaian yang menyenangkan banget ditahun 2017 ini hampir setengah Indonesia di puterin...mirkisip deh

    salam sehat dan ceria selalu supaya 2018 semakin mengasikkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semuanya disyukuri ya :)

      Hapus
  14. Ahh, senengnya yang liburan, itung-itung refreshing ya maak.

    Kalo aku banyak banget jugaa, cuma yang paling berkesan pas bulan Maret bisa berkunjung atas undangan Datuk di sana ke menyusuri sepanjang Malaysia, Thailand dan Singapur hampir 2 mingguan hahhaa. Alhamdulillah banget kekuatan pertemanan membawaku ke sana. Belom sempet di tuliskan di Blog soale agak privasi juga atas keinginan mereka ga di expose kebersamaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih pengalaman yang luar biasa banget ya Teh Nchie. Aku pengen banget ke Thailand tapi sampai skarang belum terwujud

      Hapus
  15. Wah..banyak jelong2 nya...
    Setiap perjalanan niatkan silaturahmi...biar berkah..

    Sukses buat mba Alida..sampai jumpa 2018..😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dinikmati banget mbaa. Aamin amiin. Berkah ya mbaaa

      Hapus
  16. Saya tahun depan jalan ke KL mbak. tepatnya pas imlek Feb, insya allah. Batam deket sih mbak ke KL. Kalo lokal destinasi saya ke Bali, tapi gak tau kapan. Secara wisata indo,ongkosnya harus ngumpulin THR dulu. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah alhamdulillah senangnya mbaaa. Aku malah pengen ke Batam tapi entah kapan terwujud ya. Hehhee

      Hapus
  17. Asyiknya jalan-jalaaaan. Aku beneran iri lho mbaaak. Kok bisa sih dirimu menang terus lombanya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiih padahal aku nggak sering menang mbaaa. Hehhehe
      Cuma kadang beruntung aja mbaaa

      Hapus
  18. Udah lama ga ke jogja, Taman Sari masih ijo aja kolam nya ^^’ hehehe.. mba, kalau menang jalan jalan gitu yang ditanggung tiket PP nya aja atau udah sekalian hotel, makan, jalan jalan, dan uang saku gitu sih mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung sih mba pada penyelenggaranya. Ada yang pernah mencover semuanyaa mulai dari akomodasi hingga snack, transportasi dan sebagainnya. Ada yang hanya tiket pesawat terbang aja. Nah alhamdulillah kadang ada sponsor buat yang lainnya, mba :)

      Hapus
  19. Yeeaaayyy, alhamdulillah ya Mba Alida bisa ada kesempatan buat jalan-jalan ke banyak tempat.. :D Aku penasaran iiih belum pernah eksplor Kebon Raya Bogor.. Tamannya cakep yaa.. Btw, aku juga udah bikin tulisan perjalanan 2017 kayak gini mba eh tapi masih aja nangkring di draft, belum diselesaiin.. wkwkwk keburu taun baru, deh.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilllaaah .. Iya nggak nyangka juga. Teryata lumayan juga Hahahha
      Hayuk catatannya diselesaikan yaa

      Hapus
  20. Senangnyaaa.... Semoga tahun 2018 ngajakin keliling Indonesia plus luar negri, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin doanya mbaa
      Terima kasih telah mendoakaan mbaa :)
      Doa yang sama untuk mba ya

      Hapus
  21. Aih senangnya bisa traveling. Alhamdulillah ya mba Al. Semoga di tahun 2018 semakin banyak tempat yang bisa dikunjungi.

    BalasHapus
  22. Belitong masih jadi wishlist aku banget mbak..doakan semoga bisa main ke belitong di tahun 2018 nanti yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin doanya mba. Smoga terwujud ya. Belitung indah sekali :)

      Hapus
  23. Alhamdulillah yaa banyak kesempatan jalan-jalan semoga tahun depan bisa lebih jauh lagi.. ke luar negeri mungkin? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun berharap demikian mba. Doain ya mbaaa

      Hapus
  24. Tahun yang penuh perjalanan ya mbak. Semoga semakin seru di tahun 2018. Amiiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah alhamdulillah mbaa
      Terima kaish yaa

      Hapus
  25. Kerennya, bisa menyempatkan jalan2 meski bekerja.

    Oh ya,saya domisili Pati,tetanggaan sama Kudus. Monggo singgah ke Pati. Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga disempatkan mampir ke Pati ya mba. Aamin

      Hapus
  26. Wahhh,, asiikk jalan-jalan terus.. hehee

    BalasHapus
  27. Ish jadi mau jalan-jalan juga nih.. belitung salah satu tujuan traveling tahun ini.. semoga terwujud. Dan itu taman mexico unyu ya mba.. deket pula..
    cuzz ah ke bogor!

    BalasHapus
  28. Liat foto2 mbak alid,.kok rasanya 2018 aku pengen keliling indonesia ya. Amiin ya alloh, doakan ya mbak al.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin. Suatu saat nanti ya mba Tetty :)

      Hapus
  29. museum jenang kudus kok liat picnya berasa ada jenang di adonan itu hahaha. Sehat selalu biar tahun baru jalan jalannya makin banyak deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba. Itu seolah-olah lagi ngaduk jenang. Hehhehe. Aamin doanya. Terima kasih mba Gita. DOa yangs alma juga untuk mba Gita

      Hapus
  30. Wah,saya belum ada ide untuk menuliskan hal yang saya lakukan di tahun 2017. Hehehe. Biar bisa ditengok pas lupa nih ya mbak. Apalagi kalau jarang-jarang ke tempat yang kita kunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku sengaja nulis biar mengingat sih mba. Makasih ya

      Hapus
  31. Huwaaa asiknya. Aku tahun 2017 sedikit mengurangi traveling karena sedang latihan membangun finansial sejak baru menikah. Semoga tahun ini bisa sedikit jalan jalan yang dekat dekat dulu. Doakan ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masing-masing ada kebutuhan tersendiri ya mbaa

      Hapus
  32. Wah asyiiiiik bisa banyak jalan-jalan ya Mba... :) Mudah2an tahun ini saya juga banyak jalan-jalan ah..Aamiin Allohumma Aamiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba. Bismilah ya semoga dimudahkan ya mbaa

      Hapus
  33. Saya tahun ini cuma ke rumah mertua di tangerang sama ke makassar dalam rangka dinas kantor. Pengennya sih nanti bisa jalan-jalan ke pulau jawa sama keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pengen ke Makassar nih mba. Aamin moga bisa terwujud ya mbaa

      Hapus
  34. Duh senangnya ya mbak bisa jalan2, gratis pulak. Kapan ya saya. Dan suani bisa ngerasain juga. Keren2 ya mbak wisatanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ini tak terduga nih mbaa

      Hapus
  35. Wah pengen coba juga deh jalan-jalan di Ambon. Terakhir ke Ambon tahun 1987. Lama banget yaa.. xixixi lagipula saat itu mampir ke Ambon karena pulang dari Papua naik kapal laut.

    Doain ada rejekinya yaa.. sambil menunggu rejeki, kayaknya boleh juga tuh nyobain taman meksiko di Bogor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin. Terima kasih ya mba. SMoga mba juga berkesempatan ya :)

      Hapus
  36. Waah, lain waktu ke Jogja yang daerah-daerah pinggir ya, Mbak, seperti Sleman, Gunung Kidul, Bantul, atau Kulon Progo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen mas. Aku sempat ke perbatasan Jogja dan Bantul. Tapi blm sempat berpetualang lebih

      Hapus
  37. Wohoo keren sangat liburan tahun 2017-mu, Kanda... Aku mupeng banget ke Ambon sama Belitung, semoga tahun ini bisa kesampaian, doakan ya ummi,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin, mba SHine. Aku malah pengen ke Malang tapi belum terwujud nih

      Hapus
  38. Seru banget jalan-jalanya mba Lida. Aku jadi mau deh. Kadang hal yang tak terencana malah menjadi rejeki kita ya, kayak jalan-jalan gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba. Kalau direncanakan terkadang kuatir nggak bisa

      Hapus
  39. dihh mba Lid udah sampe mana-mana, pas ke Kudus nggak mampir ke Kendal sih mba.
    kan bisa ketemuan hehehhe ... sukses terus perjalanannya ya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa iya bolak baik Kudus tapi lebih banyak di mertua, mbaa

      Hapus
  40. Bahagianya harus di ikuti nih karena bisa gembira lihatnya. Semoga sehat terus dan bisa berbagi cerita bahagia

    BalasHapus
  41. Keren banget mbak. 2017 kmrn susah buat aku dan keluarga jalan2, paling banter ke Bekasi wkwkwkw. Moga2 2018 ini lbh bisa sering2 traveling. Pengen menuhin blog juga dengan cerita jalan2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Yang dibagi yang abek baek aja deh :p

      Hapus
  42. Wuih, kerennya jalan-jalan sepanjang tahun dan sebagiannya hasil menang lomba. Mantap! Salut! Tahniah! Aku nggak banyak jalan-jalan tahun lalu. Tapi kalau hore-hore ke kota-kota sekitar ikut dihitung sebagai traveling, bolehlah dibilang banyak hahaha.

    Well, yang jelas 2018 ini harus lebih baik dari 2-17. Amin.

    BalasHapus
  43. Seru banget ya, selama tahun 2017 banyak tempat yang dikunjungi :D Kalau saya malah stay di rumah ngurusin penerbitan dan Michan yang masih kecil :D Semoga bisa travelling kayak Mbak ya di tahun ini, hehe :D

    BalasHapus
  44. Senangnya, MBak.. :) Kalau saya paling cuma pulang kampung ke Malang, Mbak pas lebaran..hehe.

    BalasHapus
  45. Kak Alidaaaaa... Saya pengen keluar Jawa, ke Kalimantan, Sulawesi, Papua hehehe. Saya masih berkutat di Jawa Sumatra aja Kak. Semoga kesampaian yaa

    BalasHapus
  46. Waaa mantep Mba Al, banyak jalan2nya. Awal tahun aja udah ke Ambon. Enak banget Mba ke Jogjanya karena dapet hadiah. Pas ke Belitung, Mas Gaffar nya ikut juga ya. Moga tahun ini makin banyak ngayapnya, Mba Al. Syukur2 bisa ngayap bareng, haha...

    BalasHapus
  47. Tahun 2017 sepertinya saya gak banyak jalan-jalan, Mbak. Padahal udah pengen banget ngacir kemana gitu :D

    BalasHapus
  48. traveling di tahun 2017 nya seruu semuaa mbak , apalagi itu yg di kota ambon bikin aku kepengenn pake bangett . jadi pengen ngetripp bareng sama mbak al..

    BalasHapus
  49. Jadi makin oke nih mbak, mengatur keuangan keluarha dengan maksimal. Kalau saya pribadi sih, dana buat traveling masih belum terisi. Semiga ada rejeki laen. Amin...

    BalasHapus
  50. wah ada ya museum jenang kudus... haha jd pengen :)

    BalasHapus
  51. Wah keren mba tulisannya, bisa merekam perjalanan setahun. Btw aku sering ke Kudus kok belum pernah ke museum jenang ya

    BalasHapus
  52. Setiap lihat foto teman-teman yang jalan ke Ambon, langit dan awannya kelihatan bersiiiih banget :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
  53. Nasi Jamblang favorit aku mba hehehe. Enak banget dan beda. Aku jadi pengen tulis juga nih mba, kegiatan tahun lalu. Cuma masih bigung, mulai darimana dan cerita apa.

    BalasHapus

[name=Rach Alida Bahaweres] [img=https://2.bp.blogspot.com/-nU7vyrF6_rE/WWw9fpyD9kI/AAAAAAAADWA/7zfkXenvrN8MH6Q4lAACPTciMJaet1lGACLcBGAs/w345-h245-c/Alida.png] [description= Saya Alida. Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com] (facebook=https://www.facebook.com/rach.bahaweres) (twitter=https://twitter.com/lidbahaweres) (instagram=https://www.instagram.com/lidbahaweres)

Follow @lidbahaweres