Jumat, Februari 17, 2017

Datang ke Ambon, Jangan Lupa Mampir ke Gong Perdamaian

Ketika saya mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Ambon pada awal bulan Februari 2017, saya sudah mengagendakan untuk mampir ke Gong Perdamaian. Sebelumnya, dua kali datang ke Ambon, saya melewatkan rencana mampir ke Gong Perdamaian. Sebelumnya, tahun 2010 saya datang ke Gong Perdamaian, Ambon. Gong Perdamaian ini terletak di Taman Pelita, Ambon. 

Saat kedatangan saya Februari 2017, saya datang diantar Amy At (Adiknya papa). Kebetulan, Amy At yang menemani saya selama berkeliling kota Ambon. “Chici pengen kemana?,” katanya. “Antar ke Gong Perdamaian ya,” kata saya ke Amy At. Dengan menggunakan sepeda motor kesayangannya, kami pun meluncur. Motor diparkir di Lapangan Merdeka, Ambon. Lapangan Merdeka posisinya berseberangan dengan Gong Perdamaian. Pas waktu itu saya ke Lapangan Merdeka, saya lihat kondisi lapangannya semakin baik ya. Panggungnya juga lebih megah dan ada ukiran khas Ambon. Selain itu ada tulisan Ambon Manis di pinggir lapangan. Lapangan Merdeka merupakan lapangan terbesar di kota Ambon dan menjadi tempat beraneka kegiatan yang melibatkan masyarakat.

Ciee yang jalan sendirian :)
Setelah puas-puas melihat-lihat lapangan Merdeka, saya dan Amy At menyebrang ke Gong Perdamaian. Untuk biaya masuk Gong Perdamaian cukup terjangkau yakni Rp 5000. Cuaca kala itu panas menyengat. Untung saya membawa kacamata minus hitam sehingga agak membantu saya untuk melihat. Kondisi Gong Perdamaian maish sama seperti pertama saya datang di tahun 2010. Bangunannya masih terawat dan megah.

Gong Perdamaian Dunia (GDP) ditetapkan oleh Masyarakat Internasional menjadi salah satu sarana persaudaraan dan pemersatu umat manusia. Gong Perdamaian ini bukan berarti tanpa arti. Setiap hiasan dan lambang memiliki makna. Pada lingkaran luar menampilkan bendera seluruh negara merdeka yang ada di dunia. Bendera seluruh negara itu berwarna-warni dan tertata rapi mengintar bagian luar gong. Pada lingkaran tengah terdapat tulisan ‘World Peace Gong’ ada gambar bunga serta tulisan dalam bahasa Indonesia ‘Gong Perdamaian Dunia’. Tulisan dan bunga merupakan peneguhan jatidiri Gong Perdamaian. Penggunaan bahasa Indonesia ini menegaskan sarana agung ini berasal dari Indonesia. Sedangkan bunga merupakan lambang keindahan, kebahagiaan serta perdamaian. Posisi bunga terdapat di samping kiri dan kanan sebagia simbol keseimbangan.
 
Simbol negara di Gong Perdamaian, Gambarnya agak memudar ya?
Pada lingkaran dalam menampilkan 10 simbol agama yang dianut mayoritas dunia yakni Islam, Hindu, Kristen, Yahudi, Budha, Tao, Sigkh, Shinto, Khonghucu. Di luar agama itu masih ada agama-ama atau sekte yang dianut namun tidak dimasukkan karena pertimbangan teknis. Nah, di lingkaran puncak menampilkan Bola Dunia, Planet Bumi atau Globe.Planet Bumi merupakan representasi semua manusia hidup dan berpijak di Planet Bumi. Seluruh manusia merupakan satu keluarga yang harus hidup berdampingan. Oh ya, tak hanya di Ambon saja terdapat Gong Perdamaian karena ada beberapa daerah di Indonesia yang juga memiliki Gong Perdamaian. Di Dunia juga terdapat beberapa Gong Perdamaian.
 
Penampakan Gong Perdamaian yang rapi ya
Setelah sesi melihat-lihat Gong Perdamaian, kini saatnya sesi foto-foto. Saya bilang ke Amy At,” Amy, tolong fotoin ya,”. Setelah saya selesai di foto #eaaa, saya menawarkan ke Amy At. “Amy At mau di foto?,”. Tawaran saya langsung disetujui Amy At. “Mau dong, Chi. Ami At belum pernah ada foto di Gong Perdamaian”. Hhahahaa ... asli saya ngakak, tinggal di Ambon tapi belum ada sayang banget nggak ada foto di Gong Perdamaian. Maap ya, Amy At ...
 
Amy At akhirnya punya foto di Gong Perdamaian 
Oh ya, Gong Perdamaian juga memiliki ruang perpustakaan yang terletak di bagian bawah Gong Perdamaian. Hanya saja pas saya datang, perpustakaan bagian bawa itu proses merapikan. Tapi saat saya tanya ke petugas, teryata isinya masih sama seperti saya kunjungan tahun 2010 yakni salah satunya berisi foto-foto pembangunan Gong Perdamaian dan terkait kegiatan kenegaraan Kepala Negara saat berkunjung di Ambon.


Setelah lebih dari setengah jam mengelilingi Gong Perdamaian, kami pun pulang. Teman, kalau ke Ambon, jangan lupa ya mampir ke Gong Perdamaian. Karena kita bisa belajar sejarah perdamaian melalui Gong Perdamaian. 
Cihuy 

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

82 komentar:

  1. Yaampun mb asli deh dikau ngepas ngepasin paragraf ama fotonya cakep bener, iiii bener2 template yg enak di mata
    Dan aku baru ngeh itu pola di gongnya ternyata bendera bendera negara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak pujiannyaaa ...
      Ketjup ketjup ... :)

      Hapus
  2. saya juga pengen mampir ke gong perdamaian dunia ini... tapi belum keturutan... seru ya sepertinya... keren keren..

    BalasHapus
  3. Wuih keren banget ini mah. Walau panas tetap semangat ya. Sendirian mba ke Ambonnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sendirian terus jalan jalannya nih mba. Hahahaha. Kapan kapan maunya ama mba Nita yaa.

      Hapus
  4. Gong Perdamaian jadi tempat wisata yang unik. Gongnya gedhe ya.

    BalasHapus
  5. Menginspirasi sekali sejarah terbentuknya gong perdamaian ini. Saya baru tau loh ini.. tfs mba Lida..

    BalasHapus
  6. tahun berapa nih ada Gong Perdamaian, tamannya juga bagus keliatannya
    aku ketinggalan berita ya
    baru tahu dari sini, thanks ya mbak Lid

    BalasHapus
  7. Wajib ke sini nih nanti kalo berkunjung ke Ambon :)

    BalasHapus
  8. Pingiiin ke Ambooon.. Mesti ke gong ini kalo ke sana ya mba.. Aamiiin :D Lucu bgt om-nya Mba Alida, sampe belum pernah foto sama gong itu.. Haha.. Keren mba foto2nya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa om aku itu lucu mbaa. Hehehe. Alhamdulillah kalau suka fotonya :)

      Hapus
  9. Weeeh keren ya, semoga bisa ke Ambon dan mampir ke Gong Perdamaian ya.

    BalasHapus
  10. Backpaker butuh biaya berapaan mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Tati. Aku belum pernah backpackers ke Ambon. Tapi kalau mau biaya murah yang paling penting pesan tiket pas lagi promo mba. Karena kalau ngga, untuk tiket saja bisa hampir 3 juta

      Hapus
  11. Sio kaka pung gaya paling kaco ee..😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛

    BalasHapus
  12. wang gong nya bagus ada gambar bendera-bendera, lum pernah kefikiran buat mengunjungi ambon si akunya, sepertinya mulai di masukkan list nih, meski entah kapan bisa kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga suatu saat bisa ke Ambon ya. Hehhee

      Hapus
  13. Saya pernah tinggal di Ambon, tahun 1997-1998. Belum pernah lihat gong ini, hihihi ya emang belum ada dulu~ hihiihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah baru tahu kalau mba Andy pernah tinggal di Ambon. Hihihi . Iya belum ada waku itu mba :)

      Hapus
  14. bisa jadi next destination nih :D

    BalasHapus
  15. Aku turunan Ambon, tapi sekali pun dari lahir gak pernah main kesana. Setelah baca postingan Kakak kok rasanya jadi mau kesana yah hihi..

    All the love, Eiren. xx
    http://pastelavenue.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk kapan-kapan main ke Ambon ya :)

      Hapus
  16. Kalo bawa anak-anak ke sini bisa-bisa dipukulin deh gongnya. Seru denger suara gong. Gede banget pula tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhehehe. Anak anak bakalan suka banget

      Hapus
  17. Eh, biasanya memang kalo tinggal di daerah itu, gak kepikiran buat foto2 di situ Mbak ... saya juga begitu hahaha

    Jangankan foto2, makan2 saja, masih ada makanan khas yang sudah terkenal ke seluruh Indonsia yang belum perah saya coba. Lha gak berminat sama sekali soalnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAhhaa. Kalau om aku itu padahal suka foto mba Niar. Hihihi

      Hapus
  18. wah baru tahu saya mbak. selain di Ambon, di mana lagi mbak ada gong perdamaian ini?

    BalasHapus
  19. Semoga suatu saat diberi kesempatan liburan mebgasyikkan seperti ini

    BalasHapus
  20. Duh seneng banget kalau liat orang jalan2... saya lagi butuh piknik nih jadi pengen juga ke sini hehe..

    BalasHapus
  21. Wah mantap nii mbak di ambon ya?? Saya blm pernah kesana.. Tp insyaalh kalau main kesana tar coba ke tempat ini.. Terimakasih informasinya ya mbak 😊😘
    Salam kenal mbak jangan lp folbek balik g+ ya hehehe

    BalasHapus
  22. Kreatif bgt sih bendera2 di gong gitu

    BalasHapus
  23. cakep banget mba, berasa ada dimana gt ya, hehe...

    Aih, aku nunggu oleh2nya ga pernah kebagian ni -_-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mba Shine. Hayuuk kapan ya ketemuan :p

      Hapus
  24. Wihii pas banget langitnya bagusbya mba. Kontras sama ornameb gongnya. Dan gongnya ikonik banget.. mudah2an suatu kali bisa mampir ke sana. Amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYaa pas banget mba. Aamin. Semoga bisa mampir yaaa

      Hapus
  25. Ihik ihik aku datang ke ambon malah ngak turun dari mobil, malah duduk2 di mobil, sedangkan yg lain ikutan turun foto2

    BalasHapus
  26. Ambon...maniise :) wah mba jalan ksana ..
    Aku kirain gong ini ada dmn.. Ternyata Indonesia ya mbaaa
    Seru mba. Kadang gitu ya mba, yg dekeut malah ngga punya fotonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya bener juga. Anggap enteng sih ya :p

      Hapus
  27. kota Ambon itu serem gak sih mbak? eh bukan serem deh tapi rawan gak sih ??
    sisi keliling gong nya yang penuh dengan bendera negara-negara lain kalo dari jauh gak terlihat ya mbak , kirain saya tadi sekilas hanya motif saja . ternyata wow bagus banget ya mbak.. jd pengen ke ambon .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak lah. Aman damai sendtosa di kota Ambon :p

      Hapus
  28. Gongnya gede bangeet..eh, itu boleh dipukul sampai bunyi, gak, Mbak Alida?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak mba. CUma buat dipajang doang :p

      Hapus
  29. Hari ini udah 2x baca postingan tentang Ambon. Jadi makin pengen kesana aaak

    BalasHapus
  30. wah ini bisa jadi salah satu tempat ikonik ya di kota Ambon... kulineran juga jangan lupa hehe

    BalasHapus
  31. mb lid emang pandai ambil foto jadi syantiek bgt kek yg motonya 😍😍
    beta bole lah ajak kesanakakah 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih teteh Bella bikin aku jadi malu :p

      Hapus
  32. Moga bisa ke Ambon liat gong :D
    Btw di Bali jg ada ya kalau gak salah, gong perdamaian jg?

    BalasHapus
  33. Walaupun udah agak p[udar tapi masih cakep ya mak Gongnya.. Tempat sekitarnya pun masih keliatan bersih dan terawat sekali ya..

    BalasHapus
  34. Baru denger aku mba mengenai gong perdamaian. Selain ambon, ada dimana lagi mba di indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di Bali, Poso dan di lain tempat juga mba

      Hapus
  35. Luar biasa nih jalan jalannya sampai ke Ambon.
    Terimakasih wawasan saya jadi nambah khususnya tentang gong perdamaian ini. Padahal saya mah gak mungkin bisa melancong ke sana hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Teteh. Teteh mah bisa, buktinya bisa sampai ke luar negeri :)

      Hapus
  36. wih ada perpust nya juga mb? penasarannn. Smg kl ke Ambon next, bs mampir ksini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. DI bagian bawahnya ada perpusnya mba. Yuk mampir

      Hapus
  37. wah baru tau kalau di Ambon juga ada gong perdamaian, heheh kirain cuman ada di Bali thanks for share ya mba :)

    BalasHapus
  38. Temen saya tinggal di Ambon mba tepatnya di pulau Buru dia banyak cerita tentang indahnya pantai disana..
    .
    Ehh tapi itu gongnya gedeee banget ya 😂😂.

    BalasHapus
  39. biasanya memang gitu mbak. tinggal di suatu kota tapi malah belum pernah foto2 di depan icon kota tsb...

    BalasHapus