Datang ke Ambon, Jangan Lupa Mampir ke Gong Perdamaian

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Datang ke Ambon, Jangan Lupa Mampir ke Gong Perdamaian

Ketika saya mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Ambon pada awal bulan Februari 2017, saya sudah mengagendakan untuk mampir ke Gong Perdamaian. Sebelumnya, dua kali datang ke Ambon, saya melewatkan rencana mampir ke Gong Perdamaian. Sebelumnya, tahun 2010 saya datang ke Gong Perdamaian, Ambon. Gong Perdamaian ini terletak di Taman Pelita, Ambon. 

Saat kedatangan saya Februari 2017, saya datang diantar Amy At (Adiknya papa). Kebetulan, Amy At yang menemani saya selama berkeliling kota Ambon. “Chici pengen kemana?,” katanya. “Antar ke Gong Perdamaian ya,” kata saya ke Amy At. Dengan menggunakan sepeda motor kesayangannya, kami pun meluncur. Motor diparkir di Lapangan Merdeka, Ambon. Lapangan Merdeka posisinya berseberangan dengan Gong Perdamaian. Pas waktu itu saya ke Lapangan Merdeka, saya lihat kondisi lapangannya semakin baik ya. Panggungnya juga lebih megah dan ada ukiran khas Ambon. Selain itu ada tulisan Ambon Manis di pinggir lapangan. Lapangan Merdeka merupakan lapangan terbesar di kota Ambon dan menjadi tempat beraneka kegiatan yang melibatkan masyarakat.

Ciee yang jalan sendirian :)
Setelah puas-puas melihat-lihat lapangan Merdeka, saya dan Amy At menyebrang ke Gong Perdamaian. Untuk biaya masuk Gong Perdamaian cukup terjangkau yakni Rp 5000. Cuaca kala itu panas menyengat. Untung saya membawa kacamata minus hitam sehingga agak membantu saya untuk melihat. Kondisi Gong Perdamaian maish sama seperti pertama saya datang di tahun 2010. Bangunannya masih terawat dan megah.

Gong Perdamaian Dunia (GDP) ditetapkan oleh Masyarakat Internasional menjadi salah satu sarana persaudaraan dan pemersatu umat manusia. Gong Perdamaian ini bukan berarti tanpa arti. Setiap hiasan dan lambang memiliki makna. Pada lingkaran luar menampilkan bendera seluruh negara merdeka yang ada di dunia. Bendera seluruh negara itu berwarna-warni dan tertata rapi mengintar bagian luar gong. Pada lingkaran tengah terdapat tulisan ‘World Peace Gong’ ada gambar bunga serta tulisan dalam bahasa Indonesia ‘Gong Perdamaian Dunia’. Tulisan dan bunga merupakan peneguhan jatidiri Gong Perdamaian. Penggunaan bahasa Indonesia ini menegaskan sarana agung ini berasal dari Indonesia. Sedangkan bunga merupakan lambang keindahan, kebahagiaan serta perdamaian. Posisi bunga terdapat di samping kiri dan kanan sebagia simbol keseimbangan.
 
Simbol negara di Gong Perdamaian, Gambarnya agak memudar ya?
Pada lingkaran dalam menampilkan 10 simbol agama yang dianut mayoritas dunia yakni Islam, Hindu, Kristen, Yahudi, Budha, Tao, Sigkh, Shinto, Khonghucu. Di luar agama itu masih ada agama-ama atau sekte yang dianut namun tidak dimasukkan karena pertimbangan teknis. Nah, di lingkaran puncak menampilkan Bola Dunia, Planet Bumi atau Globe.Planet Bumi merupakan representasi semua manusia hidup dan berpijak di Planet Bumi. Seluruh manusia merupakan satu keluarga yang harus hidup berdampingan. Oh ya, tak hanya di Ambon saja terdapat Gong Perdamaian karena ada beberapa daerah di Indonesia yang juga memiliki Gong Perdamaian. Di Dunia juga terdapat beberapa Gong Perdamaian.
 
Penampakan Gong Perdamaian yang rapi ya
Setelah sesi melihat-lihat Gong Perdamaian, kini saatnya sesi foto-foto. Saya bilang ke Amy At,” Amy, tolong fotoin ya,”. Setelah saya selesai di foto #eaaa, saya menawarkan ke Amy At. “Amy At mau di foto?,”. Tawaran saya langsung disetujui Amy At. “Mau dong, Chi. Ami At belum pernah ada foto di Gong Perdamaian”. Hhahahaa ... asli saya ngakak, tinggal di Ambon tapi belum ada sayang banget nggak ada foto di Gong Perdamaian. Maap ya, Amy At ...
 
Amy At akhirnya punya foto di Gong Perdamaian 
Oh ya, Gong Perdamaian juga memiliki ruang perpustakaan yang terletak di bagian bawah Gong Perdamaian. Hanya saja pas saya datang, perpustakaan bagian bawa itu proses merapikan. Tapi saat saya tanya ke petugas, teryata isinya masih sama seperti saya kunjungan tahun 2010 yakni salah satunya berisi foto-foto pembangunan Gong Perdamaian dan terkait kegiatan kenegaraan Kepala Negara saat berkunjung di Ambon.


Setelah lebih dari setengah jam mengelilingi Gong Perdamaian, kami pun pulang. Teman, kalau ke Ambon, jangan lupa ya mampir ke Gong Perdamaian. Karena kita bisa belajar sejarah perdamaian melalui Gong Perdamaian. 
Cihuy 

80 comments

Avatar
Gustyanita Pratiwi Feb 17, 2017, 9:45:00 AM

Yaampun mb asli deh dikau ngepas ngepasin paragraf ama fotonya cakep bener, iiii bener2 template yg enak di mata
Dan aku baru ngeh itu pola di gongnya ternyata bendera bendera negara

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 17, 2017, 7:14:00 PM

Makasih banyak pujiannyaaa ...
Ketjup ketjup ... :)

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Feb 17, 2017, 10:56:00 AM

Wuih keren banget ini mah. Walau panas tetap semangat ya. Sendirian mba ke Ambonnya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 17, 2017, 7:06:00 PM

Iyaa sendirian terus jalan jalannya nih mba. Hahahaha. Kapan kapan maunya ama mba Nita yaa.

Reply Delete
Avatar
Nur Rochma Feb 17, 2017, 11:31:00 AM

Gong Perdamaian jadi tempat wisata yang unik. Gongnya gedhe ya.

Reply Delete
Avatar
Susan Feb 17, 2017, 11:50:00 AM

Menginspirasi sekali sejarah terbentuknya gong perdamaian ini. Saya baru tau loh ini.. tfs mba Lida..

Reply Delete
Avatar
monda Feb 17, 2017, 12:03:00 PM

tahun berapa nih ada Gong Perdamaian, tamannya juga bagus keliatannya
aku ketinggalan berita ya
baru tahu dari sini, thanks ya mbak Lid

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya Feb 17, 2017, 1:12:00 PM

Wajib ke sini nih nanti kalo berkunjung ke Ambon :)

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari Feb 17, 2017, 5:36:00 PM

Pingiiin ke Ambooon.. Mesti ke gong ini kalo ke sana ya mba.. Aamiiin :D Lucu bgt om-nya Mba Alida, sampe belum pernah foto sama gong itu.. Haha.. Keren mba foto2nya.. :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 17, 2017, 7:09:00 PM

Iyaa om aku itu lucu mbaa. Hehehe. Alhamdulillah kalau suka fotonya :)

Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi Feb 17, 2017, 6:53:00 PM

Weeeh keren ya, semoga bisa ke Ambon dan mampir ke Gong Perdamaian ya.

Reply Delete
Avatar
Tati Suherman Feb 17, 2017, 7:27:00 PM

Backpaker butuh biaya berapaan mba

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 17, 2017, 7:30:00 PM

Hai mba Tati. Aku belum pernah backpackers ke Ambon. Tapi kalau mau biaya murah yang paling penting pesan tiket pas lagi promo mba. Karena kalau ngga, untuk tiket saja bisa hampir 3 juta

Reply Delete
Avatar
Amanda Ratih Feb 17, 2017, 8:56:00 PM

Sio kaka pung gaya paling kaco ee..😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛😛

Reply Delete
Avatar
Mara Solehah Feb 17, 2017, 9:18:00 PM

wang gong nya bagus ada gambar bendera-bendera, lum pernah kefikiran buat mengunjungi ambon si akunya, sepertinya mulai di masukkan list nih, meski entah kapan bisa kesana :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 19, 2017, 7:16:00 AM

Smoga suatu saat bisa ke Ambon ya. Hehhee

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti Feb 17, 2017, 10:40:00 PM

Saya pernah tinggal di Ambon, tahun 1997-1998. Belum pernah lihat gong ini, hihihi ya emang belum ada dulu~ hihiihih

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 19, 2017, 7:21:00 AM

Wah baru tahu kalau mba Andy pernah tinggal di Ambon. Hihihi . Iya belum ada waku itu mba :)

Reply Delete
Avatar
Eiren Nathasya Feb 18, 2017, 1:52:00 AM

Aku turunan Ambon, tapi sekali pun dari lahir gak pernah main kesana. Setelah baca postingan Kakak kok rasanya jadi mau kesana yah hihi..

All the love, Eiren. xx
http://pastelavenue.blogspot.com/

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 19, 2017, 7:21:00 AM

Hayuuk kapan-kapan main ke Ambon ya :)

Reply Delete
Avatar
Risalah Husna Feb 18, 2017, 1:24:00 PM

Kalo bawa anak-anak ke sini bisa-bisa dipukulin deh gongnya. Seru denger suara gong. Gede banget pula tuh.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 19, 2017, 7:21:00 AM

Hhehehe. Anak anak bakalan suka banget

Reply Delete
Avatar
Mugniar Feb 18, 2017, 2:35:00 PM

Eh, biasanya memang kalo tinggal di daerah itu, gak kepikiran buat foto2 di situ Mbak ... saya juga begitu hahaha

Jangankan foto2, makan2 saja, masih ada makanan khas yang sudah terkenal ke seluruh Indonsia yang belum perah saya coba. Lha gak berminat sama sekali soalnya :))

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 19, 2017, 7:22:00 AM

HAhhaa. Kalau om aku itu padahal suka foto mba Niar. Hihihi

Reply Delete
Avatar
damarojat Feb 18, 2017, 8:49:00 PM

wah baru tahu saya mbak. selain di Ambon, di mana lagi mbak ada gong perdamaian ini?

Reply Delete
Avatar
Mas Huda Feb 18, 2017, 10:40:00 PM

Semoga suatu saat diberi kesempatan liburan mebgasyikkan seperti ini

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah Feb 19, 2017, 3:59:00 AM

Duh seneng banget kalau liat orang jalan2... saya lagi butuh piknik nih jadi pengen juga ke sini hehe..

Reply Delete
Avatar
Vika Hamidah Feb 19, 2017, 9:16:00 AM

Wah mantap nii mbak di ambon ya?? Saya blm pernah kesana.. Tp insyaalh kalau main kesana tar coba ke tempat ini.. Terimakasih informasinya ya mbak 😊😘
Salam kenal mbak jangan lp folbek balik g+ ya hehehe

Reply Delete
Avatar
Shine Fikri Feb 19, 2017, 6:58:00 PM

cakep banget mba, berasa ada dimana gt ya, hehe...

Aih, aku nunggu oleh2nya ga pernah kebagian ni -_-"

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 23, 2017, 2:02:00 PM

Hallo mba Shine. Hayuuk kapan ya ketemuan :p

Reply Delete
Avatar
ira duniabiza Feb 20, 2017, 12:52:00 AM

Wihii pas banget langitnya bagusbya mba. Kontras sama ornameb gongnya. Dan gongnya ikonik banget.. mudah2an suatu kali bisa mampir ke sana. Amin..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 23, 2017, 2:02:00 PM

IYaa pas banget mba. Aamin. Semoga bisa mampir yaaa

Reply Delete
Avatar
Cumilebay MazToro Feb 20, 2017, 10:00:00 AM

Ihik ihik aku datang ke ambon malah ngak turun dari mobil, malah duduk2 di mobil, sedangkan yg lain ikutan turun foto2

Reply Delete
Avatar
SUCIATI CRISTINA Feb 20, 2017, 2:19:00 PM

Ambon...maniise :) wah mba jalan ksana ..
Aku kirain gong ini ada dmn.. Ternyata Indonesia ya mbaaa
Seru mba. Kadang gitu ya mba, yg dekeut malah ngga punya fotonya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 23, 2017, 2:02:00 PM

Haha iya bener juga. Anggap enteng sih ya :p

Reply Delete
Avatar
endah marina Feb 20, 2017, 2:27:00 PM

kota Ambon itu serem gak sih mbak? eh bukan serem deh tapi rawan gak sih ??
sisi keliling gong nya yang penuh dengan bendera negara-negara lain kalo dari jauh gak terlihat ya mbak , kirain saya tadi sekilas hanya motif saja . ternyata wow bagus banget ya mbak.. jd pengen ke ambon .

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 23, 2017, 2:03:00 PM

Nggak lah. Aman damai sendtosa di kota Ambon :p

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani Feb 20, 2017, 5:39:00 PM

Gongnya gede bangeet..eh, itu boleh dipukul sampai bunyi, gak, Mbak Alida?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 23, 2017, 2:03:00 PM

Nggak mba. CUma buat dipajang doang :p

Reply Delete
Avatar
Neisia Larasati Feb 20, 2017, 6:50:00 PM

Hari ini udah 2x baca postingan tentang Ambon. Jadi makin pengen kesana aaak

Reply Delete
Avatar
Deddy Huang Feb 20, 2017, 7:12:00 PM

wah ini bisa jadi salah satu tempat ikonik ya di kota Ambon... kulineran juga jangan lupa hehe

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Feb 20, 2017, 7:40:00 PM

mb lid emang pandai ambil foto jadi syantiek bgt kek yg motonya 😍😍
beta bole lah ajak kesanakakah 😂

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 23, 2017, 2:03:00 PM

Aih teteh Bella bikin aku jadi malu :p

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Feb 20, 2017, 8:26:00 PM

Moga bisa ke Ambon liat gong :D
Btw di Bali jg ada ya kalau gak salah, gong perdamaian jg?

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian Feb 21, 2017, 9:47:00 AM

Walaupun udah agak p[udar tapi masih cakep ya mak Gongnya.. Tempat sekitarnya pun masih keliatan bersih dan terawat sekali ya..

Reply Delete
Avatar
Wian Feb 21, 2017, 5:56:00 PM

Baru denger aku mba mengenai gong perdamaian. Selain ambon, ada dimana lagi mba di indonesia?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 23, 2017, 2:05:00 PM

Ada di Bali, Poso dan di lain tempat juga mba

Reply Delete
Avatar
Okti Li Feb 21, 2017, 8:31:00 PM

Luar biasa nih jalan jalannya sampai ke Ambon.
Terimakasih wawasan saya jadi nambah khususnya tentang gong perdamaian ini. Padahal saya mah gak mungkin bisa melancong ke sana hehehe...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 23, 2017, 2:05:00 PM

Alhamdulillah Teteh. Teteh mah bisa, buktinya bisa sampai ke luar negeri :)

Reply Delete
Avatar
Prita Hw Feb 21, 2017, 10:56:00 PM

wih ada perpust nya juga mb? penasarannn. Smg kl ke Ambon next, bs mampir ksini :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 23, 2017, 2:06:00 PM

DI bagian bawahnya ada perpusnya mba. Yuk mampir

Reply Delete
Avatar
Sashy Feb 23, 2017, 11:12:00 AM

wah baru tau kalau di Ambon juga ada gong perdamaian, heheh kirain cuman ada di Bali thanks for share ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Mar 4, 2017, 4:04:00 PM

Temen saya tinggal di Ambon mba tepatnya di pulau Buru dia banyak cerita tentang indahnya pantai disana..
.
Ehh tapi itu gongnya gedeee banget ya 😂😂.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 5, 2017, 8:21:00 AM

Wah pulau Buru juga indah banget :)

Reply Delete
Avatar
Ria Tumimomor Mar 9, 2017, 1:23:00 PM

biasanya memang gitu mbak. tinggal di suatu kota tapi malah belum pernah foto2 di depan icon kota tsb...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 13, 2017, 12:09:00 PM

Hahhaa kayaknya emang bener mbaa:)

Reply Delete