Petualangan Kuliner Indonesia yang Menggugah Selera

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Petualangan Kuliner Indonesia yang Menggugah Selera

Salah satu kesukaan saya adalah travelling. Travelling membuat saya semakin bersyukur dan bangga terlahir dan besar di Indonesia. Saya berkeliling karena urusan pekerjaan, organisasi, mengajar, keluarga atau sekedar jalan-jalan saja. Saya bersyukur, mayoritas daerah pernah saya kunjungi, kecuali Kalimantan. Satu hal yang tak pernah saya lupa saat berkeliling adalah menciptakan aneka kuliner daerah yang saya kunjungi. Setiap daerah memiliki ciri khas kuliner yang berbeda-beda, unik dan rasanya tentu lezat.

Posisi Indonesia yang sangat strategis membuat Indonesia kaya akan hasil alam terutama bahan makanan. Dari segi agultural, kondisi Indonesia yang subur membuat Indonesia menjadi incaran. Hasil laut juga menjadi komoditas yang tinggi karena letak strategis yang membuat Indonesia kaya beragam jenis fauna dan flora. Kuliner yang kerap ditemui adalah perwujudan juliner tradisional yang digunakan sebagai gaya hidup sekaligus kebutuhan akan makanan, yakni wisata kuliner.


Kehadiran para pedagang Tiongkok maupun India hingga masuknya Islam ke Tanah Air yang kemudia membawa bahan makanan baru. India misalnya membawa bahan makan seperti bawang, ketumbar, jintan yang kemudian mendukung berkembangnya kari di Sumatera. Sementara orang-orang Tionghoa mempengaruhi cara pengolahan makanan seperti menggoreng cepat menggunakan wajan.

Seringkali, setiapkali akan berkunjung ke daerah saya selalu mencari informasi kuliner apa yang terkenal di daerah itu. Pencarian informasi kuliner saya lakukan melalui internet, seperti saat saya membuka website TelusuRI yang menampilkan banyak tulisan tentang keindahan Indonesia. Ingin tahu petualangan kuliner saya?

Pancake Durian Medan
Di pulau Sumatera, saya sudah merasakan kuliner Lampung, Aceh, Palembang, Aceh dan Medan. Satu kuliner yang paling berkesan bagi saya adalah pancake durian Medan. Saya adalah penggila durian, jadi saat berkunjung ke Medan saya tak pernah melewatkan mencicipi pancake Medan. Pertama kali saya mencicipi pancake Medan sekitar tahun 2009. Saat berkunjung ke Medan teman saya mengatakan, “Mba Alida harus coba pancake durian”. Dia memberikan saya satu buah. Rasanya? Lezat banget!. Daging durianya utuh. Kulit pancakenya tipis. Sungguh perpaduan yang tepat. Saya suka sekali!. 
Foto : Koleksi pribadi
Saya kemudian mendapat nomor telepon penjual pancake durian. Pancake durian beku kemudian dikirim ke bandara dan transaksi pun berlangsung di bandara. Untuk menghilangkan bau durian, pengemasan dibuat tertutup rapat sehingga tak tercium bau. Sayangnya pas mau naik pesawat, petugas bandara melarang kami membawa pancake durian karena semua makanan dilarang masuk pesawat. Saya sempat kuatir pancake yang dibawa itu akan rusak dan lumer karena dimasukkan ke bagasi. Tapi sampai di Jakarta, pancake durian masih utuh. Beberapa tahun berikutnya saat ke Medan saya pun memesan pancake durian di orang yang sama. Kini, pancake durian mudah ditemui di Jakarta.

Sroto Banyumas
Foto : Koleksi pribadi
Saat ke Banyumas, Jawa Tengah, jangan lewatkan mengkonsumsi sroto. Sroto merupakan makanan khas Banyumas yang terdiri dari tauge, irisan daging, soun, keripik. Semua bahan itu kemudian disusun di atas mangkok kecil dan disiram kuah bening. Oh ya, tambahkan sambal kacang yang menjadi ciri khas dari kuliner ini. Sroto nikmat dikonsumsi dalam keadaan panas. Sroto juga bisa dikonsumsi bersama ketupat atau nasi. Rasa sroto enak dan pas di lidah. Harga satu porsi sroto Banyumas sekitar Rp 13 ribu. Saya menikmati sroto ini saat berkunjung ke rumah adik ipar di Banyumas, Jawa Tengah. Sroto yang kami kunjungi posisinya berada di ujung gang dan susah di akses. Tapi jangan salah, banyak kendaraan yang parkir dan tempat duduk seringkali penuh.

Kupang Lontong Sidoarjo
Datang ke Sidoarjo, Jawa Timur, nikmatilah kelezatan kupang lontong. Kupang merupakan kerang kecil yang hidup di air asin. Kupang ini kemudian direbus dan kemudian disajikan dengan potongan lontong serta siraman kuah bening. Rasanya semakin lezat jika dimakan bersama sate kupang. Sebaiknya mengkonsumsi es degan untuk menetralisir kupang yang dikonsumsi. Saya biasanya membeli Kupang Lontong di Alun-alun kota Sidoarjo.
Foto : Koleksi pribadi

Soto Kudus dan Sate Kerbau
Setiapkali datang ke Kudus, Jawa Tengah, saya selalu membeli soto Kudus. Soto Kudus biasanya disajikan di mangkok kecil. Di dalam mangkok itu tersusun nasi, tauge, irisan daun bawang, irisan ayam. Rasannya sangat mengugah selera. Saya biasanya mengkonsumsi soto kudus bersama telur puyuh rebus. Oh ya, jika ke Kudus, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi sate kerbau. Sate kerbau ini merupakan makanan khas Kudus. Rasa dagingnya manis dan bumbunya juga khas. Sate Kudus warnanya hitam pekat, dagingnya agak keras dan berukuran besar. Hingga kini, saya sekeluarga memiliki langganan soto kudus dan sate kerbau yang terkenal enak. Hanya saja, langganan saya itu hanya buka di malam hari.  
Foto : Koleksi pribadi

Nasi Pulu Srikaya
Makanan ini bahan dasarnya adalah beras ketan. Di Ambon, ketan seringkali disebut pulu. Di daerah lain biasanya menemukan kue ketan srikaya yakni ketan yang diatasnya terdapat lapisan fla srikaya berwarna hijau. Tapi di Ambon, fla srikayanya tidak keras seperti kue ketan srikaya. Di Ambon, fla berwarna hijau ini bentuknya agak encer dan biasanya disiram di atas nasi ketan (nasi pulu). Saat datang ke Ambon, ini salah satu makan yang saya incar. Tiga hari di Ambon saya belum bisa mengkonsumsi makanan ini. Tapi pagi sebelum kembali ke Jakarta, adik papa datang membawa nasi pulu srikaya siram. Porsinya lumayan banyak sehingga saya harus berbagi dua dengan Papa. Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga makan nasi pulu srikaya. Hehehe ....  
Foto : Koleksi pribadi

Ikan Asar Jayapura
Sebetulnya, ikan asar tak hanya terdapat di Jayapura. Di Ambon, Maluku, pun banyak sekali yang menjual ikan asar. Nah, ikan asar yang saya beli di Jayapura ukurannya lebih besar dan harganya lebih murah. Sekitar tahun 2010 saat berkunjung ke Jayapura, ikan asar dijual di pasar oleh perempuan asli Jayapura. Harganya kala itu Rp 25 ribu. Ikan Asar ini adalah ikan yang di masak dengan cara diasapi. Ikan asar sangat nikmat dikonsumsi bersama nasi panas dan sambal colo-colo. Sambal colo-colo adalah sambal yang terdiri dari irisan bawang merah, cabai rawit dan jeruk nipis.
Foto : Koleksi pribadi

Enam kuliner dari enam daerah itu tentu hanya sebagian kecil kuliner Indonesia. Menikmati kuliner bisa dilakukan sendiri atau bersama keluarga atau sahabat. Hal yang sering saya lakukan ketika bepergian adalah membeli oleh-oleh berupa aneka kuliner sehingga dapat dinikmati bersama orang tersayang. Membeli oleh-oleh setelah menempuh perjalanan membuat keluarga ataupun sahabat yang tidak bepergian bersama kita, dapat merasakan petualangan kuliner.

Kini, petualangan kuliner Indonesia juga dapat ditemukan di Omiyago. Kata "Omiyago" berasal dari kata Jepang "omiyage" yang berarti souvenir atau oleh-oleh yang biasa diberikan kepada teman-teman, rekan kerja, dan keluarga setelah kembali dari perjalanan. Namun, makna dari kata "omiyage" di Jepang adalah lebih luas dari sekedar makanan. Saudara atau teman pasti akan senang jika mendapat kuliner khas Indonesia yang berasal dari Omiyago.

Omiyago.com merupakan sebuah platform Indonesia yang memudahkan akses ke makanan khas dan makanan ringan dari seluruh Indonesia. Harganya bervariasi sesuai dengan kuliner yang diinginkan.


Cara untuk mendapatkan kuliner Indonesia pun sangat mudah. Hanya dengan empat cara, kuliner khas Indonesia bisa anda peroleh.

Berbagai macam makanan dan makanan ringan di Indonesia tersaji di Omiyago. Omiyago dapat disajikan secara cepat dengan kualitas produk kuliner terbaik dari seluruh Indonesia serta dikemas dalam kotak yang dirancang unik. Omiyago ingin memberikan pengalaman yang berbeda sehingga konsumen dapat menawarkan souvenir kepada rekan atau keluarga dengan mudah dan cepat. 

Oh ya, saya ingin bertanya. Kuliner daerah apa yang paling teman-teman gemari? Mengapa kuliner itu menjadi kegemaran teman? Yuk berbagi di kolom komentar. Terima kasih 





78 comments

Avatar
Liswanti Pertiwi Feb 24, 2017, 7:34:00 PM

Mba Pancake durian itu bikin ngiler aja, kapan neh ngajak kulinerannya mba hehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 25, 2017, 1:05:00 PM

Iyaa enak ya pancakenya. Hihihi. Yuk semoga kapan kapan bisa yaa :)

Reply Delete
Avatar
monda Feb 24, 2017, 8:43:00 PM

wah.. wah... eanak2 semuanya nih..
ikan asar Jayapura tuh pengen coba, apa mirip rasanya dengan ikan sale dari kampungku, biasanya digulai

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 25, 2017, 1:06:00 PM

Nah aku belum pernah coba yang ikan sale. Wah jadi pengen

Reply Delete
Avatar
Ade anita Feb 24, 2017, 9:35:00 PM

Aku tetep suka kuliner Palembang, Padang atau Medan. Tapi, belakangan mulai suka kuliner makasar.. Enak enak baik makanan besarnya yang serba ikan maupun cemilannya yang bervariasi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 25, 2017, 1:09:00 PM

Iyaa kuliner Makassar juga enak-enak mbaa Ade ;)

Reply Delete
Avatar
Syarifani Feb 25, 2017, 7:12:00 AM

Kadang suka kangen masakan khas daerah tertentu, untung sekarang ada Omiyago ya..Penasaran sama rasa nasi pulu srikaya, sroto banyumas, ikan asar Jayapura. Yang pernah saya rasain selai srikaya yang wenakk.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 25, 2017, 1:09:00 PM

Mmmhh ... kebayang kan lezatnya mba :)

Reply Delete
Avatar
Vika Hamidah Feb 25, 2017, 10:29:00 AM

Mbak tetap yang paling saya suka pancake durian.. Yang lain engak hehhehee
Makasi infonya mbak 😊

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 25, 2017, 1:10:00 PM

Nanti dicoba yaaa yang lainnya Hehhehe

Reply Delete
Avatar
indri Feb 25, 2017, 11:19:00 AM

nasi srikaya nya lucu, penasaran gimana rasanya ya..

Reply Delete
Avatar
Penjaja Kata Feb 25, 2017, 1:07:00 PM

Pernah nyobain soto Kudus di Bandung, enak sih tapi kayak soto biasa aja. Tapi masih penasaran sama yang asli made in Kudus, siapa . Kayaknya saya harus segera mampir ke Kudus ya, mbak. Siapa tahu menemukan nuansa yang berbeda. :D

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi Feb 25, 2017, 1:51:00 PM

Mb fotonya kurang gede #sekedar saran
Pengen pancake ama sroto

Reply Delete
Avatar
Azzura Lhi Feb 25, 2017, 2:13:00 PM

Semuanya bikin ngiler tuh mbaaa.. Hihhi

Reply Delete
Avatar
Ruli Retno Mawarni Feb 25, 2017, 3:50:00 PM

Aku belum pernah tau sroto. Penasaran liat aslinya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 27, 2017, 9:24:00 AM

Smoga bisa kesampaian ya mba lihat langsung :)

Reply Delete
Avatar
indah nuria Savitri Feb 25, 2017, 7:08:00 PM

Itu makanan khas Indonesia yang mantaaap rasanya

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Feb 25, 2017, 8:21:00 PM

Nasi Pulu Srikaya ini yang menggoda iman banget, haha... Ijonya mentereng.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 27, 2017, 9:25:00 AM

Hahha iyaa. Aku pun jadi pengen lagi

Reply Delete
Avatar
Asriani Amir Feb 26, 2017, 12:45:00 AM

Demen saya post cak ini. Bikin mata ijo2, leher kembang kempis. Hahahaa

Reply Delete
Avatar
Yuniari Nukti Feb 26, 2017, 2:55:00 PM

Hampir semua makanan yang disebutkan enak-enak.. yang paling saya suka dan sudah merasakan adalah Pancake Durin sama Kupang Lontong. Kapan-kapan harus coba Soto Kudus, deh. Semoga ada rejeki datang ke Jayapura, pengen nikmati Ikan Asar nya :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 27, 2017, 9:25:00 AM

Aaamin aamiin mba. Smoga kesampaian yaa

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Feb 26, 2017, 2:57:00 PM

pas ke Medan aku bela2in tenteng dus gede isinya pancake wkwkwk ga nyesel pas sampe cimahi lgsg des ludes endes bingits mb

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 27, 2017, 9:26:00 AM

Hhaha sama mbaa. Emang enak banget sih

Reply Delete
Avatar
Anonymous Feb 26, 2017, 3:43:00 PM

Paling gemar mah gudeg. Kalo ke Jogja, harus makan gudeg. Lebih suka yang di pinggiran jalan, daripada di dalem rumah makan. Sensasinya lebih dapet. Hehe.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 27, 2017, 9:26:00 AM

Iya nih aku pengen ke gudeg. Semoga bisa kesampaian ya makan

Reply Delete
Avatar
Dina Safitri Feb 26, 2017, 8:03:00 PM

Klo masakan khas Aceh yang paling enak menurut saya sate matang.. jangan dibayangin kyak sate madura ya (sate madura juga favorit banget, hihi). Sate daging + kuah kaldu daging, enak n seger banget, hehe. Klo kudapannya yang paling suka timphan <3. Kuliner indonesia emang beragam banget ya.. MasyaAllah

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 27, 2017, 9:27:00 AM

Nah, aku belum pernah nih makan sate matang. Mauuu

Reply Delete
Avatar
Dina Safitri Feb 26, 2017, 8:07:00 PM

Klo masakan khas Aceh yang paling enak menurut saya sate matang.. jangan dibayangin kyak sate madura ya (sate madura juga favorit banget, hihi). Sate daging + kuah kaldu daging, enak n seger banget, hehe. Klo kudapannya yang paling suka timphan <3. Kuliner indonesia emang beragam banget ya.. MasyaAllah

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 27, 2017, 9:27:00 AM

Nah, aku belum pernah nih makan sate matang. Mauuu

Reply Delete
Avatar
Nur Rochma Feb 26, 2017, 8:31:00 PM

Pernah sekali makan sroto Sokaraja. Diajak teman main ke rumahnya sekaligus mencicipi kuliner lokal.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 27, 2017, 9:28:00 AM

Iyaa. Wajib tuh coba kuliner lokal :)

Reply Delete
Avatar
Levina Feb 27, 2017, 7:07:00 AM

Tertarik Nasi Pulu Srikayanya Mbak. Itu khas Ambon yak? Ngelihat itu inget Mango Sticky Rice y Thailand. Hehe. Duuh, jd pengen nyobain Nasi Pulu.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 27, 2017, 9:28:00 AM

Iyaaa. Nah aku pas makan mango sticky rice jadi keingat nais pulu mba. Hehehe

Reply Delete
Avatar
Enny Mamito Feb 27, 2017, 12:21:00 PM

Waduh efek samping lihat postingan ini jadi lapeerr..hihihi..

Reply Delete
Avatar
CatatanRia Feb 27, 2017, 2:28:00 PM

penasaran sama sate kerbaunya :D dulu pernah makan rendang kerbau dikasih kakak ipar yg orang betawi tapi agak keras. kalau itu satenya empuk ya mba?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 28, 2017, 1:14:00 PM

Nah iya memang agak sedikit liat mba. Tapi enak :)

Reply Delete
Avatar
Lulu Khodijah Feb 27, 2017, 4:27:00 PM

Saya kalo makan lumayan picky tapi nggak ada yang beneran ngena di hati gitu mbak selain jajanan buat ngemil. Saya kasih tau aja favoritnya ibu saya itu soto tauco dari Pemalang, enak buanget itu apalagi dimakan panas-panas wussh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 28, 2017, 1:14:00 PM

Wah penasaran pengen mencoba soto tauco mba :)

Reply Delete
Avatar
agi pranoto Feb 27, 2017, 4:39:00 PM

wah keren banget si omiyago ini ya! pengen deh pesen makanan dari mana-mana, cuma kadang khawatir pengirimannya itu lho. ntar mau coba deh order via omiyago!

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Feb 28, 2017, 1:14:00 PM

Iya cuzz langsung ke Omiyago, mba :)

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati Feb 28, 2017, 7:13:00 AM

Hmm.. penasaran banget sama yang namanya Lontong Kupang, kayaknya nikmat banget itu.

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih Mar 1, 2017, 10:13:00 AM

semua makanan di atas belum pernah saya cicipi..kurang update bgt ya saya...

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Mar 1, 2017, 2:18:00 PM

Suka kuliner jawa tengah seperti semarang, jogya dan Solo. Enak2 makanannya 😊

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 7, 2017, 10:31:00 AM

Iyaa bener mba. Tapi semua kuliner Indoesia rata2 enaakk :)

Reply Delete
Avatar
Anisa Ae Mar 1, 2017, 2:53:00 PM

Aku penasaran sama rasa ikan asar. :)

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Mar 2, 2017, 2:53:00 PM

Aku ngiler lihat Nasi pulu, kayak ketan saus duren kalo di Semarang.
Kalo kuliner kesukaanku itu Tengkleng, di Semarang atau di Solo, suka beli itu mbak :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 7, 2017, 2:05:00 PM

IYaa semoga aku kesampaian juga ya makan tengkleng :)

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya Mar 3, 2017, 11:03:00 AM

Pengen nyobain nasi Pulu Srikayanya, dari warnanya kayaknya enakkkk :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 7, 2017, 2:05:00 PM

Dijamin enak, mba Lili. Aku sukaaaa

Reply Delete
Avatar
Ayu Soraya Mar 3, 2017, 11:33:00 AM

duuh, semuanya menggiurkan, apalagi pancake duriannya. Anyway, ditunggu kunjungannya ke kalimantan selatan mba, kebetulan aku orang sana, kulinernya juga ga kalah asyik

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 7, 2017, 2:06:00 PM

Aaamin. Semoga kesampaian ke Kalimantan Selatan ya mba. Belum pernah main ke sana sama skali :)

Reply Delete
Avatar
Ihan Sunrise Mar 6, 2017, 1:14:00 PM

aduhhh.... siang-siang gini pas lagi laper malah terdampar di postingan ini...... lengkaplah penderitaaan :-D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 7, 2017, 2:06:00 PM

Hihiii. Biar selera makan makin bertambah :p

Reply Delete
Avatar
Relita Aprisa Mar 6, 2017, 7:17:00 PM

Mb..jadi pengen pancake durian ih...duh, nyari dimana yaa ? hiks

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 7, 2017, 2:07:00 PM

Kalau di JAkarta udah banyak yang jualan mba :)

Reply Delete
Avatar
laili umdatul khoirurosida Mar 7, 2017, 11:02:00 AM

Wah wisata kulinernya mbak lid udah banyak banget. Bahkan sampe makanan jayapura loh :D

Aku blm pernah kesana , ke ambon pun belum.
Paling jauh yang timur ya makassar :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Mar 7, 2017, 2:07:00 PM

Aamin. Semoga kesampaian ke Jayapura dan Ambon yaa :)

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Mar 8, 2017, 2:56:00 PM

Ohhh nooo... pancake duriaaannn maauuuu, ngileerrr bgt mau ini.

Reply Delete