SLIDER

Prodia Marathon Fit Panel, Pemeriksaan Kesehatan Khusus Pelari

Hayooo .... siapa yang tergila-gila dengan olahraga lari?
Jadi begini, teman-teman kantor saya kini semakin banyak yang tergila-gila dengan olahraga ini. Contohnya saja saat pelaksanaan pertandingan lari bulan lalu, teman saya  bahkan rela datang ke Semarang, Jawa Tengah untuk mengikuti pertandingan lari.

Sebelum melakukan olahraga lari, ia melakukan persiapan yang cukup matang. Selama 3 bulan, ia siap melakukan latihan hingga berbulan-bulan. Belum lagi harus menjaga porsi makan biar tak berlebihan dan istirahat yang cukup.
 
Prodia Marathon Fit Panel
Sumber : Pixabay.com
Oh ya, banyak juga artis yang tergila-gila dengan olahraga lari yakni Ibnu Jamil. Ibnu Jamil bahkan telah menyukai olahraga lari sejak tahun 2012. Ibnu baru mengikuti pertandingan lari setahun kemudian, tepatnya 2013. Olahraga lari baginya adalah jenis olahraga yang tak ribet alias paling praktis. Lari tak perlu dilakukan bersama teman-teman karena lari pun dapat dilakukan seorang diri. Tapi kalau lari ama pasangan tentu makin happy. #Eh.

Kecintaan Ibnu Jamil ini terbukti dengan rajinnya ia mengikuti marathon yakni sebanyak 6 hingga 7 kali. Sedangkan untuk mengikuti half marathon sudah tak terhitung jumlahnya. Bahkan pada 24 September 2017, ia sempat mengikuti kompetisi Berlin Marathon 2017 yang diikuti hingga 44.000 perlari dari seluruh dunia. Tentu apa yang dilakukan ini menandakan kecintaannya pada dunia lari ya.
 
Prodia Marathon Fit Panel
Ibnu Jamil dan kegiatan lari. Sumber foto : runner.id
Minat untuk mengikuti olahraga lari terbukti dengan makin banyaknya orang yang mengikuti olahraga lari semakin banyak. Ini terlihat dari komunitas IndoRunner yang memiliki 40 ribu anggota. Menurut Yasha Chatab, Komunitas IndoRunners adalah komunitas penggemar lari terbesar dan independen di Indonesia. 
 
Prodia Marathon Fit Panel
Sumber : Prodia
Jumlah pelari yang banyak ini pun diikuti dengan kegiatan lari yang semakin banyak. Bayangkan, jumlah pertandingan lari dalam satu tahun lebih dari 24 kali untuk skala nasional dan internasional. Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap olahraga lari semakin tinggi. Pada tahun 2017, terdapat lebih dari 150 kompetisi lari di Indonesia. Wah, banyak banget yaaa ....

Olahraga lari teryata memiliki banyak manfaat yakni : membuat bugar, mengurangi berat badan, memperbaiki kadar gula darah, membantu memaksimalkan kekuatan otot jantung, menumbuhkan rasa senang bagi para pelari, mencegah kepikunan dan memperpanjang usia.

Mungkin ada yang penasaran mengapa sih ada orang yang tergila-gila dengan olahraga lari dan apakah perlu ada pemeriksaan kesehatan sebelum berlari? Nah, informasi ini saya peroleh saat peluncuran Prodia Marathon Fit Panel yang diadakan oleh Prodia pada hari Minggu, 17 Desember 2017.
 
Prodia Marathon Fit Panel
Sumber : Prodia 
Kegiatan olahraga lari ada tiga jenis yakni : Half marathon, Full marathon dan Ultra marathon. Namun melakukan kegiatan olahraga lari ini membutuhkan persiapan yang tak sebentar. Misalnya untuk mengikuti full marathon, membutuhkan waktu 16-24 minggu. Sedangkan untuk mengikuti half marathon membutuhkan waktu hingga 10 minggu.

Sebelum melakukan olahraga lari, harus melakukan upaya pencegahan agar tak mengalami penyakit atau cedera akibat olahraga. Berlari marathon tanpa latihan, persiapan yang tidak matang dan kondisi tubuh yang kurang prima dapat membahayakan tubuh. Nggak mau kan seperti ini?

Jangan sampe deh, pengen bugar tapi malah cidera. Oleh karena itu, sebelum berlari marathon, pelari perlu memeriksakan kondisi kesehatannya terlebih dahulu agar dapat memastikan tubuhnya mampu berlari sejauh jarak yang akan diikuti.
 
Prodia Marathon Fit Panel
Kegiatan Launching Prodia Marathon Panel. Sumber foto : Arisman Riyadi 
Intinya, jangan lupa untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan fisik oleh tim dokter: dokter umum, dokter ahli kedokteran olahraga, dokter ahli gizi klinik. Selain itu, juga lakukan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium klinik, radiologi/pencitraan hingga analisis serta diagnosis dan terapi masalah kesehatan. Nantinya, akan ada hasil kesimpulan apakah dapat mengikuti kegiatan olahraga lari atau tidak.

Nah, semuanya itu dapat dilakukan melalui panel pemeriksaan kesehatan Marathon Fit Panel yang didirikan oleh Prodia. Direktur Business and Marketing Prodia Indriyanti Rafi Sukmawati mengatakan panel pemeriksaan kesehatan Marathon Fit Panel ini merupakan wujud konsistensi Prodia untuk selalu hadir dan menjadi solusi bagi peningkatan kualitas kesehatan bagi seluruh kalangan masyarakat.

“Prodia hadir untuk menjawab kebutuhan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Indriyanti. Hal ini tentunya menjadi mudah dilakukan karena Prodia memiliki jejaring layanan pemeriksaan kesehatan terbesar yang tersebar dari Aceh hingga Jayapura.

Indriyanti menambahkan panel paket pemeriksaan kesehatan Marathon Fit Panel dilengkapi jenis-jenis pemeriksaan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelari. Adapun jenis-jenis pemeriksaan dalam paket Marathon Fit Panel yakni:

General Body Check
Pelari marathon memerlukan Hb dan sel darah merah yang normal untuk mengangkut oksigen yang dibutuhkan sel karena pelari marathon memilikikebutuhan oksigen yang tinggi

Metabolic Check
Menilai metabolisme jantung dan glukosa. Sel-sel membutuhkan glukosa untuk sumber energinya, kebutuhan glukosa di sel ini didiukung oleh kecukupan glukosa dalam sirkulasi.

Bone Health Check
Kondisi kesehatan tulang mempengaruhi resiko cidera maupun menilai pemulihan jika mengalami cidera

Kidney Health Check
Fungsi pelari marathon perlu dipastikan dalam keadaan normal karena sistem keseimbangan cairan tekanan darah memerlukan ginjal yang normal

Liver Health Check
Fungsi hati harus dipastikan dalam keadaan baik untuk menunjang proses detoksifikasi yang sempurna selama lari marathon

Electrolite
Pelari marathon memerlukan keseimbangan elektrolit yang baik agar resiko kelelahan otot atau kram dapat dikelola dengan baik

Thyroid Check
Kecepatan metabolisme dalam tubuh diatur oleh hormon tiroid, untuk lari marathonyang optimal maka hormon tiroid harus dalam keadaan eutyroid, bukan hipo maupun hiper

Physical Examination
Pemeriksaan fisik jantung, paru, tekanan darah dan lain-lain

Konsultasi dokter
Konsultasi dokter spesialis olahraga dan konsultasi dokter spesialias gizi

Dengan adanya Prodia Marathon Fit Panel, jangan tunda kesempatan untuk memeriksakan kesehatan sebelum melakukan olahraga lari. Ingin badar bugar? Lakukan dulu pemeriksaan kesehatan. Oh ya, teman-teman apakah termasuk penggemar lari? Sudahkah ikut pertandingan lari juga? Apa sih yang membuat teman senang olahraga lari? Yuk berbagi di kolom komentar saya ya. Oh ya, jangan lupa cek kesehatan di Prodia Marathon Fit Panel yaTerima kasih 




87 komentar

  1. Aku suka olahraga lagi sejak SMP tp semenjak punya anak lari sudah jarang banget dan sepertinya sudah ngga sanggup alias capek. Manfaat yg aku rasain selepas olahraga lari, selain badan fresh otak juga fresh, sebelum ujian aku biasanya olahraga lari dan otak semakin encer deh! Prodia Fit ini penting banget buat yg mau rutin dan serius olahraga lari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah syukurlah kalau suka lari ya mba. Aku udah lama juga nggak lari. Selain kejar kejar commuterline :p

      Hapus
  2. Ide briliant banget ada asuransi khusus pelari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget memang mba asuransi khusus ini :)

      Hapus
  3. Aku udah lama nggak olah raga lari, cuma jalan kaki biasa aja, paling banter ya jalan cepat, itu pun bentar sudah capek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini kalau terbiasa baru deh nggak mudah capek buat berlari ya mbaa

      Hapus
  4. duh abang ibnu ajakin ade bang larinya biar ade semangat :D baru tahu ni ummi program Prodia keren yah jadi inget dulu pas SD menjuarai lari mengalahkan banyak peserta mungkin dulu tak banyak fikiran jadi badan terasa enteng dibawa lari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woww keren banget bunda lari. Iya aku jadi ingat dulu juga senang lari mba. Skarang udah jarang bangeet

      Hapus
  5. Aku belum kuat kalau lari, Mbak. Dapat 500 m mesti berhenti trus jalan. Kalau jalan baru kuat lama. Hehehe, gini kok mau langsing.

    BalasHapus
  6. Aku juga udah nggak begitu kuat lari dengan jarak tempuh jauh. Ngos-ngosan. Kalau jalan kaki mungkin masih mampu hehe

    BalasHapus
  7. Memang, lari itu olahraga paling mudah ya kak, tapi resikonya gede juga kalo gak ada persiapan yang matang.

    BalasHapus
  8. Kalau aku jarang banget olahraga 😓

    BalasHapus
  9. Gak pa pa sih Mba Al klo ada yg sampai sukak bgt sama olahraga lari, asalkan jgn lari dari kenyataan aja wkwkwk. Lari itu perlu persiapan yg detil ya. Aku baru tau loh klo sebelum lari, pelari juga perlu melakukan pemeriksaan fisik. Salut deh dg Prodia. Inovasinya dibidang pelayanan kesehatan keren bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha itulah. Jangan smape lari dari kenyataan :p

      Hapus
  10. Aku juga suka olahraga lari mbaa, lari dari kenyataan wkwkwkwk semoga dapat asuransi juga #ngarep

    BalasHapus
  11. Saya nggak demen lari, enakan naik ojek online, haha... Eh tapi walau nggak suka lari, bukan berarti nggak bisa cek kesehatan tulang dan segala macem ya di Prodia. Ngomong2 fasilitas check up-nya lengkap banget ya. Tinggal disesuaikan kebutuhan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. aku kmanr kahirnya periksa kesehatan juga di Prodia mbaa

      Hapus
  12. owwwh kirain ibnu jamil hobi koleksi jersey aja, ternyata doyan lari ;) lari banyak manfaatnya kok apalagi klo lari di dalam hutan ui, liat pemandangan yg ijo2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku belum pernah nih lari2 di hutan UI. Pengen mencoba ah :)

      Hapus
  13. Baru tahu kalo mau lari juga harus dicek lengkap ya buat pelari. Kukira atlet yang udah pro aja kayak Usain Bolt yang butuh check up.

    BalasHapus
  14. Baru tau loh kalo di Prodia ada pemeriksaan kesehatan untuk pelari gini. Saya tahun kemaren sempet mulai merajinkan diri untuk lari pagi, tapi apa daya musim hujan datang membawa rasa malas. Akhirnya sampe sekarang gak pernah lari lagi. Hehe...

    BalasHapus
  15. Olahraga Lari memang menyehatkan tapi kalau lari dari kenyataan itu memalukan 🙃🙃🙃

    BalasHapus
  16. Ahh, aku suka lari, tapi keliling komplek aja subuh2. Ga pernah ikutan lari kompetisi. Paling sering ikutan lomba lari, iya lari dari kenyataan hidup mbaaa ..hihii

    BalasHapus
  17. Wah..keren banget ini mbak. Kemarin-kemarin kan banyak tuh perbincangan kalau ada kejadian orang meninggal mendadak akibat keseringan lari. Pemeriksaan kesehatan seperti ini pastinya bermanfaat sekali bagi mereka..

    BalasHapus
  18. Sebelum olahraga yang berat memang harus cek kesehatan dulu ya. Soalnya banyak kejadian cidera saat olahraga.

    BalasHapus
  19. Baru tau nih prodia punya marathon fit panel, keren

    BalasHapus
  20. Dulu kuatnya sprint. Kl marathon ga kuku. Sekarang jalan kaki aja.

    BalasHapus
  21. Lari udah bukan sekadar olahraga lagi ya mba, ada lifestyle nya juga, pas nih Prodia programnya menunjang lifestyle. Pingin sih coba latihan, pernah ikut workshop tentang lari, alaamak rempong ternyata mba..:)

    BalasHapus
  22. wah menarik. Ada MCU khusus pelari, ya. Berarti tesnya beda dengan MCU biasa. Prodia ngerti banget kebutuhan olahragawan.

    BalasHapus
  23. InsyaAllah 2018 saya akan rajin berlari ---> resolusi hahaha :P
    Kalau dah terbiasa sih maunya ikutan grup2 running gtu, ntr cek upnya di Prodia :D

    BalasHapus
  24. List nya ada hampir 10 yah yang bisa di cek. Sisanya memang harus konsultasi dan tahu kondisi badan sebenernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. KOnsultasi kondisi kesehatan emang perlu ya mbaa

      Hapus
  25. Kalau ga bisa lari, olahraga lain yang disarankan sebagai pengganti lari apa ya mbak?

    BalasHapus
  26. Aku termasuk yang kalau olahraga nggak bisa sendirian. Harus rame-rame gitu biar semangat, jadi kalau olahraga lari bawaannya udah males duluan. Tapi suamiku penggila lari. Dia biasa lari seminggu sekali hehehe. Aku sih malah bobo cantik di rumah aja.

    Menarik nih Prodia punya layanan seperti ini yang mengakomodir kebutuhan para pencinta olahraga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah hambatan aku pun demikian mbaa. Malas olahraga euy

      Hapus
  27. Wah lengkap banget check up kesehatannya. Kalau ada event lari marathon enaknya chek up di Prodia dulu ya karena suka ada orang yg tumbang gara gara lari marathon

    BalasHapus
  28. Wah, prodia fit panel ini bisa jadi persiapan buat lari maksimal ya... Menyenangkan bgt udah ada yang seperti ini, jadi para runner bisa maksimal sehatnya.

    BalasHapus
  29. deuhhh, sepertinya kudu test kesehatan juga nih, biar nanti pas mau ikut lomba lari beresnya ga gempor ke sebelum"nya.

    BalasHapus
  30. Olahraga lari emang paliing praktis, aku sama suami juga suka lari, tapi gak sering, kalo sempet hhha. Ketahuan malesnya. Tapi, kalo lagi lari ada program layanan dari Prodia ini enak ya, bisa langsung check up sebelum lari biar tahu kondisi, kan biasanya lari-lari aja :D

    BalasHapus
  31. Selama ini saya kira olaraga lari itu ya lari aja, ternyata kudu disiapin segala sesuatu terlebih dahulu, salah satunya pemeriksaan kesehatan supaya kita tahu kemampuan fisik kita. Yoook Mba Alida 2018 kita ikut lomba lari *resolusi hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pentiing banget dan jangan diabaikan deh kalau untuk kesehatan

      Hapus
  32. Iya bener mba temen kerja aku aja yg hobby lari,ampe bela2in keluar kota kalo acaara marathonnya diluar kota. Harus aku rekomendasiin nih marathon fit panel buat temenku itu,biar dia cek kesehatan dlu sblum ikut marathon lagi.

    BalasHapus
  33. Lagi-lagi Prodia menyebarkan program baru. Kali ini khusus pelari. Jadi bukan sekedar lari aja ya, harus ada pemeriksaan rutin juga

    BalasHapus
  34. Nice info mba. Saya udah lama banget gk pernah lari setelah nikah sekarang olahraga seperlunya dan seadanya aja hiks

    BalasHapus
  35. kalau dulu pelajaran olahraga ada lari , selalu deh nggak kuat, sepertinya ada yang nyesak di dada, jadinya banyakan jalan daripada lari..

    setuju deh dengan programnya Prodia yang ini,yang namanya olahraga pasti kan ada saja resikonya, pelari harus tau sejak awal resiko olahraga, biar bisa aware dan rajin jaga diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh aku dlu suka lari, skarang gampang ngos-ngosan. Hhehee

      Hapus
  36. Kesannya sederhana ya olahraga lari itu, apalagi kalo lari dari kenyataan, wkwk.. Ternyata persiapannya gak main-main, smp harus cek up semuanya. Bravo utk para pelari.

    BalasHapus
  37. Aku ga suka lari mba, capek heheh.. tapi ada artis juga yang hobby lari demi bisa hidup sehat dan hamil, mba atiqah hasiholan.. lari 5km woww.. kalau ibnu jamil kan memang atlit ya mba

    BalasHapus
  38. Keren ya mbak program prodia. Saua udah lama gak lari, udah gak sanggup

    BalasHapus
  39. Baru tau aku kalau di Prodia ada cek kesehatan untuk pelari..kerennnnn.

    BalasHapus
  40. aku juga suka tapi masih harus lathan terus supaya bener larinya hehehe...lebih seneng sepeda dan yoga :)

    BalasHapus
  41. Wah, ternyata ada Prodia Marathon Fit Panel, ya. Bagus juga idenya :) Kalau aku sih lebih suka jalan kaki daripada lari, dan ortuku sukanya main sepeda, hehehe. Tapi ada teman satu kelas dulu yang hobinya lari. Penting juga nih supaya dia tau tentang ini :)

    BalasHapus
  42. Tambah lengkap aja ya paket pemeriksaan di Prodia..keren

    BalasHapus
  43. Kece banget Prodia neh. Ada cek khusus pelari ya

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell