Prodia Women’s Health Center, Klinik Laboratorium Khusus Perempuan

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Prodia Women’s Health Center, Klinik Laboratorium Khusus Perempuan

Siapa yang tak mengenal Prodia? Saya telah mengenal Prodia sejak dulu karena pernah memeriksakan kesehatan di sana dan hampir selalu melihat outlet Prodia setiapkali berkunjung di daerah lain. Hingga kini, Prodia telah tersebar di 31 provinsi dan 114 kota di Indonesia.  Sebanyak 273 outlet Prodia telah tersedia dan melayani kebutuhan pelayanan kesehatan. Tapi tahukah teman kalau Prodia kini telah memiliki klinik laboratorium khusus perempuan?

Jadi, Prodia telah meresmikan Prodia Women’s Health Centre (PWHC) pada pada 8 Maret 2017. Peresmian Prodia Women’s Health Centre ini bertepatan dengan International Women’s Day (Hari Perempuan Sedunia). Saya baru mengenal Prodia Women’s Health Centre (PWHC) ini saat menghadiri Blogger Gathering pada Jumat, 4 Agustus 2017. Saya penasaran dengan segala pelayanan yang diberikan oleh Prodia Women’s Health Centre ini.
 
Mejeng di Prodia Women's Health Centre
Saat tiba di PWHC yang beralamat di Jl. Wolter Mongonsidi No 77, Kebayoran Baru, Jakarta, beberapa blogger telah hadir. Waktu itu jarum jam menunjukkan pukul 12.30 WIB. Tampak dari luar, bangunan dengan ornamen didominasi warna pink. Warna yang khas identik dengan perempuan. Beberapa petugas klinik PWHC menyambut dengan ramah. Sebelum acara dimulai, kami dipersilakan untuk mengkonsumsi makan siang yakni Nasi Liwet yang telah disediakan.
Mba Lia Blogger mengajukan pertanyaan
Sekitar usai makan siang, acara pun dimulai. Acara diawali dengan presentasi yang diberikan oleh Ibu Rini Budiyanti sebagai Project Manager PWHC. Bu Rini mengatakan PWHC adalah klinik dengan layanan kesehatan khusus perempuan berbasis Women-Wellness yang pertama di Indonesia. Pelayanan yang diberikan berfokus pada obstetric gynaecology. Obstetric gynaecology meliputi pencegahan dini, pencegahan lanjutan, diagnostic center hingga konsultasi dokter.

“PWHC tak hanya fokus pada fisik tapi juga body mind and soul,” kata Bu Rini. PWHC, kata Bu Rini mempelajari bahwa ada tiga hal yang dikuatirkan perempuan yakni kuatir terkena kanker, kuatir tak bisa hamil dan keinginan memiliki anak yang sehat. PWHC fokus pada pengelolaan kesehatan perempuan. “Ke depan, kami juga akan fokus pada infertilitas pada perempuan,” kata Bu Rini. Mengapa mendirikan PWHC?. Jadi, PWHC didirikan karena perempuan pantas mendapatkan perlakuan khusus. Apalagi populasi perempuan di Indonesia hampir separuh dari total penduduk yang mencapai sekitar 254,9 juta jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015

Keseriusan blogger di Blogger Gathering PWHC
Dengan adanya PWHC, dianggap mampu memberikan pelayanan klinik laboratorium lebih luas dan lengkap dibandingkan yang sudah ada. Lalu, ada apa saja di PWHC? PWHC memiliki banyak pilihan untuk melakukan pencegahan penyakit dengan berbagai jasa layanan, yakni:
Pencegahan dini (primary prevention):
Penyuluhan /edukasi
Vaksinasi/imunisasi
Pencegahan lanjutan (secondary prevention):
Medical check-up
Tes laboratorium lengkap
Pap smear
Diagnostic Centre
USG ObGyn
Colposcopy
LLETZ
Hysterosalpingography
USG Breast
X-Ray (Rontgen)
Electrocardiography
Konsultasi dokter baik dokter umum maupun dokter spesialis dan sub spesialis.


Peralatan yang tersedia di PWHC

PWHC diharapkan dapat menjadi pusat pengelolaan kesehatan perempuan yang terbesar dan terdepan. “Kami juga ingin memberikan servis yang bermutu tinggi serta pusat informasi kesehatan perempuan,” kata Bu Rini lagi. PWHC juga berharap dapat menjadi fungsi edukasi kesehatan perempuan.  “Jadi kalau ada komunitas ingin diskusi soal kesehatan perempuan, kami terbuka lebar,” katanya lagi. Harapannya, akan memberikan kualitas kepedulian yang tinggi kepada perempuan berdasarkan strata usia. Masing-masing strata usia perempuan memiliki pengelolaan kesehatan yang berbeda pula.

Selain itu, PWHC mengharapkan agar banyak perempuan yang datang memeriksakan kesehatan untuk mencegah timbulnya penyakit. “Jadi jangan tunggu sakit dulu baru datang,” katanya lagi. Kalimat ini mengingatkan saya pada pepatah ‘Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati”. Apalagi PWHC memiliki laboratorium yang lengkap dan medical check up yang khusus untuk perempuan. 

Dengan adanya laboratorium yang lengkap, maka PWHC dapat menjadi pusat penunjang diagnosis yang lengkap. Ingin berkonsultasi dengan dokter? PWHC menyediakan jasa konsultasi dokter meliputi konsultasi dokter umum, dokter spesialias dan dokter sub spesialis. Tak hanya itu saja. PWHC juga melakukan kerjasama dengan rumah sakit untuk menunjang pelayanan kesehatan perempuan. “Prodia selalu mengutamakan mutu dan kualitas untuk pelayanan kesehatan,” kata Bu Rini lagi.  

Dua narasumber yang duduk di kursi merah
Tak hanya perhatian terhadap peralatan saja melainkan juga memperhatikan psikologi perempuan yang berkunjung ke PWHC. Itulah mengapa, ruangan di PWHC sangat nyaman dan privat. Ruang tunggunya di sekat sekat agar tak terjadi kendala secara emosional saat berkunjunhg. Misalnya, ada yang hamil datang dan bertemu dengan perempuan yang belum memiliki anak maka dikuatirkan akan canggung secara emosi. 

Tak perlu kuatir mengantri lama karena perempuan yang berkunjung ke PWC bisa membuat janji terlebih dahulu sebelum datang. Ruangannya dibuat senyaman mungkin sehingga ada yang mengira PWHC bukanlah klinik laboratorium melainkan salon.  Dokter-dokter yang di PWHC juga sangat asyik diajak ngobrol tentang kesehatan perempuan.

Dr. dr. Raditya Wratsangka sbg Dokter Penanggung Jawab PWHC mengatakan, untuk pemeriksaan kesehatan kanker servisk, PWHC memiliki teknologi yang canggih sehingga dapat melihat lebih jelas lagi sel-sel kanker. Jadi tak hanya pemeriksaan keberadaan virus melainkan juga memeriksa jenis virus. Jika dulu perempuan datang ke laboratorium hanya untuk memperoleh hasil laboratorium tapi tak ada informasi terkait penyakit. Namun di PWC telah ada dokter yang akan berkonsultasi terkait hasil laboratorium. “Yang dihadapi dokter adalah manusia. Bukan penyakit. Jadi tugas dokter adalah menyembuhkanya manusia. Bukan menyembuhkan penyakit,” kata dr Raditya. Harapannya, dokter bisa mengambil keputusan yang tepat. Dan ini terdapat di PWHC. Dengan adanya PWHC, kata dokter Radit, diharapkan dapat melakukan tindakan pencegahan penyakit. Termasuk agar tercegah dari penyakit kanker servis yang merupakan penyakit ketiga terbesar yang dialami perempuan Indonesia. “Pemerintah sekarang melakukan pencegahan penyakit karena pencegahan lebih murah biayanya daripada pengobatan,” kata dr Raditya.

Setelah datang ke Blogger Gathering yang diadakan Prodia, saya semakin sadar pentingnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan perempuan. Dan pilihan untuk memeriksakan kesehatan perempuan ya di PWHC.
Teman, bagaimana cara teman agar menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit? Yuk share?  

 
Serunya Blogger Gathering. Smber Foto : Dwiana

71 komentar

Avatar
Yurmawita 08/08/17, 11.02

Lengkap ya tesnya ada papsmear juga. Kalau tempatnya nyaman kek gitu gak perlu ke banyak tempat ya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 08/08/17, 11.30

Iya bener aman dan nyaman mba. Jadinya ya kita kalau konsultasi juga enak

Reply Delete
Avatar
Eni martini 08/08/17, 11.02

Aku juga sudah familiar sama Prodia, dulu ada temen kerja di labnya. Sekarang ada PWHC membuat wanita lebih nyaman ya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 08/08/17, 11.30

Smoga makin banyak PWHC di kota kota lain ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Shine Fikri 08/08/17, 12.14

duh, aku klo baca tentang prodia jadi suka nyesel, inget alm bapak. ada yg menyarankan tes lab ke prodia tapi waktu itu bapaknya yg ga mau dan kita pasrah, ga melakukan bujuk rayu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 08/08/17, 13.30

Sedihnya .. Sabar ya mba Shine :(

Reply Delete
Avatar
www.diraindi.com 08/08/17, 12.21

Haduh saya belum sempat pap smear..Surabaya blm ada pwhc yaa mbak Lida, semoga sebentar lagi..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 08/08/17, 13.31

Hayuk papsmear mba. Aamin smoga segera ada ya

Reply Delete
Avatar
ayu oktariani 08/08/17, 12.24

Prodia selalu jadi favorit saya dan keluarga mak untuk periksa darah. tau mereka bikin PWHC ini jadi kepingin kesanaaaa... sayang aku tinggal di Bandung euy

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 08/08/17, 13.31

Pas ke Jakarta bisa ke PWHC, mba :)

Reply Delete
Avatar
Mildaini 08/08/17, 13.42

wah, bajunya kompakan mba,

penting banget ini buat menjaga kesehatan diri ya, termasuk jwa dan pikiran...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 08/08/17, 16.20

Ada dresscode, mba. Iya mba. Jadi nggak hanya fisik saja tapi juga psikis

Reply Delete
Avatar
momtraveler 08/08/17, 13.49

Prodia jd pilihan keluargaku juga kalo urusan cek kesehatan

Reply Delete
Avatar
inayah 08/08/17, 14.19

nah ini yang penting, memperhatikan aspek psikologis.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 08/08/17, 16.21

Hal ini yamg terkadang luput ya mba

Reply Delete
Avatar
Gita Siwi 08/08/17, 15.26

ah kunjungan indah ini. Dapat ilmunya dapat vouchernya juga. Semoga PWHC makin dekat dengan perempuan yang peduli akan kesehatannya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 08/08/17, 16.21

Asik banget dapat vouchernya :)

Reply Delete
Avatar
Liswanti 08/08/17, 17.22

Aku jadi pengen melakukan pemeriksaan kesini mba, kebetulan haidku kan sering bermasalah. Sekalian Papsmear

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 10/08/17, 08.19

Iya mba. SMoga aja baik2 saja ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Unknown 08/08/17, 18.14

Prodia sih senior ya di bid perlaboratoriuman, tapi bagus tuh ide bikin klinik khusus wanita, sepertinya nyaman kalau periksa kesehatan di situ

Reply Delete
Avatar
heripal danindra 08/08/17, 20.44

Acaranya menarik banget ya. Saya pernah dengar tentang prodia.

Reply Delete
Avatar
Lia Harahap 08/08/17, 21.52

Wah ada mukaku di bagian awal. Hihihi. Fotonya bagus, Mbakkk. Sukaaa :)

Aku menunggu nih supaya PWHC bisa buka cabang di utara. Hehehehe.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 10/08/17, 08.21

Assiik. Iya smoga banyak tempat ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 08/08/17, 22.17

Yuk cek kesehatan sejak dini. Ajak aku ya mbak Alida, hehe

Reply Delete
Avatar
Walidin 08/08/17, 23.01

enak ya bisa ikut acara seminar seminar kesehatan, penting minimal buat diri sendiri, begitu juga buat keluarga

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 09/08/17, 07.52

Masuk PWHC klinik berasa salon hehe ga bikin parno juga.

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti 09/08/17, 10.29

Datang ke PWHC kaya diingatkan perlu jaga kesehatan dengan intens ay

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 10/08/17, 09.00

Penting banget untuk menjaga kesehatan ya

Reply Delete
Avatar
Anonim 09/08/17, 10.47

Kalau saya sendiri supaya terhindar dari penyakit sih pola makan yang teratur maksudnya seperti kalo sudah waktunya makan ya makan mau itu lapar atau tidak tetap makan, dan tidak lupa juga selalu olahraga disaat sore ataupun pagi hari itu aja sih, sampai saat ini saya belum pernah sakit yang sangat parah begitu , tapi smeoga saja tidak terjadi ...

Reply Delete
Avatar
ria buchari 09/08/17, 14.24

Keren bgt ya mba fasilitas dan pelayanannya jd pgn nyobain 😀

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati 09/08/17, 19.43

Kita harus peduli dengan kesehatan diri sendiri ya mba. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ngeri kalo sampe sakit. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan.

Reply Delete
Avatar
Utie adnu 09/08/17, 20.45

Ngecek kesehatan itu buat jaga2 y mba,,, bnr bngt

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 10/08/17, 02.20

untuk yang sedang program hamil bisa konsultasi di sini juga? apa tersedia di semua prodia atau di kebayoran baru aja?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 10/08/17, 09.03

Bisa langsung kontak ke Prodia Women Centre ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Meriskapw 10/08/17, 07.02

Jadi ini tempatnya pisah ya mbak dari Lab Prodia yang umum?

Seneng ya, makin banyak yang perhatian dengan kesehatan wanita.. kalau bisa sering-sering ngadain promo kesehatan gitu lah, karena sejatinya wanita itu pecinta diskonan, eeaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 10/08/17, 09.28

tempatnya terpisah mba dari Lab Prodia :)

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 10/08/17, 08.41

Lebih baik mencegah daripada mengobati ya mbak. Dari sekarang emang harus rajin-rajin cek kesehatan, jangan nunggu sakit dulu ;)

Reply Delete
Avatar
Okti Li 10/08/17, 08.52

Kalau khusus wanita bakalan nyaman banget ya... Semoga segera ada di daerah biar buibu seperti saya yang tinggal di pelosok bisa mencobanya juga :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 11/08/17, 08.08

Nah smoga makin merata ya mba ada di berbagai tempat :)

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 10/08/17, 09.09

Tempatnya bagus mbak alida, ga horor beneran deh, malah betah aku mah.

Reply Delete
Avatar
catatanemak 10/08/17, 09.43

Tempatnya keren, nyaman dan hommy bgt. Pengen periksa ke PWHC, semoga terjangkau biayanya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 11/08/17, 08.09

Terjangkau dengan pelayanan dan fasilitas yang keren

Reply Delete
Avatar
mira utami 10/08/17, 10.12

ciee yang mau periksa, semoga sehat selalu

Reply Delete
Avatar
mpo ratne 10/08/17, 11.06

Cara ku jaga kesehatan bangun pagi, jalan pagi, diet maklumin Udah kena diabetes, banyakan gerak

Reply Delete
Avatar
www.EenEndah.web.id 10/08/17, 12.31

Saya bahagia sekali bisa juga berkunjung ditempat ini. Melihat langsung peralatan canggih dimari...kudu segera periksa teuh, hrs sehat dn hebat

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 11/08/17, 08.09

Amin. Harus sehat ya mba :)

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 10/08/17, 15.24

Wah baru tau model ruang tunggu disekat2 gtu. Iya seh soale kadang pasien sakit campur pasien sakit, trus bumil ketemu yg program kdng malah bikin baper

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 11/08/17, 08.24

Nah. Apalagi buat mba April yang sering baper ya. Hahhaa

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 10/08/17, 21.11

Kliniknya bersih, ya. Peralatannya modern pula.

Reply Delete
Avatar
Sie-thi Nurjanah 10/08/17, 23.48

Woww...jd memang khusus perempuan ya, se engganya lbh nyaman apalagi bagi yg proses yg lbh mudah

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 11/08/17, 08.25

Iya mba. yang penting nyaman dlu ya :)

Reply Delete
Avatar
Lia Lathifa 12/08/17, 12.48

aku jadi pengen banget periksa kesehatan, apalagi usia sudah tak muda lagi, jaga-jaga sejak dini biar bisa mencegah sebelum menyebar luas. Di Bogor ada gak ya?

Reply Delete
Avatar
Zulaeha 12/08/17, 18.53

Lengkap bingit, nyaman pasti nih :)

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi 13/08/17, 07.56

inovasi banget nih Prodia, secara perempuan kan maunya yang khusus ya mba,,

Reply Delete
Avatar
Winny Widyawati 13/08/17, 12.13

Penting banget ya sadar kesehatan sejak dini, dan alhamdulillah ada PWHC yang fasilitasi itu buat perempuan. Keren

Reply Delete
Avatar
Alma Wahdie 28/08/17, 22.35

Perlu banget nih buat kita biar selalu update sama kondisi kesehatan ya mbak

Reply Delete
Avatar
Vicky Laurentina 29/08/17, 07.54

Saya menjaga kesehatan dengan melakukan vaksinasi ya.

Prodia sekarang inovatif juga ya, awalnya kan hanya melakukan pelayanan pemeriksaan laboratorium. Tapi sekarang juga melayani vaksinasi.
Vaksin apa saja yang tersedia di Prodia khusus cewek ini, Mbak Alida?

Reply Delete