Tips Agar AC Tetap Awet

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup

Tips Agar AC Tetap Awet

Sejak dulu saya merasa nyaman walau hanya menggunakan kipas angin. Walaupun udara sepanas apapun, menggunakan kipas angin bagi saya sudah cukup. Tapi saat anak lahir, saya mengira kipas angin pun telah cukup untuk membuat kondisi rumah cukup sejuk. Tapi semua berubah saat di wajah anak muncul biang keringat. Tak hanya diwajah tapi juga di punggung. “Ini pasti karena bayi ini nggak kuat panasnya udara di Jakarta,”kata tante saya. Kebetulan saat itu tante saya datang dari Surabaya untuk mengunjungi saya yang usai melahirkan.

Hal itu saya sampaikan ke suami saya. ,”Bap, kalau udara panas begini kasian anak,”kata saya ke suami. Kepada suami, saya menyarankan untuk membeli AC. Hari itu juga, suami langsung membeli AC dan dipasang di rumah. Percaya atau tidak, biang keringat jadi tak mudah muncul di kulit anak. Tak hanya itu saja, dia mudah lelap saat tidur menggunakan AC.


Saat kami pindah rumah, walaupun telah memasang AC, kondisi kamar tak sedingin seperti rumah di kontrakan lama. Beberapa kali setting suhu hingga 20 derajat celsius tapi juga tak mempan. Usut punya usut, PK AC lebih kecil sehingga tak cukup untuk mendinginkan kamar. Ini karena kamar di rumah sekarang lebih besar dibandingkan kamar di rumah kontrakan sebelumnya. “Kayaknya kita harus beli satu AC lagi dengan PK yang lebih besar,”kata suami. Akhirnya kami membeli satu lagi AC untuk diletakkan di kamar satunya.


Ayyas dan Bapak nyaman ngobrol di kamar
Membeli AC bukan berarti tak ada masalah. Beberapa kali kami harus mengisi freon karena teknisi yang kami panggil mengatakan freon habis. Ini belum termasuk biaya membersihkan AC. Belakangan kami ketahui tak perlu mengisi freon karena freon tak mungkin habis. Hingga kini, kedua AC saya telah awet lebih dari 8 tahun. Awet kan? Lalu mengapa AC saya hingga kini masih tetap awet dan tanpa kendala? Saya memiliki beberapa tips agar AC tetap awet yakni :

Perawatan Berkala
Tiga bulan sekali saya selalu memanggil tukang AC langganan saya. Kebetulan rumahnya nggak begitu jauh dari rumah saya. Tukang AC saya ini rekomendasi dari tetangga-tetangga saya. Biasanya tiga bulan sekali dia datang untuk membersihkan AC saya. Proses membersihkan AC tak makan waktu lama namun kondisi AC tetap bersih. Unit outdoor AC juga di cek. Biasanya apabila sudah kotor maka pembuangan udara tak akan maksimal.

Suhu Rasional
Seringkali ketika suhu di ruangan panas, saya seringkali mengatur temperatur hingga di bawah 20 derajat celsius. Tapi itu dulu. Sekarang saya selalu memasang temperatur di suhu normal yakni 25-26 derajat celsius. Suhu ini sudah membuat ruangan cukup dingin. Sedangkan suhu di bawah 20 derajat celsius akan membuat kondisi terlalu dingin dan menjadi tak nyaman


A post shared by Rach Alida Bahaweres (@lidbahaweres) on


Gunakan Seperlunya
Saat anak masih bayi, saya menggunakan AC terlalu sering. Saat tidur siang, AC nyala. Tidur malam juga. Mungkin hanya sore hari saja yang AC mati. Tapi setelah anak semakin besar, penggunaan AC seperlunya saja. Saat siang hari tidur tak pakai AC dan hanya kipas angin. Seringkali nggak pakai kipas angin dan hanya memanfaatkan angin yang masuk lewat jendela.  Sejuk dan nyaman …

Nah, itu tips agar AC saya awet dan mampu membuat rumah menjadi sejuk dan nyaman. Apakah teman punya cerita bagaimana membuat AC menjadi sejuk dan nyaman? Yuk ikut kompetisi #BeyondComforting yang diselenggarakan Daikin dari tanggal 1-21 Agustus 2017. Cara berpartisipasi mudah banget. Cukup LIKE Facebook fan page Daikin Indonesia dan FOLLOW Instagram @Daikinindonesia lalu share foto dan ceritamu dengan tema “Bagaimana AC Membuat Rumah Anda Menjadi Sejuk dan Nyaman” di Instagram (boleh single photo, or carousel photos). Tag Instagram @Daikinindonesia sertakan hashtag #BeyondComforting. Info lengkap langsung klik ke Daikin .
Jangan lupa tag dan mention 5 teman Anda untuk ikut berpartisipasi. Hadiahnya uang cash jutaan rupiah loh! Yuk berbagi pengalaman teman-teman menggunakan AC.

134 comments

Avatar
Keke Naima Aug 17, 2017, 12:50:00 PM

Saat masih baru punya 1 anak, saya tetap pakai kipas angin. Ketika anak kedua lahir, orang tua saya pasangin AC di kamar saya. Jadi aja sekarang kebiasaan pakai AC. :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 8:33:00 AM

Nah iya. Kadnag karena kebiasaan jadinya ya pakai AC ya mba. Hiehehee

Reply Delete
Avatar
Lia djabir Aug 17, 2017, 1:05:00 PM

Perawatan berkala itu penting bgt yaa mba. Kl gak dirawat jd cepat rusak ACnya. Freonnya jg gak ketauan kl sdh habis

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 8:33:00 AM

Iya mba. Barang apapun kalau di rawat dengan baik pasti akan terpelihara baik ya :)

Reply Delete
Avatar
fika Aug 17, 2017, 6:02:00 PM

gunakan seperlunya itu yang berat wkwkwkwk kadang kalo liburan betah banget pake AC

Reply Delete
Avatar
Okti Li Aug 17, 2017, 6:43:00 PM

Di rumah kami tidak punya AC. Kalau kipas angin ada. Kami pakai Ac atau merasakan jika lagi menginap di hotel aja, hahaha...

Apapun kalau tidak dirawat tidak akan bertahan sesuai harapan ya. Merawat AC sebuah keharusan bagi masyarakat kota khususnya di Jakarta dan sekitarnya.
Mungkin beberapa tahun lagi kampung saya juga akan semakin padat, panas. Perekonomian semakin membaik tidak menutup kemungkinan warga mulai menggunakan AC.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 8:34:00 AM

Tapi asik juga ya menggunakan AC alami ya teteh :)

Reply Delete
Avatar
Okti Li Sep 22, 2017, 9:18:00 PM

Kedepannya pasti AC juga dibutuhkan. Polusi mulai menyerang pedesaan juga nih kayanya

Reply Delete
Avatar
Nov Aug 17, 2017, 8:00:00 PM

Menggunakan AC seperlunya tak hanya membuat AC awet tapi juga hemat energi..hemat bayar listrik..he2

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 8:34:00 AM

Nah itu penting banget. Hehheee

Reply Delete
Avatar
Noe Traveler Aug 17, 2017, 8:58:00 PM

Wah, aku pakai AC jg di rumah. Pingin ikut kompetisinya tapi susah motonya krn ruangan kamar sempit :D

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim Aug 18, 2017, 5:54:00 AM

Makash tipsnya ya mbak, praktekin kalau aku udh punya AC, :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati Aug 18, 2017, 10:44:00 AM

Bermanfaat tipsnya buat saya yang belum punya AC.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 12:12:00 PM

Bisa dipraktekkan kalau sudah ada ACR mba :p

Reply Delete
Avatar
Adi Pradana Aug 18, 2017, 11:12:00 AM

Menggiurkan nih, ada hadiah jutaan rupiah ya. Good luck mbak...

Reply Delete
Avatar
Dewi Nuryanti Aug 18, 2017, 11:23:00 AM

Dirumahku kehadiran AC itu wajib hukumnya wkwkwk kalau AC mati otomatis anak-anak kegerahan, rewel dan enggak bisa tidur. Pokoknya aktivitas jadi terganggu. Karena anakku tingkat alerginya cukup tinggi jadi AC harus rutin dibersihkan minimal 2 bln sekali.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 12:19:00 PM

Iya bener banget mba. Harus rutin membersihkan AC

Reply Delete
Avatar
HM Zwan Aug 18, 2017, 12:18:00 PM

Pake AC itu bener2 dimanjakan,panas dikit tinggal ambil remote hehe... pengalaman. Cuma sekarang udah g pake AC...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 2:03:00 PM

Haha begitulah. Harus pintar2 atur agar hemat energi ya :)

Reply Delete
Avatar
Sandra Buana Sari Aug 18, 2017, 12:19:00 PM

AC hemat & ramah lingkungan itu wajib hukumnya hihihihi biar bayar listrik ga mbludak krn terus2an dipake gegara Jakarta yg panas. Apalagi skrg lg hamil, rasanya gerah bgt! Kd butuh AC yg bener2 mampu menjalankan fungsinya dgn baik 😁

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 2:03:00 PM

Bener, Aku ngalamin hamil dan panas banget

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Aug 18, 2017, 12:29:00 PM

Makasih tipsnya Mbak alida, kebeneran belum punya AC, kalau udah punya nanti tinggal praktekin

Reply Delete
Avatar
Amelia Fafu Aug 18, 2017, 12:50:00 PM

Makasi mba al tipsnya, belum pakai AC kalo skrg, masih pake kipas angin dan kipas bambu hihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 2:08:00 PM

Asik kok kalau ada kipas bambu :)

Reply Delete
Avatar
Ade UFi Aug 18, 2017, 1:02:00 PM

Iiih sama, mba.Kalau mau tidur pasti beberes kamar dulu biar besih. Ga betah klo msh kotor. Klo soal AC itu nyala pas anak2 tidur, kalau lg main di luar kmr ya matiin.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 2:08:00 PM

Pas mau tidur malam aja ya mba baru nyalain AC. Hehhee

Reply Delete
Avatar
Tati Suherman Aug 18, 2017, 1:33:00 PM

Saya gak pakai AC dirumah karena suami gak kuat suhu dingin ditambah lagi listrik mahal dab gak bisa membersihkan sendiri jadi kamar anak-anak pun pakai kipas angin aja.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 2:09:00 PM

Yang penting nyaman ya mba Tati :)

Reply Delete
Avatar
indah nuria Savitri Aug 18, 2017, 5:33:00 PM

Tips penting buat aku di Indoneaia nantiii 😘😘

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 19, 2017, 9:19:00 AM

Nah, semoga berguna ya mba Indah :)

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Aug 18, 2017, 9:07:00 PM

Rumahnya rapi banget mbak.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 19, 2017, 9:22:00 AM

Alhamdulillah mba Leyla. Tapi ya kadang sering berantakan juga. Hehhee

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti Aug 19, 2017, 12:07:00 AM

Dari dulu gak pernah pakai AC, tapi belakangan ini rencana mau pasang AC di rumah soalnya udah gerah banget. Tapi ya itu, masih maju mundur cantik nih. Pasang...enggak..pasang...enggak.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 19, 2017, 9:25:00 AM

Yang terbaik ya mba Andy. Menyesuaikan wilayah rumah ya

Reply Delete
Avatar
Lendy Kurnia Reny Aug 19, 2017, 8:04:00 AM

Kalau di rumah Surabaya, aku biasanya siang - malam pakai AC.
Karena selain biar dingin, buat ngusir nyamuk jugak...

Nyamuk itu ganas sekali kalau di daerah panas...heeuheuu~~

Sukses buat lombanya mba Lid..
((bawain pompom buat kasih semangaaatt))

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 19, 2017, 9:28:00 AM

Iyaaa ganas banget kalau lagi musim panas. Hehhee
Aamin. Makasih yaaa

Reply Delete
Avatar
Eni Martini Aug 19, 2017, 9:12:00 AM

Seneng klo lihat anak peremouan ngobrol sama bapaknya, aku kecil gitu dan memang efeknya dasyat. Ketika dewasa, anak peremouan yang mrasa diakui bapaknya akan lebih percaya diri dan tidak mencari pigure lain (pacaran)..ups!jadi galfok wkwk...thx sharing AC'nya, mba

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 19, 2017, 9:28:00 AM

Aaamin mba Eni. Iya Ayyas deket sama bapaknya mba. Kadang ada umminya juga dia milih nanya bapak daripada Umminya. Hehhe

Reply Delete
Avatar
Molly Aug 19, 2017, 10:58:00 AM

Aku juga udah ketergantungan sama AC. Tapi penggunaannya seperlunya aja. Kalau pagi pasti lebih milih buka jendela aja biar dapet udara segar. Perawatan berkala kayak servis rutin itu memang ngaruh banget ya, Mba. AC jadi lebih awet. Umur AC di rumahku udah hampir 4 tahun dan masih bagus kondisinya :).

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 20, 2017, 7:35:00 AM

Nah kalau kita bisa memlihara dengan baik memang akan menjadi lebih awet ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Uli Hape Aug 19, 2017, 1:32:00 PM

Cuaca saat ini mmg tdk sesejuk zaman dahulu, untung ada teknologi bernama AC yg bs hadirkan suasana sejuk dalam rumah, kdg cuaca panas itu mendtgkan emosi haha, klo suejuuk semuanya jd nyaman ya

Reply Delete
Avatar
elva susanti Aug 19, 2017, 3:54:00 PM

Lebih ademan pakai AC sih mbak ketimbang kipas

Reply Delete
Avatar
Ruli Retno Mawarni Aug 19, 2017, 5:21:00 PM

Di cuaca kalimantan yg panas bgt ini, ac merupakan hal penting bgt di rumah. Dan ya, perawatan berkala memang ptg bgt

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 20, 2017, 7:56:00 AM

Iya kalau nggak ya akan susah awet ya mba

Reply Delete
Avatar
Napitupulu Rodame Aug 19, 2017, 6:24:00 PM

tips yang berguna mba, thanks for share ya mba.

Reply Delete
Avatar
Shine Fikri Aug 19, 2017, 8:52:00 PM

iya akupun biasanya pas mau tidur aja pas make. berat di listrik, hehe
.. tapi kalau pas di palembang aku kadang kalau di rumah aja bisa seharian pake AC, ga kuat panaasnya 😅

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 20, 2017, 7:56:00 AM

Hahahhaa siap2 ya bayarannya pasti mahal euy :)

Reply Delete
Avatar
dudukpalingdepan Aug 19, 2017, 10:22:00 PM

Rapih banget kamarnya mba *salfok* hehe. Makasih sharingnya, cocok untuk saya yang kadang kalau kepanasan langsung stel 19 derajat setelah itu malah kedinginan sendiri >,<

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 20, 2017, 7:57:00 AM

kamar anak mba. DIa udah bisa ngerapiiin kamar sendiri. Hehhehe. Haha kalau 19 emang kedinginan :p

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Aug 19, 2017, 10:44:00 PM

Wew rajin ya bersihin AC-nya. Tapi emang kudu gtu sih, soalnya tetanggaklu pernah tu hampir setahun gk bersihin AC, eh pas pindahan ACnya rusak deh. Pas panggil teknisi "diomelin" knp AC-nya gk pernah dibersihkan haha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 20, 2017, 7:57:00 AM

Hahah kalau kotor ya sirkulasi udaranya juga nggak akan berpura dengan baik sih mbaaa :)

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Sep 25, 2017, 1:07:00 PM

Nah itulah aku tak tahu, mungkin dia tipe yg pakai AC pas malam aja saat bobo kali jd gak kerasa hehe

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin Aug 19, 2017, 10:51:00 PM

Makasih tipsnya mbak, kalau aku di rumah memang ac nyala dari siang sampai pagi. Maklum rumah mungil dan plafon pendek jadinya panas kalau nggak pakai ac. Perawatan berkala itu memang penting agar ac nggak gampang rusak.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 20, 2017, 7:58:00 AM

Wah biaya listriknya mahal ya mba. Tetap semangaat :)

Reply Delete
Avatar
tutyqueen Aug 20, 2017, 7:08:00 PM

nggak bisa dibayangkan tidur malam tanpa AC, susah banget tidurnya suka gerah gitu mak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 21, 2017, 1:51:00 PM

Mungkin karena sudah kebiasaan ya mba Tuty

Reply Delete
Avatar
Nur Azizah Aug 21, 2017, 2:25:00 PM

Kemaren aku habis ikut acara launching produk AC daikin. Kalo versi terbarunya bakal lebih irit di bandingkan dengan AC yang lain. Cara perawatan nya pun gampang banget hanya cukup cuci AC setiap 3 bulan sekali.

nurazizahkim.blogspot.com

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 24, 2017, 6:59:00 AM

Wah serunya bisa ikutin lauchingnya mba :)

Reply Delete
Avatar
mpo ratne Aug 21, 2017, 6:39:00 PM

Perawatan berkala bikin ac awet dan gak cepat rusak. Pemakaian suhu selain bikin badan gak kedinginan juga bisa gak sering kerokan.

Reply Delete
Avatar
Bima Widjanata Suwaji Aug 21, 2017, 9:34:00 PM

Wah makasih banget tipsnya
Kalau lagi di Jakarta sih pasti butuh banget nih yang namanya AC, tapi kalau di kampung dinginnya udah alami hihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 24, 2017, 7:00:00 AM

Aku kalau di kampung pakai angin cepoi cepoi

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri Aug 22, 2017, 10:48:00 AM

Tips nya oke bingit mbak Alida 😁 aku ga bisa tidur kalo gerah2 gitu. Biasanya suhu AC aku tuh sekitar 23 derajat C 😊 Servis berkala tiap 4 bulan atau 6 bulan sekali.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 24, 2017, 7:00:00 AM

Ya ampun itu mah dingin banget mba Nurul. Hahaa

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti Aug 23, 2017, 12:01:00 PM

Rumah yang kuhui dikitari kebun mba, jadi AC nya alami ajaah, heheh

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi Aug 25, 2017, 10:59:00 AM

Kbetulan pak suami bergerak di bidang ac wkkkk, jd klo per ac ac an akika tinggal colek blio aja mb lid

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 1, 2017, 11:12:00 AM

Waah asikkk dapat diskon #Eh. HAhhaa

Reply Delete
Avatar
Ernawati Lilys Aug 27, 2017, 6:59:00 AM

iya mba butuh AC, klo siang panas sekali di tempat tinggalku

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 1, 2017, 11:12:00 AM

BIar bisa bobok nyenyak yaaa :p

Reply Delete
Avatar
Bunda Erysha Sep 1, 2017, 5:25:00 PM

Wah makasih mba tipsnya. Saya sih belum pernah pake AC karena saya besar d bandung dan di daerah dingin. Tetapi ketika saya tinggal di jakarta dan baru pindah. Saya baru sadar ternyata kami butuh AC krna di jakarta itu panas banget sampe anak saya kena biang keringat parah. Akhirnya dibawa lg k bandung utk pngobatan dan pemulihan. Dari sana saya baru sadar bahwa AC jd hal kbtuhan utk kesehatan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 15, 2017, 9:54:00 AM

Nah iya sama kayak anakku tuh mba. Kena biang keringat parah dan teryata emang faktor udara yang panas

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Sep 2, 2017, 8:39:00 AM

wah betul ya, aku jarang nih perawatan AC,

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 15, 2017, 9:55:00 AM

Hayuk perawatan yuk mba Tira :)

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih Sep 13, 2017, 8:59:00 AM

iya ya harus dirawat berkala supaya awet

Reply Delete
Avatar
Amallia Sarah Sep 13, 2017, 10:40:00 AM

Mba makasih ya tipsnya, biar AC ku dirumah awet. Suka rungsing Rayyan klo panas, huhuhu

Reply Delete
Avatar
Elva Sep 14, 2017, 9:59:00 AM

Thank's tipsnya mbak, setidaknya jika nanti saya menggunakan AC sdh punya ilmunya dalam merawat AC

Reply Delete
Avatar
Happy Ummi Sep 14, 2017, 3:56:00 PM

makasih tipsnya mbak,
iya betul barang apapun kalo mau awet harus dirawat secara berkala
sayang duitnya ya kalo beli terus hehee

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya Sep 14, 2017, 5:01:00 PM

aku gak pake ac, alergi dingin ya mak, tipsnya bisa dipraktekkin untuk rumah ortuku yg full ac nih

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah Sep 15, 2017, 4:26:00 AM

Cimahi mah tambah dingin kalau pake AC hehe.. Alhamdulillah jd ga perlu AC, tapi tips nya oke nih :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 17, 2017, 7:02:00 AM

asik ya kalau udaranya dingin enaakk

Reply Delete
Avatar
Anisa Ae Sep 15, 2017, 3:27:00 PM

Aku gak tawar ma ac. Tapi udara di sini udah dingin. :'D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 17, 2017, 7:02:00 AM

di Malang emang udaranya udah dingin ya

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri Sep 15, 2017, 9:29:00 PM

Aku juga pakai AC di 3 kamar tidur. Rasanya ga enak kalau sudah kebiasaan bobo dengan suhu sejuk dingin hehehe.

Reply Delete
Avatar
Hisafu Sep 22, 2017, 10:57:00 AM

emang ya oerawatan ac tuh penting banget.. dl pas tinggal sama orang tua gak ngurusin.. sekarang udah tinggal sendiri jd lbh ngerti deh.. drpd rusak ganti batu mending cape2 buat maintenance nya deh..

Reply Delete
Avatar
Nova Violita Sep 22, 2017, 12:59:00 PM

Biasanya kalo udah gak dingin lagi atau baunya nggak fresh lagi harus melakukan perawatan dan pembersihan ya mba..


Takutnya ngga sehat.

Reply Delete
Avatar
Muthmainnah yuria Sep 22, 2017, 5:41:00 PM

Wah..sy pengen pasang juga nih mba..
Tapi takut masuk angin..hahahaha
Soalnya tiap kena ac pasti kerokan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 23, 2017, 6:21:00 PM

Pakai selimut biar hangat, mba . Hehhe

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti Sep 22, 2017, 6:54:00 PM

Lagi banyak-banyak baca artikel tentang AC nih mbak. Kepikiran buat pasang AC di kamar euy. Mataram panasnya udah gak ketulungan. Huhuhuhu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2017, 11:43:00 AM

Iyaa emang skarang lagi panas-panasnya yaa

Reply Delete
Avatar
Utie adnu Sep 23, 2017, 5:32:00 AM

Bner mba dulu waktu d jkarta minimal 1 th sekali AC d service biar freonnya awet ktny, tp skrg dh gk pakai AC krn anakku elergi dingin..

Reply Delete
Avatar
Eni Rahayu Sep 23, 2017, 7:32:00 AM

Thx tipsnya mbak... Tapi sy belum pakai AC karna suhu di tempat tinggal sy masih dingin. Hehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2017, 11:44:00 AM

Waah ada juga yang alergi AC ya mba

Reply Delete
Avatar
Helenamantra Sep 23, 2017, 9:26:00 AM

Scrollingnya panjaaang. Oh jadi freon ga bisa habis? Tapi kenapa tukang servisnya bilang harus isi freon ya?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2017, 11:44:00 AM

Nah aku juga heran mbaaa. Hehehhe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 29, 2017, 11:44:00 AM

Naah, aku juga heran mbaa. Hehhehe

Reply Delete
Avatar
Christanty Putriarty Sep 23, 2017, 5:03:00 PM

Seneng bgt baca tips ttg AC.semoga bisa punya AC yg awet deh mbk

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie Sep 25, 2017, 1:35:00 AM

Aku ga punya AC di Bandung, kalo mau tinggal buka pintu langsung AG, angin gelebug hihii.

Btw emang bener ya mak, perawatan berkala sangat dianjurkan sekali, biar awet yaaa AC nya.

Reply Delete
Avatar
Ika Puspita Sep 26, 2017, 10:04:00 PM

Semarang panas banget, makanya aku beli kipas angin sampe 3 biji, haha.

Semoga ada rezeki bisa beli AC

Reply Delete
Avatar
sari widiarti Sep 29, 2017, 8:05:00 AM

kalau masalah AC udah ada jadwal untuk bebersih, tapi ya itu, debunya selalu bikin sebel, bikin cepet untuk dibersihkan :D

Reply Delete
Avatar
Jun Joe Winanto Sep 29, 2017, 11:38:00 AM

Sejuuukk... Pengen ah ganti AC sama yg ini.

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad Sep 29, 2017, 12:15:00 PM

Benerrr banget, maintenance AC penting supaya umurnya panjang

Reply Delete
Avatar
Ira duniabiza Sep 29, 2017, 12:18:00 PM

Hihii idealnya di 25-26 ya. Tapibsyaa malah seringnya nyetel di 28 hahaa.. jadi AC di rumah kami bukan buat pendingin tapi buat penstabil ruangan..

Reply Delete
Avatar
Keluargamulyana.com Sep 29, 2017, 1:04:00 PM

Kalo di rumah dibiasakan hanya menggunakan AC saat malam, kalau siangnya cuaca baru benar2 panas baru pasang AC itupun cuma sebentar. Itung2 hemat listrik juga 😁

Reply Delete
Avatar
Miranti Sep 29, 2017, 1:30:00 PM

Iya nih kendalanya pemakaian yg tak terkontrol, apalagi punya batita aktif yg (perasaan) kalo bobo siang pake AC tidurnya lebih nyenyak. Maklum kami belum lama balik hijarah dari bdg ke tng yg cukup ekstrim bedanya.

Reply Delete
Avatar
Hairi Yanti Sep 29, 2017, 1:57:00 PM

Saya ngebersihin ACnya pas AC kena masalah. Huhuhu... harusnya rutin ya mbak :-)

Reply Delete
Avatar
Hadi Prayitno Sep 29, 2017, 5:03:00 PM

Terima kasih kak atas tipsnya. Nanti tak coba di kantorku. Di rumah pakai kipas angin soalnya 😉

Reply Delete
Avatar
On Off Sep 29, 2017, 9:43:00 PM

Your blog information is very good and unique Tips 4 Student

Reply Delete
Avatar
cuap - cuap Widhie BBF Sep 30, 2017, 3:10:00 AM

Meskipun belum punya ac tapi kudu di simpen informasinya...makasih ya mba..

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Sep 30, 2017, 6:44:00 PM

Sebelumnya yang saya tau, AC kurang dingin itu karena suhunya ketinggian atau emang cuaca lagi cukup panas. Ternyata ada sistem PK yang berpengaruh ya, Mba. Mesti detail berarti ya kalau mau beli AC.

Reply Delete