6 Tempat di Cirebon yang Wajib Dikunjungi di Musim Panas

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

6 Tempat di Cirebon yang Wajib Dikunjungi di Musim Panas


Ingin liburan tapi sisa cuti hampir habis? Saya banget! Untungnya di bulan September 2017 adalah waktu yang tepat untuk berlibur. Bulan September termasuk musim panas yang merupakan waktu yang tepat untuk liburan. Jadi, ada dua tanggal merah dalam bulan September yakni Jumat, 1 September (libur Idul Adha) dan Kamis, 21 September (Tahun Baru Islam). Jika ingin libur tiga hari tanpa cuti, saya akan pilih tanggal libur pada Jumat-Minggu, 1-3 September 2017. Jika ingin libur 4 hari, saya hanya perlu mengajukan cuti pada Jumat, 22 September maka saya bisa libur sejak Kamis-Minggu, 21-24 September 2017. Rencananya saya akan memilih menikmati liburan pada tanggal 21-24 September 2017. Asyik banget kan? 


Baiklah, tanggal liburan sudah ada. Lalu, kota mana yang bisa menjadi pilihan liburan saya? Saya sih inginnya kotanya tak jauh dari Jakarta agar tak capek di jalan. Dan akhirnya, Cirebon menjadi kota pilihan yang akan saya kunjungi di musim panas ini. Mengapa Cirebon? Dari Jakarta, akses menuju Cirebon dapat ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi ataupun kereta api. Jika menggunakan mobil pribadi, perjalanan dari Jakarta ke Cirebon hanya membutuhkan waktu 3-4 jam saja. Sedangkan jika memilih menggunakan kereta api, waktu yang dibutuhkan juga hampir sama yakni 3-4 jam. Rencananya, saya akan berkunjung ke 6 tempat di Cirebon saat liburan musim panas ini. Penasaran tempat mana saja yang akan saya kunjungi? Berikut adalah 6 tempat yang akan saya kunjungi di Cirebon :

Berburu Batik Trusmi
Datang ke Cirebon dan nggak mampir ke Batik Trusmi? Rugi banget! Batik Trusmi Cirebon ini terletak di Jalan Syekh Datul Kahfi, Weru Lor, Plered, Cirebon dan merupakan sentra penjualan batik khas Cirebon. Motif Batik Trusmi Cirebon lebih abstrak dan memiliki warna yang lebih cerah seperti merah, biru dan hijau. Di sana banyak terjual beraneka batik untuk segala usia. Harganya pun bervariasi. Tak hanya berburu batik saja melainkan juga bisa belajar membatik.  Seru kan? 
 
Batik Trusmi. Sumber foto : Viva.co.id

Belajar Sejarah di Keraton Kasepuhan Cirebon
Tak lengkap rasanya jika tak mampir di Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan ini terletak di Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Keraton ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Stasiun Kereta Api Kejaksan dan 30 menit dari Terminal Bus Harjamukti Cirebon. Datang ke Keraton Kasepuhan, membuat saya akan kembali belajar tentang islam di Cirebon. Tak hanya itu saja, di Keraton Kasepuhan ini juga terdapat  Museum Benda Kuno yang berisi benda-benda kuno keraton dan ada juga Museum Kereta Bangunan. Museum Kereta Bangunan ini tersimpan kereta-kereta dan barang lainnya.
 
Keraton Kasapuhan. Sumber foto : kompas.com
Wisata Religi di Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Jangan lupakan wisata religi jika berkunjung ke suatu kota. Nah, rencananya, saya akan melakukan wisata religi di Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Nama lain Masjid Agung Sang Cipta Rasa aala Masjid Agung Kasepuhan karena lokasinya dekat dengan Keraton Kasepuhan. Masjid ini merupakan Masjid tertua di Cirebon karena dibangun sekitar 1480 dengan Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga sebagai arsiteknya. Arsitekturnya mirip dengan Masjid Agung Demak karena Cirebon merupakan salah satu kota wali dan pusat penyebaran agama Islam. Salah satu keistimewaan masjid ini karena masih berlangsungnya tradisi "azan pitu". Azan pitu adalah adzan yang dikumandangkan oleh tujuh muadzin secara bersamaan. Kini, azan pitu dikumandangkan menjelang salat Jumat.
 
Masjid Agung. Sumber foto : Cirebonmedia.com
Wisata di Taman Air Gua Sunyarangi
Tempat ini merupakan tempat peristirahatan Keraton Kasepuhan dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang. Tempat wisata ini terletak di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Cirebon dan buka mulai 10.00-18.00 WIB. Jika datang ke Taman Air Gua Sunyarangi, jangan lupa siapkan tenaga dan makanan dan minuman secukupnya. Mengapa? Luas Taman Sari Goa ini adalah 1,5 hektar dan hanya dapat ditempuh dengan cara berjalan kaki menelusuri taman hingga menaiki anak tangga bangunan.  Kabarnya, Taman Air Gua Sunyaragi didirikan pada 1703 oleh cicit dari Sunan Gunung Jati. Di Taman Sari Gua Sunyaragi ada beraneka goa seperti Goa Peteng, Goa Pengawal, Goa Pawon, Goa Arga Jumut, dan beberapa goa lain. Pintu goa didesain dengan bentuk pintu yang rendah sehingga mengharuskan wisatawan untuk merunduk ketika memasuki goa. Hal tersebut memiliki filosofi bahwa setiap manusia hendaknya menghormati ketika memasuki tempat ini.
 
Gua Suryaragi. Sumber foto : Indonesiakaya.com
Makan di Nasi Jamblang Mang Dul
Saya kemudian terbayang makan nasi di atas daun jati. Emang ada? Ada dong! Salah satu kuliner khas Cirebon adalah nasi jamblang. Uniknya, jika makanan lain langsung disajikan di atas piring, nasi jamblang disajikan di atas daun jati. Jadi, satu porsi nasi dibungkus daun jati. Apabila ada yang akan makan, bungkusan daun jati itu dibuka kemudian ditambahkan aneka lauk pauk. Lauk pauknya beragam mulai dari ayam goreng, tahu dan tempe, sate telur puyuh dan masih banyak lagi. Nah, salah satu rekomendasi nasi jamblang yang enak adalah Nasi Jamblang Mang Dulu yang terletak di Jalan Cipto Mangunkusumo No 4, Cirebon. Tempat makan ini sangat mudah di akses karena terletak di pusat kota Cirebon.
 
Nasi Jamblang

Kuliner Empal Gentong
Apakah hanya ada kuliner nasi jamblang saja di Cirebon? Tentu tidak!. Salah satu kuliner yang wajib dicicipi adalah empal gentong. Empal gentong adalah olahan daging sapi yang menyerupai gulai. Warna kuahnya tak bening dan berisi daging sapi hingga jerohan daging sapi. Kuliner ini dinamakan empal gentong karena dimasak di panci yang terbuat dari tanah liat. Salah satu rekomendasi empal gentong adalah empal gentong Amarta yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 37 Battembut, Kabupaten Cirebon.   
 
Empal Gentong. Sumber foto : Vivanes.com
Nah, itu 6 tempat yang wajib saya kunjungi di musim panas ini. Teman punya rencana liburan namun binggung mau kemana? 
  




91 comments

Avatar
Inda Chakim Aug 18, 2017, 5:38:00 AM

Cateeetttt,
Klok ke cirebon mampir2 ke temoat2 ini ah,
Makasih sharenya ya mbk alida, :)

Reply Delete
Avatar
Lia Lathifa Aug 18, 2017, 8:12:00 AM

kemarin sempet itinenary ke Cirebon, tapi kok ragu-ragu karena bingung mau kemana dan apa yg dikunjungi, ternyata ada ya destinasi yg patut dicoba datangi :)

Reply Delete
Avatar
Dian Safitri Aug 18, 2017, 9:30:00 AM

Huaaaa Cirebon! Jadi pengen ke Cirebon lagi, Mbak.

Reply Delete
Avatar
Jasmi Bakri Aug 18, 2017, 11:32:00 AM

Aduh, nyesel saya gak jadi ke cirebon waktu pas masih kuliah di Bandung. Udah di iming2i makan nasi jamblang tapi tetap aja gak ikut. Empal gentong udah pernah makan dong saya dalam bentuk mie instant. haha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 18, 2017, 5:42:00 PM

Hahaha hayuuk dicoba mampir kalau ke Cirebon,mba :)

Reply Delete
Avatar
Jasmi Bakri Aug 24, 2017, 9:03:00 AM

kalo ke cirebon, meet up yuk mbak.. hihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 24, 2017, 1:12:00 PM

Oh iya mba penghuni asli Cirebon ya, Hhehehe.
InsyaAllah siap :)

Reply Delete
Avatar
Jasmi Bakri Aug 25, 2017, 8:49:00 AM

Saya kira mbak rach yang pribumi cirebon. ^^

Reply Delete
Avatar
indah nuria Savitri Aug 18, 2017, 5:33:00 PM

Ini kampung kakekku dari alm papa mbaaa.. inget jaman kecil ke sini.. ke Keraton, gua Sunyaragi, makan jamblang dan empal gentong. Kangeeen

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 7:31:00 AM

Wah jadi teringat memorti ya mba Indah :)

Reply Delete
Avatar
PIPIT Aug 18, 2017, 7:11:00 PM

Yang bikin ngiler, nasi jamblang!!
Terakhir makan nasi ini jaman kuliah, dan di jawa timur nggak ada nasi jamblang, yang banyak nasi pecel XD

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 7:31:00 AM

Aku baru kali pertama tuh makan nasi jamblang :)

Reply Delete
Avatar
ike yuliastuti Aug 18, 2017, 10:32:00 PM

belum pernah ke kota cirebon, semoga suatu saat nanti bisa kesana.

makasih ya mba sharednya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 8:28:00 AM

Aamin, mba Ike. SMoga bisa mampir ya :)

Reply Delete
Avatar
Ransel Usang Aug 19, 2017, 1:23:00 AM

Suka deh sama motif batik cirebon. Apalagi warnanya colorful. Pengen ke cirebon ah

Reply Delete
Avatar
Feriyana sari Aug 19, 2017, 6:43:00 AM

Syukaa banget kl diajak Ke sentra batik trusmi. Bisa belanja batik sepuasnya. Oiya di cirebon jg ada sentra jajanan, kalau gak salah namanya daerah plered.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 8:28:00 AM

Wah ini aku baru tau :)
Makasih mba Feriyana

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut Aug 19, 2017, 10:41:00 AM

pas banget! tempat2 itu yg pengen aku datengin kalo main ke cirebon kapan2. udah lama rencana ga jalan2 :(

Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi Aug 19, 2017, 5:29:00 PM

Aku pengen ke Cirebon lagi, soalnya kemarin ini belum banyak tempat yg aku datengin.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 8:37:00 AM

Iya banyak tempat menarik ya mba Liswanti

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Aug 19, 2017, 8:34:00 PM

Saya pengen ngayap ke Cirebon belom jadi2. Ketimbang tempat2 lain lokasinya emang lebih dekat sih.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 8:37:00 AM

Biar nggak capek di perjalanan. Hehehe

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah Aug 19, 2017, 9:23:00 PM

Ah jadi pengen main lagi ke Cirebon... :) Kangen empal gentongnya hehe..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 8:42:00 AM

Iya aku baru sekali mba makan empal gentongnya

Reply Delete
Avatar
dudukpalingdepan Aug 19, 2017, 11:10:00 PM

banyak yang menarik ya di Cirebon ^^ semoga suatu hari bisa kesana :)

Reply Delete
Avatar
Imaniar Hanifa Aug 19, 2017, 11:12:00 PM

Keraton sama Gua Suryaragi jauh nggak mbak? Aku penasaran pengen ke Cirebon :D

Reply Delete
Avatar
Dunia Faisol Aug 20, 2017, 5:45:00 AM

Semoga kapan-kapan bisa nyangkut di Cirebon, dan Explore hehehehe setelah Explore Petung di blogku mbak

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Aug 20, 2017, 4:23:00 PM

Waktu saya makan di Mang Dul gak disajikan pakai daun jati. Jadi rasanya kayak nasi biasa. Padahal kan katanya kalau pakai daun jati wanginya beda, ya. Tapi tetep seneng sih makan di sana. Enak dan murah meriah hehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 8:43:00 AM

Aku pas kesana tuh makan di Mang Dul ada daun jatinya mba. Nah iya murah meriah. hahaha

Reply Delete
Avatar
Wiwid Aug 21, 2017, 7:33:00 AM

Itinerary liburannya ke Cirebon kumplit banget, mbak Lid. Mulai dari wisata belanja, wisata religi, sejarah sampai kuliner lho! Sepaket ini sih namanya. Masukkan aku ke dalam kopermu mbak Lid.. Aku mau ikut!

Reply Delete
Avatar
Dewi Nuryanti Aug 21, 2017, 1:01:00 PM

Galfok sama empal gentongnya hahaha. Cirebon selalu membawa kerinduan tersendiri sich. Suasananya apalagi kulinernya. Desa Trusmi dan alun2nya. Wiiih. Ajak dong ke Cirebon wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Aug 21, 2017, 1:02:00 PM

Yaaa mau nasi jamblang sma empal gentongggg donggggg

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati Aug 21, 2017, 10:20:00 PM

Jadi pas musim panas ga usah ke pantai lagi ya. Bisa ke Cirebon banyak spot wisata yang bagus

Reply Delete
Avatar
Shine Fikri Aug 21, 2017, 10:29:00 PM

Ke cirebon udah lumayan sering, tapi yang bikin penasran dan belum kesampean sampe saat ini batik Trusmminya itu lho, menggoda iman 😂

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 1:19:00 PM

Hati2 hati kalap belanja ya mba Leyla. Hehhehe

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya Aug 22, 2017, 12:45:00 AM

pernah liat azan pitu di tipi, liat langsung kayaknya lebih gimana gituh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 1:20:00 PM

Aku belum pernah dengar langsung sih mba

Reply Delete
Avatar
Ade ufi Aug 22, 2017, 3:51:00 AM

Wah pas banget nih, Mba. Besok aku idul adha mau ke Cirebon. Pas banget ada artikel ini. Ma kasih infonya, mba al.

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Aug 22, 2017, 5:23:00 AM

Yuk kapan ajak aku ngebolang, mba Alida? Cirebon deket laah

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi Aug 22, 2017, 7:47:00 AM

Waahh nambah lagi nih itinerary Cirebon, jadi kangen ke Cirebon lagi...nasi jamblang tuh emang endeuus mba..kalo kesana lagi nanti aku mau coba yang di mang Dul..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 1:40:00 PM

Iya. Aku saking penasaran makanya ke sana, mba, Hehhehe

Reply Delete
Avatar
dongeng naura Aug 22, 2017, 8:40:00 AM

Duhh jadi pengen nyicip2 makanan cirebon nih

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri Aug 22, 2017, 11:00:00 AM

Batik Trusmi ini ada di Plered ya? Coraknya bagus2 dominasi merah dan hijaunya keliatan banget. Mamahku punya nih cuma aku wkt itu ga bisa ikutan liburan ke Cirebon. Maksudnya musim kemarau ya mbak Alida? Hehehe emang panas sih ya cuacanya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 2:12:00 PM

Aku belum punya mba Batik Trusmi. Hhhehee

Reply Delete
Avatar
andreas Aug 22, 2017, 11:33:00 AM

waduh belum pernah ke cirebon, kapan2 kesana bareng keluarga lah.. pumpung dapet rekomendasi tempat bagus
makasih infonya ya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 2:13:00 PM

Asiik. Langsung meluncur ya mas :)

Reply Delete
Avatar
Inge Lakawa Aug 22, 2017, 12:12:00 PM

wah asik yaa :D saudaraku tinggal di cirebon, kalau pas lagi kesana cuman mampir ke rumah dia sebentar terus pergi lg hehehe. Mungkin perlu di coba nih yg di list itu kalau pas ke sana lagi :D

have a nice day
www.luchluchcraft.com

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 2:13:00 PM

Hayuk. Sayang kalau nggak mampir ke Cirebon, mba :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Aug 22, 2017, 1:14:00 PM

lagi kecil aku suka ke Cirebon tapi cuman ke Taman Ade Irma sama Grage hahaha dan paling enak kesana itu khasnya Empal Gentongnya endesss banget mba jadi ngiler bayanginnya :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 2:14:00 PM

MAkannya enak pas panas-panas dan pedes, mba. Hehhee

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari Aug 22, 2017, 4:43:00 PM

Aku suka ke Amarta.. Tapi aku lebih favorit empal asem mba daripada empal gentong.. Seger soalnya.. :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 2:14:00 PM

Aku belum pernah mencoba empal asem, mbaa

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Aug 22, 2017, 4:44:00 PM

Wuaaah pengen ke Cirebon, sayang blm ada kesempatan. tengkyu rekomendasi tempat2nya, moga kapan2 bisa ke sana, btw Airy ada di Cirebon gak ya? Ngarep penginapan murce hahaha

Reply Delete
Avatar
Diah Kusumastuti Aug 22, 2017, 7:07:00 PM

Nasi Jamblang dan Empal Gentong-nya menggugah selera banget, Mbak... Hehe..
Btw baru tau tentang tempat-tempat menarik dan kuliner di Cirebon dari tulisan mb Alida ini. Makasih sharingnya, Mbak :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 23, 2017, 2:15:00 PM

Terima kasih sudah mampir mba :)

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin Aug 22, 2017, 11:44:00 PM

Bisa jadi referensi kalau ke Cirebon nih. Sejauh ini sih belum pernah ke sana cuma kalau nyobain makanannya udah. Hehehe. Suka banget sama empal gentong!

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti Aug 23, 2017, 11:49:00 AM

Yuhuuy Cirebon, aku beberapa kali ke Cirebon, belum sempat ke trusmi malahan

Reply Delete
Avatar
Elva susanti Aug 24, 2017, 10:55:00 AM

Kalau saya sih liburan biasanya maen ke rumah ipar mbak :D. Cirebon-Depok kira2 berapa jam perjalanan ya? mau dong ke sana

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi Aug 25, 2017, 10:58:00 AM

Dari dulu cita2 bgt pingin mbolang ke cirebon, secara nark kereta aja cepet, tp blom jd2...cuma sekilas lewat setiap mudik hiks

Reply Delete
Avatar
jagungmanis Aug 27, 2017, 1:54:00 PM

saya barusan balik dari Cirebon. Yang menarik buat saya sih bangunan tua yang masih banyak di sana. bagus-bagus.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 31, 2017, 2:10:00 PM

Aih, jadi penasaran pengen berkunjung lagi ke Cirebon

Reply Delete
Avatar
Yurmawita Aug 27, 2017, 2:06:00 PM

Cirebon terkenal sama tempat wisata kuliner dan sejarah juga ya mba, semoga suatu waktu bisa ke sana

Reply Delete
Avatar
Sie-thi Nurjanah Aug 28, 2017, 11:45:00 AM

Cirebon identik dengan wisata religi dan budaya. Saat ke sana saya baru tahu klo motif mega mendung asalnya dari Cirebon

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Aug 31, 2017, 2:10:00 PM

Nah, ini aku malah baru tahu mba :)

Reply Delete
Avatar
Alma Wahdie Aug 28, 2017, 10:36:00 PM

Pengen deh ke Taman air itu. Bagus bangeet presentasi fotonya. Jadi pinisirin hehehe

Reply Delete
Avatar
Melinda Niswantari Aug 31, 2017, 9:44:00 AM

Kalau pulang kampung lewat sini, tapi belum pernah bener-bener jalan-jalan ke Cirebon. Seringnya mampir ke empal gentong H. Apud hehe, next bisa jadi rekomendasi juga nih Empal Gentong Amarta dan Nasi Jamblangnya juga :)

Reply Delete