Kamis, Oktober 05, 2017

Mulia Wisata Kudus, Alternatif Tempat Liburan Keluarga di Kudus

Saya pernah berkunjung ke kolam renang saat long weekend. Dampaknya, teryata ramai sekali. Sebetulnya saya inginnya balik saja ke rumah tapi udah terlanjur janji ke anak untuk menemaninya berenang di sebuah kolam renang dekat rumah. Alhasil, mau tak mau hanya berenang sebentar saja. Jadi, kalau diminta berenang lagi saat libur long weekend, biasanya saya sih mikir-mikir. 

Tapi, lebaran tahun ini saat salah satu sepupu saya dari Surabaya datang ke Kudus dan mengajak berenang di waterboom, saya pun sulit menolak. Apalagi anak dan keponakan-keponakan juga senang banget saat di ajak berenang. Siapa yang mampu menolak permintaan anak-anak lucu dan menggemaskan itu?

Patung selamat datang
Tapi masalahnya, saya nggak tahu waterboom di Kudus. Maklum, selama mudik di Kudus, saya tak pernah berkunjung di kolam renang atau sejenisnya. “Tenang aja, Chi. Nanti liat di google map,” kata sepupu saya. Good idea!. Oh ya tapi sebelumnya adik ipar saya menyebutkan tiga tempat berenang yang ia ketahui, walaupun belum pernah ia kunjungi.

Jadi, berkat google map, akhirnya kami pun tiba di Mulia Wisata Kudus sekitar pukul 08.20 WIB. Perjalanan dari rumah ke lokasi hanya sekitar 20 menit. Nah pas kami tiba, hanya tiga mobil yang terparkir. Patung kingkong (atau gorilla?) yang berada di bagian atas gedung terlihat menonjol.

Harga tiket masuk Mulia Wisata Kudus adalah Rp 25 ribu. Ini harga untuk anak-anak di atas 85 cm dan untuk orang dewasa. Kalau renang pukul 17.00-22.00 WIB, harga tiket masuknya Rp 15.000.


Awalnya saya mengira, tempat berenang itu akan penuh. Teryata dugaan saya keliru.  Suasana di dalam kawasan tempat wisata masih lenggang. “Wah, teryata ada kolam dewasa. Tahu gitu, aku bawa celana renang,” kata suami saya. Nah, kami pun tak ada yang tahu kalau di Mulia Wisata ini ada kolam renang dewasa. Biasanya, waterboom hanya lebih banyak tempat mainan anak dan dewasa saja.

Ya sudah, karena suami tak membawa celana renang, ia hanya mengamati saja dari jauh. Om dan sepupu saya kebetulan membawa celana renang sehingga mereka pun asyik berenang.

Adik sepupu saya yang baru duduk di kelas 6 SD sangat mahir berenang.  Saya lihat dia berulangkali berenang dengan cepat dan lincah sepanjang kolam renang dewasa. Ayyas dan ketiga keponakannya kemudian memilih bermain air di kolam kolam yang ada plorosotan. Keasyikan main, salah satu sepupu Ayyas, Viki, mengaku kedinginan sehingga ia memilih selesai berenang. Hal yang sama kemudian di lakukan oleh Untsa, sepupu Ayyas lainnya.

Abis berenang jadi lapar
Hanya tersisa Ayyas dan sepupunya Iza yang masih bermain di kolam renang. Ayyas sebetulnya lebih senang berenang daripada main perosotan. Alhasil, saya berulangkali menjaga dia berenang. Setelah berenang di kolam renang setinggi dada anak-anak, Ayyas pun diajak berenang oleh om saya di kolam renang dewasa. “Ayok dek berenang disini saja,” kata om saya. Saya menemani di pinggir kolam karena kolam renang itu hampir setinggi badan saya.



Ayyas untungnya dibantu oleh om saya untuk belajar mengapung. Kaki digerakkan seperti gaya bersepeda. Sedangkan tangan digerakkan seolah mengayun juga. Ayyas mencoba beberapa detik dan berhasil. Kemudian dia berlatih lagi mengapung agak lama. Alhamdulillah berhasil satu menit.

Fasilitas apa saja yang ada di Mulia Wisata Kudus?

Kolam renang dewasa
Yap, seperti yang tadi saya bilang, ada kolam renang dewasa dengan kedalaman 140-180 cm. Pengen lompat ala atlet renang? Bisa di kolam renang ini ya.



Sewa gazebo
Gazebo yang lebih luas harganya lebih mahal daripada gazebo yang agak kecil (ya iyalah). Hehhe. Hanya saja kondisi gajebonya agak kurang bersih. Tampak beberapa genangan air dan sampah serta daun-daun yang berserakan. Tapi karena adanya sapu, akhirnya saya memutuskan untuk membersihkan sendiri.

Kolam permainan anak
Aneka permainan di kolam renang ada di Mulia Wisata Kudus. Salah staunya ember tumpah yang seru banget saat main bersama Ayyas dan keponakan. Selain itu juga ada kolam arus di samping kolam renang. Hanya saja arusnya sama sekali tak ada. Jadinya saya bertanya-tanya, ini kolam arus atau bukan ya? HHehhe.


Soal makanan?
Oh ya jangan kuatir soal makanan. Untuk ke sana kita bisa membawa masuk makanan dan minuman. Tapi kalau mau membeli makanan pun bisa karena banyak makanan yang dijual. Salah satunya adalah tahu pedas yang di jual dalam keadaan panas dan rasanya enak.  

Mulia Wisata Kudus kini bisa menjadi salah satu tempat liburan yang pas untuk berkeluarga saat berkunjung ke kota Kudus. Tempat ini bisa menjadi tempat untuk outbond, training, meeting dan gathering.

Mulia Wisata Kudus
Jl. Raya Kudus-Colo KM 12, Lau, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
082341107000, 08574084600  


Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

38 komentar:

  1. Seru ya mbak tempat wisatanya, maulah saya main ke Kudus

    BalasHapus
  2. kalau dapetin permintaan dari bumil yg lucu & menggemaskan bakal nolak ngga mbaaa? hahahhaha #ngelunjak
    Kapan ya aku ke kudus, kayaknya jarang banget ke daerah jawa timur or tengah karena jarang ada saudara disana :D ajak2 dong mbaaa #ngelunjaklagiii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAyuuk mbaa. InsyaAllah smoga berkesempatan main ke Kudus, mba. Ntar ajak aku ke Hongkong ya mbaa. Hahhaa

      Hapus
  3. Waktu perjalanan darat ke Bali 2 tahun lalu, kami sempat melintas di Kudus. Gak tau kalau ada tempat main asik begini, kalau tau enaknya mampir nih
    Kapan-kapan diulang lagi ah khusus eksplore Kudus

    BalasHapus
  4. Aku setahun sekali ke Kudus, belum pernah diajak jalan-jalan sama adikku, hehehe

    BalasHapus
  5. Bisa jadi reverendi kalau maen ke kudus nanti nih.. Nice info teh..
    Kudus kulinernya apa ya, Teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget kulinernya Kudus, mas. Selain soto KUdus yang memang enaak

      Hapus
  6. Kalau Kudus ingatnya langsung ke soto hehehe. Tapi saya bleum pernah ke Kudus :)

    BalasHapus
  7. Asyik Mbak kalau week end sepi, biasanya sudah kayak sarang tawon ya saking penuhnya peminat kolam renang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah aiyaa, enak banget ini mbaa Niar :)

      Hapus
  8. Aku baru sekali ke Kudud buat kondangan, baru nyobain garang asem doang. Padahal penegn icip soto di Kudus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib tuh ke Kudus makan Soto Kudus, mba :)

      Hapus
  9. Belum pernah eksplore Kudus kalau melewati atau hanya sekedar melintas pernah sih. Selama ini belum ada sih yang menggoda dengan pesona Kudus. Nah baru tulisan ini nih yang bikin jadi kepo ttg Kudus wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk main lagi ke Kudus ya mba Dewi. Banyak hal menarik di Kudus

      Hapus
  10. Wah, lebaran tapi kolam renangnya sepi gini. Ajaib banget deh. Tapi Kudus kabarnya emang sepi ya. Bukan cuma kolam renang, kotanya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rame mba. kalau malem macet banget. Hhhehehe. Iya ini mungkin karena aku kepagian juga mungkin ya

      Hapus
  11. Seneng banget klo nggak ramee. Kadang bikin males mba, jalan2 pas liburan 😅 tapi dilema ya. Anak2 mau refresh kaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah jadinya tetap maksa buat refreshing ya mba. Hehhe

      Hapus
  12. Udah lahh gak mau baca lagi bikin sedih detail nya bikin iri pengen langsung oake pintu doraemon.Ayyas bisa nih ajak Babam kn suka banget berenang klo Babam big ni. Susah banget diajak renang ke kolam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Babam kalau renang ama kak Ayyas pasti betah bangeet

      Hapus
  13. Aku ga bisa renang dan Neyna belum sekalipun injakkan kaki ke kolam wkwkwkwk *mamak macam apalah daku ini :p klo mau ke Kudus ajakin ya ummi :* Ngareeeeppp hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhahaaa Neynaaa sini sama Ummi Ayyas ajaa. Hayuk aku traktir gratisan kalau ke Kudus. All you can eat deh :p

      Hapus
  14. Yah gak ada sanak saudara di Kudus, kesempatan main ke kudu kayaknya nol koma sekian persen nih. Hahaha. Tapi kolam renangnya asik bgt ya sepi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Puas banget bisa main renang ke sini ya mbaa

      Hapus
  15. Terpesona sama kolam renangnya, sepi bisa relaks dan menikmati suasana ga kaya di Jakarta selalu rame sama penuh huhu.

    BalasHapus
  16. semoga bisa segera ke kudus

    BalasHapus
  17. Mayan ya kak jadi bisa refreshing bareng keluarga disini :)

    Disini juga tersedia tmpt penitipan barang kan ya kak? Biar gak rempong barang takut ilang hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang cek nih mba. Tapi sepertinya ada ya mba :)

      Hapus
  18. Woooooww di Kudus ada waterboom juga 😊 Kelihatan bersih gitu air kolamnya ya aku jadi ga sabar nyebur. Seperti biasa aku paling suka berenang. Oh ya kolam dewasanya 140-180cm lumayan juga. Cocok buat kita2 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mba Nurul Sufitri. Ih aku nggak berani ke kolam dewasannya

      Hapus
  19. asyik ya mba kolam renangnya, pengen banget berenang di sana, entar mau liburan ke kudus aja deh, bayar masuk ke dalam kolam renangnya bayar berapa mba ?

    BalasHapus
  20. Coba deh ke Colo. Tepatnya di petilasan Sunan Muria.

    BalasHapus