Mencicipi Enaknya Sop Ubi, Kuliner Khas Makassar

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Mencicipi Enaknya Sop Ubi, Kuliner Khas Makassar



“Chi kalau ke Makassar harus nyoba sop ubi,” kata ibu da, tante saya. Apa? Sop ubi? Setahu saya kuliner Makassar ya seperti coto makassar, sop konro, es pisang ijo. Kayak gimana tuh sop ubi? Apakah sopnya terbuat dari ubi?

Berbagai pertanyaan kemudian menghinggapi saya tentang sop ubi. Ketika saya sampaikan ke sepupu yang menemani, Ayu, dia mengaku sudah lama tak ke sop ubi, kuliner khas Makassar ini. “Tapi nanti dicari, chi,” kata Ayu.

Sop ubi 
Penasaran, saat ke Makassar akhir Desember 2019, saya menyempatkan diri mencoba sop ubi, kuliner khas Makassar. Sebelum ke sop ubi, kami istirahat di kawasan sekitar masjid terapung dan masjid 99 kubah sambil menunggu papa dan adik sepupu saya, Yahdi yang menunaikan shalat Jumat.

Setelah mereka usai shalat, kami pun meluncur ke sop ubi ini. Lokasinya hanya sekitar 5 menit naik mobil dari pantai losari. Lokasi rumah makan sop ubi ini agak terpencil yakni di lorong. Makanya, orang kadang juga lebih mengenalnya dengan nama sop ubi lorong.

Gang menuju sop ubi lorong
Sop ubi yang saya coba adalah sop ubi Hajjah Haniah yang telah ada sejak tahun 1963. Saya senang setiap kali datang ke suatu daerah, pasti menyempatkan diri untuk mencoba kuliner khas yang melegenda. Kemampuan mereka untuk mempertahankan kuliner khas menurut saya harus di apresiasi karena merupakan bagian sejarah daerah yang harus dipertahankan.


Bagian depan rumah makan sop ubi 

Mobil yang saya tumpangi sempat mutar kawasan itu dua kali karena nggak ada tempat parkir. Namun akhirnya kami parkir di seberang jalan yang kebetulan lagi kosong. Lorong menuju rumah makan sop ubi Hj Hasanah ini hanya cukup dilewati oleh satu orang. Sehingga harus bergantian untuk melewati lorong itu. Walaupun lokasinya yang seperti ini, sop ubi ini sangat dinikmati dan menjadi salah satu kuliner khas Makassar.

Saya sekeluarga 
Bangunan rumah makan Sop Ubi Hj Hasanah adalah bangunan dua lantai sederhana. Lantai pertama adalah ruang makan yang bisa menampung hingga lebih dari 15 orang. Saya memesan seporsi sop mie seharga Rp 25 ribu. Ayyas dan beberapa sepupu saya memilih untuk tidak memakai ubi. “Namanya sop ubi ya pakai ubi dong harusnya,” kata saya.

Namun karena seleranya minta tanpa ubi, akhirnya pun memesan sesuai pesanan. Pesanan tiba tak lama setelah kami memesan. Pas pesanan tiba, saya mengira sop ubinya porsinya sedikit. “Kayaknya harus makan lagi deh abis makan sop ubi ini,” pikir saya.

Eh teryata dugaan saya keliru!

Review Sop Ubi, Kuliner Khas Makasar

Satu porsi sop ubi kuliner khas Makassar ini teryata banyak banget menurut saya. Bayangkan saja, selain bihun ada juga potongan-potongan ubi kukus yang ukurannya nggak begitu besar tapi banyak. Belum lagi ditambah sebutir telur rebus yang pastinya sangat mengenyangkan.

Ubi ini seperti pengganti nasi ataupun kentang. Jadi, kalau sudah memesan sop ubi lengkap dengan ubinya, saya sarankan untuk tidak menambah nasi karena beneran kenyang banget!
 
Tampilan yang menggugah selera
Awalnya juga saya mengira sop ubi ini seperti sop biasa. Kayak sop ayam begitu. Teryata dugaan saya lagi-lagi keliru. Kuah sop ubi yang bening tanpa santan menjadi semakin enak dan rasanya lebih ‘ringan’ di lidah. Bawang gorengnya cukup banyak dan bagi saya yang tak terlalu suka bawang goreng, mau tak mau harus menyingkirkan dulu sebelum menikmati seporsi sop ubi.

Satu suapan pertama membuat saya merasa bahwa sop ubi ini enak. Dan hingga suapan terakhir, saya akan menyesal mengapa baru sekarang mencoba makan sop ubi ini. Dan saya nggak tahu kalau sop ubi ini adalah kuliner yang khas dari Makassar. Andaikan tahu, saya akan mencoba kuliner ini sejak awal pertama kali tiba. Untuk minum, ada berbagai minuman seperti minuman cepat saji dan lain-lain.

Kalau ada kesempatan ke Makassar, saya sarankan untuk mencicipi sop ubi ini. Teman-teman ingin mencicipi sop ubi, kuliner khas Makassar ?



Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

47 komentar

Avatar
Rohyati Sofjan 18/01/20 14.52

Saya baru tahu soal sop ubi, rasanya bikin penasaran. Yah, ubi biasanya sudah mengenyangkan karena kaya karbohidrat.
Ham segini jadi lapar dan pengen makan bihun rebus, sayang tidak ada ubinya, hi hi.
Harus googling untu tahu lebih banyak mengenai sop ubi.

Reply Delete
Avatar
Okti Li 18/01/20 15.23

Jadi pengen buat sendiri sop ubinya nih. Langsung cari resep dari internet, eh dapat. Padahal ubi di tempat saya banyak banget. Cuma ya dikukus gitu saja. Digoreng atau dibuat kue. Ternyata di Makassar dibuat sup ya ...

Reply Delete
Avatar
Dewa Ayu Inda 18/01/20 15.55

Mba kurang difoto bagian ubinya saya penasaran,pengen saya kuah piringnya biar ubinya kelihatan wkwk, murah ya 25 seporsi

Reply Delete
Avatar
Riawani Elyta 18/01/20 17.14

Ubinya ubi singkong yang putih atau yang kuning manis ? Wajib coba nih kalo kesana

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan 19/01/20 13.52

Sop ubi, dari baca judulnya saya menebak sebagai kolak, cuma beda bahasa aja. Eh ternyata salah, jadi kayak soto juga ya Mbak hasilnya? Ubi campur telor jadi gimana rasanya Mbak? 😁

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul 19/01/20 22.34

Sop uni ini seperti soto daging tapi kuahnya bening ya ini mbak.. tampak seger deh.. aku belum pernah ke Makassar mbak Al, semoga suatu saat nanti aku bisa ke makassar dan merasakan lezatnya sop ubi khas makassar ini

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 20/01/20 07.08

Waaah sop ubinya menariiik.. ubi cocok juga dengan kuah sup ya ternyata. Selama ini hanya kentang, lobak dan sayuran aja biasanya

Reply Delete
Avatar
Ida 20/01/20 09.38

Wah jadi penasaran nih dengan rasanya sop ubi pengen juga nyoba..

Reply Delete
Avatar
Linimasaade 20/01/20 10.30

Kulinernya unik banget mbak sop ditambah ubi. Rasanya pasti gurih manis.

Reply Delete
Avatar
Eka Rahmawati 20/01/20 10.51

Saya belum pernah ke Makassar, tapi kalau dengar namanya makanan yang khas Makassar yang saya tahu paling coto Makassar, palu butungm es pisang ijo, sama sop konro.

Mudah-mudahan ada kesempatan saya ke Makasaar suatu hari nanti biar bisa coba sop ubi heheheh

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 22/01/20 23.22

Nah sama nih, aku taunya ya hanya makanan itu aja yang khas Makassar. Di Semarang udah ada sih Daeng Baba yang jual coto Makassar, sop konro dan palu butung. Tapi kalau sop ubi belum ada. Pengin nih nyicipin ya. Seger gitu kayaknya

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 20/01/20 10.52

Uniknyaa...kuliner Indonesia yang sangat kaya dengan cita rasa pasti cocok di lidah. Hihii~

Kak Lidhaa...
Ini gak pakai nasi makannya?

Reply Delete
Avatar
Ujame Gaja 20/01/20 11.19

Serius bun, Ujame baca cerita ini sambil nelen ludah ngebayangin rasanya sop ubi ini. kayanya enak banget makan panas panas pas lagi hujaaan, duuuuh ngileeer... dan penasaran juga rasa ubi kalau di bikin sop jadi kaya gimana heheh

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta 20/01/20 11.55

Wah Mbak lidha dari jalan-jalan ke Makassar ya? Btw saya juga paling doyan nih makan sup ubi , udah enak, harganya juga masih ramah di kantong kan Mbak, hehe

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 20/01/20 13.31

Whuaaa..baru ngeh sop ubii, dipotong kotak2 ubinya, jadi penasaran rasanyaaa.
Haduh, kalo ke Makassar wajib mlipir sinii..

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 20/01/20 15.51

aku penasaran nih sama soup ubi, kebayangnya ubi itu manis lalu dipadu padankan sama kuah asin mmmm makin penasaran

Reply Delete
Avatar
lianny 20/01/20 17.15

Ooh aku juga baru tau kalau ada kuliner khas Makasar namanya sop ubi. Taunya cuma coto makasar, itu yang biasa sering kudengar.
Gimana ya rasanya sop ubi? jadi penasaran. Sepertinya enak dan nggak bikin eneg karena nggak pakai santan. Pasti tambah gurih juga karena ada taburan bawang merah gorengnya.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 20/01/20 20.15

aku kok ngiler liat sop ubi ini, karena aku belum pernah nyobain. Ini hanya ada di Makassar saja ya mbak? Semoga tahun ini ada kesempatan ya bisa main ke Makassar dan mencoba kuliner Makassar.

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 20/01/20 20.49

Nyobain sop ubi belum pernah. Tapi kadang-kadang, Ibuku masak sayur bening lalu ada ubinya. Kadang sayur asem juga. Suka-suka beliau sih

Reply Delete
Avatar
Movierall 21/01/20 06.14

wah, saya juga ada sodara di Makassar sih, pengen rasanya coba kulineran disini, tak terkecuali untuk mencoba kenikmatan sop ubi satu ini nih.

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 21/01/20 09.42

Lucu juga ya sop ubi ini :) Sepintas lihat di foto sih ada soun, telur ayam rebus gitu.... :D Iya dong setuju kalau ada kuliner khas begini kudu dicoba meskipun mungkin kurang menyukainya. Ada ubinya hihihihi... Aku bayangin kayak apa rasanya ya? Apakah mirip sop atau soto? hihihihi... Jadi mau deh.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 21/01/20 10.23

Huaaa, saya saja gak tahu tempat ini .... jadi malu *tutupmuka


:D

Ternyata ada yang jualan sop ubi sudah melegenda ya .. duh ke mana saja saya :D

Reply Delete
Avatar
dudukpalingdepan 21/01/20 11.28

Baru tahu nih ada ubi dijadiin sop. Kuliner Indonesia itu emang unik-unik banget ya. Jadi penasaran rasanya kayak apa. Terus lihat foto-fotonya malah jadi laper :D

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 21/01/20 12.24

Sop ubi adalah masakan khas Makassar yang tampaknya belum cukup dikenal ya Alida.

Jangankan di luar kota, bahkan orang Makassar sendiri pun tak banyak yang tahu tentang masakan yang satu ini katanya xi xi xi.

Berharap nanti ada juga sop ubi dari Makassar dijual dan dipopulerkan hingga setara dengan coto, konro, palubasa, dan berbagai sajian khas Makassar lainnya.

Sop ubi yang ini kayaknya home cooking ya, dan pasti enak karena sekalipun letaknya di sebuah gang sempit, namun sudah banyak pelanggan yang mengenalnya dan selalu meramaikan tempat ini. Buktinya, Alida ke sanaaaa!

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 21/01/20 13.31

Kalau saya sih jelas gak akan nambah nasi lagi. Ubi udah ngenyangin banget. Apalagi saya juga lagi less carbo :D

Reply Delete
Avatar
Diah Dwi Arti 21/01/20 13.35

Kirain ada resepnya juga mbak. Hehe...

Reply Delete
Avatar
Widyanti Yuliandari 22/01/20 07.34

Unik banget ini kulinernya. Wajib catat dan dicoba kalo nanti ke Makassar. Btw aku ngebayangin ubi nya tuh jadi mirip kaya kentang kalo di sup biasanya ya.

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara 22/01/20 07.50

Wah beberapa kali tugas ke Makassar belum pernah mencicipi sop ubi, dan tidak ada teman di Makassar yang merekomendaikannya pula. Lain kali kalau ke sana mesti di cari nih.

Samaan kita mbak, nggak suka bawang goreng. Beberapa waktu yang lalu di bawain oleh-oleh bawang goreng dari Palu, sampai sekarang masih utuh belum dibuka

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 22/01/20 11.13

Mbak baha ubinya ini ubi apa? Singkong atau ubi manis yang warna merah itu?

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara 22/01/20 15.26

Baru denger banget aku ada sop ubi kayak gini dan kayaknya enak banget ya ampun aku pengen coba jadinya

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 22/01/20 19.26

Mungin pengganti kentang ya mbak kalua di sini, di Makassar diganti dengan potongan ubi. Sama-sama jenis umbi-umbiannya tapi beda rasa pastinya sopnya ya

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 22/01/20 20.22

Sop Ubi aku baru dnger ini mba,, biasa dibuat kolak ya,, Makin penasaran mau coba. Ini bumbunya sama dengan sop biasa gak mba???

Reply Delete
Avatar
Echa 22/01/20 21.37

Manis asin berarti ya rasanya. Liat tampilannya kayak soto mie rasanya mungkin ya mba

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 22/01/20 21.47

OOo jd uninya tuh sebagai pengganti nasi/ karbo gtu ya mbak? Dibikinnya jadi kayak apa tu, kentang digoreng, tapi ini ubi digoreng gtu ya? Atau dibiarkan dikukus atau direbus gtu?
Mirip sama soto yang ada di Surabaya ya bening gtu kuahnya.

Reply Delete
Avatar
umimami 22/01/20 23.03

duu jadi ingin nyoba sop ubi, saya belum pernah nyoba Paling banter ubi digoreng , atau direbus^_^ Btw ini ubi kuning ya mba ?

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 22/01/20 23.09

Saya baru tahu adanya sop ubi ini, Mbak. Jadi penasaran dengan rasanya. Kalau dilihat sepintas seperti soto, karena ada mie putihnya

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 23/01/20 07.13

Kapan kapan aku buatin mba Alida sop ubi ya
Dan aku fokus sama bapak bapak yang kakinya naik saat makan
Sangkin enaknya itu hehe

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 23/01/20 07.35

Porsinya lunayan besar juga yaaa mba.. aku kayaknya kalau pesan ngg mau pakai bihun

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain 23/01/20 10.59

aku kira itu soto ayam gitu... sop ubi pasti kalo dimakan kenyangnya awet banget ya mbak hhahaaa

Reply Delete
Avatar
Eko Nurhuda 23/01/20 11.08

Wuih, satu lagi alasan buat kembali ke Makassar nih. Dulu pas muter di kawasan Datu Musseng cuma nyari coto, yang oleh penjualnya malah diarahkan buat coba pallu basa. Nggak tahunya ada kuliner lain yang wajib coba juga. Wew! Makassar emang ngangenin. Jadi ingat abang gojek yang dengan rela hati mengantar lebih jauh dari titik, karena saya salah kasih titik tujuan. Maklum, saya turis, bang. Hehehe.

Reply Delete
Avatar
Putu Eka Jalan Jalan 23/01/20 13.16

Pertama kali membaca soal sop ubi, yang terbayang langsung soal diet, karena ubi bisa juga dipake pengganti nasi yang lebih sedikit kalorinya tapi tetap mengenyangkan

Reply Delete
Avatar
Ria Bilqis 23/01/20 14.19

Saya malah suka bawang goreng kalau makan makanan berkuah, lumayan lama ya umi Ayyas, sejak tahun 1963 itu sop ubi.

Reply Delete
Avatar
PWWidayati 23/01/20 15.04

baru tahu ada sop ubi, saya pernah beli masakan banjar sayur entah sayur apa berkuah juga dan pakai ubi, awalnya heran tapi setelah dimakan rasanya enak juga

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 25/01/20 20.41

Aku belum bisa membayangkan rasanya sop ubi, karena biasa makan ubi diolah yang rasanya manis buat camilan, Jadi penasaran loh aku

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak 25/01/20 20.48

Aku tahu sop ubi saat jadi penghuni bumi Borneo.
Rasanya tak kalah sama sop daging beneran.

... dan aku doyan, bawang goreng
Wah, kita beda selera ya BuDir

Reply Delete
Avatar
Fanny F Nila 27/01/20 12.47

Mau bngetttttt. Aku kok baru tahu juga mba :D. Padahal mamaku lama tinggal di Makasar. Konro, Coto es pisang ijo, palubutung, buras, aku tau. Tp SOP ubi blm prnh dgr blasss :D.dr penampakan percaya sih ini rasanya enaaak ;).

Reply Delete
Avatar
Hanifah 27/01/20 17.20

Kayak soto ya mbak ada bihunnya, per porsi harganya berapa mbak? Sepertinya kalau ada kesempatan ke Makassar mau coba

Reply Delete