Pengalaman Lakukan Pembayaran dengan Kartu Debit di Mesin EDC SPOTS

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Lakukan Pembayaran dengan Kartu Debit di Mesin EDC SPOTS


Akhir Desember 2019, saya berkesempatan berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk mengunjungi keluarga saya. Saya berangkat bersama satu anak dan papa saya. Hari kedua tinggal di Makassar, tante saya mengajak saya makan nasi kuning Ambon langganannya di Warung Bunda Maryam yang beralamat di Jalan Toddopuli Raya Utara, Jakarta.

Saya memesan nasi kuning Ambon lengkap dengan telur dan ikan. Sambalnya yang pedas membuat nasi kuning ini menjadi semakin enak. Harga nasi kuning ikan plus telur harganya Rp 23 ribu. Nasi kuning ikan seharga Rp 23 ribu. Soal rasa, rasa nasi kuning ini membuat saya sejenak nostalgia mengingat kampung halaman saya di Ambon. Saat hendak membayar, pandangan mata saya terpaku pada sebuah alat yang di letakkan tak jauh dari tempat duduk penjualnya.
 
Saya pas dapat SPOTS
“Kak, ini bukannya aplikasi kasir online?,” kata saya.
“Iya benar banget. Saya sudah setahun ini pakai aplikasi kasir online SPOTS membantu banget,” kata Kak Anti, salah satu pengelola Warung Bunda Maryam. Ia mengaku mendapat kemudahan setelah menggunakan SPOTS, aplikasi kasir online. “Kita bisa tahu juga berapa transaksi dalam sehari atau per bulan. Lengkap,” katanya sambil menunjukkannya ke saya.

Penasaran, saya mengamati bagaimana ia dengan lincah menggunakan mesin EDC SPOTS ini saat driver online membayar pembayarannya menggunakan aplikasi Gojek. Satu tangannya memegang SPOTS dan tangan kanannya memasukkan kartu debit ke mesin. “Pakai ini, beneran praktis banget,” katanya.
 
Saya dan keluarga
Setelah Kak Anti melayani penjualan nasi kuning ke driver online, saya pun melihat saat ia mempraktekkan menggunakan kartu debit BCA milik saya. “Bahkan kalau debit hanya Rp 1 juga bisa kok pakai SPOTS ini. Kalau nggak percaya, lihat aja lagsung,” tambahnya. Debit BCA saya terlihat langsung digunakan untuk membuktikan sistem kerja SPOTS, mesin edc gopay. Teryata cara menggunakan mesin EDC tak susah kok. 

Ia kemudian dengan lihai menekan tombol-tombol yang ada di SPOTS. “Tuh lihat kan semuanya tertera jelas,” ungkapnya. Saya setuju dengan kalimatnya karena melihat langsung di aplikasi penjualan dia sebulan itu. Teryata, pendapatan dari berjualan nasi kuning di rumah, keuntungnya gede juga. #Eh salah fokus.
 
Menerima pembayaran Go Food juga
Sepulang dari makan nasi kuning di Warung Bunda Maryam, saya diskusi dengan saudara saya. Kebetulan ada rencana untuk memiliki usaha di rumah. “Kalau pakai SPOTS, kayaknya jadi makin lebih mudah,” kata saudara saya. Saya pun penasaran untuk mencari tahu lebih banyak tentang SPOT.

SPOTS, Aplikasi Kasir Online Terbaik

Pertanyaannya, apa itu SPOTS? Jadi, SPOTS merupakan aplikasi kasir online (sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan. Produk ini ditujukan untuk UMKM hingga pemilik franchise untuk memudahkan transaksi. Jika sebelumnya SPOTS ini hanya mengandalkan Go-Pay, kini saya mencoba mesin EDC dengan kartu debit.

Selama ini, ada beberapa kesulitan yang kerap dialami para wirausahawan. Mulai dari kesulitan dalam mengelola pesanan online dan offline, terbatas akses menerima pembayaran non tunai, hingga kerepotan dalan merekap transaksi, kerap mempersulit wirausaha yang memili sumber daya terbatas.
 
Saya mencoba membuktikan SPOTS
Namun dengan adanya SPOTS, kesulitan itu bisa tertangani dengan baik. Boleh dibilang, SPOTS merupakan sebuah POS + EDC + Printer: All in One Device! Apalagi, SPOTS yang merupakan layanan yang ‘powered by Gojek’ (mesin Kasir dari Gojek). Jadi sangat terpercaya.

Apalagi, ada beragam fitur dalam satu perangkat kasir yakni :
Mengatur Menu
Dengan menggunakan mesin EDC Gopay ini, bisa isi manual atau impor menu GoFood dan bahkan mengatur jumlah, harga serta kategori menu sesuai dengan kebutuhan.

Menerima Pesanan Go Food
Tahu kan kalau sekarang jamannya pesan makan online. Nah dengan adanya mesin EDC SPOTS ini, kita juga bisa mendapatkan notifikasi real time setiap menerima pesanan dari GoFood. Tapi ini hanya berlaku bagi pelaku usaha GoFood yang telah terdaftar ya.
 
Pembayaran pakai SPOTS

Terima Pembayaran GoPay dan Kartu Kredit
Mau bayar pakai Gopay atau kartu debit? Gampang, tak perlu kuatir karena ada kemudahan. Untuk membayar menggunakan GoPay, pelanggan dapat membayar hanya dengan scan kode QR dan langsung masuk ke akun Gopay. Sedangkan pembayaran menggunakan kartu debit ini pun malah lebih mudah.

Bagaimana soal harga SPOTS? Per hari, biaya mesin EDC Gopay ini hanya Rp 4.900. Sedangkan untuk biaya pendaftaran pertama kali hanya Rp 490 ribu. Sangat terjangkau kan ?

Oh ya, SPOTS yang merupakan bagian dari grup perusahaan Gojek ini telah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia. Penasaran?
  

Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

79 komentar

Avatar
nurul rahma 4 Jan 2020 16.30.00

Gokilsss, GoFood dan SPOTS ini kolaborasi yg mantap surantap ya Mbaaa
Dan memang aku beberapa kali ngobrol dgn pengusaha UKM kuliner, mereka bilang salesnya jadi terdongkrak bgt berkat GoFood. Otomatis, butuh SPOTS yg bikin transaksi dan rekap apapun jadi lancar jayaaaaa

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 6 Jan 2020 12.45.00

Hmmm, saiki aku pengin cuss ke Makasar, hahahah
Makasi sharing-nya ya Mba

Reply Delete
Avatar
ginanelwan 4 Jan 2020 18.16.00

Luar biasa jaman now sudah semakin canggih, jadi gak perlu lagi pakai duit cash jika mau jajan di warung hehe

Reply Delete
Avatar
Riawani Elyta 5 Jan 2020 06.20.00

Berarti spots ini inovasi dari gojek juga ya? Keren euy. Pengusaha umkm dan warung rumahan juga udah bisa lebih maju dgn spots

Reply Delete
Avatar
Mechta 5 Jan 2020 17.53.00

Alhamdulillah semakin banyak teknologi yg memudahkan bagi UMKM ya mba..semoga juga semakin.mensejahterakan..

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) 5 Jan 2020 20.09.00

Wah saya belum pernah coba nih, asyik banget sekarang lebih cashless lagi, saya paling malas belanja pakai cash sekarang, soalnya saya dipaksa makan permen alias biasanya kembaliannya sama permen mihil hahaha

Reply Delete
Avatar
Linimasaade 5 Jan 2020 20.24.00

Ternyata SPOTS bagian dari Go-Jek ya mbk. Batu tahu aku tuh. Bukan mall aja yang bisa bayar cashless ya mbak.

Reply Delete
Avatar
Bundabiya.com 5 Jan 2020 20.58.00

Ooh ini toh SPOTS. Asik juga ya Mbak.. meskipun aku baru dengar, tapi kalo sudah ada di banyak gerai berarti ini bisa dicobain niih :)

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 6 Jan 2020 03.12.00

Wohoooo, sekarang SPOTS sudah bisa ditemui dimana-mana ya Mbak, toko kue langgananku disini juga sudah pakai SPOTS, tapi belum pernah coba bayar pakai debit sih, semakin oke nih SPOTS ya, benar-benar memudahkan penjual dan pembelinya juga.

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne 6 Jan 2020 07.13.00

Penjual makin mudah dalam menghitung pemasukan dan mempercepat pembayaran. Kita sebagai konsumen di permudah karena tidak perlu bayar tunai.

Reply Delete
Avatar
Amelia Waruwu 6 Jan 2020 08.08.00

Wah kak makin kece aja deh ya sekarang apa apa serba digital. Makanya jarang banget nih jaman kekinian gini liat orang bawa-bawa cash. Mantap kak, anti ribet yah!

Reply Delete
Avatar
Ida 6 Jan 2020 08.19.00

Wah memang aplikasi.asyik nih..mamang2 gerobak pun ada yg pke alat ini ya..hehe

Reply Delete
Avatar
Okti Li 6 Jan 2020 08.54.00

Saya setuju banget kalau dengan sports transaksi digital bagi UMKM sangat terbantu. Saya pernah menulis ttg pengalaman ini juga tahun lalu. Merasa aneh ketika tukang bubur di Cianjur sudah pakai transaksi mesin online ini. Keren ya Gojek

Reply Delete
Avatar
Eka Mustika @umijourney 6 Jan 2020 08.58.00

Spot sangat membantu sekali terutama bagi umkm ya mba. Di batam jg sudah banyak usaha kecil yang menggunakan spots

Reply Delete
Avatar
Armita Fibriyanti 6 Jan 2020 09.05.00

Penasaran pengen nyobain SPOTS juga. Jadi mudah sekarang ya ada pengatur kasir begini

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 6 Jan 2020 09.27.00

Alhamdulillah seneng baca nya sekarang para pelaku UMKM dah punya pembayaran yang praktis ya Cashless banget ini.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 6 Jan 2020 10.01.00

Ooh ternyata pakai SPOTS punbisa kartu debet BCA bahkan kartu kredit ya pembayarannya? Saya pikir cuma bisa Go-Pay saja. Wow keren. Bagusnya pemilik usaha nasi kuning ini juga pakai.

Waah Mbak Alida .... saya malah baru tahu lho ada nasi kuning Ambon di Makassar. Kapan-kapan pengen coba ah. Yang saya tahu nasi kuning Manado ada beberapa yang jual, nasi kuning Gorontalo juga. Wuih .... ternyata sekaya ini kuliner di Makassar. Baru tahu haha.

Tapi sayangnya yaa kita gak sempat ketemuan, Mbak.

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda 6 Jan 2020 10.50.00

Keren ya warung kecil aja udah pakai aplikasi kasir online. Kemajuan zaman memang membuat banyak hal berubah hehe

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda 6 Jan 2020 10.53.00

Mantap ya zaman udah semakin canggih makan di warung udah pake aplikasi kasir online gini

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 6 Jan 2020 11.01.00

Ini keren ya mba mempermudah Dan bikin praktis klo pakai sistem spot's kasir kyk gini gak perlu bawa uang cash lebih Aman

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 6 Jan 2020 11.50.00

memang jadi praktis bangeet ya mba..dan aku sepertinya sering melihat penggunaan mesin ini

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti 6 Jan 2020 12.01.00

Mantep banget ini mba Lid, warung makan nasi kuningnya udah ada spot
kece badai, jadi praktis dan simpel waktu bayarnya ya. membantu pelaku UKM Indonesia

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 6 Jan 2020 13.02.00

Amazing deh zaman now canggihnya luar biasa :) Makan di warung aja kita bisa bayar dengan kartu debit yak di mesin EDC SPOTS kayak mbak Al. Cachless ini udah jadi pemandangan dan kegiatan sehari2 biar dompet ga terlalu tebal sama duit berlembar2 :D Oh, biayanya 4.900 mah dibilang oke lah kan kita memperoleh kemudahan ya dan perut pun kenyang tralala.... TFS mbak Al.

Reply Delete
Avatar
Yeni Sovia 6 Jan 2020 13.04.00

Wah senengnya ya mba aplikasi spot ini bener-bener memudahkan banget buat yang punya usaha. Nggak usah mikir terlalu banyak, soalnya udah ada yang ngitungin ya hihihi. Membantu sekali ini. Jadi pendataan kita lebih rapih ya

Reply Delete
Avatar
blogger parenting 6 Jan 2020 13.33.00

Membantu banget ini SPOTS Mba, jadinya pemilik warung gak perlu lagi melakukan pembukuan yang ribet karena setiap harinya ada data yang bisa dilihatnya. Dan pembeli pun bisa mudah melakukan transaksi karena sekarang mesin EDC SPOTS ini sudah bisa pakai kartu debit.

Reply Delete
Avatar
Silvie Permatasari 6 Jan 2020 14.28.00

Mba untuk spot ini khusus digunakan pada outlet merchan gojek atau memang tersedia bebas dipasaran ?.

Aku sering liat spot ini saat bayar makanan di resto atau outlet makanan di mall mall.
Jarang sih ya ada pedagang kecil yang mengunakan ini. Aku pernah liat logo gojek di gerobak tapi belum pernah beli.

Padahal membantu banget nih kalau pedagang kaki lima bisa pakai ini, sesuai sama gaya hidup chassless jaman sekarang.

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara 6 Jan 2020 15.01.00

Keren ya, kini warung-warung pinggir jalan pun bisa pakai SPOTS ini, memudahkan bagi konsumen untuk bertransaksi non tunai.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 6 Jan 2020 15.11.00

wah mantap ummi jajannya jauh di Makasar dan baru tahu nih tentang SPOTS aplikasi kekinian yah jadi memudahkan banget semua transaksi tercatat

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 10 Jan 2020 10.10.00

next kita ke Makasar bareng ya ummi, pengen cobain nasi kuningnya nih pastinya endolita

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 6 Jan 2020 15.34.00

Jadi lebih praktis kalo pakai mesin EDC SPOTS ini ya, pembeli bisa memilih bayar dengan aplikasi GoJek atau karatu debit. Sekarang kan kadang suka kehabisan duit tunai, pernah niy mau makan saya kudu nyari ATM dulu buat tarik tunai. Dengan mesin ini jadi mempermudah pembayaran

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 6 Jan 2020 16.27.00

Zaman now semua serba mudah ya termasuk masalah pembayaran seperti ini yah, jadinya ga bawa uang ga masalah masih bisa menikmati jajanan enak soalnya bisa cashless ya di mesin edc SPOT ini.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 6 Jan 2020 17.41.00

Sekarang udah banyak tuh, Mba yang pakai kasir online dengan EDC SPOTS itu. Saya sering banget nemuin. Keren yaa dah kayak film2 futuristik yang saya tonton tahun 90an, jadi kenyataan. ^_^

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 7 Jan 2020 14.10.00

udah gitu bisa menjangkau usaha-usaha kecil sekarang ya. Nggak harus resto besar atau toko besar. Keren deh. ^_^

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 7 Jan 2020 09.10.00

Praktis ya dan memudahkan pedagang mencatat transaksi penjualan hari itu..kita juga enak tinggal gesek..duh kangen Makasar..

Reply Delete
Avatar
d'pearl 7 Jan 2020 09.33.00

Keren ya, mendukung banget wirausaha kecil untuk dapat mengembangkan usahanya lebih maju dengan aplikasi SPOTS ini.

Reply Delete
Avatar
Istiana Sutanti 7 Jan 2020 10.19.00

Ini beneran memudahkan banget deh ya. Jadi kalau gak bawa uang kes, bisa tinggal pakai mesin ini aja. Udah gitu, makin canggih juga ya sekarang mah, gak hanya restoran aja yang bisa bayar pakai kartu atau ditigal money, warung makan pinggir jalan juga bisa, keren sih :D

Reply Delete
Avatar
Ruli retno 7 Jan 2020 11.14.00

Aku beberapa kali nemu pedagan kaki lima pake spot ini. Keren banget meski hanya gerobakan tapi ada struknya hehe

Reply Delete
Avatar
Lia_Lathifa 7 Jan 2020 13.46.00

Aku baru tau lho mbak, ada mesin kasir online kaya SPOTS gini, keren banget ya. Pakai ini gak ada lagi alasan gak mau jualan

Reply Delete
Avatar
Nining 7 Jan 2020 15.19.00

oooh SPOTS ya namanya, sering banget lihat di beberapa kedai di seputar Malang sini mbak, pemakaiannya mudah ya. Dan mirip kek di toko-toko swalayan besar pada umumnya

Reply Delete
Avatar
Vicky Laurentina 7 Jan 2020 15.30.00

Para pemilik UMKM kudu coba aplikasi Spots ini deh. Sangat membantu mengefisiensikan kerjakan, mengurangi kerja keras kasir dan juru akuntan.

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 7 Jan 2020 15.46.00

Saya mulai sering lihat warung makan maupun resto yang pakai ini. Memang terlihat sangat membantu penjual. Jadi rapi juga pencatatannya

Reply Delete
Avatar
Ira Guslina 7 Jan 2020 17.20.00

Wah aplikasinya menarik sekali... semoga lebih banyak UMKM di Indonesia yang memanfaatkan kemudahaan teknologi ini. Data yang tertata membuat kemudahaan dalam perencanaan ke depan

Reply Delete
Avatar
Fanny F Nila 7 Jan 2020 17.48.00

Aku lbh ga fokus bayangin nasi kuningnya mbaaa :D. Duuh kebayang pedes sambelnya, dan cakalang :D. Kenapa ya nasi kuning daerah timur itu memang LBH enak drpd nasi kuning biasa. Kalo buatku mungkin Krn sambelnya yg LBH pedes sih. Itu yg bikin manteeep :D

Reply Delete
Avatar
ellynurul 7 Jan 2020 22.48.00

Namanya Spot ya mbak, mesin pembayaran ini sering banget aku temuin di beberapa toko, emang simpel banget sih.. jadi kita ngga perlu repot soal pembayaran ya.. ngebantu juga bagi para kasih untuk mengecek jumlah pendapatan setiap harinya ya mbak

Reply Delete
Avatar
Memez 7 Jan 2020 22.52.00

Ngiler sama nasi kuningnya, duhhhh jadi terbayang-bayang deh. Btw, penjual nasi kuningnya canggih dan memudahkan pembeli banget ya. Tahu saja kalau banyak pembeli sekarang itu jarang yang bawa uang tunai dan repot dengan uang kembalian yaaa.... canggihlah SPOTS ini yaaa

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 7 Jan 2020 23.29.00

aku kira SPOT ini hanya bisa untuk pembayaran online saja loh mbak, baru tau aku kalau bisa untuk debit juga ternyata ya? emang paling praktis deh kalau setiap tempat makan umkm atau kaki lima gitu punya SPOT, jadi tak perlu khawatir kalau mau bayar.

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 7 Jan 2020 23.41.00

Wah asik banget nih kalo di warung makan kayak gini udah bisa pake debit. Soalnya aku sendiri jarang simpen uang kas kecuali sedikit. Pengennya bayar pakai kartu debit saja.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 8 Jan 2020 00.12.00

Sebagai anak cashless aku senang banget loh sekarang dibeberapa tempat makan umkm atau kaki lima sudah menyediakan alat pembayaran seperti SPOT ini. Tinggal scan QR Code saja biasanya.

Reply Delete
Avatar
Nunung Yuni Anggraeni 8 Jan 2020 08.46.00

Waah prakfis banget ya mbak SPOTS ini. Kasir online seperti ini sangat membantu UMKM ya. Pemasukan perhari langsung kelihatan angkanya gak usah hitung manual. Biaya perharinya pun murah ya. Nggak ada 5 ribu perhari. Terjangkau sekali.

Reply Delete
Avatar
Ajeng Pujianti 8 Jan 2020 11.45.00

Oalah, jadi mesin EDC ini bisa dipakai oleh berbagai bank dan kartu. Bahkan gopay pun bisa, jadinya enggak perlu naruh terlalu banyak mesin EDC ya mbak

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 8 Jan 2020 12.30.00

Makin ke sini makin mudah banget ya cara pembayarannya. Sudah ada aplikasi kasir online SPOTS yang merupakan dari GoJek. Duh, apa-apa makin praktis, udah ada GoFood, eh sekarang cara bayar makannya pun simple banget.

Kasir online SPOTS ini juga bisa membantu pembukuan bagi pelaku usaha juga. Mantep banget deh.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 8 Jan 2020 16.43.00

Jadi penasaran berapa keuntungan jualan nasi kuning dari rumh eh salfok juga saya hahah
Kalau ada SPOTS begini bakal memudahkan penjual - dan pembeli pasti :)

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni 8 Jan 2020 18.38.00

Aku sering dengar spots dan baru saat di Malang bener bener lihat betapa berfungsinya mesin kecil ini khususnya utk para penjualan kuliner :D tinggal klik klik, strum keluar deh

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 8 Jan 2020 18.53.00

Wah kalau bisa digunakan untuk bayar-bayar ke kasir gini jadi enak kemana-mana cashless ya Mbak. Nggak berat bawa-bawa dompet tebal.

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 8 Jan 2020 20.06.00

Memang super praktis ya spots ini. Berguna banget buat mamak2 yg suka cashless. Eh, tp kalo kepasar tradisional aku serba kas semua masih. Hihi

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 8 Jan 2020 20.23.00

Lohhh buat umkm enak juga ya ini mak bayarnya bisa online. Jadi ini bisa buat bayar pake kartu debit atau kartu kredit

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 8 Jan 2020 20.31.00

Senang dengan kemudahan transaksi keuangan yang merambah ke segala penjuru seperti edc Sports ini jadinya mau bayar apa-apa gak repot atau bingung buat nyari kembalian

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 8 Jan 2020 22.05.00

Sangat membantu para pengusaha kecil ya SPOTS ini. Segala transaksi sudah tercatat langsung di aplikasi tersebut, sehingga pemilik usaha tak perlu repot melakukan pembukuan yang rumit, tinggal cetak di mesin tersebut.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 9 Jan 2020 00.11.00

Sekarang memang banyak banget pengguna SPOTS.
Aku amazing sama penemunya, hehehe...karena sesungguhnya ini yang dibutuhkan para UMKM untuk membantu memajukan usaha mereka.

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 9 Jan 2020 03.43.00

memudahkan sekali yaaa. berarti yh kapan hari saya beli cemilan via gofood tuh penjualnya pakai spots soalnya ada resinya yg dicetak

Reply Delete
Avatar
FaniaSurya 9 Jan 2020 04.38.00

Oh ternyata Spots bagian dari gojek toh. Baru tahu kl soal ini. Skg semua warung bayarnya sdh digital ya. Udah cashless. Jadi gak perlu bawa uang banyak kmn2.

Reply Delete
Avatar
Profil 9 Jan 2020 06.50.00

Enak juga pakai SPOTS. Gampang penggunaannya. Bisa juga memproses pembayaran pakai kartu debit. Aku kira hanya khusus untuk kartu gopay.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 9 Jan 2020 10.30.00

Nasi kuning telur atau ikan 23 ribu. Karena memang lebih suka makan pakai ikan daripada ayam ya di Makassar. Di jakarta banyakan pakai ayam kalau naskun. Keren warungnya sudah pakai sistem pembayaran kekinian. Semoga makin lancar jaya usahanya

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda 9 Jan 2020 13.50.00

Aku baru tau nih SPOTS keren juga ya bisa dipakai di warung warung kecil juga

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda 9 Jan 2020 13.50.00

Aku baru tau nih SPOTS keren juga ya bisa dipakai di warung warung kecil juga

Reply Delete
Avatar
Eni MArtini 10 Jan 2020 00.08.00

Sekarang bayar apa-apa jadi praktis ya, btw aku jadi beneran pengen deh makan nasi kuning ambon huhhu. kayak apa ya rasanya hehehe

Reply Delete
Avatar
Agatha Revindra Widori 11 Jan 2020 07.42.00

Semakin dimudahkan dengan hadirnya EDC SPOTS ya Mba, dengan biaya pendaftaran terjangkau cocok utk usaha2 kecil atau rumahan. Terimakasih sharingnya Mba.

Reply Delete
Avatar
Unknown 11 Jan 2020 23.05.00

Jamaan now, ketika uang di aplikasi online, jauh lebih banyak daripada uang di dompet 😁😁 Aku shock mbaak, ketika melihat tukang roti pun sudah bs dibayar menggunakan Gopay dan Ovo 😄

Reply Delete
Avatar
Widya Lim 12 Jan 2020 13.41.00

Wah ternyata selama ini aku pas bayar lewat SPOTS juga, sering ke warung terus bayar pake mesin kecil kayak gt, baru tau deh namanya tuh SPOTS 🤣

Reply Delete
Avatar
CIci Desri 12 Jan 2020 19.13.00

Bisa kayanya nih aku rekomendasiin spots buat kantin mama mertua,soalnya metode pembayarannya udah lengkap disana.

Reply Delete
Avatar
Desri 12 Jan 2020 19.13.00

Bisa kayanya nih aku rekomendasiin spots buat kantin mama mertua,soalnya metode pembayarannya udah lengkap disana.

Reply Delete
Avatar
Faradila Putri 12 Jan 2020 23.54.00

Di beberapa tempat makan yang konvensional (alias dulunya cuman bisa cash aja), aku udah liat SPOTS ini loh. Lumayan jadinya bisa bayar pakai kartu debit :D

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin 13 Jan 2020 09.30.00

untuk UMKM kalau ada mesin SPOTS ini tentu jadi memudahkan transaksi yaa. Kadang kan kalau bayar cash gitu suka bingung cari kembalian. Aku pribadi kadang jarang bawa uang cash jadi ya seneng banget kalau makan di warung gini dan bisa bayar pake gopay atau debit. Duuh, aku juga jadi ikutan kangen nasi kuning cakalang. Waktu itu makan pas aku lagi ke Tual dan sumpah enak bangeet!

Reply Delete
Avatar
Amir Mahmud 13 Jan 2020 16.05.00

Di tempat saya sudah ada menurut informasi yang ada. Tapi belum pernah tau sih. Dan terlepas dari apapun, Spots itu memudahkan transaksi Karena bisa cash dan nontunai. Misal GoPay, debit, dan kedepan bakal ada kartu kredit

Reply Delete
Avatar
ellynurul 18 Jan 2020 06.37.00

Jaman now, pengalaman seseorang dalam transaksi pembayaran semakin menyenangkan ya.. aku pernah ketinggalan dompet ngga bawa atm dong, dan uang cash ngga cukup, tapi tetep aku bisa bayar makanan dan minuman dengan aplikasi gopay hehe

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 18 Jan 2020 09.35.00

Jajan zaman now di resto atau bahkan di warung pinggir jalan udah bisa cashless ya mbak. Praktis banget pakai EDC SPOT... notifikasinya juga real time jd ga pake deg2an kelamaan. Biaya admnya juga terjangkau. Perut kenyang, saldo aman hihihi... terdebitnya jg pas sesuai nominal kita mamam yaaks 😊

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama 18 Jan 2020 20.18.00

Wah beli nasi kuning pakai spots? Mantaplah udah 15000 outlet di Indonesia. Kalau gini enak nih ga perlu bawa dompet

Reply Delete
Avatar
Didik 21 Jan 2020 13.08.00

Selalu pake SPOT kl ke mcd😝. Praktis.

Reply Delete