Wisata Kuliner Kaki Lima Bogor

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Wisata Kuliner Kaki Lima Bogor


Saya sudah lama ingin mewujudkan rencana untuk wisata kuliner kaki lima Bogor. Udah beberapa kali sampaikan ke suami, tapi belum terwujud. Setiap kali ke Bogor, pilihan makananya seringkali makanan khas Sunda dan berulangkali makan disitu.

Akhirnya keinginan untuk wisata kuliner kaki lima ini bisa terwujud saat berkunjung bersama mba Ade dan anak pertamanya serta Ayyas, anak saya yang berusia 10 tahun. Kami berdua sepakat untuk menggunakan transportasi umum serta perbanyak jalan kaki untuk menikmati kota Bogor.  
 
Toge goreng

Kami janjian bertemu di stasiun Depok Baru sekitar pukul 8 pagi. Saya dan Ayyas berangkat dari rumah pukul 7 pagi. Perjalanan kereta dari stasiun Depok Baru ke stasiun Bogor sekitar 45 menit. Sepanjang perjalanan, kami lebih banyak untuk ngobrol dan menikmati pemandangan. Kami bersyukur memilih jalan di pagi hari karena commuterlinenya masih kosong.


Setiba di stasiun Bogor, kami langsung memesan taksi online untuk menuju ke tujuan pertama kami. Setelah itu, kami memuju ke wisata kuliner kami. Penasaran apa saja wisata kuliner kaki lima Bogor yang kami kunjungi ?

Mencicipi Soto Kuning Asli Bogor Pak M. Yusuf

Berulangkali penasaran mau mencoba soto kuning Pak M. Yusuf tapi baru terwujud ya pas jalan sama mba Ade. Lokasinya di Jalan Surya Kencana Gang Aut, Bogor. Saya memesan soto kuning campur yang tak hanya berisi daging sapi saja melainkan juga ada tetelan, paru dan lain-lain. Sesuai namanya, soto kuning berwarna kuning berkuah santan yang enak dikonsumsi ketika masih panas. Tapi sayangnya pas saya nyobain, soto kuningnya kurang panas jadia agak kurang pas banget.



Kelezatan soto kuning P Yusuf

Tapi sebetulnya soal rasa menurut saya memang enak. Potongan dagingnya juga banyak menurut saya. Porsi nasinya juga banyak. Jadi pas saya mencoba soto kuning ini untuk sarapan, sungguh buat saya merasa makin kenyang. Satu porsi soto kuning campur yang saya pesan harganya Rp 25 ribu.

Cungkring yang lezat bikin nagih

Pas keluar dari Soto Kuning Alsi Bogor Pak M. Yusuf, kami ketemu sebuah gerobang yang bertuliskan cungkring. Aneh kan pas dengar namanya? Emang, apaaan ya cungkring? Karena penasaran tapi karena perut kenyang banget, kami memesan setengah porsi cungkring untuk dimakan bersama-sama. Cungkring adalah kuliner khas Bogor yang disajikan beralas daun pisang dan isinya lontong, potongan kikil berbumbu dan tempe kriuk.



Cungkringnya beneran enak! 

Dan semua bahan makanan itu disiram bumbu kacang yang jujur lezat banget! Saya agak menyesal karena hanya memesan setengah porsi seharga Rp 10 ribu dan makan hanya sedikit. Memang sih pas lagi kenyang tapi emang cungkring ini enak. Bumbu kacangnya berasa. Bahkan saking enaknya, nyampe rumah Ayyas langsung nyeletuk agak nyesel nggak bungkus cungkring. Hehhe. Kayaknya kalau ke Bogor lagi, saya bakalan beli cungkring lagi.

Es Bir Kotjok Bogor yang segar
Masih di kawasan Jalan Suryakencana, kami melihat gerobak Es Bir Kotjok Bogor yang teryata telah  ada sejak tahun 1965. Wah, kemana saja saya selama ini baru tahu ada Es Bir Kotjok Bogor ini? Es Bir Kotjok Bogor ini mengandung bahan-bahan seperti jahe, kayu manis, dan gula aren.



Bir kotjoknya seger 

Satu yang menarik adalah proses pembuatannya. Jadi bir kotjok ini dimasukkan ke sebuah tempat besar berbahan almunium kemudian dikocok hingga berbusa seperti bir! Dan kemudian langsung dituang di plastik atau gelas sesuai keinginan. Oh ya satu porsinya seharga Rp 5000. Sangat terjangkau kan?

Borong oleh-oleh Asinan Bogor dan Roti Unyil di Gedung Dalam

Kami kemudian memutuskan naik angkot dari Jalan Surya kencana ke Jalan Siliwangi No 27 C kawasan Gedung Dalam, Bogor yang menjual asinan Bogor dan roti unyil. Ongkos angkotnya hanya Rp 3000 saja.  Kedua makanan ini sangat terkenal enak dan merupakan makanan khas Bogor. Jadi bagi saya setiap kali ke Bogor selalu berusaha untuk mampir ke kawasan Gedung Dalam ini.
 
Numpang narsis 
Kami pertama tiba langsung ke Gedung Dalam. Bagi saya, rasa asinan Bogor Gedung Dalam ini nggak tergantikan. Selalu terasa segar dan enak banget. Saya pesan asinan campur kacang seharga Rp 33 ribu dan asinan campur satu seharga Rp 30 ribu. Selain asinan, di sana juga ada banyak kuliner yang bisa dipilih. Bahkan kuliner jaman dulu seperti rambut nene pun ada.

Setelah itu, kami ke toko sebelah yang letaknya berdampungan yakni toko yang menjual roti unyil. Roti unyil ini beneran kesukaan keluarga khususnya Papa dan Ayyas. Harga satu buah roti unyil Rp 1600. Saya beli 40 buah dengan beraneka rasa mulai dari coklat, pisang, dan lain-lain. Dan pas nyampe rumah, dalam hitungan jam saja roti unyil ini ludes dimakan. Untung aja beli banyak! Hehehhe ...

Mencari Toge Goreng Bogor
Sejak awal, mba Ade udah sampaikan ingin mencoba toge goreng. Jadinya dari Gedung Dalam, kami langsung fokus mencari toge goreng. Berdasarkan hasil searching, akhirnya kami putuskan untuk mencoba tauge goreng H. Gebro. Berbekal google map, kami pun mencari toge goreng yang diinginkan. 

Toge gorengnya emang enak 
Namun mencari tauge goreng ini tak mudah. Kami sempat nyasar dan mendapat tempat yang keliru saat nanya orang. Dan akhirnya menyusui pasar untuk mencari toge goreng. Akhirnya kami menemukan toge goreng khas Bogor H. Gebro yang melegenda. Saya memesan toge goreng dan es pala. Dan dari dua menu ini, saya paling suka es pala. Enak banget dan segar. Agak nyesel nggak bungkus juga. Hehhee

Jika ada kesempatan lagi ke Bogor, kayaknya saya akan beli lagi asinan bogor, roti unyil, cungkring dan bir kotjok! Enaknya nganggenin ...


Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

29 komentar

Avatar
Sash 27/01/20 08.40

Ya ampun mbaaak, ini terlihat enak-enak semua. Soto kuningnya sungguh menggoda. Sebagai pecinta soto bersantan aku langsung lapar dan pengen icip-icip. Terus cungkringnya juga. Aku bayangin saus kacangnya campur lontong cmapur kikil di mulut enak banget. Huhuhuhuhuhu, jadi lapaaaar.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 27/01/20 09.27

Wahhh bener bnget naik KRL ke Bogr pagi2 ya Mba
Kapan2 aku mau expore Bogor lah.
Dari rumah sodaraku di Pamulang, TangSel, kayaknya bisa yhaaa naik KRL ke Bogor?
Pengin menapaktilasi jejak kulinermu, Mbaaaa :)))

Reply Delete
Avatar
Eka Fikry 27/01/20 11.18

Wah, soto kuningnya menggoda iman, dan tahu gorengnya mengajak aku untuk segera mencicipinya, hahahha, karena selama ini aku blm pernah beli toge goreng.

Dan roti unyil khas Bogor, wah syudah lama pula ku tak menyantapnya. Kalau ke Bogor emang wajib wisata kuliner...

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 27/01/20 13.22

Menggoda semua kulinerannya, ku pernah nyobain Toge Gorengnya dan Soto kuning, enyak2.
Tapi belom pernah nyoba Bir kotjok, hayu atuh kita janjian ngeBir kitaaah Maak.

Reply Delete
Avatar
bundayati.com 27/01/20 15.24

Kangen sama Alida nih di bunda, jd biarpun gak ngelisting link utk BW gakpapa kan berkunjung ke sini. Btw ada ide juga buat misahin tentang kuliner ya dari blog bundayati dot com. Btw lg nihvya baca tentang "rambut nenek" hihihi...inget masa anak2 bunda masih kecil berarti bunda madih muda ting ting dooonk ya hobinya nyegat tukang rambut nenek. Sampe sekarang tetap suka rambut nenek. Bikin postingan sh, hehe...

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 27/01/20 15.28

Es Pala juga suka saya nikmati kalau lagi ke Bogor, Mbak. Saya jadi pengen lagi kan kulineran ke sana gara-gara baca postingan ini hehehe.

Kalau baca bahan-bahan bir kotjok, saya ngebayanginnya minuman hangat. Ternyata rempah-rempah begini juga nikmat diminum dalam keadaan dingin, ya

Reply Delete
Avatar
Mugniar 27/01/20 18.34

Foto toge gorengnya menggiurkan. Saya paling gak tahan lihat foto makanan yang ada sambal-sambalnya :D

CUngkring ... baru tahu nama makanan itu. Unik ya, pake kikil pula, unik banget.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 27/01/20 21.28

Kuliner Bogor memang enak, seger semua ya Al, pantesan orang Bogor pada awet muda hihi...

favorit semua tuh, asinan, toge goreng pak Gebro, roti unyil. Yang cungkring aku ga tau sayangnya, ntar dicobain

Reply Delete
Avatar
Armita 28/01/20 04.29

Dulu pernah tinggal selama kurang lebih 8 tahun di Bogor, seneng banget dengan kota Hujan ini. Lama gak ke Bogor, kangen dengan kulinernya. Toge gorengnya dan roti unyilnya emang khas banget

Reply Delete
Avatar
Latifika Sumanti 28/01/20 10.46

Es bir itu mirip bir pletoknya Betawi Mba. Mungkin asal usulnya sama. Kalo dulu diceritakan sama kaka ngaji duluuu pas kita dijajah kumpeni, mereka minumnya kan bir. Nah pribumi pengen rasa tapi ga boleh kan, jadi bikin sendiri. Dimirip2in.... Jadilah bir isi jamu, hahahaha.

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 28/01/20 14.04

seru sekali kulineran sama keluarga icip makanan khas bogor kaki lima ... aku juga suka begitu sama anakku

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 28/01/20 14.15

Ngiler banget sama soto kuningnya, akan lebih enak dikasi rawit biar pedes, ah jadi laper saya.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 28/01/20 22.09

Aku yang belum pernah makan cungkring, Mbak..unik ya namanya. Jadi penasaran dengan rasanya. Bogor memnag juara kulinernya. Terjangkau pula harganya yaa...
Kalau roti unyil wah, di rumah sekejap saja habis dilahap

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 29/01/20 11.39

Cungkringnya penuh dosa tapi kayaknya enak haha..mau dibintangin nih kalau mudik Bogor kudu cobain semuaaa

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara 29/01/20 13.34

Makanannya bogor emang enak ya... enak. Apalagi disana dingin jadi gampang laper kan.. Pengen makan . terus.

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa 29/01/20 14.42

Legend semua nih mba kulinernya. Aku emang udah lama banget nih pengen wisata kuliner ke Bogor. Belum sempet aja karena kerjaan. Noted buat tempat-tempat rekomendasinya. Hehe.

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 29/01/20 19.21

Toge oh togeee. Liat masakan toge disini aku ngilerrr. Apalah daya toge di kulkas ku cuma bisa disulap jadi bakwan akhir2 ini. Haha. Jadi pengen icip2 aku tuh.

Reply Delete
Avatar
diahagustina65.com 29/01/20 19.37

Dari semua makanan yang diposting, aku belum pernah nyobain bir kotjok, ini sama gak sih mbak sama rasanya bir pletok?

Reply Delete
Avatar
Wiwied Widya 29/01/20 21.41

Bogor itu emang gudangnya kuliner enak ya? kapan itu aku liat reviewnya nex carlos di soto pak yusuf itu, ditambah baca postingan ini jadi makin kepengin.

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 29/01/20 22.20

Waaaah asyik banget ternyata kulineran di Bogor. Ini makanan kesukaan saya semua. Oh iya yang es bir kocok belum pernah nyobain ternyata. Jadi penasaran.

Reply Delete
Avatar
Wake wAke 29/01/20 22.49

Oooo enak lagi togeco yang di daerah deket gedung apa itu ya daerah veteran deket sekolahan. Pinggir jalan enakk banget togeconya
Eh iya bir itu belum pernah nyoba walau lama di bogor wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Hanifa 30/01/20 08.52

Pengen nyobain bir kotjok sama Tauge gorengnyaaaa. Penasaran banget deh rasanya kalau dinikmati bersamaan bakal kek gimana. Kalau ke Bogor, harus nyempetin buat icip!

Reply Delete
Avatar
Turis Cantik 01/02/20 11.05

Udh beberapakali wisata kuliner ke bogor ngak pernah bosen. Apalagi lokasinya sebernya jauh tp ngak terasa kalau naik kereta hehehdh

Reply Delete
Avatar
CREAMENO 01/02/20 15.24

Toge Goreng memang enaaaak banget mbaaaa :D

Wah, terakhir kali makan sudah beberapa tahun lalu sepertinya. Dan sekarang jadi penasaran, mau coba soto kuningnya juga, belum pernah tau rasanya :9

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 02/02/20 00.44

Iya ya, Mba.. es palanya enak banget. Sayang banget ga beli wkt itu. Cuma nyicip punya Mba Al. Besok kalau ke bogor beli ah es palanya.

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 03/02/20 14.00

Warung kaki lima tak masalah
Yang penting rasa bintang lima itu sudah masya Allah

Reply Delete
Avatar
Fanny F Nila 06/02/20 14.50

Cungkring aku blm prnh coba. T kalo liat fotonya kok mirip doclang yaa, makanan khas Bogor juga. Sama2 ada lontong, pake kuah kacang.. kuliner di Bogor mah memang enak mba, ga prnh bosen kalo ksana. Aku pasti cm kulineran Thok kalo ke Bogor :D.

Eh tp aku ga cocok Ama toge goreng :p. Aneh aja sih buatku, jd cukup sekali nyobain, trus ga prnh mau lagi :D. Ini doang kuliner Bogor yg aku g doyan

Reply Delete
Avatar
Pamperstory.com 07/02/20 09.55

Waaah seru banget bisa kulineran di Bogor. Kapan gitu udah ngajakin suami jalan-jalan di Bogor tapi ga tertarik dianya. Lebih enak kulineran di Bogor apa Bandung ya?

Reply Delete