Jalan-jalan ke Benteng Rotterdam, Makassar

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Jalan-jalan ke Benteng Rotterdam, Makassar

Salah satu tempat wisata yang menurut saya wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Makassar adalah Benteng Rotterdam. Dan saya bersyukur bisa berkunjung ke Benteng Rotterdam pada akhir bulan Desember 2019 bersama keluarga. Saya berangkat dari Jakarta bersama papa dan anak saya, Ayyas.

Tepat sehari setelah kedatangan di Makassar, kami langsung ke Benteng Rotterdam. Lokasinya di pusat kota Makassar yakni hanya sekitar 5 menit dari kawasan Pantai Losari yang merupakan salah satu tempat wisata di Makasar. Benteng yang merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke 9 yakni I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa.

Salah satu sudut Benteng Rotterdam

Saat masuk ke museum, kita diminta untuk mengisi buku tamu sesuai dengan yang telah disediakan. Setelah itu, saya dan keluarga (sepupu, anak dan papa) berjalan melangkah dari satu ruangan ke ruangan lain yang ada di Rotterdam.

Pertama, kami langsung menuju ke Museum La Galigo. Ada yang familiar dengan nama La Galigo ? Saya seringkali mendengar buku yang menceritakan tentang La Galigo serta pertunjukan teater La Galigo.  Namun sayangnya, saya belum pernah membaca tuntas tentang La Galigo ataupun menonton pertunjukannya.

 

Benteng Rotterdam
Jadi, pas tahu di Benteng Rotterdam ada Museum La Galigo, saya pun memutuskan untuk memasuki museum itu. Untuk tiket masuk per orang hanya Rp 5000. Berdasarkan informasi dari Museum La Galigo, museum ini dibangun pada 1938 dengan didirikannya Celebes Museum oleh pemerintah Nederlandsch-Indie di Makassar. Kemudian pada tahun 1970 berganti nama menjadi Museum La Galigo.

Mengapa dinamakan La Galigo ?

La Galigo adalah karya sastra klasik dunia yang besar dan terkenal serta berkultur dalam bentuk naskah tertulis berbagasa Bugis yang disebut Sure’ Galigo. Nah, Sure’ ini mengandung nilai-nilai luhur, pedoman ideal bagi tata kelakuaan.

Lalu, ada apa saja di Museum La Galigo? Bagi saya, jika ada yang ingin tahu sejarah dan budaya Sulawes Selatan, museum ini bisa menjadi rekomendasi. Misalnya informasi soal jaman budaya Islam. Dalam museum ini diceritakan bahwa Islam masuk ke Sulawesi Selatan pada masa pemerintahan raja Gowa IX Karaeng Tunipallanga. Beberapa peninggalan masa Islam misalnya masjid, tasbih hingga Al Quran yang ditulis tangan.
 
Mejeng di depan Museum La Galigo
Lalu ada juga miniatur rumah adat tradisional suku bugis Makassar di Sulawesi Selatan. Bagi masyarakat Makassar pembangunan rumah, lokasi, arah rumah, semuanya dihubungkan dengan kepercayaan turun temurun. Tiga bentuk rumah Bugis Makassar menurut lapisan sosial penghuninya adalah :
  • Saoraja yaitu bangunan istana bangsawan yang mempunyai tangga bertingkat pada bagian bawah
  • Sao pitik, bangunan agak kecil dan mempunyai dua bubungan dan tidak memakai sapana
  • Bola, rumah rakyat pada umumnya bagi orang bugis Makassar

Dapur tradisional Sulawesi Selatan serta perlengkapannya pun di ditampilkan di museum La Galigo ini. Dapurnya berbentuk segi empat mengikuti falsafah hidup orang Bugis Sulapa Eppa yang berarti sesuatu yang paling sempurna itu berbentuk segi empat. 

Bagian museum La Galigo 

Adapun dapur orang Makassar selain berbentuk segi empat, ada yang berbentuk trapezium sama kaki artinya ukuran keliling dapur ini diambil dari tiga keliling kepala suami yang empunya rumah.

Setelah itu kami pun melangkahkan kaki menuju sudut-sudut Benteng Rotterdam. Selain itu, kami pun berhenti sejenak untuk sekedar berfoto bersama menikmati keindahan sudut-sudut Benteng Rotterdam.
 
Mejeng di salah satu sisi Benteng Rotterdam
Oh ya, karena kami datang ke Benteng Rotterdam ini di pagi hari, suasananya masih lebih sejuk dan tak terlalu panas. Selain itu, di kawasan Benteng Rotterdam ini juga banyak pohon-pohon yang besar yang membuat suasananya terasa lebih asri. Hanya saja, saat datang ada banyak iklan minuman dan banyak logo-logi dipasang di beberapa bangunan sehingga terasa agak sedikit menganggu bagi saya.

Ada yang sudah pernah ke Benteng Rotterdam di Makassar ?

Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

51 komentar

Avatar
tantiamelia.com 10/02/20 10.28

unik banget falsafah dapur trapesiumnya ya, aku juga pernah tau, dapur bagi orang Bugis-Makassar sangat dekat dengan proses dan eksistensi keluarga. Keluarga yang masih “hidup” dapat ditengarai dengan dapur yang masih berasap. Sebaliknya sebuah dapur yang sudah tidak berasap lagi menandakan bahwa keluarga pemilik dapur sudah mati.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 13/02/20 04.26

Wuih aku baru tahu dengan filosofi ini. Secara logika iya juga ya. Dapur ini memang bisa jadi ciri dari eksistensi keluarga.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 10/02/20 13.56

Aku blum pernah Mbaaaa
Dan puingin banget banget
Soalnya benteng ini penuh sejarah. anakku demen nih belajar sejarah gini

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 10/02/20 17.54

Unik sekali itu soal keliling dapur yang sama dengan tiga kali keliling kepala pemimpin keluarga

Reply Delete
Avatar
Emma Malika 11/02/20 06.02

Banyak peninggalan penjajahan belanda yang bersejarah ya mbak semoga tetap terjaga dan lestari

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 12/02/20 21.58

aamiin.
namanya unik La Galigo, karya yg terkenal tapi saya kok belum tahu.
mana harga tiket masuk ke museum murah banget...pengen ke sana

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 11/02/20 12.21

Unik ini, benteng peninggalan kerjaan Gowa-Tallo, bernama salah satu kota di Belanda yang memiliki museum La Galigo tentang sejarah Islam di Sulawesi dan budaya lokal. Kalau ke Makassar mesti dikunjungi nih

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy 11/02/20 13.29

Benteng Rotterdam memang terkenal banget ya mbak, jadi kepingin jalan-jalan ke Makassar plus ke Manado kebetulan banyak saudara juga di Makassar. Aku paling suka jalan-jalan ke destinasi wisata sejarah, soalnya kita banyak belajar dari sejarah masa lalu. Mudah-mudahan peninggalan bersejarah seperti Benteng Rotterdam ini terus dijaga kelestariannya.

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com 11/02/20 16.58

wah saya senang sekali kalau bisa main ke Benteng Rotterdam ini mbak karena saya suka sekali berkunjung ke tempat bersejarah kayak begini, btw di Makassar ada tour guide gitu nggak sih mbak?

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 11/02/20 17.28

Masih tetap terawat ya Rotterdam, aku dulu sering waktu SD, masih tinggal di Makassar hehe..kangen Kota Makassar bangeet huhu

Reply Delete
Avatar
blogger parenting 11/02/20 17.41

Aku belum pernah Mba.. semoga nanti kalo ada langkah ke Makasar juga bisa mengunjungi benteng Rotterdam Makassar ini ya..

Reply Delete
Avatar
elva s 11/02/20 20.50

Berkesempatan bisa mengunjungi tempat bersejarah seperti Benteng Rotterdam di Makassar seneng banget ya,,
Jadi banyak pengetahuan yang didapat,apalagi tuk harga tiketnya ramah dikantong hanya Rp.5000,- aja.
Yang aku denger selain wisata alam,Makanan khas Makassar juga tak kalah enaknya.
Next,semoga aku dan suami bisa berkunjung ke Makassar suatu hari nanti.

Reply Delete
Avatar
ivonie 11/02/20 22.56

saya nambah wawasan mengenai destinasi di Makasar nih mbak, walaupun entah kapan bisa main ke Benteng Rotterdam tapi penasaran juga dengan tempat-tempat wisata di luar Jawa.

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 11/02/20 23.18

Bentuknya seperti komplek perumahan ya, Mbak. Semua bangunanya juga terlihat masih terawat. Saya belum pernah ke sana, Mbak.

Reply Delete
Avatar
Moet 12/02/20 07.13

Makasar sudah lama jadi target next trip saya, mudah mudahan tahun ini bisa kesana. Benteng Rotterdam ini pasti masuk dalam agenda saya termasuk museum La Galigo nya.
Terima kasih info nya ya.

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati 12/02/20 08.01

Belum pernah ke Makassar. Pengin juga sih suatu saat bersama keluarga bisa mengunjungi Benteng Rotterdam yang terkenal ini sekaligus kulineran juga di Makassar. Murah sekali ya tiket masuk Museum La Galigo cuma 5000 per orang.

Reply Delete
Avatar
Ruli retno 12/02/20 09.07

Huaaa la galigo sekarang keren banget yaa.. terakhir kesana itu 2017 gak sebagus itu tulisan depannya hihihi kangen makassar jadinya

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 12/02/20 10.13

Aku belum pernah ummi ke sini semoga next ummi ajakin wkwkwk *ngarep sekali...btw murah banget ya ummi bayarnya kirain tuh mayan mahil :p

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 12/02/20 10.37

Pernah mbak, waktu itu berdua sama kang iwok, tapi enggak masuk museum, cuma foto-foto aja, soalnya waktunya terbatas, huhu...

Reply Delete
Avatar
Irena Faisal 12/02/20 12.28

Lokasinya di pusat kota? menarik ya mbak, semoga aku diberi kesempatan untuk kunjungin benteng Rotterdam ini :)

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha 12/02/20 13.07

Tempatnya masih bagus dan terawat ya, mbak :)
Aku belum pernah menginjakan kaki ke Makassar, hihi.
Semoga suatu saat nanti bisa kesana :)

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 12/02/20 14.52

Aku belum pernah ke benteng ini. Ke Makassar aja belum, walau udah ada niat. Semoga bisa yaaa


Btw, wisata sejarah kaya gini tuh seru. Jadi nambah pengetahuan

Reply Delete
Avatar
Widyanti Yuliandari 12/02/20 17.25

Pokoknya kalo ngetrip Makassar, kudu banget mampir kemari. Slama ini masih baru sekadar pengin-pengin aja, belum kesampaian.

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 12/02/20 18.23

mba, di sana panas banget tau hahhaha, aku sampai sana jam 9an hampir jam 10 mataharinya terik parah hahahah... tapi emang bagus sih

Reply Delete
Avatar
Aulia Rizky W 12/02/20 18.39

wuah keren tempatnya, kapan ya bisa ke makassar huhu banyak spot keren di sana

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 12/02/20 19.27

Saya belum pernah berkunjung ke Benteng Rotterdam, Mbak. Asyik juga ya, di dalam benteng ada museumnya. Biaya masuknya juga murah.

Reply Delete
Avatar
Juliastri Sn 12/02/20 20.26

Wah, sungguh menyenangkan wisata sejarah seperti ini ya mba. Apalagi jika bersama keluarga. Mengajarkan anak-anak wawasan baru yang tak terlupakan. jadi pengin kesana suatu saat :)

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 12/02/20 20.53

Mau Juga aku mba nti explore ke Makasar mampir ke benteng Rotterdam ini penasar mau foto2 Dan lihat dr dekat,, baru tau bngt ini sejarahnya

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 12/02/20 21.36

Makassar. Kapan diriku bisa kesana ya mba. Benteng rotterdam ini sudah lama jadi wishlist saya kalau main ke makasar. Dan makin ngiler baca reviewnya disini

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 12/02/20 21.54

dan aku udah pernah review juga lho mba tentang benteng rotterdam makassar di blog

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 12/02/20 22.04

Sepertinya akan menjadikan Makassar untuk next destinasi liburan nih. Kemarin penasaran sama masjid 99 kubah dan sekaranh ada benteng Rotterdam.

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 12/02/20 22.11

Belum pernah ke Sulawesi Selatan terutama ke Makassar. Banyak nilai sejarah dan khazanah keislaman yang mengandung pelajaran berharga di sana, semoga suatu waktu bisa ke museumnya.

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara 12/02/20 22.31

Bagus ya tempatnya mbak aku belom pernah ke makassar soalnya pengenpengen kesana abis baca postingan ini mbak

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 12/02/20 22.38

Belom pernah ke benteng rotterdam. Tapi makasih banget uda bercerita di sini. Bisa jd pengetahuan baru buatku yg belum sempat ke makassar heheh

Reply Delete
Avatar
Ratna Kirana 12/02/20 22.48

Asik yah ini jalan2 ke benteng rotterdam hehe.. Bisa dapat banyak foto bagus ini di sini

Reply Delete
Avatar
Nunung Yuni Anggraeni 12/02/20 22.54

Waah aku penasaran dengan benteng Rotterdam ini Mbak. Suamiku pernah ke sana. Sayangnya pas itu dinas kantor bukan acara jalan-jalan sama keluarga. Jadi belum kesampaian deh ke sana.

Reply Delete
Avatar
Cilya 13/02/20 00.27

Akunsudah pernah kesini 2x Mba. Yg pertama aku ngga bisa masuk ke dalam ruangan² nya dan yg kedua alhamdulillah bisa. Senang sih aku ke tempat sejarah seperti ini

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 13/02/20 04.17

Wuih seru banget deh bisa jalan-jalan ke Makassar. Hiks aku belom pernah ke sana. Semoga deh bisa segera main ke sana. Tempatnya asyik-asyik ya. Dan kulinernya juga menggoda

Reply Delete
Avatar
www.grandysofia.com 13/02/20 05.44

Waa kalo k Makassar wajib ke Benteng Rotterdan dan masuk k museum La Galigo yg mana jadi belajar juga perjuangan islam masuk k Makassar plus belajar filosofi orang-orang terdahulu kalo mau bangun space d sudut rumah

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya 13/02/20 08.11

Udah lama banget pengen bisa eksplor kota Makassar, tapi ketika main ke sana fix pengen main ke benteng Rotterdam ini juga

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 13/02/20 08.45

Aku belum pernah ke luar Jawa selain ke Bali nih. Pengen sih bisa traveling begini tapi belum tau kapan. Nunggu suami lowong dulu kerjanya. Kalo suamiku sih udah beberapa kali ke Makassar urusan dinas kantor hehe

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 13/02/20 11.32

Keberadaan iklan dan logo yang enggak ada kaitannya di tempat wisata memnag sangat mengganggu ya..Hiks. Dan ini jadi mengurangi estetika. Hm..sering banget ini ga ditertibkan

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 13/02/20 11.46

Ini tempat yg sangat bersejarah ya..
Aku suka jln2 ke wisata sejarah seperti ini

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 13/02/20 11.53

Berapa hari di Makassar, kak?
Seneng banget bisa berkunjung ke salah satu tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu banyak kejadian heroik pahlawan Indonesia.

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 13/02/20 21.42

Aku belum sampe Makassar nih jalan2nya. Cuman liat foto2 suami aja. Insya Allah next deh main ke sini

Reply Delete
Avatar
Kartika 14/02/20 00.48

Bola toh rumah adat bugis makasar..baru tau saya..wajib baca lagi mengenai sejarah busgis makasar , pasti banyak banget tempat ber sejarah nya

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah 14/02/20 05.19

Sering membaca tentang benteng ini tapi ya belum kesampaian melihat langsung karena belum rejeki ke sana. Mbak, miniatur orang yang di dalam etalase itu miniatur orang Makasar pada jaman dulu ya?

Reply Delete
Avatar
Meli Engku 16/02/20 18.07

Aku belum pernah kesana, kalopun ada kesempatan kesana so pasti berkunjung ke benteng lanjut kuliner makasar :D

Reply Delete
Avatar
Antung apriana 16/02/20 21.12

Saya waktu ke makassar dulu juga nyempatin ke Benteng ini tapi nggak masuk ke museumnya. Cuma foto-foto di luar aja. Ada banyak anak muda berkeliaran di sana

Reply Delete
Avatar
Qoty Intan Zulnida 17/02/20 07.06

Oh benteng ini salah satu tempat yang rekomend dikunjungi ketika di Makassar ya mbak. Masya Allah indahnya dan memiliki nilai sejarah yang tak ternilai ya

Reply Delete
Avatar
Stafana Charis | www.stafana.com 18/02/20 08.54

baru sadar kalau berwisata ke benteng seru juga ya, aku bakal coba main ke benteng yang ada di kota aku dulu hihi

Reply Delete