Theme Layout

[Rightsidebar]

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

yes

Dark or Light Style

[Light]

Mencicipi Kuliner Pangsit Cwie Mie di Depot Hok Lay, Malang



Ada banyak alasan mengapa seseorang pulang ke sebuah tempat. Entah karena ada keperluan tertentu, rindu bertemu dengan sahabat atau sekedar rindu pada kuliner khas. Atau mungkin juga perpaduan antara rindu bertemu sahabat dan sekalian mencicipi kuliner yang rasanya masih selalu terkenang.

Jika berkunjung ke Malang, saya sarankan mampir dan mengenang kisah masa lalu di Depot Hok Lay. Saat saya berkunjung ke Malang pada 12 Januari 2018, saya sudah memasukkan nama Depot Hok Lay menjadi salah satu tempat makan yang ingin saya kunjungi.
kulilner khas malang yang paling banyak dicari

Depok Hok Lay menjadi satu-satunya rumah makan tertua yang menjual cwie mie. Rumah makan yang berada di Jalan K.H. Ahmad Dahlan ini berdiri sejak tahun 1946. Dari luar, rumah makan ini tampak sederhana. Bahkan kami (saya, Bapak Suami, Mas Ghaffar dan Ayyas) sempat ragu-ragu untuk masuk karena bangunanya sederhana dan kebetulan kala itu di samping kiri dan kanan sedang ada perbaikan jalan. Tapi setelah meyakinkan bahwa inilah Depot Hok Lay, kami pun masuk.

Ruangan rumah makannya boleh dikatakan sederhana. Pemiliknya hingga kini masih mempertahankan suasana sejak awal rumah makan ini dibangun. Hanya ada lima meja yang terletak di samping kiri dan kanan.

kuliner khas malang
Numpang mejeng di dalam Depot Hok Lay
Dindingnya dipenuhi lukisan serta foto-foto tokoh-tokoh penting yang berkunjung ke Depot Hok Lay. Selain itu juga terpasang koran yang memuat berita tentang Depot Hok Lay. Satu hal yang menarik yang masih dipertahankan adalah ubin atau keramik yang sudah tampak kuno namun masih terawat dengan baik.

Review Menu Makanan Favorit di Depot Hok Lay

Datang ke Depot Hok Lay tak hanya karena komitmennya yang tetap mempertahankan dekorasi kuno sejak pertama kali dibangun. Tapi juga menu makananya juga menawarkan cita rasa yang boleh dibilang, pas di lidah.

Ada tiga menu yang menurut saya menarik yakni pangsit cwie mie, lumpia semarang dan minuman fosco. Saya memesan tiga porsi pangsit cwie mie Rp 18 ribu per porsi, satu porsi lumpia semarang seharga Rp 18 ribu, dua botol fusco seharga Rp 12 ribu.
 
kuliner khas malang enak
Cwie Mie seharga Rp 18 ribu
Pangsit cwie mie adalah kuliner khas di Malang yang hingga kini masih ada dan dapat ditemui dimana saja. Sedangkan lumpia semarang adalah kuliner khas Semarang yang kemudian citarasanya diadaptasi dengan lidah masyarakat Malang yang menyukai makanan agak manis.

Pangsit cwie mie datang tak sampai 10 menit sejak kami memesan. Satu porsi pangsit cwie mie terdiri dari pangsit goreng, mie bertekstur halus serta irisan ayam yang diletakkan di mangkok besar. Sedangkan kuahnya disajikan di mangkok kecil.

Rasanya seperti saya bilang, pas di lidah saya. Tak terlalu asin, tapi juga tak hambar. Benar-benar pas. Paling enak memang jika ditambahkan sambal di kuah sebelum dituang di mie. Saya sarankan makan segera setelah disajikan karena pangsit cwie mie ini paling enak jika dikonsumsi dalam keadaan panas. Ukuran porsinya bagi saya agak banyak. Tapi beda dengan bapak suami dan mas Ghaffar yang merasa porsinya sudah pas.
 
lumpia semarang murah
Lumpia Semarang 
Saat lumpia semarang disajikan, saya sempat mikir apakah dua potong lumpia berukuran panjang ini bisa kami habiskan atau tidak. Oh ya, lumpia semarang ini lumayan besar. Lumpia semarang ini disajikan bersama kuahnya yang agak kental dan potongan daun bawang yang dibiarkan utuh.

Makan beberapa potong lumpia semarang sudah cukup membuat saya kenyang sehingga saya agak memaksa yang lain untuk segera makan lumpia itu.

kuliner khas malang yang enak

makanan malang yang wajib dikunjungi

apa saja makanan khas malang
Saat menikmati menu makanan di Depot Hok Lay

Untuk minuman, saya sarankan untuk memesan fusco. Mungkin namanya agak terkesan asing. Jadi, fusco ini adalah susu cokelat yang disajikan di bekas botol coca cola. Soal rasa, ya pasti enak. Apalagi saya penggemar susu coklat. Saya sempat rebutan ama Ayyas saat minum fusco ini karena emang enak. Hihii. Penyajian ini sebetulnya hanya sebagai salah satu daya tarik yang dilakukan Depot Hok Lay.
 
kuliner khas malang enak
Fusco 
Apa yang dilakukan Depok Hok Lay untuk tetap menjaga kelestarian kuliner khas serta citarasanya hingga bangunannya patut didukung. Setidaknya, pengunjung bisa mencicipi kuliner khas legendaris ketika berkunjung ke kota Malang.  

Siapa yang suka berkunjung ke suatu kota dan berburu kuliner khas kota itu?

  





You Might Also Like

36 komentar:

  1. Selalu tak bisa menolak kalau kulinernya begini mbak.. keliatan enakk, itu lumpianya menggoda banget.. dan penasaran deh sama rasa si Fusco ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sarankan sih mencova fusco ini mba. Unik rasanya juga :)

      Hapus
  2. Duhhh malem2 ngiler aku liat cwie mie. Ini golongan resto2 legenda ya mbk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba. Dan masih tetap dipertahankan :)

      Hapus
  3. Wah saya kalo ke malang mau ketemu siapa ya,hehehe... Keliatan nya sedap sangat ya, secara saya ini penyuka mie. Itu minuman nya unik banget ya, pake botol bekas Coca-Cola .emang gak apa2 ya kalo keliatan sama Coca-Cola nya, xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketemu orang orang aja mas. Hehheheh. Iyaaa kayaknya ini bagian dari marketingnya ya mas

      Hapus
  4. Belum ke Malang kalau belum makan Cwie Mie! Favoritku tuh, mbak. Iya, saya setuju di kedai ini cwie mie-nya memang paling enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener. Aku ya sepakat. Tapi aku tambahkan sambal yang banyak. Hheheh

      Hapus
  5. tempatnya nyaman ya mba, harga makanannya juga masih ramah di kantong (poin penting hehe) aku berasa nostalgia pas liat botol cocacola-nya :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha iyaa aku pun selalu cari juga kalau bisa yang ramah di kantong

      Hapus
  6. Seperti bakmi ya tampilannya, mbak. Btw pas baca menu lumpia semarang saya sempat bingung ini lokasinya di malang kok ada lumpia semarang. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayaknya kreasi pemiliknya mba. Hehhee

      Hapus
  7. Pernah ke Malang dulu tapi blm pernah makan Cwie Mie. Kayanya enak mbak. Sewaktu di Malang, paman sama bibi ngajak kulinerannya Rawon.

    BalasHapus
  8. Walaaah padahal Desember lalu aku ke Malang..kok ga kepikiran Cowie now ini ya 😣 pencinta makanan ringan hihi bagiku ini masih blm padet..tapi ga tau deh semangkok kira2 kenyang ga ya? Uang banyak sambalnya mb Al.

    BalasHapus
  9. Cwie Mie khas kota Malang memang terkenal ya. Nggak heran banyak penjual cwie mie Malang di kota-kota lain. Btw aku baru tau minuman fusco ini :)

    BalasHapus
  10. Wah kapan2 kalau ke Malang harus coba nih. Sengaja hunting kuliner. Selama ini kalau ke Malang cuma lewat saja. Soalnya tujuan utamanya selalu ke Semeru. Hehehe...
    Makan atau masak mie (meski) instan kalau di Ranu kumbolo selalu jadi kebanggaan. Hayah! Jadi gak tahu nih wisata kuliner legendaris Malang nya

    BalasHapus
  11. Kalau datang ke satu kota terus ketemu tempat kayak Ho lay gini pas. Jejak kejayaan kuliner Indonesianya terasa ya kak. Selain bangunan ya rasa itu sendiri.

    BalasHapus
  12. Oalah susu coklat. Mpo penasaran sampai cari tahu. Tempatnya unik ,pakai botol coca cola . untungnya pemilik coca cola beluman makanan disini. Kalau sudah pasti akan suruh nambah botol fanta,sprite

    BalasHapus
  13. Memang liburan tuh nggak sempurna tanpa mencoba aneka kuliner indonesia yang lezat ya

    BalasHapus
  14. tadi aku baca tulisanmu ini di timeline dan aku bacanya kok "depok hot lay", langsung gugling dimana depok hot lay wkwkwkwk setelah dibaca detail, ternyata oh ternyata ;p

    aku suka banget cwie mie, apalagi klo sambelnya full semangkok, slurrrp btw itu fusco masih ada rasanya coca colanya ndak ? menggoda banget di jam super terik begini

    BalasHapus
  15. Aku simpen ah. Kalau ke Malang pengen mampir. Kayaknya enak, nih mba Al.

    BalasHapus
  16. makanannya enak semua mbaaa. Jadi ngiler hehe

    BalasHapus
  17. Kenapa ya aku sekarang kalau lihat foto makanan sering langsung kepengen
    Sejak Ramadhan rasanya bodiku makin mekar.
    Itu Cwie Mie Ngawen Awe mbaa,duuh, lapeeer

    BalasHapus
  18. Ya ampun, aku tuh pas ke Malang taun lalu bingung banget mau wiskul kemana.. Kalo tau Cwie Mie di Depok Hok Lay tuh legend di Malang aku pasti mampir.. Huhuuu.. Mungkin ini artinya aku harus ke Malang lagi ya.. :p Thanks infonya ya Mba :)

    BalasHapus
  19. malang gudangnya kuliner, banyak makanan enak yang patut dicoba salah satunya cwie mie ini

    BalasHapus
  20. Lumpianya guede yaa.. Pantesan cepet kenyang..Baru tau ada minuman Fusco

    BalasHapus
  21. ku pikir lumpianya mahal karena 2 biji 18ribu. Ternyata ukurannya gede ya. Boleh nih mampir kalau lagi ke Malang.

    BalasHapus
  22. Aku penasaran dengan rasa Fusco jadinya :)

    BalasHapus
  23. Isshhh dr 1946?? Udh pasti enak ini :D. Aku tuh dari dulu ya mba, kalo bakmi2an, apalagi yg masak chinese, udh bisa nebak enak sih :D. Ini aku liat mienya gepeng pipih yaa. Itu jenis mie yg aku suka, dibanding mie yg silinder, lbh enak yg pipih gini :D. Seandainya deket, udh aku pesen ini -_-

    BalasHapus
  24. Kelihatannya enak banget mbak. Perlu diingat neh. Siapa tahu kapan kapan bisa sampe ke Malang :D

    BalasHapus
  25. Botol coca-cola yang begotu kayaknya saya udah jarang banget lihat. Jadul juga botolnya, ya :D

    BalasHapus
  26. Akuuu...biasanya kalo ke kota tertentu suka diajakin makan makanan khasnya, temen yang jadi guidenya aku sih ngikut n makan doank hahhaa.
    Baiklah mba ntr kalo aku ke MAlang, pengen nyobain pangsitnya..

    BalasHapus
  27. Eh ada lumpiah Semarang di Malang :D Enak banget dimakan sama daun bawang :D
    Btw aku penasaran sama Fusco, kyke zaman kecil dulu pernah sih nemuin yg serupa. Lupa2 ingat :D

    BalasHapus
  28. Tempat yang seru ya Mbk makan di sini, pangsit emang menggoda, aku suka makai mie hehe

    BalasHapus
  29. Tempat yang seru ya Mbk makan di sini, pangsit emang menggoda, aku suka makai mie hehe

    BalasHapus
  30. Btw aku belum cobain loh, dulu pernah ada temen kantor yang cerita mienya disajikan dengan es batu di atasnya. Penasaran hingga kini, enak ga hahaha

    BalasHapus

[name=Rach Alida Bahaweres] [img=https://2.bp.blogspot.com/-nU7vyrF6_rE/WWw9fpyD9kI/AAAAAAAADWA/7zfkXenvrN8MH6Q4lAACPTciMJaet1lGACLcBGAs/w345-h245-c/Alida.png] [description= Saya Alida. Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com] (facebook=https://www.facebook.com/rach.bahaweres) (twitter=https://twitter.com/lidbahaweres) (instagram=https://www.instagram.com/lidbahaweres)

Follow @lidbahaweres