Theme Layout

[Rightsidebar]

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

yes

Dark or Light Style

[Light]

7 Hal yang Perlu Kita Tahu dari Asian Games 2018



Sekarang, hampir setiap sudut kota Jakarta terdapat banyak pamlfet, spanduk atau baliho terkait rencana pelaksanaan Asian Games 2018. Jakarta bersiap menyambut pelaksanaan. Hampir setiap hari saat melintasi kawasan Palmerah, aneka spandung dan baliho pun terpasang di sisi kiri dan kanan jalan.
 
jelang persiapan asian games 2018
Siap sambut Asian Games
Saya jadi teringat beberapa waktu lalu saat menikmati suasana pagi di dekat rumah yang terletak di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur bersama anak dan keponakan, kami melihat iring-iringan mobil dan puluhan orang mengarak replika obor Asian Games 2018. Warga pun antusias menyambut pawai replika obor Asian Games yang tak teryata tak hanya di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur saja melainkan dilaksanakan di hampir setiap kecamatan. Oh ya, sambutan untuk pelaksanaan Asian Games tak hanya di Jakarta saja melainkan juga di Palembang yang juga menjadi tempat pelaksanaan Asian Games. Nah, tulisan saya kali ini akan membahas aneka serba serbi tentang Asian Games.

Logo dan Maskot Asian Games 2018

Pada pelaksanaan Asian Games 2018, ada tiga maskot yang berbeda yang menggusung jiwa dari ‘Energy of Asia’ yakni Bhin Bhin, Atung dan Kaka. Bhin Bhin adalah burung Cendrawasih yang mempresentasikan strategi. Bhin Bhin di maskot ini menggunakan rompi dengan motif Asmat dari Papua. Burung Cendrawasih merupakan burung khas dari pulau paling timur Indonesia yakni Papua.
 
informasi tentang asian games 2018
Logo Asian Games 2018. Sumber : uzone.id
Maskot kedua Asian Games 2018 adalah Atung, seekor rusa Bawean yang menggenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Berdasarkan situs resmi Asian Games 2018, Atung mempresentasikan kecepatan. Sedangkan Kaka adalah seekor badak bercula satu yang mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang ini mempresentasikan kekuatan.  

Persiapan Jakarta dan Palembang di Asian Games 2018

Mengutip dari Kompas tanggal 9 Juli 2018, ada beberapa persiapan yang dilakukan di Palembang dan Jakarta untuk menyambut pelaksanaan Asian Games 2018. Di Jakarta, beberapa hal yang dilakukan seperti perluasan lokasi pembatasan lalu lintas pelat ganjil genap di Jakarta, pembersihan sejumlah sungai atau danau seperti danau sunter dan kali besar pewarna kampung di 40 kelurahan secara dwadaya dan lain-lain. Di Palembang juga ada peningkatan layanan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin hingga pembangunan LRT (Bandara Sultan Mahmud Badaduddin II sepanjang 23,4 km).

Target Indonesia di Asian Games 2018

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi memasang target bahwa Indonesia bisa menempati posisi 10 besar klasemen dengan mengantongi 20 medali emas di Asian Games 2018. Diperkirakan ada 16 cabang olahraga yang memiliki potensi menyumbang medali emas di Asian Games. Beberapa cabang olahraga andalan adalah bulu tangkis, bela diri, dayung dan panjang tebing. Tim Garuda diharapkan sukses sebagai penyelenggara dan juga prestasi.

Cabang Olahraga yang dipertandingkan di Palembang dan Olahraga

Pelaksanaan Asian Games 2018 ini akan diikuti 45 negara dan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang. Di Jakarta, olahraga yang diselenggarakan yakni panahan, hoki, tenis, softball, baseball, dan basket. Sedangkan di Palembang akan diselenggarakan 10 cabang olahraga. Ke 10 cabang olahraga yang dilaksanakan di Palembang adalah basket, dayung, kano, menembak, panjat tebing, sepakbola wanita, sepak takraw, tenis, triiathlon, dan voli pantai. Venue Asian Games 2018 di Palembang untuk sepuluh cabor yang dihelat di Palembang akan diadakan di 11 venue di kompleks Jakabaring Sport City. Untuk tempat tinggal para atlet Asian Games 2018, Wisma Atlet dijadikan tempat tinggal sementara bagi atlet dan official Asian Games 2018.

Soundtrack Asian Games 2018

Tahu nggak kalau ada 13 lagu yang diusung menjadi official soundtrack pelaksanaan Asian Games 2018. Lagu-lagu ini dirilis di album bertajuk Energy of Asia yang dinyanyikan oleh 18 musisi. Lagu-lagu ini sudah dirilis dan bisa dinikmati di youtube, joox dan spotify.


Lagu Meraih Bintang yang dinyanyikan Via Vallen menampilkan aransemen musik perpaduan genre dangdut dan po moder dan diperkaya dentuman beat. Dengan musik berirama dangdut dianggap mampu menjadi bahasa universal yang menjadi penyatu dalam pelaksanaan Asian Games 2018. Selain Via Vallen juga ada lagu Asian Games yang dibawakan oleh Slank dan DJ Dipha Barus. Slank dan Dipha Barus menampilkan tarian Asian Dance yang unik dan menggunakan wardobe sporty.

Obor Asian Games 2018

Api obor Asian Games 2018 diterbangkan dari India dan emndarat hari ini 17 Juli 2018 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Nantinya, obor itu akan di bawa ke sejumlah tempat yakni di Candi Prambanan, Candi Ratu Boko dan Keraton Yogyakarta. Di Candi Prambanan, api ini akan disatukan dengan api yang diambil dari sumber api abadi di wilayah Mrapen, Jawa Tengah. Nantinya pada 19 Juli 2018, api akan dibawa lari mengelilingi sejumlah wilayah kota Yogyakarta dengan jarak sekitar 11,5 kilometer.

Menurut Detik.com, Rute kirab dimulai dari Pagelaran Kraton-Tititk Nol Kilometer kearah barat-PKU Muhammadiyah ke utara-Jalan Bhayangkara-Pasar Kembang ke timur ke Teteg Malioboro. Dari Teteg kemudian masuk ke jalan Malioboro-Titik Nol-jalan Senopati-Perempatan Gondomanan ke selatan-Pojok Beteng Wetan-Pojok Beteng Kulon (barat) ke arah utara-Ngabean-Ngampilan ke arah barat-Samsat-perempatan Pingit-Tugu. Di Tugu, api akan dilepas oelh Walikota Yogyakarta diserahkan ke Inasgoc untuk dibawa ke Solo.

Cara Membeli Tiket Menonton Asian Games

Jika tertarik menonton pertandingan Asian Games, jangan lupa untuk membeli tiketnya terlebih dahulu.
  • Pertama-tama, kunjungi situs www.asiangames2018.id/tickets.
  • Klik ‘BELI DI SINI’ yang terdapat pada halaman TICKETS secara otomatis akan terbuka halaman pembelian tiket Asian Games 2018 di KiosTix.
  • Klik salah satu cabang olahraga yang ingin disaksikan, selanjutnya akan tampil halaman disiplin olahraga yang dipilih.
  • Pilih disiplin olahraga, setelah itu akan tampil halaman pembelian tiket untuk disiplin olahraga yang telah dipilih.
  • Pilih pertandingan dan jumlah tiket yang akan dibeli lalu klik ‘PESAN SEKARANG’. Nanti akan tampil halaman ringkasan pemesanan
  • Pilih metode pembayaran, lalu klik ‘BAYAR MELALUI <Metode Pembayaran>’
  • Lanjutkan pembayaran sampai selesai lalu cek email. E-ticket atau e-voucher akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan pada saat melakukan registrasi.


Nah, itulah beberapa informasi yang bisa saya berikan terkait Asian Games 2018. Yuk siapa yang tertarik untuk menonton langsung pertandingan olahraga di Asian Games? Jangan lupa dukung Indonesia menjadi juara!


Tulisan ini merupakan tulisan kolaborasi KEB yakni https://emak2blogger.com/2018/07/10/asian-games-2018-yang-perlu-kita-tahu/

You Might Also Like

19 komentar:

  1. Maskotnya keren ya, Teh. Saya pernah bertemu langsung sama orang yang membuat maskot itu, entah lg meeting apa lupa, tapi saya suka banget, terlihat lucu tapi mempunyai ciri khas, keren ya, Teh.

    Saya baca ini aja sambil dengerin lagu meraih bintang lho..he

    BalasHapus
  2. Baca ini akhirnya jadi tau filosofi maskot Asian Games. Makna filosofinya bikin semangat ya. Keren

    Mudah-mudahan sukses Asian Games 2018 ini

    BalasHapus
  3. Sejak beberapa bulan lalu, Jakarta udah ramai menyambut festival olahraga ini. Bangga dengan Indonesia. :)

    BalasHapus
  4. aku sukaaaa banget denken maskotnya. Lucu! Semoga sukseees yaaa

    BalasHapus
  5. Aku selama ini jarang banget memperhatikan maskot Asian Games. Ternyata lucu juga ya, dan ada namanya.

    BalasHapus
  6. Semangat deh saya menyambut Asian Games. Kan ini bukan event tahunan. Dan belum tentu juga Indonesia selalu menjadi tuan rumah

    BalasHapus
  7. baru tahu ini ttg maskotnya. makasih ya Mbak.
    itu maskotnya lucu ya, unik pula. Indonesia banget lah itu kostumnya :)

    moga Indonesia bisa mengantongi emas sebanyak mungkin, Aamiin :)

    BalasHapus
  8. Aku suka maskotnya... Eh. Keren ya palembang bisa menjadi than rumah Asian games

    BalasHapus
  9. Aku suka theme song Asian Gamesnya. Bikin semangat dan enak untuk bergoyang ehhhh

    BalasHapus
  10. Aku suka sama logo dan maskot Asian Games 2018 ini. Ada Energy of Asia ya bersama Bhin Bhin, Atung dan Kaka :) Semoga atlet2 kita yang berlaga nanti bisa menang ya raih banyak medali dan piala aamiin. Olahraga cabang renang aku tunggu2 nih hehehe.

    BalasHapus
  11. Bangga ya Indonesia mnjd tuan rumah lagi. Smoga aja jadi juara utama. Dukung terus atlet nasional kita

    BalasHapus
  12. maskotnya luccccuuuukkk maakk. ceki - ceki harga tiketnya ah sapa tau aku nanti mau nonton bareng sama Hana >.<

    BalasHapus
  13. tiap lari saat CFD di depan bunderan HI, anakku pengin bawa pulang patung maskot Asian Games, lucu2 banget tapi belum tau namanya

    berkat tulisan Mbak Lida, jadi tau nih namanya dan bakalan kasih tau juga ke anakku

    BalasHapus
  14. Keren ya Indonesia jadi tuan rumah Asian Games..Terlihat begitu semarak sambutannya..Semoga bisa borong banyak emas.

    BalasHapus
  15. Suka deh sama lagunya Via Vallen. Bikin semangat makin semangat lagi buat menyambut Asian Games. Maskotnya lucu dan keren, pengen punya koleksinya

    BalasHapus
  16. aku mupeng punya boneka maskot Asian Games 2018. Seru banget ya kita jadi tuan rumah kedua kali.

    BalasHapus
  17. Jadi Mbak Alida udah beli tiket apa aja nih? Hehe mau cek ah pertandingan yang berlangsung di GBK, kali bisa ikut dukung. Moga2 Indonesia mrnang banyak medali yaa :D

    BalasHapus
  18. ASIAN games tahun ini menjadi menjadi tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pesta olahraga Internasional Indonesia.. semoga pelaksanaan berjalan lancar dan bisa menjadi tuan rumah pesta olahraga Internasional lainnya ya mba.. Aamiin

    BalasHapus
  19. Waktu aku kecil, acara seperti ini selalu ditunggu di tv karena tv juga habis2an sampai pasang booth di arena untuk mewawancarai para atlet dan penonton. Kami sampai hapal nama2 atlet berprestasi di banyak cabor yang nggak populer sekalipun seperti anggar, locat indah dsb. Semoga sekarang juga seperti itu ya, supaya atmosfirnya terasa ke seluruh pelosok Indonesia.

    BalasHapus

[name=Rach Alida Bahaweres] [img=https://2.bp.blogspot.com/-nU7vyrF6_rE/WWw9fpyD9kI/AAAAAAAADWA/7zfkXenvrN8MH6Q4lAACPTciMJaet1lGACLcBGAs/w345-h245-c/Alida.png] [description= Saya Alida. Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com] (facebook=https://www.facebook.com/rach.bahaweres) (twitter=https://twitter.com/lidbahaweres) (instagram=https://www.instagram.com/lidbahaweres)

Follow @lidbahaweres