Tips Belanja Buku di Toko Buku

Belanja buku itu ada tipsnya loh. Yuk simak tips belanja buku di toko buku

Tips Belanja Buku di Toko Buku


Kapan terakhir ke toko buku? Kalau saya ya sekitar dua minggu lalu belanja buku di toko buku. Bagi saya, belanja buku di toko buku itu salah satu kesenangan yang menyenangkan. Apalagi jika menemukan buku yang diinginkan lagi di diskon. Duh, makin semangat deh buat belanja buku.

Saya biasanya belanja buku di beberapa toko buku yang lokasinya tak jauh dari tempat kerja atau rumah saya. Saat masih tinggal di Surabaya, saya punya toko buku favorit yang membuat saya betah berjam-jam menghabiskan waktu di toko buku itu.

Sumber foto : Pixabay.com

Toko buku itu tidak berpendingin udara. Hanya kipas angin sederhana saja yang membuat ruangannya terasa tak panas. Selain itu, harga buku yang ditawarkan juga terjangkau serta dapat bonus membungkus buku dengan sampul plastik. Sebagai mahasiswa yang bekerja kala itu, tentunya saya senang belanja buku di toko buku itu.
  
Dulu, saya masih menganggarkan budget khusus untuk belanja buku di toko buku. Biasanya budget buku itu saya peroleh dari penghasilan saya. Kala itu, dengan budget Rp 100 ribu, saya sudah bisa mendapat dua buku keluaran terbaru.

Saya terobsesi belanja di toko buku sejak dulu hingga kini. Walau sekedar jalan-jalan untuk tahu koleksi buku terbaru atau belanja buku terbaru dan pernak-perniknya di toko buku, itu sudah membuat saya senang. Walaupun sekarang serba digital, tapi menurut saya belanja buku di toko buku itu tak tergantikan.

Sayangnya, usaha toko buku di Indonesia tak terlalu berjalan mulus. Aksara Indonesia setahun lalu menutup dua jaringannua di Cilandak Townsquare dan Pacific Place setelah 17 tahun berkiprah. Kala itu, di akun instagram Akrasata tertulis “Penjualan buku ritel tidak mudah di Jakarta atau di belahan manapun di dunia”. Penjual buku online semakin bertambah dan satu sisi, pembaca buku mungkin belum mengalami peningkatan. Itu juga yang bisa jadi alasan mengapa tak banyak toko buku yang ada.
 
Sumber foto : pixabay.com
Satu kelamahan saya, sering dan suka beli buku walaupun baca bukunya nggak langsung saat itu tapi jadi koleksi yang menumpuk di rak buku. Hehhee. Lalu, apa tips belaja buku di toko buku ?

Manfaatkan Diskon
Kayaknya ini semua orang tahu bahwa belanja buku paling mengasyikkan jika ada diskon. Seringkali belanja buku pun paling sering saya lakukan ketika diskon. Diskon yang ditawarkan berbagai toko buku bermacam-macam agar banyak yang belanja buku di toko buku. Ada yang bahkan jual buku diskon hingga Rp 80 persen loh.

Pilih Pengarang Pilihan
Saya selalu memilih buku yang ditulis oleh pengarang yang saya sudah ketahui karya tulisnya. Atau biasanya saya cek dulu apakah pengarang itu sesuai dengan orientasi kehidupan saya atau tidak. Misalnya buku tentang perempuan, jurnalistik, rumah tangga dan lain-lain.

Tentukan budget
Bagi saya penting untuk menentukan budget sebelum membeli buku. Budget buku kisaran antara Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu per bulan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Ada juga yang bahkan punya budget hingga jutaan untuk membeli buku per bulan.

Baca Sinospsis Buku
Saya selalu mengupayakan untuk membaca sinopsis buku yang saya inginkan. Jadi saya juga jadi tahu apa kira-kira yang dibahas di dalam buku yang akan saya beli.

Ikut Launching Buku
Saya tuh suka ikut launching buku sejak masih mahasiswa. Biasanya pas launching buku, kadang juga ada promo buku baru dan bahkan ada yang beri buku gratis saat sesi kuis atau tanya jawab. Lumayan kan kalau dapat buku baru. Heheh. Tapi datang ke launching buku juga bisa selain beli buku juga dapat gratis tanda tangan dan bertemu langsung dengan pengarangnya.

Nah kira-kira itulah tips belanja buku dari saya. Teman-teman punya tips belanja buku ? 



1 comment

Avatar
Fanny F Nila Jul 10, 2019, 7:30:00 PM

aku suka impulsif kalo udh beli buku mba. kdg yaaa, jalan ke mall, ga ada planning beli buku, tp pas lwt gramed, lgs auto masuk, trus milih buku, dan tanpa sadar bayar wkwkwkwkwkkw... Toko buku itu, buatku tempat paling memikat ama bau khas kertas nya :D. slalu ngerasa happy tiap ksana. makanya ga bisa ga beli

palingan, utk ngerem, aku jg srg belanja buku bekas online. kalo ini agak bisa dicontrol krn aku biasanya milih2. :D.

Reply Delete