Cara Menjadi Blogger yang Menghasilkan Uang

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Menjadi Blogger yang Menghasilkan Uang


Sejak memiliki blog pada tahun 2007, blog saya lebih banyak berisi tulisan-tulisan saya di majalah. Saya belum tahu bahwa menjadi blogger teryata bisa menghasilkan uang. Jadi, saya sekedar menulis saja dan kemudian blog saya vakum bergitu saja. Baru pada tahun 2015, saya kembali aktif menulis blog karena rutinitas kerja di televisi membuat saya tak banyak waktu untuk menulis. Kerja saya di televisi lebih banyak evaluasi dan koordinasi liputan daerah di seluruh Indonesia.  

Dan untuk menghilangkan kebosanan rutinitas kantor serta tetap menjaga kegemaran menulis, saya kembali menulis di blog pada tahun 2015. Itu pun lebih karena dorongan suami yang mengatakan agar saya tetap mengasah kemampuan menulis saya. “Jangan sampai hilang kemampuan menulisnya ummi,” kata suami saya.

Desain dari : Canva.com



Dari situ, saya kemudian menulis. Namun tulisan saya lebih banyak tentang kehidupan keluarga. Saya belum tahu bahwa teryata menjadi blogger itu bisa menghasilkan uang. Tapi ketika saya membaca tulisan salah satu teman saya, saya baru ngeh bahwa teryata blog itu bisa menghasilkan uang. Tapi bagaimana caranya ?

Belajar Menulis dengan Konten Terbaik
Siapa yang setuju bahwa konten is the king? Saya yakin kita semua pasti setuju bahwa konten tulisan di blog harus terbaik. Belajar menulis salah satunya dengan mencari sumber tulisan terbaik dan menginspirasi agar blog kita pun dilirik orang. Perhatikan juga tanda baca, jadi nggak sekedar menulis saja.

Bergabung dengan Komunitas
Apalah blogger tanpa komunitas. Dengan bergabung dengan komunitas, kita jadi bisa tahu banyak cara untuk meningkatkan kemampuan ngeblog. Bergabung dengan komunitas juga membuka peluang untuk mendapatkan penawaran blog yang sesuai dengan keinginan kita. Sekarang, ada banyak komunitas blogger yeperti Indonesia Sosial Bloggerpreneur, Komunitas Emak-Emak Blogger, Blogger Perempuan, Bloggercronny dan lain-lain.

Belajar SEO
Jangan anggap remeh SEO karena semakin banyak tulisan kita masuk page one google, itu menandakan tulisan kita banyak dibaca. Teknik ini bisa dipelajari dengan membeli buku khusus yang membahas SEO, belajar melalui komunitas dan lain-lain. Saya beberapa kali ikut pelatihan SEO dan bahkan mengikuti kursus SEO pribadi secara online untuk meningkatkan kemampuan SEO saya.

Punya Kemampuan Motret dan membuat Video
Siapa yang suka membaca blog yang isinya tulisan saja tanpa ada foto dan video yang apik? Pasti banyak yang memilih untuk membaca blog dengan didukung video dan foto yang baik. Foto yang baik harusnya tidak blur, perhatikan pengambilan angle foto. Hal ini juga berlaku dengan penggambilan video. Saat ini, saya lagi belajar untuk editing video dan upload di youtube.

Bisa Multitasking
Mengapa harus multitasking? Jadi begini, setiap kali ada undangan blogger, blogger tidak hanya diminta menulis di blog saja. Tapi juga harus melakukan live tweet, posting di instagram dan instastories bahkan ada yang minta live di media sosial.

Konsisten Menulis
Jadi blogger itu sebaiknya harus konsisten menulis. Minimal seminggu satu atau dua kali. Jangan sampai deh mengaku blogger tapi menulis setahun sekali. Ada? Ada! Konsisten menulis itu memang tak mudah. Seringkali saya mendengar ada teman yang kekurangan bahan tulisan sehingga menjadi alasan untuk tidak menulis selama berbulan-bulan. Jika ini yang terjadi, bagaimana bisa menghasilkan uang ?

Memiliki Attitude yang Baik
Jangan salah, menjadi blogger itu jangan membuat kita jadi sok paling benar, sok merasa paling oke sehingga menjadi jumawa. Misalnya nih, diminta untuk mengikuti sesuai brief, tapi menolak karena merasa sudah lelah menulis. Padahal sebelum penawaran kerja itu di ambil, brief sudah diberikan dan menyetujui untuk mengitu brief. Jangan lupa juga ketika datang ke acara blog, sapalah teman-teman blogger untuk menjalin silaturahmi.

Ikuti Berbagai Lomba
Jujur, dulu saya sering mengikuti lomba blog. Sekarang saya cukup kewalahan mengikuti lomba blog karena bagi saya, lomba blog itu menguras energi . Terkadang saya sudah merasa capek dengan aktifitas saya sehingga tak ingin terbebani harus ikut semua blog dan harus jadi pemenang. Karena jika ini yang terjadi, saya kuatir saya malah makin ngedrop buat ngeblog. Kalaupun mau ikuti lomba blog, sebaiknya ikuti lomba karena sesuai keinginan sehingga tak terbebani. Oh ya, hadiah lomba blog ini bikin ngiler loh. Mulai dari uang tunai, vocher menginap di hotel berbintang, vocher belanja, bahkan ada yang dapat mobil loh! Tuh kan, pasti ngiler sama hadiah-hadiahnya.

Menjadi blogger yang menghasilkan uang memang menggiurkan. Tapi jangan sampai semuanya ingin ditempuh dengan cara instan. Perlu waktu bertahun-tahun untuk berkarya dan konsisten untuk menghasilkan uang. Namun saran saya, jangan jadikan uang segalanya sehingga saling sikut untuk mendapatkan yang diinginkan. Bagaimanapun, kita harus tetap menjadi blogger yang dikenang sebagai blogger yang menulis inspiratif dan berbuat baik kepada sesama. Anggaplah ketika menghasilkan uang, itu adalah bonus. Setuju kan ?


5 comments

Avatar
Adi Pradana Jul 8, 2019, 12:07:00 PM

Saya mau mbak jadi blogger yang menghasilkan uang. kan lumayan buat jajan.... hehehe

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA Jul 8, 2019, 4:22:00 PM

Belajar SEO nih saya pengen banget mendalami ilmu ini dan menekuni nya biar makin keren ngeblognya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Sep 21, 2019, 7:01:00 AM

Iyap mba. Butuh perjuangan juga :)

Reply Delete
Avatar
dudukpalingdepan Jul 9, 2019, 11:53:00 AM

Setuju banget mbak, jadi blogger banyak yang harus dipelajari. Tapi jangan dianggap sebagai beban, jadikan tantangan agar lebih baik kedepannya ^^

Reply Delete