Pengalaman Renovasi Rumah

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Renovasi Rumah


Selama delapan tahun memiliki rumah sendiri, saya dan suami kemudian memutuskan untuk renovasi rumah. Sejak memiliki rumah itu, kami hanya menambahkan beberapa bagian yakni kolam ikan dan tangga belakang rumah. Sebelumnya, rumahnya hanya memiliki tangga dari bahan sederhana yang menurut saya berbahaya untuk ART yang kala itu nginap di rumah.

Kami kemudian memasang tangga dari bahan besi yang kuat agar tak membahayakan ART naik ke kamarnya. Kondisi rumah kami sebelum renovasi adalah satu lantai setengah. Kok bisa ada setengah lantai ? Karena hanya ada satu kamar atas yang berada terletak di belakang rumah.

 
biaya renovasi rumah
Tampilan rumah 

Lama kelamaan, anak-anak semakin besar, papa pun memutuskan tinggal dengan kami. Dari situ pilihan kami ada dua  yakni pindah rumah atau renovasi rumah. Suami sebetulnya sudah lama menganjurkan untuk pindah rumah tapi saya senang dengan kondisi rumah sekarang yang terletak di ujung dan jauh dari kebisingan.


Tapi kemudian saya dan suami berusaha untuk mencari rumah lain di wilayah dekat rumah. Tapi rumah-rumah yang kami tuju ukuran rumahnya lebih kecil dari kami tapi dua lantai. Sedangkan satu sisi, barang-barang di rumah kami banyak. Kalau hanya dua lantai tapi ukuran rumah lebih kecil ya belum menjadi pilihan kami. Akhirnya, opsi pindah rumah pun batal.
 
harga renovasi rumah
tangga sebelum di renovasi 

Kami kemudian memutuskan untuk renovasi rumah. Tapi urusan renovasi rumah pun bukan perkara mudah. Ini pertama kali bagi kami merenovasi rumah sehingga kami benar-benar harus mencari banyak informasi dari berbagai pihak. Ada beberapa hal yang kami siapkan sebelum renovasi rumah.

Siapkan Dana Renovasi
Menyiapkan dana renovasi rumah ini penting banget. Selain itu juga harus di pastikan terlebih dahulu sumber dana berasal dari mana. Apakah dari gaji suami dan istri dan ditambah mengajukan pinjaman atau semuanya berasal dari pendapatan suami dan istri ? Karena saya dan suami kuatir tak bisa melunasi pinjaman, kami memutuskan untuk menggunakan dana simpanan kami. Dari dana suami sekian persen, dari dana saya pun sekian persen. Hal ini keliatan sepele tapi memang harus dibahas berdua dengan kepala dingin. 

Oh ya jangan lupa siapkan juga dana cadangan renovasi rumah di luar anggaran yang disediakan. Budget dana yang disediakan harus dibedakan antara dana untuk jasa renovasi dan dana untuk membeli pritilan saat renovasi rumah. Oh ya, jangan lupa dana untuk sewa rumah ketika renovasi rumah.

Dekorasi Rumah
Jangan lupakan dekorasi rumah seperti apa yang diinginkan. Nah soal ini, saya dan suami sempat membahas panjang lebar. Apakah nambah dua kamar di lantai atas ? Apakah hanya nambah kamar di bawah karena masih ada kamar kosong? Apakah membangun penuh dua lantai. Semuanya kami bahas dengan memperhitungkan plus minusnya. Setelah itu kemudian kami putuskan untuk membangun rumah dua lantai full. Dekorasi rumah ini juga harus mempertimbangkan cat warna apa yang digunakan, lantai harus seperti apa, garasi nanti seperti apa hingga nanti toiletnya bagaimana.  

jasa renovasi rumah
Meja makan yang di rapiin lagi 
Jasa renovasi rumah
Untuk memutuskan menggunakan jasa renovasi rumah, kami sempat ngobrol dengan tiga jasa renovasi. Kami tanyakan pendapat mereka dan tanyakan juga usulan mereka untuk renovasi rumah kami. Ada yang minta perhitungan pembayaran per hari, ada yang langsung borongan renovasi rumah. Semuanya kami pertimbangkan. Tapi kemudian kami memutuskan untuk memakai borongan jasa renovasi rumah. Mengapa? Karena kalau harian itu kami harus bolak balik ngecek rumah dan ini tentu menyulitkan karena saya dan suami sama-sama kerja. Nah jasa renovais rumah itu saya gunakan jasa dari rekomendasi adik ipar saya. Dan alhamdulillah kami puas dengan pekerjaan mereka. 

tips renovasi rumah
Ruang cuci

Oh ya jasa renovasi rumah ini pula yang memberikan secara detail bagian apa saja yang harus di renovasi dan rincian harga hingga total budget yang harus dikeluarkan. Untuk jasa renovasi ini sudah termasuk biaya makan semua mereka yang tangani karena masuk paket renovasi rumah. Tapi kami seminggu minimal sekali siapkan makan buat mereka dan tiap sore beri cemilan serta sediakan gas atau hal-hal terkait itu.
   
Sewa Rumah
Sebelum renovasi rumah, saya sempat mencari informasi soal sewa rumah. Rumah kami tidak memungkinkan untuk ditinggali selama renovasi. Jadi mau tak mau harus pindah. Apalagi saya nggak tahan debu dan kotor. Perkiraan saya nyari sewa rumah tak jauh dari rumah atau sekolah anak.  Tapi untunglah kami bisa sewa rumah di rumah yang dekat dari rumah saya, jalan kaki hanya dua menit sakig dekatnya. Hhehe. Awalnya, rumah itu mau disewakan setahun tapi kami hanya minta enam bulan. Akhirnya disepakatis sewa enam bulan tapi kami harus membayar lebih besar. Rumah yang kami sewa sederhana tapi bersih. Jarak yang dekat memungkinkan untuk bolak-balik ngecek rumah.
 
desain renovasi rumah
Bagian atas rumah saat di renovasi

Angkat-angkat barang
Salah satu bagian yang merepotkan saat renovasi rumah adalah, angkat-angkat barang. Apalagi bagi saya yang barangnya waktu itu banyak. Terutama buku, baju dan perlengkapan masak. Kami mengemas barang-barang secara bertahap. Untuk buku-buku, saya menggemasnya sendiri karena sekalian saya harus menyortir buku-buku mana yang harus disumbangkan. Untuk baju-baju, masing-masing anggota keluarga menyortir sendiri bajunya dan menggemas di kardus dan di beri nama. Kebanyakan barang kami pindahkan ke gudang kecil dan kami hanya membawa sebagian kecil barang saja.

Salah satu bagian rumah tampak depan
Bagi saya, renovasi rumah memang melelahkan. Mulai dari urusan dana, pindah-pindah, ngecek rumah, dan lain-lain. Tapi kami senang sekali ketika rumah kami jadi. Apalagi anak saya yang kecil Ayyas itu sudah tak sabar untuk segera pindah rumah ketika rumah selesai renovasi. Dan alhamdulillah, setelah enam bulam renovasi rumah, rumah akhirnya kami tempati pada awal April 2019 ini.

Berhasil renovasi rumah adalah kebanggaan kami dan kami alhamdulillah nyaman. Baru pindah, alhamdulillah rejeki datang bergantian. Rejeki tak hanya melulu rumah. Tapi keluarga sehat, tamu yang selalu datang, serta bisa kumpul bersama di rumah adalah rejeki. Tahun ini, renovasi rumah adalah pencapaian yang saya syukuri tanpa henti. Mohon doa ya untuk segala keberkahan bagi kami sekeluarga.   




1 comment

Avatar
Nia K. Haryanto Jul 25, 2019, 9:06:00 AM

Huaaaa, aku pun punya rencana ngerenovasi rumah nih. Tapi masih dalam tahap ngumpulin duitnya. Soalnya kata orang-orang, kalo lagi renovasi itu kudu punya cadangan lebih. Gak bisa pas-pasan sesuai budget yang direncanakan. Pasti katanya nanti jadi meluas dan pengen nambah-nambah. :)))

Reply Delete