Cara Jitu Berburu Handphone Baru Saat Harbolnas

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Jitu Berburu Handphone Baru Saat Harbolnas


Ada yang masih berburu handphone? Beberapa hari lalu saya ketemu teman yang kebetulan akan membeli handphone. Pas tahu dia akan berburu handphone, saya langsung sarankan dia menunggu harbolnas. Apalagi toh dia lagi nggak butuh hanpdhone dalam waktu dekat sehingga menunggu saat Halbolnas menurut saya adalah waktu yang tepat.

Kenapa harus menunggu halbolnas? Emang seberapa heboh halbolnas? Tahu nggak kalau sejak tahun 2012, sejumlah e-commerce di Indonesia rutin menyelenggarakan Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional. Aneka promo besar-besaran yang diberikan oleh pihak e-commerce pada perayaan ini tidak kalah dari midnight sale yang diadakan oleh gerai toko di pusat perbelanjaan. Tuh kan, siapa yang nggak ngiler kalau dengar kata promo ? Saya mah ngiler banget kalau dengar kata promo. Berasa pengen belanja semua!



Nah karena promo yang dilaksanakan saat harbolnas, banyak banget yang pengen berburu produk yang diinginkan. Ya termasuk berburu hanpdhone saat harbolnas. jika Harbolnas ini dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Indonesia. Hampir semua mencoba peruntungan berbelanja online aneka barang impian dengan harga murah.

Satu di antaranya seperti handphone yang bisa dapat diskon harga hingga jutaan rupiah. Alhasil, faktor kecepatan, ketepatan, dan strategi dalam belanja perlu dimiliki, bila ingin membawa handphone impian harga murah di Harbolnas.

Tapi itu tidak mudah. Tapi bukan berarti tidak bisa ‘kan? Lalu, gimana sih caranya agar bisa berburu hanpdhone saat halbolnas ? .

 Tentukan Handphone yang Diinginkan Beserta Cadangannya

Hal yang paling penting adalah menentukan dulu handphone yang diinginkan. Selanjutnya adalah membuat daftar handphone cadangan, untuk berjaga-jaga jika kehabisan. Ini penting dilakukan untuk membantu berhemat waktu berpikir dan memilih. Kesempatan mendapatkan handphone baru pun jadi lebih besar.

Selain itu, tentukan di toko mana akan membeli handphone pada saat Harbolnas nanti. Pilih toko online yang sudah terjamin kinerja dan keaslian barangnya. Jangan sampai deh milih toko online yang diragukan sehingga produk yang diinginkan pun tak tercapai. Lalu, gimana cara agar tahu produk yang terbaik? Caranya dengan melihat review toko online dari pembeli sebelumnya atau memilih toko online resmi milik produsen/distributor handphone.

 Ketahui Harga Normal Handphone

Bukan tidak mungkin ada penjual yang bermain nakal untuk meraih keuntungan besar saat Harbolnas berlangsung. Kasus yang sering terjadi adalah penjual menaikan harga handphone terlebih dahulu, sebelum dipotong diskon. Jangan sampe kejadian kayak gini ya? 

Apabila tidak jeli, bisa-bisa mendapatkan handphone dengan diskon besar namun nominal yang dibayarkan malah lebih tinggi dari harga normal handphone tersebut. Oleh karena itu, ketahui dulu harga normal handphone yang di inginkan sebelum berperang saat Harbolnas.

Pahami Syarat dan Ketentuan Promo Harbolnas Antar E-commerce

Setiap e-commerce memiliki syarat dan ketentuan promo yang berbeda satu sama lain. Pahamilah syarat dan ketentuan yang berlaku. Apakah ada minimal pembelian? Apakah hanya berlaku di merchant tertentu? Apakah hanya berlaku pada jam-jam tertentu? atau berlaku jika Anda menggunakan alat pembayaran tertentu.




Setelah itu, silakan pilih promo yang paling sesuai dengan kebutuhan dan menguntungkan Anda. Bila perlu, saat Harbolnas manfaatkan juga tambahan promo dari pihak ketiga seperti ShopBack Indonesia yang sering bagi-bagi cashback bahkan saat Harbolnas! Belanja melalui aplikasi ShopBack akan membantu Anda mendapatkan keuntungan berlipat jika berbelanja handphone dari e-commerce pilihan.

Pasang Alarm dan Pastikan Jaringan Internet Lancar

Beberapa e-commerce menyelenggarakan promo besar pada jam-jam tertentu, misalnya pada pukul 12.12 WIB. Jangan sampai salah lihat jam atau ketinggalan promonya, sehingga batal memiliki handphone baru.

Oleh karena itu, pasanglah alarm sekitar 10 menit sebelum waktu dimulai untuk bersiap-siap di depan gadget. Jaringan internet yang lancar juga sangat dibutuhkan untuk bersaing memperebutkan handphone dengan harga murah.

Penting diingat, kalau saingannya berasal dari seluruh daerah di Tanah Air. Pastikan juga kuota internetnya cukup untuk mengakses website atau aplikasi e-commerce. Tuh kan mulai deg-degan setiap mau jelang halbolnas. Hehhee

Siapkan Alat Pembayaran Sebelum Berburu Handphone Baru

Saat melakukan pembelian barang online, juga perlu menyelesaikan pembayaran baik dengan cara transfer atau menggunakan kartu kredit. Apabila Anda memilih cara transfer, pastikan uang di dalam rekening cukup untuk melakukan pembayaran dan segera selesaikan transaksi sebelum tenggat yang diberikan berakhir.

Sedangkan yang memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, siapkan nomor kartu kredit dan handphone untuk melakukan konfirmasi pembayaran. Pastikan kartu kredit masih memiliki limit yang cukup untuk melakukan transaksi.

Setelah pembayaran terverifikasi oleh e-commerce, langkah selanjutnya adalah menantikan kedatangan handphone baru ke alamat yang sudah didaftarkan. Jangan lupa teliti mengecek nomor resi paket.

Pas halbolnas, penyedia jasa kurir akan kewalahan dengan semua paket yang perlu dikirim seusai Harbolnas. Paket yang biasanya tiba di tempat tujuan dalam hitungan 2 hari, bisa saja tertunda hingga beberapa minggu seperti yang terjadi pada Harbolnas 2018 silam. Nggak pengen deh seperti itu.Pengen pakai hanpdhone baru, semoga tips bisa berburu handphone ini bisa diperoleh saat harbolnas ya!

24 comments

Avatar
Nurul bukanbocahbiasa Jul 29, 2019, 4:52:00 PM

Waaa siap² kalap pas HarBolNas ya mbaaa
Harga2nya ambyaarr jadi beneran pingin shopping

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Jul 29, 2019, 10:05:00 PM

Noted tips nya aku ingat-ingat ntar Desember bisa nih cari handphone di harbolnas. Aku pernah dapat diskon lumayan banyak waktu promo ramadhan

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) Jul 29, 2019, 10:12:00 PM

Pengeeenn mba, saya terus terang belum pernah rebutan di harbolnas, tapi butuh hape banget nih buat paksu, pengen kasih kejutan karena hapenya rusak mulu, hhh..

Sekalian adu kecepatan, biasanya saya selalu bermasalah dalam rebutan kayak gini hahaha

Reply Delete
Avatar
Mami Darrell / Rey Jul 29, 2019, 10:14:00 PM

PAsang alarm ya mba, kayak saya udah ada alarm rebutan list bewe hahahaha.
Sesekali mau ikutan ah yang gini, kira-kira apa saya sesergep kayak ikutan list bw, tapi memang bener, kudu disiapin semuanya, karena ga boleh kelamaan mikir entar habis :D

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa Jul 30, 2019, 5:21:00 AM

Iyah nih Mbak, sejak Ramadhan kemarin saya jg ngebet HP baru jg nih sebenarnya, tapi masih bisa diremlah nih keinginan. Hmm, belanja pas Harbolnas aja aahh, kali bisa dapat HP impian dengan harga diskon gede, heheh

Reply Delete
Avatar
Okti Li Jul 30, 2019, 9:59:00 AM

Saya blm pernah mendapatkan barang yg diinginkan saat harbolnas. Hehehe... Belum beruntung
Akhirnya beli handphone manual saja. Meski harga memang beda

Reply Delete
Avatar
Susie Ncuss Jul 30, 2019, 12:53:00 PM

aku belum pernah nyobain berburu di harbolnas kayak gitu.
jadi tertarik nih mbak, semoga bisa dapat hape inceran dengan harga murmer.
aamiin.

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak Jul 30, 2019, 2:51:00 PM

Meski ada Harbolans tetap belanja dengan bijak ya guys...
Hindari kalap^^
Percayalah, ini cobaan, hihihi

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian Jul 30, 2019, 3:04:00 PM

Marketplace biasanya siap-siap diserbu pelanggan ya saat Harbolnas. Aku belum pernah ikutan sekali pun mbak, mau ah nanti nyobain siapa tau beruntung dapetin barang dengan harga murah. Aku biasanya tidur jam segitu hihihihi

Reply Delete
Avatar
Anne Adzkia Jul 30, 2019, 7:30:00 PM

Harus pake reminder ya kalau menuju harbolnas, hehehe. Saya belum pernah sih belanja saat harbolnas, karena selalu pas nggak butuh apa-apa.

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Jul 30, 2019, 7:39:00 PM

Untuk HP pertama saya cari yang sesuai untuk kebutuhan saya kak mulai dari spesifikasi sama harganya dan kalau di Harbolnas ada hp yang diinginkan terus murce pulaa plus ada duiteee udah deh beli hehe.

Reply Delete
Avatar
skhaor Jul 30, 2019, 7:49:00 PM

Wah iya mbak baru kepikiran, kebetulan pengen beli kamera tapi gak butuh2 amat, bisa juga yaa pake tips ini hehehe alias ikut harbolnas, semoga kebagian diskon gede......

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono Jul 30, 2019, 10:04:00 PM

Harbolnas bikin kalap ya mbak karena banyak diskon yang ditawarkan. Tp berburu barang termasuk henpon saat harbolnas hrs jeli dan teliti jangan sampai ketipu oleh penjual yang nakal.

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu Jul 31, 2019, 1:33:00 AM

Aku juga pengen handphone baru mbak, artikelnya benar-benar buat aku menanti Harbolnas hehe. Soalnya ada 2 orang di rumah yang mau ganti hape karena sudah rusak.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Jul 31, 2019, 7:18:00 AM

Nah bener banget tuh yang harus tahu dulu harga aslinya. Aku pernah beli barang yang di sana tercantum diskon sekian puluh persen, dan langsung beli karena berasa murah banget. Pas lihat harga pasaran eh ternyata memang segitu. Huhu, hati2 banyak yang mark up sebelom diskon.

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul Jul 31, 2019, 8:01:00 AM

Ish mba al, kasih link tulisan ini.. jadi inget bulan bulan kemarin hingga bulan ini banyak banget pengeluaran.. salah satunya belanja online huhu.. memang ya semua itu butuh ilmu, termasuk dalam belanja online khususnya lagi saat harbolnas jangan sampe rugi hehe

Reply Delete
Avatar
Indira Wulandari Jul 31, 2019, 10:42:00 AM

Jadi inget beberapa bulan lagi harbolnas ya, harus siap2 uang dan standby terus biar bisa dapat good deals saat harbolnas.

Reply Delete
Avatar
Ida Jul 31, 2019, 10:43:00 AM

Belum pernah nyoba nih berburu diskon di halbonas hehe. Baca tips nya jd pengen nerapin... Mau ah..

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Jul 31, 2019, 11:35:00 AM

Harbolnasnya masih lamaa mba hehehe. Tapi siap - siap boleh ya.. incer hp idaman

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne Jul 31, 2019, 11:35:00 AM

mpo juga beli handphone juga dari halbonas. Lumayan diskon nya tapi mata jadi sepet. Tidur dulu dan pasang alram

Reply Delete
Avatar
Aprillia Ekasari Jul 31, 2019, 11:37:00 AM

Aku pernah beli di harbolnas ada yg lancar dikirim ada yang nunggu agak lama. Beli henpon via onlen emang agak riskan makanya penting ya belinya di marketplace atau toko online yang terpercaya. Aku bbrp kali beli haoe via onlen jg walau bukan pas harbolnas alhamdulillah aman tapi tetep jgn lupa cek tokonya

Reply Delete
Avatar
Novitania Jul 31, 2019, 12:45:00 PM

thank you mbaaa... aku mau coba tipsnya ah, beberapa kali coba beli hp di harbolnas syelalu gagal. mudah mudahan nanti nggak gagal lagi

Reply Delete
Avatar
untari Jul 31, 2019, 7:48:00 PM

ini dia yang dinanti tp kudu siapin alarm banyak biar ga lupa, dan internet moga ga bermasalah apalagi diserbu banyak orang biasanya jadi lemot

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist Jul 31, 2019, 10:44:00 PM

Jauh jauh hari bahkan sudah kuinfo adekku di kampung untuk tandai tanggal supaya ga lupa Harbolnas.

Reply Delete