Tips Agar Anak Bebas Main di Luar Tanpa Gigitan Nyamuk

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tips Agar Anak Bebas Main di Luar Tanpa Gigitan Nyamuk


Percaya nggak kalau saya sempat melarang anak bebas main di luar? Padahal sebelumnya, saya memberikan keleluasaan bagi anak saya, Ayyas, untuk bermain di luar. Bahkan, saya pula yang kerap meminta dia untuk lebih bermain di luar di bandingkan menghabiskan waktu di dalam rumah.

Dulu, sepulang sekolah, dia kumpul dengan teman-teman sebayanya di luar rumah untuk bermain. Mereka bermain apa saja. Mulai dari lompat tali, petak umpet, hingga bersepeda. Anak saya senang sekali bermain di luar rumah. Kalau sudah main bareng, mereka bisa ketawa plus ngobrol tanpa henti. Seolah dunia menjadi milik mereka. Saya, sebagai orangtua tentu saja senang melihat anak saya bahagia bermain di luar rumah bersama temannya. Biasanya mereka nggak pernah main jauh-jauh. Ya masih di wilayah depan rumah.

Ayyas saat Juli 2019 main di pulau Pahawang

Tapi semua berubah ketika anak saya terkena gigitan nyamuk yang menyebabkan dia harus dirawat di rumah sakit selama lebh dari seminggu karena penyakit demam berdarah. Duh, sedih sekali saat tahu anak sakit terkena demam berdarah. Anak saya mendadak demam tinggi dan lemas. Demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti.

Gejala awal penyakit demam berdarah ini meliputi :
  • Demam tinggi secara mendadak berlangsung sepanjang hari
  • Nyeri kepala
  • Nyeri saat menggerakkan bola mata
  • Nyeri punggung.

Terkadang disertai tanda-tanda perdarahan, pada kasus yang lebih berat dapat menimbulkan nyeri ulu hati, perdarahan saluran cerna, shock, hingga kematian. Masa inkubasi penyakit ini berkisar 3-14 hari, tapi pada umumnya 4-7 hari.

Saat tahu anak tergena gigitan nyamuk yang sebabkan ia terkena demam berdarah, saya menyalahkan diri saya karena merasa tak mampu menjaga dia dengan baik. Saya merasa bersalah karena membiarkan anak saya bermain di luar tanpa perlindungan dari gigitan nyamuk. Saya merasa bersalah karena tak mampu menjaga dia dengan baik. Saya menangis ....

Saat Ayyas sakit 2017
Saya masih ingat malam ketika dokter memutuskan anak saya harus dirawat karena suhu tubuhnya yang masih panas dan setelah cek darah, teryata trombositnya turun. Normalnya, trombositnya 150.000-450.000. Tapi teryata, jumlah trombositnya menurun hingga 143.000 sehingga ia disarankan untuk langsung dirawat pada 16 Maret 2017. “Kalau tidak dirawat, agak beresiko,” ungkap dokter. Dokter kemudian menjelaskan tentang diagnosa penyakit yang dialami Ayyas.

Pukul 21.00 WIB, anak saya berbaring lemas di ranjang rumah sakit. Saat suster memasang jarum suntik, saya melihat ia tak menangis. Setelah jarum infus terpasang di lengan kirinya, ia mencoba memejamkan mata untuk mencoba tidur. Bagi saya, malam-malam selanjutnya adalah malam kelabu. Hampir setiap saat, ia terbangun sekedar untuk minum atau  ke kamar mandi. Akhirnya, setelah lebih dari seminggu dirawat, dia pun diperbolehkan pulang.

Sepulang dari rumah sakit itulah saya semakin protektif terhadapnya. Saya kuatir ketika anak bermain di luar maka ia akan digigit nyamuk dan ini tentu saja menjadi ancaman kesehatan baginya. Tapi saya tak sendiri merasakan kekuatiran ini. Survey terbaru yang dilakukan MY BABY menemukan bahwa 85% ibu khawatir kalau anak main di luar. Dan sebanyak 65% merasa gigitan nyamuk dan serangga menjadi alasan utama kekhawatiran ibu.

Bermain pasir di pulau Pahawang
Saat dia mau main luar, saya selalu bilang “nanti dulu ya, dek” atau “main sama ummi dulu yuk”. Awalnya dia nurut saya karena dia merasa ingin lebih menghabiskan waktu untuk saya, ummi. Saya pun mengurangi rencana travelling keluarga agar anak tidak terkena gigitan nyamuk. Rencana travelling keluar kota pun batal setelah anak sakit demam berdarah akibat gigitan nyamuk.  

Tapi kemudian saya tersadar ketika dia protes dan berkata “Ummi, aku pengen main di luar seperti dulu,”. Saya sadar bahwa melarangnya untuk main di luar itu bukan solusi yang tepat untuk melindunginya dirinya dari gigitan nyamuk. Apalagi saya pernah membaca beberapa artikel yang menyebutkan tentang manfaat bermain di luar rumah bagi anak.

Manfaat bermain di luar rumah bagi anak :
  • Meningkatkan semangat dan kemampuan sosial
  • Mengembangkan kreatifitas
  • Meningkatkan kebahagiaan
  • Menghasilkan energi yang menjaga kesehatan tubuh
Psikolog keluarga, Retno Dewanti Purba mengatakan, “Jika anak dibiasakan beraktivitas di luar rumah akan terlihat lebih bugar. Orangtua sebaiknya memberi kesempatan pada anak untuk menghabiskan waktu di halaman rumah, kebun, taman, pantai, pegunungan dan lingkungan alami lainnya,” katanya. “Kewaspadaan tetap perlu namun tidak boleh takut atau menghindari aktifitas luar,” katanya lagi.

Saya sekeluarga saay liburan ke Pahawang

Membaca beragam artikel, membuat saya menyiapkan beberapa tips agar anak bisa bebas main di luar tanpa gigitan nyamuk.

Berikan Kepercayaan Kepada Anak
Biarkanlah anak bermain di luar tanpa rasa takut. Jika anak merasa takut main di luar maka dia pun akan membatasi diri dari kehidupan sosial dan kemudian merasa terasing di lingkungannya sendiri. Namun orangtua juga harus memberikan informasi tentang apa yang harus dan tak dilakukan ketika bermain di luar sehingga anak pun merasa nyaman dan aman.

Melakukan 3M + 1M
Sering banget saya mendengar bahwa harus melakukan 3M + 1M yakni menutup, menguras, menimbun dan membersihkan sarang nyamuk. Dengan melakukan 3M + 1 M ini membuat lingkungan rumah lebih terjaga dari adanya sarang nyaman. Bak mandi harus sering dibersihkan sehingga tak ada lagi sarang nyamuk.

Memasang kelambu di kamar
Kelambu ini sangat bermanfaat untuk mencegah adanya sarang nyamuk sehingga anak pun bebas dari gigitan nyamuk. Nah kalau kelambu terpasang di kamar, anak pun tidur dengan nyenyak. Apabila anak tidur nyenyak maka dia pun akan bermain dengan ceria bersama teman-temannya.

Memakai minyak telon anti nyamuk berbahan alami
Bagi saya, wajib banget untuk menggunakan minyak telon anti nyamuk berbahan alami agar anak bebas dari gigitan nyamuk ketika bermain di luar. Nah, proteksi anti nyamuk berbahan alami ini adalah MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 jam yang mampu melindungi anak dari gigitan nyamuk sehingga anak bebas main di luar. Emang bisa? Bisa!

Jangan lupa pakai MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam

MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam

Saya tahu tentang MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam ini dari sahabat saya ketika dia tahu saya sempat melarang anak bermain di luar rumah. “Kalau pakai MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam, anak akan terlindungi loh dari gigitan nyamuk,” katanya. Tak sabar, saya langsung ke minimarket dekat rumah untuk membeli MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam. MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam ini mudah diperoleh di berbagai minimarket. Selain itu, harganya juga terjangkau. Mengapa harus menggunakan MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam?

Terbukti Mampu Melindungi Kulit dari Gigitan Nyamuk
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Institut Teknologi Bandung membuktikan bahwa nyamuk menghindar dari  kulit yang di olesin MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam. Kemampuan ini menjadi yang pertama di Indonesia dan memberikan standar baru dalam industri minyak telon tanah air.

Ayyas pakai MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam

Terbuat dari Bahan Alami
MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam mengandung bahan alami yakni minyak sereh (Citronella Oil) dan Chamomile yang mampu melindungi kulit dari gigitan nyamuk. Mengapa minyak serai dipercaya dapat melindungi kulit dari gigitan nyamuk? Ini karena serai mengandung sitronelal dan geraniol yang mampu untuk mengusir nyamuk. Chamomile membantu mencegah iritasi, pembengkakan dan gatal-gatal.

Memiliki Banyak Kegunaan
Selain melindungi kulit dari gigitan nyamuk, MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam ini juga membantu meredakan perut kembung dan masuk angin. Menggunakan MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam ini juga memberika rasa hangat dan nyaman pada tubuh anak.

Mudah dibawa Kemana Saja
Produk MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam ini mudah dibawa kemana saja karena ukurannya yang kecil. Selain itu juga memiliki penutup yang membuat minyak telon ini tak mudah tumpah.

Selalu tersedia untuk bepergian

Saat melakukan perjalanan ke Lampung beberapa saat lalu, saya membawa MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam ini untuk melindungi anak dari gigitan nyamuk. Sebelum melakukan aktifitas, saya oleskan 5 sampai 10 tetes MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection 12 Jam ini pada dada, perut, pinggang dan telapak kaki agar anak tidak terkena gigitan nyamuk.

Dengan menggunakan MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection, saya tak perlu khawatir lagi anak terkena gigitan nyamuk sehingga anak bebas main di luar rumah. Saya tak ingin, anak saya terkena sakit  lagi dan saya merasa, pilihan menggunakan MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection ini adalah pilihan yang tepat.




    


55 comments

Avatar
Nurul bukanbocahbiasa Jul 21, 2019, 2:00:00 PM

Ayyas maniiiss bangett. Aku sampe sekarang juga nyetok minyak telon, mbaak. Aromanya aku syukaaak banget

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain Jul 21, 2019, 3:02:00 PM

Jadi inget banget nih, gimaana sedihnya saat anakku juga peernah ke DBD .. opname semingguan di rumah sakit. Gara2 nyamuk. Sekarang kalo main pake minyak telon my baby dlu . Jadi gak khawatir..

Reply Delete
Avatar
Sri Untari Jul 21, 2019, 4:19:00 PM

Memang kadang dilema apalagi kaya gini di daerahku nyamuknya wow banget. Kudu siap amunisi mencegah dan mengobati termasuk minyak telon anti nyamuk

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania Jul 21, 2019, 6:01:00 PM

aku juga pakein my baby buat anak2. so far baunya enak gak nyengat banget dan kulit anak2 aman

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Jul 21, 2019, 6:12:00 PM

Sedih banget emang kalau sampai anak kena demam berdarah. Tapi daripada melarangnya beraktivitas, mending dilindungi dengan minyak telon anti nyamuk ini, ya

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Jul 21, 2019, 10:03:00 PM

Anakku yang bungsu pernah juga dirawat di rumah sakit karena DB, duhhh nyeselnya gak ilang-ilang. Dan setuju banget melakukan 3M dan 1M itu manjur mengurangi nyamuk DB. Tapi kalo kena nya di sekolah sama aja ya mbak, mending ditambah pakai Minyak Telon My Baby. Ibu jadi tenang meski anak-anak bermain di luar rumah

Reply Delete
Avatar
Luella Artistry Jul 21, 2019, 10:19:00 PM

Emang serem juga ya klo tiba tiba anak kena gigitan nyamuk yg berdampak jelek... btw bisa jd referensi nih bawa minyak telon buat proteksi yaa..

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Jul 22, 2019, 6:57:00 AM

Aku juga suka pakai ini mba.. wanginya enak dan memang bermanfaat plus karena nyamuk jadi jauh

Reply Delete
Avatar
Rotun DF Jul 22, 2019, 9:25:00 AM

My Baby ini kecintaanku banget Mba, hahaha. Dari anak pertama selalu pake minyak telon My Baby. Sekarang makin cinta karena ada varian Minyak Telon Plus yang melindungi dari nyamuk. Apalagi sekarang tinggalnya di kampung yang banyak banget kebon kosong. Hihi.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jul 22, 2019, 9:51:00 AM

Dari zaman Neyna bayi sampe sekarang Rayi aku pake my baby ummi ga tau kenapa sesuka itu sama yang ini apalagi jelas ada perlindungan nyamuknya jadi ga khawatir lagi

Reply Delete
Avatar
Nefertite Jul 22, 2019, 10:39:00 AM

Kebayang ya, kalau anak sakit memang bikin cemas sih, mungkin itu yang sebabkan orang tua kadang protektif. Produk My Baby, samai sekarang aku suka beli tissu basahnya, wanginya seger

Reply Delete
Avatar
Khoirur Rohmah Jul 22, 2019, 10:40:00 AM

Woh, bagus juga ya manfaat My baby Minyak Telon 12 Jam ini, bisa mengatasi gigitan nyamuk. Padahal harum ya mbak aromanya, walau harum bikin nyamuk nggak suka, iya. daripada kena gigit terus bentol-bentol, hhuuu
TFS yah Mbak ^_^

Reply Delete
Avatar
Ayaaa cahayatheprinces Jul 22, 2019, 11:15:00 AM

Wanginya enak ini Mbak Lid. Dulu pernah nyobain beli buat keponakan. Apalagi pas musim hujan yg banyak nyamuk di rumah, my baby sangat membantu anak dari gigitan nyamuk

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com Jul 22, 2019, 12:35:00 PM

wanginya ini enak banget mbak, anakku pakai telon my baby, awalnya pakai yang biasa, trus iseng coba yang ada serehnya eh wanginya juga enak, keterusan sampai sekarang deh :)

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Jul 22, 2019, 1:26:00 PM

Menyenangkan banget kalo menghirup aroma minyak ini.
Bye bye nyamuk nakaal
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono Jul 22, 2019, 2:30:00 PM

Sepertinya skrg wabah DB lagi merajalela ya mbak, di Denpasar juga banyak yang terserang DB hingga diopname. Kadang, kita sdh proteksi anak, namun sering kecolongan, anak masih saja terserang penyakit. Tapi apakah kita akan mengurung anak didalam rumah? Tentu tidak ya mbak....anak hrs diberikan kebebasan bergaul dengan teman-teman nya diluar rumah. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh dengan my telon baby... yang aman dan mencegah Demam Berdarah menjangkiti anak. TFS mbak.

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda Jul 22, 2019, 3:20:00 PM

Kemarin pas lagi belanja bulanan di hypermart aku liat ada telon ini, wanginya enak banget ya ternyata, ak suka deh

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani Jul 22, 2019, 3:41:00 PM

Banyak manfaatnya kalau anak dibebaskan main di luar. Jadi sayang aja kalau sampai melarang anak main di luar ya, Mbak.
Kalau ada My Baby Minyak Telon, kegiatan anak di luar bisa lebih aman. Ummi pun bisa lebih tenang :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani Jul 24, 2019, 10:20:00 PM

Lebih tenang ,mengajak anak bermain di luar. Karena My Baby minyak telon melindungi sampai 12 jam :)

Reply Delete
Avatar
Mechta Jul 22, 2019, 5:59:00 PM

Untung ada My Baby minyak telon ya mba.. eh ini bisa juga utk dewasa kan ya?
Ttg 3M setuju sekali..dan sebaiknya tidak hanya dilakukan sendiri2 tapi gerakan bersama ya mba..

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Jul 22, 2019, 6:30:00 PM

Anakku dulu juga pernah kena DB dan harus dirawat inap di RS. Sedih banget dia karena waktu itu pas widyawisata anak2 kls 9 ke Bali, jadi tidak bisa ikut.
ini MY BABY Minyak Telon, perlindungannya lama juga ya bisa sampai 12 jam, bisa melindungi dari gigitan nyamuk.

Reply Delete
Avatar
Ima Satrianto | www.tamasyaku.com Jul 22, 2019, 7:32:00 PM

wah inovasi mybaby melegakan moms yang bepergian dengan si kecil dan takut gigitan nyamuk ya mba. Pengin cobain juga utkku bisa ga ya?

Reply Delete
Avatar
Nabilla DP Jul 22, 2019, 11:07:00 PM

Aku juga pernah mbaa ngelarang anak main di luar karena parno duluan huhu akhirnya sadar kalo itu gabaik ya, jadi milih untuk memproteksi sebisanya. Salah satunya dengan pakein minyak telon ini.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com Jul 22, 2019, 11:44:00 PM

Aaku belum coba pakai My Baby anti nyamuk ini, Al.. tapi melihat foto sekeluarga liburan dengan wajah bahagia sepertinya My Baby berhasil deh bikin ceria suasana

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu Jul 23, 2019, 12:14:00 AM

Memang bener bahaya ya mbak kalau nyamuk sudah berdampak membawa virus buruk bagi keluarga. Saya juga paling kesal kalau banyak nyamuk baik di rumah maupun di mana saja. Saya memang percaya sama My Baby tahan sampai 12 Jam melindungi kulit baik untuk diri sendiri maupun bayi. Semoga keluarga sehat selalu ya mbak.

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan Jul 23, 2019, 6:35:00 AM

Ih effek gigitan nyamuk serem juga ya Mbak. Dinrumahku saat ini nyamuk juga lagi pada keluar gak kenal waktu. Siang malam banyak terus.

Reply Delete
Avatar
Demia Jul 23, 2019, 6:47:00 AM

waaaah aku mau nyobain juga ah pake minyak telon ini jugaa, wanginya enak kayanya yaaa, aku selalu butuh but habis mandi heheh

Reply Delete
Avatar
Helena Jul 23, 2019, 7:01:00 AM

Wow My Baby sekarang udah melindungi hingga 12 jam? SID masih pakai minyak telon anti nyamuk My Baby yang 8 jam. Ku pakaikan setelah mandi karena dia aktif banget main di taman.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti Jul 23, 2019, 7:22:00 AM

Bagus ya kemasannya yang sekarang, lebih cantik dari sebelumnya. Saki juga pakai minyak telon my baby. Cepat juga menghilangkan bentol bekas gigitan nyamuk.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Jul 23, 2019, 7:23:00 AM

Minyak Telon nya bisa dipakai untuk usia berapa aja, kak?
**mama juga pengin ikutan pakai...

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Jul 23, 2019, 11:06:00 AM

Paling suka dari My Baby ini wanginya khas.
beda sama minyak telon lain.

Suka baget pokonya maah...

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Jul 23, 2019, 7:33:00 AM

Wah, ini tips aku juga. Dulu saat anak-anak masih kecil, kalo ke luar rumah, abis mandi, aku pakein minyak telon. Biar gak digigit nyamuk. Takut soalnya kalo pake obat nyamuk kimia mah. Takut bahaya kejilat dan kemakan. Kalo minyak telon kan alami. Dan Minyak telon My Baby wanginya segeeeer. Bayi banget

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka Jul 23, 2019, 7:53:00 AM

Fatal banget ya kalau penanganam DBD terlambat, nyawa taruhannya. Wah selain anakmembuat badan hangat, juga bisa melindungi dari gigitan nyamuk ya..kereen

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid Jul 23, 2019, 8:09:00 AM

anakku dua-duanya pakai minyak telon my baby, Mba. Selain wanginya yang enak, juga bisa mencegah gigitan nyamuk :)

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Jul 23, 2019, 8:34:00 AM

Kadang kalau ditempat yang baru pertama kita datangi suka bikin aku waswas gitu sih mbak. Tapi karena sekarang aku selalu bawa si My Baby Minyak Telon kalau pergi sama anakku, jadi ini tuh semacam senjata wajib keluar rumah.

Reply Delete
Avatar
Aulia Rizky Wijayanto Jul 23, 2019, 9:00:00 AM

waaah minyak telonnya bisa jaga kulit dari nyamuk ya? aku demen banget aroma minyak telon, nenangin gitu

Reply Delete
Avatar
Lidya Jul 23, 2019, 9:06:00 AM

Beberapa waktu lalu Pascal juga kena DBD, padahal aku udah jaga banget di lingkungan rumah, mungkin kena di luar ya. Makanya skr aku parno juga kalau anak-anak keluar dari rumah, Mana rumah sakit lagi full semua kamarnya bikin stress.
AKu beli deh minyak telon anti nyamuk ini nanti aku olesin ke anak-anak. Buat dewasa juga bisa kan ya mbak? Makasih infonya mbak Alida. Sehat selalu buat kita semua.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Jul 23, 2019, 9:50:00 AM

Anakku yang udah remaja aja masih seneng loh mba pakai minyak telon My Baby plus plus ini. Enak katanya, ya harum, ya terlindung dari serangan nyamuk. Terasa banget ya manfaatnya. Dia kalau mau bobok suka oles-olesin minyak telon ini ke tubuhnya.

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Jul 23, 2019, 10:16:00 AM

Yups setuju banget sama riview produk ini soale masih suka pakai juga jadi untuk menghangatkan sekaligus bisa melindungi dari gigitan nyamuk.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Author keluargahamsa.com Jul 23, 2019, 11:59:00 AM

Aku pemakai setia My Baby juga sejak zaman anakku bayek2 mbak. Eh kemasannya skrng gtu ya? Aku pakai yang kemasan panjang2 itu lho sampai skrng msh ada ini sisa stocknya. SOalnya drpd semprot2 aku mending pakaiin anak2 minyak telon My Baby plus aja

Reply Delete
Avatar
Okti Li Jul 23, 2019, 12:31:00 PM

Fahmi putra saya termasuk anak yang amis daging kalau kata orang Sunda alias mudah digigit serangga khususnya nyamuk. Adanya obat anti nyamuk tentu saja sangat membantu sekali. Anak jadi aman tidak khawatir kena gigitan nyamuk

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati Jul 23, 2019, 4:15:00 PM

Kak Ayyas, semoga sehat selalu ya.. Pengalaman yang menyedihkan karena anak terkena DB itu seperti ingin menyalahkan diri sendiri, ya, Mbak. "Kenapa saya gak melarang dia pergi bermain di luar?" dan pertanyaan pada diri sendiri timbul terus.

Tetapi, anak juga perlu bermain di luar, agar dia bisa bersosialisasi dan lain sebagainya. Saya setuju banget dengan Psikolog keluarga, Bu Retno Dewanti, anak-anak memang perlu berinteraksi di dunia luar.

Untungnya saja sekarang sudah ada minyak telon My Baby yang memberikan perlindung selama 12 jam. Saya juga suka aroma dari minyak telon My Baby, harumnya enak.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Jul 23, 2019, 6:43:00 PM

Kalo anak sakit, seorang ibu pasti merasa sangat bersalah ya. Tapi sekarang udah nggak perlu cemas lagi ya mbak Lida. Udah ada My Baby minyak telon yang bisa melindungi kulit Ayyas selama 12 jam, jadi Umi nya tenang yaa

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak Jul 24, 2019, 6:45:00 AM

Tambah lagi nih referensi buat minyak telon.
Apalagi kemasannya cocok buat travelling plus harus sereh yang segar!

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita Jul 24, 2019, 7:39:00 AM

Sejak udah besar anak saya nggak nyimpan lagi minyak telon padahal biasanya selalu ada sedia.

Reply Delete
Avatar
Widyanti Yuliandari Jul 24, 2019, 7:56:00 AM

Akhir tahun kemarin, anakku yg sulung juga kena DB. Sedih banget ngelihatnya tersiksa. Susahnya, krn udah gede dia ga mau dipakein minyak telon, dipakai repellant yg lain juga gamau. Pe er Bundanya adalah jaga betul kebersihan sekitar dan memperkuat daya tahan tubuhnya. Padahal minyak telon wanginya seger dan emaknya suka.

Reply Delete
Avatar
Juliastri Sn Jul 24, 2019, 2:50:00 PM

Lagi musim nih banyak nyamuk di rumah, maka perlindungan ekstra supaya anak-anak terhindar dari gigitan nyamuk itu penting banget

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu Jul 24, 2019, 8:19:00 PM

Alhamdulillah ayyas sehat2 ya dek,, bener bnget sih ngelarang anak bermain bukannsolusi mncegah penyakit,, tetapi lingkungan hrs diperhatikan ya mba melakukan. 3M + 1M pnting bngt

Reply Delete
Avatar
Profil Jul 24, 2019, 9:32:00 PM

Paket hemat nih MY BABY minyak telon. Selain untuk meredakan perut yang Tak nyaman karena masuk angin. Bisa juga until mencegah gigitan nyamuk. Jadi lebih tenang kalau anak-anak main di luar rumah.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Jul 24, 2019, 9:50:00 PM

Demam berdarah ini penyakit yang gak kenal usia, dewasa aja kena, anak kecil pun kena kalau imunnya pas gak bagus ya.
Salah satu perlindungannya ya membersihkan lingkungan sama melindungi anak kita dengan mintak telon plus kyk gini spy terhindar darah gigitan nyamuk demam berdarah

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak Jul 24, 2019, 10:14:00 PM

Di tempat ku sekarang lagi banyak nyamuk Mbak alifa. Sampe anak-anak kao mau tidur ta baluri anti nyamuk. Tapi aku lebih suka minyak telon sebenarnya wanginya enak

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak Jul 24, 2019, 10:19:00 PM

Di tempat ku sekarang lagi banyak nyamuk Mbak alida, anak-anak ta biasain pake selimut tapi susahnya minta ampun.

Reply Delete
Avatar
Eni Rahayu Jul 25, 2019, 3:15:00 AM

Minyak telon my baby mah andalan saya mbak, selain aromanya wangi sereh juga menjaga anak-anak dari gigitan nyamuk. Setelah mandi pun gak pernah absen anak-anak pakai minyak telon my baby. Wangi deh sepanjang hari, hehehe

Reply Delete
Avatar
Sash Jul 25, 2019, 5:21:00 AM

DUlu saya juga pernah kena DBD, duh rasanya sakit sekali. Semua cuma gara2 nyamuk nakal.

Btw saya suka banget aromanya my baby ini. Enak dan segar.

Reply Delete
Avatar
nchie hanie Jul 25, 2019, 6:33:00 AM

Nah,ini mah telon yang tiap bulan selalu ada di troly, soalnya aku sama kk olip selalu pake, entahlah kalo abis mandi ga pake telon rasanya kaya belom mandi hahaaaa (aneh) . Btw itu makin asik donk main pasir di Pahawang, bebas dari gigitan nyamuk yaaa. Ekooot Maak!

Reply Delete