Ketika Oma jadi Mahasiswi Baru di Film Mahasiswi Baru

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Ketika Oma jadi Mahasiswi Baru di Film Mahasiswi Baru


Kebayang nggak, ada Oma usia 70 tahun jadi mahasiswi baru ? Kira-kira, apa yang akan dialami ketika menjadi mahasiswa dan kumpul bareng mahasiswa lain yang mungkin seumuran cucunya? Beberapa hari lalu saya ketemu teman yang merekomendasikan agar saya menonton film mahasiswi baru.

Kenapa? “Lucu dan menghibur,” kata teman saya. Ah, benarkah? Film ini menceritakan tentang Lastri (dimainkan oleh Widyawati) yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Namun karena usia yang tak muda, tentu saja keinginan Oma Lastri untuk kuliah lagi ditentang oleh anaknya. Kebayang nggak sih, usia 70 tahun tapi lalu jadi mahasiswi baru ?

Salah satu cuplikan film
Tapi ya karena Lastri punya semangat yang mengebu-gebu untuk kuliah, mau nggak mau ya disetujui dan dimulailah petualangan baru untuk menjadi mahasiswi. Lalu, bagaimana petualangan Oma Lastri menjadi mahasiswi baru ?

Ya namanya mahasiswi baru, tentunya akan menjalani masa orientasi dan tentunya ada saja senior yang iseng menganggu mahasiswa atau mahasiswi baru. Dan saat melihat Oma Lastri yang penampilannya berbeda dari mahasiswa lainnya, dua senior pun menghampirinya dan mengajukan pertanyaan
“Make-upnya di hapus saja”
“Kenapa di aging wajahnya?
“Emang, lahir tahun berapa?

Nah, pas dapat pertanyaan lahir tahun berapa, Oma Lastri pun langsung menjawab bahwa dia lahir 70 tahun yang lalu. Namun walaupun sudah berusia 70 tahun, semangat Lastri untuk belajar dan bersosialisasi dengan mahasiswa lainnya pun masih tetap ada.

Agar masih bisa bergaul dengan mahasiswa lainnya, mereka pun membentuk geng. Tapi, apa nama gengnya ? Dan siapa saja yang menjadi anggota gengnya? Selain Lastri Lastri (Widyawati), juga ada Danny (Morgan Oey), Erfan (Umay Shahab) dan Reva (Sonia Alyssa). Tapi untuk membuat nama geng itu bukan perkara mudah. Ya namanya anak muda, pastinya nama gengnya yang sesuai ama usia. Tapi oma Lastri menawarkan menggunakan nama paguyuban untuk kumpulan geng mereka. Unik kan ?   

Bermain sebagai mahasiswi pastinya membutuhkan energi yang tidak sedikit untuk oma Lastri. Apalagi di film Mahasiswi Baru ini, Oma Lastri harus lompat pagar, loncat jendela dan belum termasuk berlarian dan panas-panasan di film Mahasiswi Baru.


Mengapa Widyawati selaku pemain Oma Lastri mau memainkan peran oma energik di film Mahasiswi Baru dan rela melakukan kegiatan yang mungkin melelahkan untuk usianya ? “Film ini jalan ceritanya bagus dan mengajarkan bahwa memang belajar tidak mengenal tua atau muda,” kata Widyawati saat peluncuran film terbarunya pada Senin, 8 Juli 2019. Semakin bertambah usia, ia mengaku senang karena selalu mendapatkan peran yang berbeda-beda.

Film Mahasiswi Baru ini boleh dibilang film lintas generasi. Sebagai senior, Widyawati boleh dibilang bermain apik tanpa membuat sekat dengan aktris muda yang beradu akting di film Mahasiswi Baru ini. Ini terlihat dari dialog demi dialog yang terlontar lancar tanpa terlihat canggung.

Hanya saja memang saya sebagai penonton saat melihat trailernya agak merasa asing ketika Danny dan anggota timnya memanggil nama Lastri tanpa embel-embel oma atau apapun untuk menghormati Lastri yang usia seusia nenek. Namun kegelisahan saya terbalas dengan komentar sang anak Lastri yang mengatakan “Selama 40 tahun saya hidup, tak pernah saya panggil nama ibu saya dengan nama Lastri saja”.  

Nggak hanya Widyawati, tapi adanya Morgan Oeu dan Mikha Tambayong juga menjadi daya tarik film ini. Apalagi, ada juga Slamet Rahardjo yang merupakan aktor senior dan tepat bermain bersama Widyawati. Film yang di sutradarai Monty Tiwa bisa dibilang mampu menjadikan film Mahasiswi Baru sebagai film yang kocak dang menghibur.  

Penasaran dengan film Mahasiswi Baru? Jangan lupa di tonton film ini tanggal 8 Agustus 2019 di biokop terdekat ya !

46 comments

Avatar
Nchie Hanie Jul 31, 2019, 1:51:00 PM

Hahahah..ku ngebayangin Lastri pas ditanya sama senior2 ketika ospek, lucuk2 ntuu pertanyaaanya ga sabar pengen liat aksi mereka

Reply Delete
Avatar
bundayati.com Jul 31, 2019, 1:53:00 PM

So pasti bunda akan jaga2 nih film kl maen di Mall Bxchange.

Reply Delete
Avatar
Gioveny Jul 31, 2019, 7:34:00 PM

Aku penasaran banget sama actingnya widyawati disini. Berbaur sama anak muda jaman now

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Aug 1, 2019, 1:21:00 AM

kocak ini asli ummi, aku mau nonton wkwkwk. Duh itu perannya widya wati bisa kocak begitu, tapi hikmahnya bagus juga ya film ini, ilmu harus dikejar sampai kapanpun, bahkan sampai ke liang lahat

Reply Delete
Avatar
Okti Li Aug 1, 2019, 3:07:00 AM

Memang ya menuntut ilmu itu tidak ada batasan waktu atau usia. Apalagi di kota dengan segala fasilitas menunjang. Ini di kampung saja andai semua mendukung pasti banyak kok yang mau melanjutkan sekolah. Hanya sayangnya sarana dan prasarana di kampung saya ini memang jauuuh dari kata mendukung. Jadi daripada sudah orang udah mundur duluan semangat belajar nya...

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Aug 1, 2019, 7:41:00 AM

Oma Lastriiii, ya ampun kocak beuds deh :D
Jadi penasaran buat nonton ya Mba, trailernya "mengundang" banget hahahaha
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
diane Aug 1, 2019, 8:45:00 AM

Keren2 ya pemainnya top semuaaa... liat trillernya aja udah ngakak mulu nih.

Reply Delete
Avatar
Khoirur Rohmah Aug 1, 2019, 8:47:00 AM

Ihihi iya, agk gimana kalau yg manggilnya njambal itu ya mbak, hehee
Di luar itu aktingnya Oma Widyawati keren bener dahh, aslik. Bisa membaur sama yg pemain muda2 hehehee

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Aug 1, 2019, 9:33:00 AM

biyuh biyuuuhh tante Widyawati ALL OUT banget di sini
beneran akting yg kuat bangett!
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com Aug 1, 2019, 11:39:00 AM

ini film wajib tonton yaaaa, apalagi pas ngebayangin ada dialog : Kenapa di aging wajahnya? wkwkwkwkkwkwkwkkkkkk..... kalo daku yang di situ, jangan jangan ditanya "kenapa pake masker dan kostum?" bhauahhauuahhauahuahauaa ((((( tertawa dalam kegetiran)))

Reply Delete
Avatar
Yola Widya Aug 1, 2019, 1:51:00 PM

penasaran, nih, pengen nonton jadinya.. kaya gimana coba akting oma widya di film inj

Reply Delete
Avatar
nunung nurlaela Aug 1, 2019, 3:06:00 PM

Wah penasaran filmnya. Pasti ketawa terus nih klo nonton. Ngebayangin oma jadi mahasiswa baru, ah serunya. Heboh pastinya

Reply Delete
Avatar
Wiwied Widya Aug 1, 2019, 6:19:00 PM

Film ini ide nya lumayan fresh ya. Seingetku blom pernah ada deh film yang ngangkat tema nenek nenek kuliah gini. Liat trailernya aja ngakak

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Aug 1, 2019, 8:28:00 PM

Ini pasti kocak abiiis! Dan widyawati sama Slamet Rahardjo memang klop bangeet ya. Aku mau nonton juga aaah

Reply Delete
Avatar
Diyanika Aug 1, 2019, 10:10:00 PM

Aku baru mau komentar, kok kurang ajar banget panggilnya hanya Lastri. Ternyata, endingnya, sang anak yang nggak terima, ya. Hihi.

Aku jadi ikut penasaran, seberapa serunya sih film ini.

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Aug 1, 2019, 10:39:00 PM

Widyawati dan Slamet Rahardjo bisa bikin penonton bernostalgia juga. Aktingnya kan selalu bagus. Tetapi, rasanya baru kali ini saya lihat Widyawati main film yang kocak. Penasaran juga sama aktingnya

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu Aug 1, 2019, 11:11:00 PM

Wah ini keren banget mbak ceritanya apalagi oma Lastri berperan gokil banget. Mau nonton filmnya banget.

Reply Delete
Avatar
Eka Mustika @umijourney Aug 2, 2019, 4:06:00 AM

Awal dengar judul film ini aku kebayang mahasiswi baru ala sinetron. ternyata oma yang jadi mahasiswi nya. menarik sekali yak

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Aug 2, 2019, 5:50:00 AM

Aku baru aja kemarin nonton gala premier ini kak dan ngakak terus dari awal. Filmnya lucu dan banyak pelajaran nya. Rekomen banget nih film.

Reply Delete
Avatar
Ida Aug 2, 2019, 6:06:00 AM

Film asyik nih nonton trailernya aja udah bikin ketawa ketiwi hehe jd penasaran ih

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian Aug 2, 2019, 7:43:00 AM

keren ya Widyawati ikutan jaman milenial nih hihihi, Yoaaa Bray :) gata banget deh apalagi mainnya sama artis2 masa kini

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Aug 2, 2019, 8:24:00 AM

Gak sabaaaar banget nonton film ini. Kepengen lebih ngakak deh lihat Oma Lastri seseruan bareng gengnya. :D

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul Aug 2, 2019, 8:29:00 AM

Ibuk lastri umurnya 70 tahun tapi masih cantik banget ya huhu.. kepingin akutuh.. sinopsis nya sukses bikin aku penasaran nih.. apalagi ada morgan oey sama umay dududu duo ganteng hihi dan actingnya juga oke bingits

Reply Delete
Avatar
Zia Aug 2, 2019, 9:45:00 AM

Ini film komedi Indonesia lintas generasi ya. Baca reviewnya aja kebayang kocak. Hahahaha. Oke tanggal 8 Agustus ya, minggu depan nih. Langsung dicatet deh. Hehehe

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Aug 2, 2019, 12:20:00 PM

Pernah ada kisah nyatanya nih. Nenek-nenek yang kuliah lagi. Keren semangatnya untuk kuliah. Aku aja males wkwk

Reply Delete
Avatar
Helenamantra Aug 2, 2019, 2:56:00 PM

aku pangling sama si Morgan kok agak iteman ya? tumbenan dia main film komedi, biasanya kan di film drama

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid Aug 2, 2019, 10:30:00 PM

jempol deh buat Lastri, walau uda oma-oma tapi semangatnya menuntut ilmu gak kalah sama anak muda :)

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid Aug 2, 2019, 10:33:00 PM

jempol deh buat Lastri, walau uda oma-oma tapi semangatnya menuntut ilmu gak kalah sama anak muda :)

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Aug 3, 2019, 7:53:00 AM

Aduh ga sabar deh pingin nonton film ini. Kayaknya seru banget ya

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati Aug 3, 2019, 10:48:00 AM

Hihi.. Penasaran dengan akting widyawati n the gang.. Lucu juga ya, kalau beneran ada usia 70 tahun ikut kuliah barengan anak-anak yang sepantaran dengan cucunya..

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani Aug 3, 2019, 11:32:00 AM

Ngakak habis waktu lihat trailer film Mahasiswim Baru. Seru abis, apalagi waktu adegan Oma Lastri mau kabur dari jendela wkwkwk...gak nyadar kalau kelas itu ada di lantai 3 ya ...

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita Aug 3, 2019, 7:12:00 PM

Aku nonton trailernya aja ngakak. Lucu banget. Apalagi teman-temannya nyebut nama doang bukan ibu atau oma haha.

Reply Delete
Avatar
echaimutenan Aug 3, 2019, 7:19:00 PM

Oma oma enerjik ya mau kuliah umur segitu. Kalau aku umur segitu mikir apa ya

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Aug 3, 2019, 8:05:00 PM

Omanya yang ini awet mudah banget ya, masih cantik pulak Widya Wati ini ya mbak. Baca reviewnya malah jadi penasaran banget sama film ini, mau ah minggu ini nonton.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Aug 3, 2019, 8:16:00 PM

Ini kyknya film hiburan agak kocak yang cocok ditonton sama teman atau keluarga di wiken yang santai ya mbak?
Penasaran Widyawati kalau akting lucu2an gini kyk apa ya? Soalnya selama ini dia terkenalnya memainkan peran yangelegan2 gtu

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Aug 3, 2019, 8:46:00 PM

Waah....5 hari lagi niih...
Mahasiswi Baru tayang di bioskop.

Gak sabar lihatnya karena nonton trailernya bikinku ngakak..
Wkkwkw~

Reply Delete
Avatar
Milda Ini Aug 3, 2019, 9:07:00 PM

Nah, barusan nih aku nonton lagi film sweet 2o, oma widya emang oke aktingnya. entah di film ini kayaknya juga keren deh, saya suka dan penasaran ama filmnya

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak Aug 3, 2019, 9:26:00 PM

Bakalan seru nih mbak filmnya. Ngebayangin oma-oma kuliah dan bikin heboh satu kelas

Reply Delete
Avatar
Andiyani Aug 3, 2019, 9:31:00 PM

Film-film Indonesia Sekarang beragam pilihannya dan ceritanya pun kreatif

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Aug 3, 2019, 9:40:00 PM

Duh, Oma Lastri bikin geregetan deh ,jadi kepengen segera nonton filmnya.

Reply Delete
Avatar
Eni Martini Aug 3, 2019, 10:14:00 PM

Insaallah, tanggal 8 alu mau janjian nih sama mba ade buat nonton Mahasiswa baru di Detos. Umi mo ikut ga? Biar bisa nemeni kita hehege, filmnya kocak ya mi?

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan Aug 3, 2019, 10:43:00 PM

Belajar tanpa kenal usia. Film yang sangat kocak namun tetap menghadirkan pesan yang luar biasa.

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist Aug 3, 2019, 11:08:00 PM

Nah tinggal 5 hari lagi nih Oma bakalan tayang di bioskop menyapa semua fans-nya Lastri alias Widyawati
Aku ga sabar mau ketemu "Dekan" Slamet Rahardjo

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara Aug 4, 2019, 12:37:00 AM

Nggak sabar nunggu tanggal 8, pasti bakal banyak ketawa nonton film ini, lha trailernya aja udah bikin ketawa terus

Reply Delete
Avatar
Eni Rahayu Aug 4, 2019, 4:42:00 AM

aku suka adegan saat Oma Wid bilang "yoi braaay" wkwkwk... jadinya aku bayangin nenekku bilang gitu tapi kok enggak pantas, hahaha. Mupeng deh pengen nonton filmnya langsung pasti seru banget nih

Reply Delete
Avatar
Eka Rahmawati Aug 5, 2019, 8:55:00 PM

Cerita Filmnya unik nih. Bener banget, belajar itu enggak kenal usiaa haha. Saya jadi penasaran mau lihat trailernya

Reply Delete