Kembangkan Potensi Diri Generasi Muda Melalui Program Skilled Youth

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Kembangkan Potensi Diri Generasi Muda Melalui Program Skilled Youth


Selepas kuliah, pekerjaan seperti apa yang diinginkan? Ingin menjadi pengusaha atau menjadi karyawan? Mengapa pertanyaan itu saya sampaikan?. Sekarang, jumlah pengangguran di Indonesia usia muda semakin tinggi. Teman-teman sering lihat atau bahkan tahu anak muda yang selepas kuliah tapi belum memiliki pekerjaan? Bahkan mereka pun tidak tahu harus kerja apa. Sedih ? Iya!

Namun kesempatan untuk bangkit, melakukan pekerjaan dan tak mudah menyerah saya peroleh dari beberapa anak muda yang saya temui pekan lalu. Tepatnya saat menghadiri  pemaparan program Skilled Youth Tahap III yang dilaksanakan oleh Citi Indonesia dan Indonesia Business Links di Hotel Le Meridien, Jakarta.

Saya saat kegiatan Skilled Youth

Anak muda pertama yang saya temui adalah Muflih, pemuda berusia 25 tahun yang mengembangkan cemilan unik ‘Mandalajati’ yang menjual coklat tempe. Coklat tempe? Saat pertama kali saya mendengar nama coklat tempe, saya langsung menanyakan lagi apakah benar coklat bisa dipadu padankan dengan tempe?

Tapi Muflih membuktikan keraguan itu dengan menawarkan saya menyoba tester coklat tempe yang di kemas dalam potongan kecil-kecil. Satu kali gigitan, saya langsung suka. Rasa coklatnya kerasa dan bahkan rasa tempe di dalam coklat terasa gurih. “Ini beneran tempe? Saya kira ini kacang mete,” kata saya ke dia. Tapi kepada saya, Muflih mengatakan memang itu tempe yang ada di dalam coklat.

Dia mengembangkan usaha coklat tempe bersama saudaranya yang kebetulan memiliki pabrik tempe. Niat untuk memiliki usaha, kemudian dilakukan dengan mencoba membuat coklat tempe. Awalnya dia mencoba memasukkan tempe mentah di coklat tapi teryata tak enak. Kemudian usaha terakhir yang dilakukan ini yang kemudian berhasil membuat coklat tempe sesuai keinginan. “Alhamdulillah antusiasme orang yang beli, bagus sekali,” katanya.
 
Saya dan anak-anak muda kreatif 
Walaupun baru dipasarkan setelah lebaran 2019, kini dalam sehari telah menghasilkan 100 hingga 150 batang sehari. Ia memasarkan coklat tempe melalui instagram @coklattempebandung dan media sosial lainnya. Ia berharap, ke depannya pemasarannya makin meluas seluruh Indonesia dan usahanya semakin berkembang. Selain Muflih, juga ada anak muda yang mengembangkan usaha kopi kapulaga dengan merk Keramat Alam.

Para pengusaha muda ini merupakan contoh berhasil dari program Skilled Youth Tahap III. Dengan mengikuti kegiatan ini, omzet yang dimiliki pun lebih besar. Jika sebelumnya kopi kapulaga hanya beromzet Rp 1,5-Rp 2 juta, kini meningkat menjadi Rp 3 juta per bulan. “Saya menjadi lebih percaya diri karena diajarkan mentoring, hingga cara memasarkan produk juga,” kata Muflih.

Salah satu pengusaha muda
Lalu, apa itu Skilled Youth? Jadi, Skilled Youth merupakan salah satu bentuk komitmen Citibank Indonesia untuk terus mendukung generasi muda untuk terus mengembangkan potensi dri serta memiliki kemandirian finansial sejak dini. Targetnya, bisa dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

Hal ini harus dilakukan karena Indonesia akan mengalami fase bonus demografi pada 2030-2040 mendatang. Hal ini menandakan jumlah penduduk usia produktif akan mencapai dua per tiga dari keseluruhan demograsi.  Nah, kunci untuk memanfaatkan bonus demografi adalah dengan meningkatkan produktifitas penduduk usia muda melalui :
  • Pembentukan kualitas modal manusia yang prima
  • Penciptaan lapangan kerja yang modern dan layak

“Bonus demografi memiliki potensi yang besar sebagai motor penggerak pencapaian agenda pembangunan nasional,” kata Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Prof Dr. Bambang P.S Brodjonegoro.

Pertumbuhan produktifitas tenaga kerja Indonesia dalam rentang waktu 2014-2018 cukup baik dengan tumbuh di kisaran 3,5 persen per tahun. Hanya berada di bawah Philipina dan Vetnam. Namun jika dilihat secara nominal, produktivitas kerja tenaga kerja Indonesia masih berada di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand.
 
Menteri PPN Prof Bambang memberikan pemaparan
Apalagi, tingkat pengangguran terbuka masih didominasi oleh angkatan kerja muda. Selain itu, proporsi kaum muda Indonesia yang tidak sekolah, bekerja atau menjalani pelatihan, lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa negara tetangga di ASEAN.

Pemerintah, menurut Menteri PPN, memiliki fokus untuk memanfaatkan bonus demografi. Ada dua hal yang menjadi fokus pemerintah yakni investasi SDM dan investasi kapital. Investasi SDM melalui empat hal yakni :
  • Peningkatan jaminan kesehatan dan perbaikan nutrisi
  • Perluasan pendidikan menengah universal
  • Peningkatan akses dan kualitas pendidikan tinggi
  • Peningkatan produktivitas angkatan kerja dan usia lanjut
Sedangkan investasi kapital meliputi empat juga yakni :
  • Pengembangan produk tabungan, deposit, saham dan jenis investasi jangka panjang lainnya
  • Stabilitas politik dan ekonomi
  • Sistem perbankan dan investasi yang mumpuni
  • Sistem pensiun yang berkesinambungan

 
Batara Sianturi, Chief Executive Citi Bank 
Oh ya tadi sebelumnya saya sudah menyebutkan tentang Skilled Youth. Tahun ini adalah tahun ketiga pelaksanaan Skilled Youth yang melibatkan 384 generasi muda penerima manfaat dengan usia 15-24 tahun di wilayah Bekasi, Cikarang, Karawang, Purwakarta dan Kabupaten Bandung. Jawa Barat menjadi daerah yang memiliki tingkat pengangguran terbuka yang tertinggi di Indonesia dengan jumlah sebesar 7,73% dari total pengangguran nasional.

Ada dua tujuan dan cakupan program yakni :
  • Pemberdayaan pemuda melalui employability dann entrepreneurship
  • Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pemberdayaan pemuda

 
Narasumber Skilled Youth
Ada lima tahapan yang dipelajari di Skilled Youth Phase III 2018-2019 yakni :
  • Tahap inisiasi (analisis situasi, identifikasi peluang kerja dan peluang bisnis, sosialisasi dan pelucuran program serta perekrutan.
  • Program pelatihan soft kills, literasi finansial, ketrampilan teknis dan kewirausahawan
  • Pendampingan pencarian kerja dan monitoring usaha
  • Memperkuat kemitraan multi pihak dengan pemerintah, institusi pendidikan, perusahaan, masyarakat dan media
  • Memperkuat Citibank Indonesia dalam memperdayakan generasi muda

“Kami berharap inisiatif ini dapat berlangsung berkesinambungan dan berkontribusi dalam hal penurunan jumlah pengangguran di Indonesia,” kata Chief Executive Officer Citi Indonesia, Batara Sianturi.

Semoga!




  

41 comments

Avatar
dudukpalingdepan Jul 29, 2019, 9:53:00 AM

tempe+coklat, dua-duanya kesukaan saya. Kalau dipadukan rasanya gimana ya? mungkin kayak silver queen dengan kearifan lokal, hehehe. Semoga sukses untuk anak muda yang semangat berwirausaha.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Jul 29, 2019, 10:36:00 AM

Keren nih programnya. Bikin anak muda gak perlu cari kerjaan yang memang lagi sulit. Bisa ciptakan sendiri ya dengan wirausaha

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri Jul 29, 2019, 12:30:00 PM

Zaman now kana anak2 muda udah mulai bergerak ke arah menjadi pengusaha ya mb Al :) Mulai kecil2an nanti bisa berkembang lagi. Yang penting minat, usaha dan doa. Modal juga oenting tentunya hehehe :D Bagus banget program Skilled Touth ini, jadi remaja 15-24 tahun bakalan diasah ya pengetahuan dan keterampilannya biar mampu menjadi pengusaha tangguh.

Reply Delete
Avatar
Mama Ayu Utami Jul 29, 2019, 12:31:00 PM

Waahh cocok banget ini untuk pengembangan skill anak2, remaja dan yang punya ide produktif, bagus banget ada wadah begini ya mbak, semoga makin banyak yang mengungkapkan skill youthnya ya

Reply Delete
Avatar
Okti Li Jul 29, 2019, 1:31:00 PM

Amin. Memang program bagus untuk memberdayakan anak muda seperti ini harus didukung sepenuhnya nih. Semoga segera merata juga ya program nya. Ini di daerah saya Cianjur banyak banget yg jadi TKI. Ilegal lagi. Tolong dong diberdayakan hehehe

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com Jul 29, 2019, 2:23:00 PM

wah ini bagus banget programnya, mengarahkan anak muda untuk jadi entrepreneur daripada jadi karyawan :)

Reply Delete
Avatar
Turis Cantik Jul 29, 2019, 5:21:00 PM

Programnya bagus sekali, mengentaskan pengangguran dg program tepat sasaran.

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) Jul 29, 2019, 7:50:00 PM

Paling kagum kalau liat anak muda zaman sekarang yang kreatifnya semacam tanpa batas. Adaaa aja yang diciptakannya.
Yang muda yang berkarya, apalagi didukung penuh oleh banyak pihak :)

Reply Delete
Avatar
Luella Artistry Jul 29, 2019, 7:52:00 PM

Salut sih buat mereka yg masih muda tapi udh berani bikin usaha sendiri dan ga gengsi.. malah secara ga sadar mereka buka lapangn kerja jg buat sekitar ya klo udh sukses..

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti Jul 29, 2019, 8:53:00 PM

Huwaa ngiler aku kalau ada event pemberdayaan beginian kak
Ilmu entrepreneurnya bikin pengen ikutan praktekin gitu. Berkah barokallah di share cerita serunya. Makasih mba LId

Reply Delete
Avatar
Fauziah Jul 29, 2019, 9:21:00 PM

Pengusaha muda yang memiliki ide usaha yang bagus dan kreatif memang perlu didukung. Mudah-mudahan dengan adanya program pelatihan soft skill dan kewirausahaan bisa membantu para pengusaha muda untuk mengembangkan usahanya.

Reply Delete
Avatar
Memez Heidy Prameswari Jul 29, 2019, 10:49:00 PM

Aku jadi pingin ikutan, sayang umurnya sudah lewat hahahahaa.... memang ya, progam pendampingan seperti ini bagus banget. Jadi mengembangkan potensi dari setiap orang atau wirausaha...

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Jul 30, 2019, 6:57:00 AM

Duh, beneran nih angka pengangguran makin tinggi? Padahal aku liatnya ya makin banyak anak muda yg bikin usaha kreatif seperti ini. Tapi aku juga ga tau data sebenarnya sih

Reply Delete
Avatar
Natrarahmani Jul 30, 2019, 10:04:00 AM

Ahhh liat anak muda kreatif jadi tertarik juga buat berkarya kak. Apalagi sekarang banyak banget sumber daya dan program dari pemerintah

Reply Delete
Avatar
Yanti Alif Jul 30, 2019, 2:36:00 PM

Anak muda jaman sekarang emang kreatif dan inovatif ya mba jadi bisa banyak belajar untuk bisa berwirausaha dengan program ini..mantabb deh

Reply Delete
Avatar
Nona Jul 30, 2019, 3:38:00 PM

Wah kreatif sekali Mereka . sudah Berani mencoba di usia muda . memang anak muda jaman sekarang Berani ambil resiko . tapi Sudah Ada yang mendukung generasi sekarang buat maju.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Jul 30, 2019, 10:23:00 PM

Aku pernah dibawain cokelat tempe sama suamiku waktu dia dinas di Malang, awalnya agak bingung sih kenapa tempe, Ternyata pas dicobain emang enak banget, yang punya masih muda juga. Ini programnya bagus banget ya mbak, semoga semakin banyak ya anak muda yang memiliki jiwa enterpreneur.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Aug 1, 2019, 12:55:00 AM

Semoga program Skill Youth akan terus ada ya mbak, agar dapat menumbuhkan semangat para enterpreneur muda kita.

Reply Delete
Avatar
Elliza Efina - www.rajnikala.com Jul 30, 2019, 11:42:00 PM

Acara ini bagus banget mbak buat mengembangkan skill dan potensi anak-anak muda di negeri kita tercinta. Baik menjadi karyawan maupun pengusaha, semua punya nilai plus masing-masing.

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa Jul 31, 2019, 5:01:00 AM

Seneng deh sama programnya bisa mengarahkan anak muda buat berwirausaha dibanding jadi karyawan. Kan keren banget nanti jadi banyak lapangan pekerjaan baru. Hehe..

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me Jul 31, 2019, 5:38:00 AM

Bagus ya mba program ini untuk mengembangkan skill anak2, kapan lagi ada ya selalu pengen ikutan event pemberdayaan begini😊

Reply Delete
Avatar
Cilya Jul 31, 2019, 5:40:00 AM

Bagus banget program nya nih. Mengembangkan potensi entrepreneur para jiwa-jiwa muda serta membangkitkan semangat para UKM. Selama masih muda ya berkarya lah dan berwirausaha lah dari sekarang.

Reply Delete
Avatar
Ratnasari Pevensie Jul 31, 2019, 6:12:00 AM

Acara kayak gini yang lagi aku cari soalnya bermanfaat banget buat aku yang mau mulai berwirausaha
Semoga acara dengan Program Skilled Youth ini ada di Bandung yaa hehe

Reply Delete
Avatar
Lia_Lathifa Jul 31, 2019, 7:44:00 AM

Idenya sungguh brilyan, komoditas yg sangat disukai masyarakat dipadu jadi satu, inovasi pangan namanya ya. Keren, untung mereka diwadahi kegiatan seperti ini

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam Jul 31, 2019, 8:09:00 AM

Bagus ya acaranya. Ini perlu banget buat kita menambah motivasi dalam mengembangkan potensi diri. Nah, kece banget ini ya.

Reply Delete
Avatar
Ayun Qee Jul 31, 2019, 8:14:00 AM

Cokelat tempe memang enak. Tempenye kriuk di dalam cokelat. Di Jogja juga ada yg bikin, produk UKM yg dikelola ibu rumah tangga.

Reply Delete
Avatar
Demia KamiL Jul 31, 2019, 9:03:00 AM

seneng banget nih kalo liat anak muda pada semangat berwirausahaa, soalnya akupun usia 20an tu lagi semangat semangatnya usaha walaupun cuma olshop hihihihi, keren banget ini coklat tempe, kepikiran ya hihihihi

Reply Delete
Avatar
Farahdjafar Jul 31, 2019, 9:26:00 AM

Idenya bagus banget dan anak2 muda sekarang cerdas2 banget banyak idenya

Reply Delete
Avatar
Suzannita Jul 31, 2019, 9:36:00 AM

Acaranya seru banget dan berguna sekali tentunya bisa menambah motivasi dan bisa mengembangkan potensi diri ya

Reply Delete
Avatar
Grandys Jul 31, 2019, 9:36:00 AM

acara baguuuus dan rangkumannya enak d baca mbaa. Untuk menghadapi tahun 2030-2040 ini yg negara Indonesia dapat bonus demografi lumayan jadi penyemangat bersama untuk dapat menciptakan pekerjaan yg modern

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Jul 31, 2019, 10:15:00 AM

Program Skilled Youth diadakan di setiap kota kah, kak?
Atau pendaftar dari berbagai kota diperbolehkan?
Aku jadi ingat zaman kuliah dulu, banyaaak banget angan-angan membangun bisnis bersama teman-teman seangkatan.

Dan satu temanku yang bener-bener mewujudkannya menjadi pebisnis.

Reply Delete
Avatar
Grandys Jul 31, 2019, 10:45:00 AM

makin kuat kan lapangan pekerjaan mulai saat ini dan bisa banget d mulai dengan beberapa UKM ya mbaaa. Semangat para kaum muda-muda nih (ngmong k diri aku sendiri) haha

Reply Delete
Avatar
h Jul 31, 2019, 4:42:00 PM

penasaran sama cokelat tempenya kok aku baru tahu yah ummi, btw keren yah skilled youth ini memberdayakan banget potensi anak-anak muda manta sekali

Reply Delete
Avatar
Elva Susanti Jul 31, 2019, 5:14:00 PM

Bagus nih mbak Al programnya. Mesti dishare lebih banyak agar makin menyebar. Smg memotivasi anak2 muda lainnya juga.

Reply Delete
Avatar
Desy Yusnita Aug 1, 2019, 5:50:00 AM

Usaha-usaha yang dilakukan memang out of the box semua ya. Dan semua itu membutuhkan waktu untuk yang cukup lama untuk R&D ya.

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu Aug 1, 2019, 9:38:00 AM

Program CitiBank yang keren banget untuk mengjangkau berbagai kreativitas anak muda di Tanah Air. Apalagi bisa usaha kopi, cemilan dan sebagainya.

Reply Delete
Avatar
Silvia Putri Aug 1, 2019, 12:32:00 PM

Suka nih, kegiatan kaya gini. Bisa memacu anak2 muda makin berkembang ide kreatifnya.

Reply Delete
Avatar
fenni bungsu Aug 1, 2019, 5:58:00 PM

Kalau lihat itu, jadi pingin bilang, "Hai anak muda, kembangkan terus potensimu, jangan kesempatan emas dengan usaha di jaman now lepas begitu saja"

Reply Delete
Avatar
Irena Faisal Aug 1, 2019, 8:10:00 PM

Coklat tempe? Iiih kreatif banget... aku jadi pengen nyoba, bisa beli dimana mbak?

Reply Delete
Avatar
Eva Aug 1, 2019, 9:24:00 PM

Skilled Youth program yang bagus dalam mengembangkan kaum muda Indonesia

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany Aug 5, 2019, 8:54:00 AM

Program yang bagus banget nih buat diikutin sama semua orang dengan usia produktif. Biar gak nganggur dan bingung mau kerja apa.

Reply Delete