Cara Dukung Semangat Sekolah Si Kecil dengan Nutrisi Seimbang

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Dukung Semangat Sekolah Si Kecil dengan Nutrisi Seimbang


Ada nggak yang mengalami drama saat pertama kali anak akan sekolah setelah libur panjang atau drama anak yang baru pertama kali sekolah ? Ada yang anaknya nangis nggak mau ditinggal? Atau malah minta ditemanin terus selama masa sekolah ?

Nah, supaya nggak mengalami drama masuk sekolah, yuk dukung semangat semangat sekolah si kecil dengan nutrisi seimbang. Tapi, bagaimana caranya ? Jadi, Kamis 4 Juli 2019, saya mengikuti Media & Blogger Gathering yang dilaksanakan oleh SGM Eksplor “Dukung #SemangatSekolah Si Kecil dengan Nutrisi Seimbang”.

Ada tiga narasumber utama yang dihadirkan pada acara itu yakni :
  • Andyda Meliala : Pemerhati PAUD & Founder Resources Parenting Indonesia
  • Dr Nurul Ratna Mutu Manikam, Dokter Spesialis Gizi Klinis
  • Ririn Dwi Ariyanti : KOL
Sebelum pemaparan tiga narsumber, Bapak Immanuel Sembiring, Marketing Manager SGM Eksplor mengatakan bahwa kegiatan ini bukan pertama kali di laksanakan SGM. “Kami ingin selalu berbagai pengetahuan tentang pentingnya membangun semangat sekolah si kecil dengan nustrisi seimbang,” katanya lagi.


Media & Blogger Gathering SGM

Ririn Dwi Ariyanti mengaku selalu berusaha membangkinkan semangat anak untuk sekolah. Mulai dari melibatkan anak mempersiapkan sekolah hingga menyiapkan makanan yang bergizi. “Saya juga berikan susu untuk pemenuhan gizi agar anak semangat sekolah,” kata Ririn.

Pertanyaannya, seberapa penting membangun semangat sekolah si kecil dengan nutrisi seimbang? Ibu Anindya Meliala mengatakan, masa usia dini adalah kunci untuk masa depan bangsa indonesia yang gemilang.

Lalu, bagaimana membangun mental semangat sekolah dan mengapa momen hari pertama sekolah itu penting ? Menurut Ibu Anindya, hari pertama sekolah adalah masa transisi. Sebagian anak menjalani hari pertama sekolah setelah libur panjang. Tapi ada juga yang baru pertama kali masuk sekolah. Oleh karena itu, orangtua harus membantu anak untuk menuju rutinitas yang baru. Rutinitas ini penting bagi anak usia dini karena rutinitas akan memberikan rasa aman sehingga membantu anak bereksplorasi dan belajar.

Membangun semangat anak belajar juga penting karena akan memnentukan arah pembelajaran anak setahun ke depan. “Jika anak memiliki kesan yang positif, maka anak akan lebih semangat untuk sekolah” kata Ibu Anindya.
 
Ririn cerita tentang kesiapannya semangat

Namun ada tantangan yang harus dihadapi anak, orangtua dan murid ketika akan memasuki hari pertama sekolah. Anak akan menghadapi lingkungan baru, masa transisi dan persiapan saat memasuki hari pertama sekolah. Sedangkan orangtua rentan stres menghadapi berbagai tipe anak dan orangtua di waktu yang bersama. “Ada yang orangtua bahkan ikut sekolah bersama anaknya ketika hari pertama masuk sekolah,” kata Ibu Anindya. Belum lagi ada anak yang pertama kali datang malah menangis, kesulitan berkomunikasi bahkan ada yang super aktif sehingga bahkan memukul anak lain.

Mengapa penting membangun semanngat sekolah ? “Karena semangat adalah kunci dari pembelajaran,” katanya. Apabila anak loyo, anak nggak akan bisa belajar dengan baik. Tapi ketika semangat anak baik maka anak akan menjadi semakin belajar dan meraih kesuksesan. Dan keberhasilan ini penting dilakukan sejak anak usia dini yakni melalui PAUD.

Lalu mengapa sekolah dan PAUD penting? PAUD adalah fondasi pertama belajar anak. Selain itu,, PAUD menyiapkan anak ke jenjang pendidingan selanjutnya. “PAUD adalah masa persiapan,” kata Ibu Anindya lagi. Jadi, harus menyiapkan anak agar bisa menyiapkan anak agar bisa melanjutkan pendidikan selanjutnya. Selain itu, PAUD juga penting sebagai fondasi untuk membangun pola makan yang sehat, seimbang maka kita menyiapkan anak jadi sehat seumur hidup.

Fakta menunjukkan, kondisi prestasi sekolah anak Indonesia menempati peringkat ke 63 dari 72 peserta dalam hal matematika, minat baca dan science. Ini menandakan, fondasi mental dan fisik harus disiapkan sejak usia dini (PAUD).

Percaya nggak kalau PAUD itu juga menjadi fondasi kesejahteraan? Menurut Ibu Anindya, karena jika bisa melewati PAUD dengan benar maka anak-anak akan tumbuh berhasil di sekolah dan memiliki pekerjaan yang lebih baik, penghasilan lebih tinggi dan juga mereka lebih bahagia. Membangun fondasi di usia dini harus dilakukan mulai dari hal yang sederhana hingga ke yang lebih rumit. Contohnya, anak belajar bahasa. Anak sebaiknya diajarkan membangun kosakata yang sederhana. Misalnya dengan persering bicara dengan anak, mendongeng dengan anak. “Harus ada tahapan yang harus dipelajari dan harus diikuti setahap demi setahap,” kata Ibu Anindya.

Beberapa hal yang dikembangkan di PAUD adalah :
  • Fisik dan motorik
  • Emosi dan sosial
  • Bahasa dan pre-matematika
  • Fungsi eksekutif otak
  • Moral spiritual
Semua ini harus mengikuti tahapan tumbuh kembang si kecil agar memiliki mental semangat belajar yang tinggi. Apalagi, 90 persen otak manusia terbentuk di usia 5 tahun sehingga menurut Ibu Anindya, usia itu adalah saat yang tepat untuk investasi waktu, tenaga, pikiran. Kini, jumlah partisipasi anak mengikuti PAUD meningkat dari tahun sebelumnya. “Tantangan kini, bagaimana ciptakan PAUD yang berkualitas,” kata Ibu Anindya.
 
Ibu Anindya 

Karakteristik anak PAUD adalah aktif bergerak. Selain itu, anak PAUD itu mudah menyerap informasi dengan mudah. Ibu Anindya menunjukkan istilah gap 30 juta kata. Ia mengatakan perbedaan jumlah kata yang didengan anak dari kalangan atas dan kalangan menengah. Jumlah kata-kata yang didengar oleh anak dari keluarga mampu ketika anak berusia 4 tahun ada 45 juta kata. Sedangkan untuk anak yang berasal dari kalangan menengah, hanya mendengar 12 juta kata. “Ini berdampak pada IQ,” kata Ibu Anindya lagi.

Dari keluarga menengah rata-rata berkomunikasi secara singkat ke anak. Misalnya hanya ucapkan makan, mandi, tidur ketika meminta anak mengikuti keinginannya. Tapi anak dari meengat ke atas diajak  untuk mendengar kata-kata yang lebih panjang seperti “Ini sudah jam 7 malam, waktunya tidur sehingga harus ganti piama”.

Namun Ibu Anindya mengatakan, jumlah pemberdaharaan kosakata anak tak ditentukan sosial ekonomi tapi seberapa sering anak diajak berbicara dan bercerita. “Kalau ingin memiliki anak cerdas, luangkan waktu 15 menit sehari untuk ngoborl, berdongeng dengan anak sehingga bisa menambah pemberdaharaan kata,” kata Ibu Anindya.

Ada tiga fungsi eksekutif otak yang penting untuk dimaksimalkan pada anak yakni :

Pengendalian diri
Anak belajar untuk antri, tak memukul teman serta mau berbagi. Anak belajar disiplin untuk mengendalikan diri dilakukan melalui ini. Hal ini lebih penting daripada IQ.

Memori kerja
Anak diajak untuk membantu menjalankan tugas dengan baik. Nah, cara untuk mengembangkan memori adalah story telling hingga mendongeng secara bergantian.

Fleksibilitas Mental
Dengan mengembangkan fleksibilitas mental maka dapat membantu  anak berkreasi sehingga anak bisa dengan mudah beradaptasi. Anak harus nyaman dengan perubahan yang ada.

Lalu, apa yang dibutuhkan untuk membangun semangat sekolah ? Dukungan dapat dilakukan melalui membangun percakapan dan emosi positif dengan cara membawa anak berkunjung ke sekolah, kenalan dengan guru, siapkan perlengkapan sekolah bersama-sama serta membangun percakapan positif soal sekolah. Selain itu, anak juga harus memiliki waktu tidur yang cukup serta pemenuhan nutrisi lengkap dan seimbang.

Pemenuhan Nutrisi yang Seimbang untuk Dukung Semangat Sekolah

Setelah membahas tentang pentingnya membangun semangat sekolah, materi selanjutnya adalah terkait pemenuhan nutrisi yang seimbang yang disampaikan oleh dr Nurul Ratna, dokter spesialas gizi. Dokter Nurul mengatakan bahwa anak usia sekolah masih proses pertumbuhan secara fisik kognitif, emosi. Oleh karena itu tetap memerlukan nutrisi seimbang untuk membantu pertumbuhan. Ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk dukung semangat sekolah yakni :

Serat
Merupakan bagian dari karbohidrat kompleks
Mengandung vitamin dan mineral serta menjadi sumber energi untuk bakteri usus serta mencegah sembelit. Kebutuhan serat untuk anak usia 4-6 tahun adalah 22 gram/hari.

Karbohidrat
Makanan pokok atau utama yang menjadi sumber energi untuk saraf, otot, sel darah merah serta serat utama bagi otak. Karbohidrat kompleks itu seperti nasi, kentang, havermount, singkong dan ubi.

Protein
Untuk protein ada dua yakni protein esensial dan non esensial. Kalau protein esensial, diperoleh dari makanan karena tubuh tidak bisa dapat membentuk sendiri. Sedangkan non esensial tak bisa membentuk sendiri. Jangan lupa konsumssi aneka ragam makanan untuk dapat sumber protein esensial dan non esensial. Protein bisa didapatkan dari lauk hewani dan lauk nabati.

Lemak
Lemak ada dua yakni asam lemak esensial yang dapay didapatkan dari makanan sehari-hari serta asam lemak non esensial yang bersumber dari omega 3. Lemak dan Omega 3 ini berfungsi sebagai komponan lemak di dalam otak, penunjang jaringan saraf, mata dan membantu proses pembekuan darah. Faktanya, 8 dari 10 anak Indonesia usia sekolah kekurangan asupan omega 3.

Zat Besi
Zat besi ini berfungsi untuk mentransfer oksigen ke seluruh jaringan termasuk otak. Jika kurang zat besi maka akan sebabkan anemia, fungsi kognitif menurun hingga lemah, letih serta mudah lelah. 

Oh ya, jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi dengan makan pagi. Sarapan pagi memperbaiki kognitif sehingga anak makin konentrasi dan menjaga mood . Jangan lupa untuk menjaga kecukupan hidrasi dengan minum susu dan air mineral yang penting untuk konsentrasi dan daya ingat. 

Dokter Nurul

Selain itu, makan makan juga penting untuk memenuhi kebutuhan zat gizi pada malam hari. Makan malam, mengganikan energi dan nutrisi yang dikeluarkan pada siang hari. “Tidur pun jadi lebih nyenyak sehingga bangun lebih segar,” kata dokter Nurul.

Panduan makan sehat terdiri atas :
¾ porsi nasi = 4-5 sendok mata
1 porsi lauk = ¾ - 1 potong sedang
½ porsi sayur = ½ mangkuk
½ porsi buah = ½ potong sedang

Dokter Nurul menyarankan untuk mengkonsumsi susu yang difortikasi DHA dan dapat diminum hingga 2 kali/hari untuk melengkapi bekal nutrisi pada pagi dan malam hari. Mengkonsumsi susu itu memiliki beberapa manfaat yakni :  
  • Melengkapi kebutuhan zat gizi
  • Memenuhi cadangan zat gizi yang telah dikeluarkan setelah aktifitas sepenjang hari
  • Fortifikasi dengan zat besi, seng, omega-3 (EPA+DHA) dan berbagai vitamin.

Ingin nutrisi anak tetap terpenuhi ? Dokter Nurul memberikan lima tips yang dapat membantu memenuhi nutrisi bagi anak usia sekolah yaitu :
  • Batasi makanan atau minuman atau snack yang terlalu manis dan tinggi garam
  • Batasi makanan tinggi lemak
  • Jangan lewatkan waktu makan
  • Bekali dengann makanan, snack yang bernutrisi serta susu
  • Perkenalkan semua varian makanan.

Jangan lupa juga untuk cek berapa nutrisi makan si kecil agar anak tercukupi nutrisi dan jadi semangat sekolah. Tapi, bagaimana cara mengecek nutrisi si kecil? Sekarang, bisa menghitung nutrisi makan anak melalui kalkulator nutrisi SGM melalui website. Pertama-tama, masukkan data diri bunda dan si kecil, kemudian isi pilihan makanan yang dikonsumsi. Langsung deh ketahuan berapa nutrisi makan si kecil.

Yuk ikut penuhi nutrisi si kecil dengan makanan bergizi dan lengkap dengan SGM Eksplor 3 Plus formula Complinutrisi yang mengandung minyak ikan dan omega 3 dan nutrisi penting lainnya agar si kecil siap dan semangat sekolah.
  


89 comments

Avatar
tantiamelia.com Jul 15, 2019, 8:19:00 AM

Saya termasuk emak emak worry yang mempersiapkan anak ke sekolah dengan teliti (baca : cerewet) termasuk makanan dan pakaian, buku buku 😆

Karena itu anak anak jadi kalau sekolah kayak mau berangkat perang .. ya tapi biarlah yaaa.. masa emas mereka sekolah sedikit banget. Ni sekarang yang gede udah SMA loh, perasaan baru melahirkan kemaren dah!

So membangun semangat dengan nutrisi itu betul pake bangetttttt! Anak temaanku suka jarang makan. Sekalinya makan ya jajan jajan gitu. Satu kali ngga sarapan sama sekali (udah sangat sering ga sarapan ) dia pingsan di sekolah. Duh, saya dengernya jadi ... gimana yaaaa..

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina Jul 15, 2019, 1:33:00 PM

Begitu tahu SGM Eksplor3Plus punya kalkulator nutrisi ku langsung cusss..ukur dong. Menu yang dimakan anakku sudah mencukupi belum. Memang bermanfaat ini kalkulatornya apalagi ada tips sehatnya juga yang bisa buat nambah ilmu. Memang benar semangat sekolah mesti didukung bangets dengan nutrisi seimbang!

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina Jul 16, 2019, 8:13:00 PM

Dan aku yakin dengan kecukupan nutrisi ini akan membuat #semangatsekolah meninggi sehingga akan lahir generasi penerus bangsa yang siap jiwa raga membangun negeri ini

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Jul 15, 2019, 1:55:00 PM

nutrisi emang penting ya ummi, apalagi buat ke sekolah. Anak selain harus semangat, tentu harus sehat juga supaya di sekolah bisa konsetrasi dan menyimak pelajaran dengan baik

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara Jul 15, 2019, 3:22:00 PM

Iya semangat belajar itu harus di pupuk terus, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
wah di webnya sgm ada kalkulator nutrisi ya sekarang, ntar saya cobain ah

Reply Delete
Avatar
Marantina Napitu Jul 15, 2019, 4:26:00 PM

Anakku belum sekolah. Tapi aku seneng baca pengalaman orangtua lain yang semangat membersamai anak mulai sekolah :D

Reply Delete
Avatar
bundayati.com Jul 15, 2019, 4:41:00 PM

Bunda dulu 4 anak yg sekolah kesibukan nyampul buku udah jd makanan tiap pergantian tahun. Senengnyaaa...liat anak2 s'mangat berangkat ke sekolah.

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com Jul 15, 2019, 4:46:00 PM

betul sekali mbak, nutrisi paling penting apalagi buat anak usia sekolah biar lebih konsentrasi di kelas :)

Reply Delete
Avatar
Demia KamiL Jul 15, 2019, 9:10:00 PM

waah SGM punya kalkulator nutrisi gitu yaaa, aku mau infoin ke temenku ah, siapa tau mau nyoba hitung gitu buat anak anaknya hehehe

Reply Delete
Avatar
Okti Li Jul 15, 2019, 10:28:00 PM

Nutrisi ini ibarat bensinnya dalam kendaraan ya. Anak tidak akan maksimal tumbuh kembangnya kalau tidak tercukupi nutrisinya. Semoga semakin banyak anak Indonesia yang ceria dan semangat belajar di sekolah tinggi, setelah tercukupi semua kebutuhan nutrisinya. Amin.

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist Jul 17, 2019, 11:08:00 PM

Makanya saya salut karena SGM care untuk terus menyediakan produk dengan nutrisi lengkap. Sehingga ibu nggak akan khawatir lagi.

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Jul 15, 2019, 11:03:00 PM

anak sehat dan nutrisinya tercukupi emang penting banget, soalnya kalau anak udah sakit atau kurang gizi, baru deh kerasa capeknya ke kita sbg orang tua

Reply Delete
Avatar
Fauziah Jul 16, 2019, 12:39:00 AM

Anak2 kalau kebanyakan gula sama garam bisa mempengaruhi daya pikirnya ya mba? Oh iya kalau kita sudah memenuhi kebutuhan makanan sehatnya kita juga perlu menambah dengan susu yang sudah ada omega3 dan minyak ikannya ya. Terkadang itu yang suka luput ya. Ibu2 mikirnya ah anak makannya banyak ko. Tapi entah nutrisinya terpenuhi atau engga. Padahal kalau nutrisinya cukup anak bisa semangat ke sekolah. Energinya cukup untuk dia aktifitas di sekolah.

Reply Delete
Avatar
Okti Li Jul 16, 2019, 12:43:00 AM

Anak akan semangat belajar kalau ia sehat jiwa dan raga. Asupan bernutrisi jelas dibutuhkan supaya mereka bisa fokus dan konsentrasi. Susu yang tepat seperti SGM ini memang banyak digemari anak

Reply Delete
Avatar
Ria Andika Jul 16, 2019, 3:45:00 AM

Kalkulator nutrisinya manfaat bgt nih, aku jadi tau apakah kebutuhan nutrisi anakku selama ini sudah terpenuhi atau belum

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Jul 16, 2019, 6:55:00 AM

SGM dan Sari Husada selalu support untuk tumbuh kembang anak ya Mba
Semua anak kudu hepi dan semangaaatt belajar di sekolah
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Jul 16, 2019, 7:40:00 AM

Anakku nih 4 orang menghadapi hari pertamanya masuk sekolah. Alhamdulillah tanpa drama berarti. Keren ya eventnya, bikin jadi nambah ilmu.

Reply Delete
Avatar
Ratnasari Pevensie Jul 16, 2019, 8:28:00 AM

Pemenuhan nutrisi dan gizi yang seimbang untuk anak PAUD atau TK emang wajib banget soalnya mereka lagi di tahap perkembangan dan daya tangkap usia PAUD emang lagi bagus-bagusnya

Reply Delete
Avatar
Renidwiastuti Jul 16, 2019, 10:14:00 AM

Bener banget, selain IQ aspek EQ juga sangat penting untuk dikembangkan pada diri anak. Mereka pinter hati dan otaknya, sehingga tidak menjadi manusia robot yang tanpa perasaan.

Reply Delete
Avatar
Eryvia Maronie Jul 16, 2019, 10:25:00 AM

Nutrisi yang baik memang penting buat tumbuh kembang anak.
Susu SGM itu udah ada sejak dulu yaa dan terbukti mencerdaskan anak.

Reply Delete
Avatar
Nefertite Jul 16, 2019, 12:35:00 PM

Bener banget, nutrisi seimbang wajib bagi anak, karena pengaruhnya pastii besar pada proses tumbuh kembang anak. Kesehatan di usia anak pada usia tumbuh kemban, akan menjadi basic bagi kesehatan tahap selanjutnya.

Reply Delete
Avatar
Turis Cantik Jul 16, 2019, 12:55:00 PM

Anakku juga wktu paud dan skrng TK asupan makanan memang harus bergizi. Apalagi mulai belajar sekolah pagi, biasa sarapan agak siang skrng harus pagi.

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka Jul 16, 2019, 1:42:00 PM

Wah ada kalkulator gizi ya, bisa jadi acuan untuk mengecek kebutuhan gizi anak. Liburan kali ini panjang banget, back to reality..

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita Jul 16, 2019, 3:41:00 PM

Kalau awal sekolah terutama tahun ajaran baru, enggak ada drama sih Mbak. Tapi biasanya hari Senin di awal pekan. Nah itu penuh drama banget. Malas bangunlah, leha-leha dulu sebelum mandi, dll. Bikin emosi emak. Haha.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Jul 16, 2019, 4:14:00 PM

persiapan masuk sekolah memang seru dan heboh ya mba. Bukan hanya anak-anakknya aja tapi juka orang tuanya hehehe. Aku selalu pastikan asupan gizi cukup supaya mereka bias sehat dan fit di sekolah

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Jul 17, 2019, 12:21:00 PM

tapi memang kalua di keluarga kami suka problematic karena anak -anak agak picky untuk urusan makan euy

Reply Delete
Avatar
Cerita Maria Jul 16, 2019, 7:22:00 PM

SGM ini memang nggak pernah berhenti berinovasi, ya. Darizaman saya kanak-kanak sampai sudah cukup usia untuk punya anak, nutrisi dan fasilitas penunjangnya selalu terkini.

Reply Delete
Avatar
Mechta Jul 16, 2019, 8:14:00 PM

TFS mba..jadi ikut tahu tentang pentingnya semangat sekolah, gap 30 jt kata, gizi anak yg baik, dll..

Reply Delete
Avatar
Diayu Refina Sembiring Jul 16, 2019, 9:05:00 PM

Anakku masih mpasi nih mba, tapi tiap makanannya aku pastikan kandungan nutrisinya cukup. Tapi aku tau ada kalkulator nutrisi, boleh deh aku coba.

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda Jul 16, 2019, 9:23:00 PM

Alu setuju banget pemenuhan gizi memang penting untuk mendukung tumbuh kembang anak Mba, beruntung Mba Alida bisa ikutan seminar dan talkshow bagus gini

Reply Delete
Avatar
Lutfiah hm Jul 16, 2019, 9:27:00 PM

Wah ini sih, pelajaran banget buat aku yang baru mau mulai rumah tangga. Makasih loh mbak infonya, berguna banget.

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu Jul 16, 2019, 9:41:00 PM

Bener ya selain gizi seimbang dan persiapan mental harus ada ini untuk anak Msuk sekolah biasanya klo ank yg sering main diluar cpt sosialisasiny

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Jul 16, 2019, 9:52:00 PM

Kalau aku yang penting jam makan dan ngemil jangan berdekatan, jadi biar aman saat jam makan. Untuk pemenuhan gizi dan nutrisi ini memang harus diperhatikan sekali ya kak, karena ibu sebagai tonggak keberhasilan tumbuh kembang anak.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Jul 20, 2019, 8:56:00 PM

Aku jadi penasaran nih besok mau mulai ngecek setial bekal anakku, apakah nutrisinya sudah terpenuhi atau belum ya.

Reply Delete
Avatar
Ekamustikasari Jul 17, 2019, 1:22:00 AM

Langsung pengen nyobain kalkulator nutrisinya nggak sabar pengen hitung nutrisi yang sudah masuk hari ini

Reply Delete
Avatar
Faradila Putri Jul 17, 2019, 1:34:00 AM

Yeay makasih mbak ilmunya soal PAUD. Aku setuju sih soalnya aku sendiri dulu udah masuk playgroup di umur 3.5 tahun hehehe. Jadi pasti anakku aku masukkan juga. Masih ada setahun lagi nih buat nyari nyari hehehe

Reply Delete
Avatar
Helena Magdalena Jul 17, 2019, 3:35:00 AM

Agak sulit ya untuk bagian mengurangi makan tinggi gula itu, huhuhu, soalnya kalau manis dan enak baru anak lebih suka makan. Harus diperbaiki nih.

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Jul 17, 2019, 3:39:00 AM

Berarti untuk usia paud sudah bisa diajak ngomong dengan kalimat panjang, ya. Karena ini penting untuk memperkaya kosakata bahasanya.

Reply Delete
Avatar
Cilya Jul 17, 2019, 6:24:00 AM

Aku pernah banget mba ngalamin drama anak aku ke sekolah, bisa semingguan. Tapi alhamdulillah kemarin ngga ngalamin drama di sekolah. Sudah aku kasih minum susu SGM Eksplor soalnya.

Reply Delete
Avatar
Putri Istiana Jul 17, 2019, 6:31:00 AM

waktu itu aku liat snapgramnya ka Ririn lagi ngisi acara ini, ternyata mba ikutan yaa. Aku peengen banget ketemu ka Ririiin dan anak-anaknya yang super gemes

Reply Delete
Avatar
Elliza Efina - www.rajnikala.com Jul 17, 2019, 6:49:00 AM

Betul juga ya mbak. Selain harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, anak-anak juga harus disemangati biar sekolahnya jadi menyenangkan.
Wah, acaranya seru banget dan bermanfaat nihhhh.

Reply Delete
Avatar
Mellisa Jul 17, 2019, 6:53:00 AM

Ternyata PAUD punya peran yang besar juga ya terhadap perkembangan anak. Meskipun begitu, tetap harus disesuaikan ya dengan kandungan nutrisi yang diperlukan anak. Supaya anak bisa menjadi anak yang cerdas.

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta Jul 17, 2019, 7:02:00 AM

Pemenuhan nutrisi secara seimbang ini memang penting banget ya. Terkhusus buat anak2 yang sudah mulai masuk sekolah. Nah, ini sharingnya bermanfaat sekali Mbak. Anak saya belum masuk usia sekolah tapi pastinya saya juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya sejak dini terutama di 1000 hari awal kehidupannya.


Reply Delete
Avatar
fenni bungsu Jul 17, 2019, 7:06:00 AM

Masuk PAUD lebih dulu menjadikan anak anak belajar untuk beradaptasi dan pastinya itu mental, soalnya masih ada yang udah SD aja adaptasinya lama (salah satu siswa daku begitu)

Reply Delete
Avatar
Widya Lim Jul 17, 2019, 7:20:00 AM

Seru banget ya acaranya GSM ini, jadi banyak info tentang anak, aku belum punya anak sih tapi infonya bermanfaat banget ^^

Reply Delete
Avatar
Helena Jul 17, 2019, 7:50:00 AM

Di event ini aku belajar banyak nyiapin mental anak sebelum hari pertama sekolah. Biasanya SID butuh adaptasi di lingkungan baru. Agak lama panasnya lah soalnya dia tipe pengamat.

Reply Delete
Avatar
Farhati Mardhiyah Jul 17, 2019, 8:12:00 AM

Yups bener banget paud punya peran penting buat pendidikan anak di usia 3-6th, kalau udah masuk paud biasanya anak lebih mandiri pas masuk Sd

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Jul 17, 2019, 8:13:00 AM

Iya banget, salah satu cara mendukung si kecil untuk belajar dan berprestasi adalah dengan ngasih makanan/minuman bergizi seimbang. Malah ini yang paling utama ya. Biar otak si kecil selalu mampu menerima pelajaran apa pun. 👌

Reply Delete
Avatar
LIdya Jul 17, 2019, 8:26:00 AM

Dulu aku masukin anak ke playgroup dibilang berlebihan, padahal tiap orang tua punya pilihan dan alasan sendiri ya mbak. Dengan sekolah PAUD anak-anak lebih siap untuk masuk SD nantinya karena sudah belajar lebih mandiri.
SUpaya anak bisa menikmati pembelajaran yang menyenangkan pastinya harus didukung dengannutrisi yang baik. Jadi kangen masa-masa anak sekolah TK dulu

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jul 17, 2019, 8:59:00 AM

nah kan terjawab sudah yah Ummi, anak usia 4 tahun kalangan menengah atas perbendaharaan karanya mencapai 45juta dibandigkan yang menengah hanya 12 juta jauh sekali range bedanya...aku juga termasuk yang cerewetnya minta ampun kadang Neyna suka bosan denegrinnya wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Ida Jul 17, 2019, 9:02:00 AM

Nutrisi seimbang perlu bangy ya... Klau ada anak yg sering sakit tuh mengganggu proses belajar nya juga..

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Jul 17, 2019, 9:28:00 AM

Yaaa miris banget liat peringkat Indonesia dalam hal math, science, baca. Mungkin selain karena nutrisi juga krn lingkungan di sekitarnya kali ya mbak. Iya itu snack2 harus dibatasin, miris kalau liat anak2 kecil jajanannya micin, emaknya nih kuu pinter biknin snack atau minimal memilihkan camilan sehat

Reply Delete
Avatar
Suzannita Jul 17, 2019, 9:31:00 AM

Tentunya jadi seorang ibu itu harus benar-benar kreatif ya agar bisa meningkatkan semangat anak ke sekolah salah satunya dengan memberikan bekal makanan yang menarik

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Jul 17, 2019, 9:32:00 AM

Drama saat sekolah ini ada banget..
Alhamdulillah,
Bisa diatasi jika kebutuhan nutrisi dan gizi sesuai dengan usianya.

Jadi berpikir kembali mengenai kesiapan anak masuk sekolah.

Reply Delete
Avatar
Desy Yusnita Jul 17, 2019, 9:42:00 AM

Perbendaharaan kata anak tidak berdasarkan sosial ekonomi yah, dan aku setuju ini. Semakin anak diajak bicara semakin banyak ragam katanya. Aku selalu ajak nyanyi, ngobrol, jadi alhamdulillah sekarang sudah 2 arah komunikasinya.

Reply Delete
Avatar
Novitania Jul 17, 2019, 10:10:00 AM

wah lengkap banget mbaaa, hari pertama sekolah kemarin cukup berat sih, terutama bangunin anak sekolah dan paksa mereka untuk sarapan. soalnya kebiasaan libur bangun jadi siang, dan sarapan juga agak siang. abis aku mikirnya dari pada skip sarapan nanti jadi lemes dan ga bisa belajar hehe

Reply Delete
Avatar
Aya Jul 17, 2019, 10:17:00 AM

Setuju banget mbak. Semua orang tua ingin anaknya sukses di masa depan dengan memberikan segala fasilitas yang dibutuhkan untuk mereka mengejar cita citanya. Salah satunya dengan memberi nutrisi terbaik di masa tumbuh kembangnya ya

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti Jul 17, 2019, 11:21:00 AM

Selain anaknya drama, ibunya gak kalah drama sih di hari pertama sekolah. Rempong nyari tutup kotak makan yang tiba2 raib dan gak bersisa satu pun hahaha.

SGM ini emang sedari dulu selalu peduli sama nutrisi anak2 Indonesia deh. Salut!

Reply Delete
Avatar
April Jul 17, 2019, 11:35:00 AM

Noted. Dua yang penting yaaa, dari makanan sama mentalnya. Apalagi kalau sekolahnya sekolah baru atau baru pertama kalinya masuk sekolah, butuh ekstra persiapannya.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Author keluargahamsa.com Jul 18, 2019, 7:22:00 AM

Hari pertama emang penting buat anak. Kalau hari pertama sukses bikin dia happy di sekolah biasanya akan lancar2 ke depannya kalau ke sekolah terus :D

Reply Delete
Avatar
Myra Anastasia Jul 17, 2019, 12:01:00 PM

Pernah banget, tetapi saat anak-anak masih TK dan SD. Selalu ada drama di hari pertama sekolah. Kalau sekarang sih udah enggak hehehe

Tetapi, sampai sekarang sarapan itu wajib. Paling enggak, mereka harus minum segelas susu sebelum berangkat ke sekolah. Supaya semangat beraktivitas

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Jul 17, 2019, 12:04:00 PM

Nutrisi yang cukup buat anak-anak emang penting banget, jadi penyemangan untuk memulai kegiatan di sekolah ya

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid Jul 17, 2019, 12:18:00 PM

Sebagai orang tua, kita wajib memenuhi kebutuhan nutrisi anak yaa, Mba. Apalagi anak uda mulai sekolah, bila kebutuhan nutrisinya terpenuhi, pasti si kecil dapat menerima pelajaran dengan baik :)

Reply Delete
Avatar
emanuella Jul 17, 2019, 12:26:00 PM

Wah, jadi makin aware untuk mempersiapkan anak pra sekolah ni saya Mbak. Terimakasih banyak insightnya ya, awalnya masih ragu untuk masukin PAUD. Jadi ada insight baru, yang mengurangi kekhawatiran saya....

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa Jul 17, 2019, 1:09:00 PM

Aku juga kalo nanti punya anak mau dimasukin ke PAUD dulu mba, karena dari usia dini itu anak-anak mulai menyerap apa yang dia dapatkan. Btw jadi tau panduan makanan sehat setelah baca ini hehe

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak Jul 17, 2019, 1:53:00 PM

Anakku meskipun homeschooling tetap ada jatah pergi berangkat ke lembaga les biasanya ku persiapan banget bekal sama peralatannya

Reply Delete
Avatar
Wiwin | pratiwanggini.net Jul 17, 2019, 2:30:00 PM

Saya kalo bicara dengan anak, meskipun baru 21 bulan, selalu menggunakan kalimat yang panjang. Meskipun dia belum bisa bicara, tapi saya yakin dia menangkap dan menyerap apa yang saya ucapkan. Tentang semangat sekolah, alhamdulillah anak-anak saya selalu semangat kalo sekolah, sampai di sekolah juga langsung berbaur dengan teman-temannya, ga minta diawasi atau ditungguin.

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah Jul 17, 2019, 3:46:00 PM

Memasuki tahun kelima Tahun Ajaran baru bersama Najwa cenderung aman, beda dengan Najib yang sedikit "spesial". Untuk itu aku berusaha menyiapkan dari segi kesehatan dan kesiapan mental. Mengajak ngobrol sejak jauh-jauh hari ttg bagaimana di sekolah. Nah, urusan nutrisi ini juga nggak kelupaan. Karena kecukupan nutrisi ternyata tidak hanya meandukung tumbuh kembangnya, tapi juga menimbulkan perasaan "tenang" karena kondisi perut yang cenderung "aman".

Reply Delete
Avatar
Profil Jul 17, 2019, 4:08:00 PM

Noted banget ini kalau mau anaknya cerdas harus diajak bicara dan bercerita minimal 15 menit sehari. PR besar adalah menegenalkan banyak varian makanan pada anak. Ini sering ada dramanya. Anak kalau sudah suka makananan tertentu maunya makan itu terus.

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati Jul 17, 2019, 6:17:00 PM

Nutrisi yang tercukupi membuat tumbuh kembang menjadi optimal ya...jadi anak punya kemampuan adaptasi yang baik juga..

Reply Delete
Avatar
Wiwied Widya Jul 17, 2019, 6:20:00 PM

Langsung penasaran banget pengen nyoba kalulator nutrisi SGM. Soalnya anakku itu badannya kecil, rada khawatir, apa jangan-jangan aku yang ngasi makannya nggak bener. Kurang asupan bergizi gitu.

Reply Delete
Avatar
Yurmawita Jul 17, 2019, 7:59:00 PM

Wah ada Ririn nih, ngademin ya wajahnya. Sepertinya juga mamah yang baik untuk anak anak nya, SGM memang mendukung tumbuh kembang anak

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Jul 17, 2019, 8:15:00 PM

Mba, aku jadi inget pertama kali mengantarkan anak keduaku ke PAUD. Walaaahhh drama berhari-hari. Mana kudu segera berangkat kantor. Kalau ingat saat-saat itu jadi geli deh.

Asupan nutrisi jelas penting banget ya untuk anak. Dengan gizi yg cukup, anak akan siap menjalani hari dengan penuh semangat.

Reply Delete
Avatar
Witri Prasetyo Aji Jul 17, 2019, 8:16:00 PM

Aku ngalamin drama hari pertama masuk sekolah... Hehehe... Akibat libur panjang, si anak jadi malas bangun pagi... Huhuhu...

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Jul 17, 2019, 8:17:00 PM

Inspiratif banget nih acaranya. Aku pun sekarang jadi berusaha menyediakan makanan sehat untuk anak dan tentu saja susu.

Reply Delete
Avatar
Witri Prasetyo Aji Jul 17, 2019, 8:17:00 PM

Aku ngalamin drama hari pertama masuk sekolah... Hehehe... Akibat libur panjang, si anak jadi malas bangun pagi... Huhuhu...

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Jul 17, 2019, 8:27:00 PM

Nutrisi berperan penting juga ya kak sama tumbuh kembang anak makanya sebisa mungkin kita penuhi nutrisi untuk mereka.

Reply Delete
Avatar
Ipeh Alena Jul 17, 2019, 8:32:00 PM

Drama anak pas masuk sekolah itu, selain harus sabar bangunin anak. Sabar nunggu sarapan. Juga kudu sabar pontang panting cari nama anak di tiap kelas karena nyari kelasnya dimana (^^)(^^)

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Jul 17, 2019, 9:26:00 PM

Wah tinggi lemak malah kudu dibatasin ya kalau buat anak? Seringnya kutambahin mentega2an hehe. Eh itu masuk lemak baik atau buruk ya?
Noted minum susu sebaiknya 2 kali sehari ya buat anak :D

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak Jul 17, 2019, 9:42:00 PM

Sebenarnya zaman sekarang para ibu dimudahkan banget lo dengan banyaknya informasi tentang nutrisi. Tinggal kitanya yang pinter memanfaatkan. Karena nutrisi itu bagian penting kehidupan manusia mau ga mau kita sebagai ibu harus belajar.

Reply Delete
Avatar
Maya Nirmala Sari Jul 17, 2019, 10:29:00 PM

Aku juga ketika kecil minumnya susu SGM loo. Dari dulu orang tuaku sudah percaya dengan kandungan nutrisi dalam susu SGM yang bisa membantu tumbuh kembang anak.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Jul 17, 2019, 10:48:00 PM

Anakku gak pernah aku batasi konsumsi yang manis tapi makannya pun mau dia, kayaknya harus aku ubah nih sekarang model makannya. Mumpung masih TK dan alhamdulillah anak ini gak pernah picky eater.

Reply Delete
Avatar
Irena Faisal Jul 18, 2019, 1:10:00 AM

Anakku kayanya ngga melalui panduan makan sehat deh :( kadang mereka makan semaunya aja

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Jul 18, 2019, 7:54:00 AM

Seringkali orangtua menuntut banyak untuk anak. Padahal mungkin belum usianya mencapai hal tersebut.

Jadi memang penting banget yaa, kak..ikut acara parenting seperti ini. Agar lebih tenang saat mengasuh anak.

Reply Delete
Avatar
Wian Jul 18, 2019, 10:13:00 AM

Karena aku kerja dan mengandalkan catering untuk makan anak, jadi klo weekend aku selalu usahakan masak makanan sehat untuk mereka. Dan di pagi hati sebelum sekolah, aku mewajibkan mereka sarapan sehat

Reply Delete
Avatar
Mutiara Fhatrina Jul 18, 2019, 11:34:00 AM

Alhamdulillah, anak saya pas masuk TK ini. Semangatnya untuk sekolah saya dukung dengan membekali makanan sehat dan tentunya susu. Sampai pulang sekolah, masih semangat terus dia. :)

Reply Delete
Avatar
Desri Desri Jul 19, 2019, 7:01:00 AM

jadi selama ini aku bingung gitu kak sebenernya berapa sih porsi yang pas buat anak untuk sayur, lauk, buah dll, Untung datang acara ini jadi terbayang oh ternyata porsiannya sekian jadi sekarang kalo masak lebih mikirin banyak menu daripada banyak porsinya.

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany Jul 19, 2019, 11:46:00 AM

Porsi kebutuhan nutrisi ini membantu banget nih buat aku yang kadang suka masih takut kurang ngasih nutrisi buat anak. Ditambah asupan susu SGM, ibu jadi gak khawatir lagi kalau anak kekurangan nutrisi.

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim Jul 19, 2019, 11:48:00 AM

Alhamdulillah hari pertama sekolah kemarin nggak ada drama. Mungkin karena sdh terbiasa kali ya k secara si ken akrg naik tk B. Aku setuju bgd, dg pemenuhan mutrisi gizi seimbang jadi nggaak ada rasa loyo, lemes, letih.

Reply Delete