Tips Bekerja di Luar Kantor

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tips Bekerja di Luar Kantor


Ada yang kini sering bekerja di luar rumah atau kantor ? Jaman saya masih jadi pekerja freelance, saya pernah mengalami masa-masa itu. Bekerja di luar kantor tapi dengan jam kerja yang tak menentu sekitar tahun 2003-an. Waktu itu, saya menjadi kontributor majalah mingguan di Surabaya. Kerja dengan jam kerja yang tak menentu membuat jadwal tidur menjadi berantakan.

Pun begitu ketika menjadi kontributor majalah mingguan saat masih di Surabaya, saya harus pintar-pintar mengatur waktu agar kehidupan sosial tidak terganggu. Bekerja di luar kantor juga membuat saya harus mencari tempat yang nyaman untuk mengetik tulisan untuk dikirim sesegera mungkin agar di olah menjadi laporan di majalah mingguan.
 
Sumber foto : pixabay.com

Kala itu, pilihan tempat bekerja di luar kantor terbatas. Terkadang nongkrong di tempat nongrong jurnalis (biasanya di bawah pohon dekat kantor pemerintahan), warteg (warung tegal) dan warnet (warung internet). Kala itu pilihan tempat yang asyik buat bekerja di luar kantor itu terbatas. Berbeda dengan sekarang yang mudah ditemui tempat-tempat kerja yang asyik dan membuat betah bekerja lama-lama ketika bekerja di luar kantor.

Bahkan kini juga banyak warteg yang menyediakan wifi gratis untuk mempermudah akses internet sehingga tak perlu ribet mengurus pengiriman visual. Namun bekerja di luar kantor itu juga ada tantangannya selain jam kerja tak menentu. Misalnya tempat bekerja yang berpindah-pindah dan ini bagi saya bisa juga membuat tak nyaman bagi saya yang seringkali lebih senang rutinitas tetap.

Atau pernah kejadian pas lagi liputan di luar kota tapi harus kirim materi liputan, eh terkendala sinyal. Itu masih urusan sinyal. Belum lagi saat kontak telepon pun terganggu sehingga menyulitkan koordinasi liputan. Hal ini pun kerap sekali saya alami saat masih kerja di luar kantor.

 Lalu, bagaimana tips bekerja di luar kantor untuk saat ini ?

Akses Internet Lancar
Hidup dimana saja sekarang semua serba digital. Jadi dimana saja tentu membutuhkan akses internet yang lancar. Saran saya, pilih tempat yang memiliki akses internet lancar tanpa kendali sehingga memudahkan untuk mengirim materi liputan atau koordinasi dengan klien.

Tempat yang Nyaman
Sebetulnya, kita harus terbiasa untuk mengetik dimana saja sehingga tak ada lagi alasan tak bisa menulis gara-gara tempatnya tak nyaman. Namun jika memungkinkan, tentu saja lebih asyik kalau bekerja di luar kantor yang memiliki tempat yang nyaman. Tempat yang nyaman itu yang seperti apa ? Tempat yang nyaman itu yang bersih dan sejuk.

Pastikan Alat Komunikasi
Jangan abaikan alat komunikasi ya ketika bekerja di luar kantor. Pastikan baterai handphone terisi penuh sehingga memudahkan komunikasi. Sebaiknya bawa power bank atau kabel telepon untuk memudahkan pengisian baterai hanpdhone.

Pasokan Makanan Mencukupi
Kalau kerja sebaiknya siapkan makanan atau cemilan yang sesuai kebutuhan. Ada tempat kerja yang membuat kita tak perlu repot untuk memilih makanan tanpa perlu repot untuk memesannya.  Beragam menu mulai dari aneka cemilan hingga makanan berat.

Atur Waktu dengan Baik
Bekerja di luar kantor itu tantangannya adalah mengatur waktu. Terkadang karena tak ada batasan waktu bekerja, bekerja pun jadi tak mengenal waktu. Memang satu sisi ini ada kemudahan kita bisa mengatur waktu sesuai kebiasaan kita. Tapi satu sisi tetap ada aturan juga agar masih memudahkan waktu untuk tetap ada kegiatan sehari-hari tak terganggu.  

Nah, teman-teman punya tips bekerja di luar kantor ?






Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

1 komentar

Avatar
Nia K. Haryanto 17 Jul 2019 11.46.00

Bener bangeeet. Jangankan untuk yang memang kerja kantoran, aku aja yang freelance, kalo lagi dikejar dedlen, saat harus kerja di luar rumah, yang disebutin di atas kudu ada. Ya internet, alat komunikasi, hingga makanan. Biar tenang dan cepet beresnya

Reply Delete