Rencana Liburan ke Jepang

Rencana liburan ke Jepang bisa diwujudkan dengan rencana yang saya sampaikan ini.

Rencana Liburan ke Jepang


Sudah sejak lama saya memupuk mimpi untuk bisa liburan ke Jepang. Walaupun masih sekedar angan-angan, tapi rencana liburan ke Jepang ingin saya wujudkan suatu saat nanti. Entah kapan. Saya sudah berulangkali rencana liburan ke Jepang. Mulai dari bersama teman hingga tawaran berbagai agen travel. Harga yang ditawarkan untuk bisa liburan ke Jepang mulai dari Rp 11 juta hingga Rp 15 juta. Harga yang menurut saya lebih terjangkau dibandingkan harga mulai dari Rp 20 jutaan.

Mengapa harga paket liburan ke Jepang yang ditawarkan ke saya lebih murah? Karena tiket pesawat ke Jepang pas lagi promo sehingga bisa menekan harga paket liburan ke Jepangnya. Salah satu alasan mengapa saya ingin ke Jepang adalah budaya Jepang serta keindahan negaranya. Nah teman-teman pasti ingin tahu bagaimana rencana liburan ke Jepang saya ?  

Kesibukan di Jepang. Sumber foto : pixabay.com

Kumpulkan dana liburan
Biaya liburan ke Jepang memang membutuhkan dana yang tak sedikit. Salah satunya dengan visa Jepang. Kalau punya e-paspor, visa Jepang gratis. Tapi tentu saja ada pengeluaran lain seperti makanan, tiket, transportasi selama di Jepang, dan masih banyak lagi. Dana liburan ke Jepang bisa dilakukan dengan menabung setiap bulan selama dua atau tiga tahun. Dananya bisa dari penghasilan tetap sebagai karyawan, nabung dari uang belanja atau penghasilan lain yang tak terduga misalnya job blogger atau menang lomba. Kalau mau punya nabung khusus untuk bisa ke Jepang juga tak papa malah bisa jadi pilihan. Berapa dana liburan ke Jepang yang harus disiapkan? Menurut saya Rp 20 juta amanlah.

Cari tiket promo
Harga tiket ini mempengaruhi total budget liburan ke Jepang loh. Jadi pastikan untuk mencari tiket promo. Bagaimana mencari tiket promo? Teman-teman bisa bergabung ke info promo tiket murah atau langsung terhubung dengan akun media sosial airline sehingga kalau ada tiket promo bisa langsung terhubung.

Siapkan iternary selama liburan di Jepang
Siapkan secara matang rencana liburan ke Jepang. Mulai dari tempat wisata mana saja yang pertama kali akan dikunjungi, jam berapa mulai jalan ke tempat wisata. Perhitungkan berapa lama perjalanan dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Untuk menentukan iternary yang pas, jangan lupa bergabung ke grup travelling, membaca rekomendasi teman yang sudah pernah ke Jepang dan lain-lain. Saya beli beberapa buku tentang Jepang agar bisa tahu banyak tentang Jepang. Sapa tahu semakin dekat langkah saya ke Jepang. Ya kan ? Ada tiga kota yang rencananya ingin saya kunjungi di Jepang yakni Kyoto, Osaka dan Tokyo.

Makan apa selama disana ?
Sebaiknya juga tentukan mau makan apa selama di Jepang. Kalau mau membawa makanan dari Indonesia, tentukan makan apa yang akan di bawa sehingga tidak memberatkan dan membawa dengan jumlah yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Cari tahu juga tempat makan apa yang menjual makanan halal di Jepang dengan harga terjangkau tapi pas di lidah Indonesia.

Penginapan
Banyak yang bilang penginapan di Jepang itu mahal-mahal. Tapi rencana saya akan cek-cek juga kira-kira penginapan apa yang direkomendasikan yang letaknya di tempat strategis, bersih, nyaman dan tentu saja harganya terjangkau.


Transportasi
Di Jepang, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa dipilih yakni bus, Japan Railways, Subway (kereta bawah tanah). Oh ya dan ada kereta Skinkansen di Jepang yang juga bisa menjadi alternatif pilihan transportasi yang bisa digunakan.  

Pakaian
Karena Jepang memiliki empat musim, jadi sebelum datang memang harus mencari informasi terlebih dahulu kondisi Jepang saat akan dikunjungi. Musim semi (Maret-Mei), musim gugur (September-November), musim dingin (Desember-Februari), musim panas (Juni-Agustus). Kalau pas musim panas pakaian yang dibawa pasti tak perlu banyak. Ini berbeda dengan musim dingin yang mau tak mau membuat pakaian yang harus dibawa lebih banyak.

Perlengkapan Elektronik
Handphone dan kamera sebaiknya juga dibawa untuk komunikasi dan mengabadikan momen selama liburan ke Jepang. Selain itu membawa perlengkapan lain seperti power bank, earphone untuk memudahkan selama liburan ke Jepang.

Di antara semua rencana liburan yang saya sampaikan di atas, jangan lupakan niat-doa-usaha agar bisa liburan ke Jepang. Apalah arti semua yang akan dibawa jika tak ada usaha apapun untuk bisa ke Jepang, seperti tak mau nabung. Selain itu tentu saja butuh doa yang kuat agar Allah mengabulkan rencana bisa liburan ke Jepang.

Ada yang ingin liburan ke Jepang ?  





   

15 comments

Avatar
nurul rahma Jul 19, 2019, 5:11:00 PM

Akoooohhh mau banget traveling ke Jepang! Ofkors mau ajak Sidqi, anakku yg doyaaann banget mantengin segala hal serba Jejepangan :D
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 22, 2019, 9:41:00 AM

Aduh kita jalan bareng yuuuk. Hahhaa

Reply Delete
Avatar
dudukpalingdepan Jul 20, 2019, 9:20:00 AM

Saya juga kepengen mbak. Impiannya bisa makan makanan Jepang langsung di Jepang. Soalnya saya suka banget makanan Jepang kayak sushi, takoyoki, okonomiyaki, ramen, dll. Semoga kita diberikan rezeki dan kesempatan untuk kesana ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 22, 2019, 9:41:00 AM

Aih samaan kita ya mbaa. Aamiin doanyaa

Reply Delete
Avatar
Fanny F Nila Jul 21, 2019, 7:15:00 PM

jepng itu ga mahal kok. asal tau cara nyiasatinnya. 2x ksana, aku malah jd ketagihan bolak balik ke jepang. ini aja udh bikin plan lg mau ksana :p. kalo ttg biaya, itu sbnrnya pinter2 kita bikin itin.

feb kemarin, aku kliling jepang 14 hr dari daerah atas hakodate sampe nagasaki, berbekal ama kartu jr pass 14 hari, nginep di bbrp hotel budget, plus stay di tempat adekku juga sih, dan beruntung dpt tiket pesawat promo, naik Malaysia airlines.temenku jauh lbh hemat dr aku. dia cm nyiapin 25 jt thok utk perjalanan 14 hr ini. itu aja msh ada sisa 7 jt pas balik ke indonesia.

aku bawa lbh banyak , kurleb 50 jt, dan sisanya cm 4 jt pas balik itu krn aku kalap shopping wkwkwkwkwk.. jd intinya, jepang itu bisa banget murah, asalkan ga kalap ama shoppingnya :D.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 22, 2019, 9:41:00 AM

Waduh mba Fanny aku nggak ada anggaran segitu untuk ke satu negara. Hahhaa. JIwa miskonku memberontak nih mba. Hahhaa. Tapi memang harus cari yang tepat ya mba tapi satu sisi ya nggak gede budgetnya

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jul 22, 2019, 9:45:00 AM

aku juga pengen ke Jepang ummi, apa kita ikutan lomba blog hadiah ke Jepang? sapa tahu kita berjodoh kembali wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama Jul 22, 2019, 10:20:00 PM

Aku mau mbak. Tapi enggak tahu kapan. Hehe. So far masih pingin ke Al Hambra dulu sama Aqso. Tapi Jepang juga masuk list kok. Yang jadi pertimbangan makanan halalnya terutama ya kalau ke Jepang

Reply Delete
Avatar
Elva Susanti Jul 23, 2019, 8:27:00 AM

Jadi pengen ajak suami berliburan ke Jepang juga. Pasti seru. Pernah sih ancang2 berdua suami mau jalan-jalan ke LN, tapi krn.blm pengalaman jadi blm berani 😁

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri Jul 23, 2019, 10:13:00 AM

Aku juga mauuuuuu ke Jepang! Emang sih kata papah dan suamiku, biaya di sana cenderung mahal. Ya, pintar2 menyiasatinya aja. Betul, kudu kilik2 restoran muslim walaupun jarang, pasti ada. Jalannya jauh, kata suamiku yang beberapa bulan lalu dinas ke Jepang. Hihihihi..naik kereta super cepat Shinkansen ga berasa tau2 nyampe :D Budget gede mendingan tour Eropa sih wkwkwkw :D

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Author keluargahamsa.com Jul 23, 2019, 9:07:00 PM

Wuah pengen ke Jepang. Pengennya sih ke area kota besar dan desanya jd bisa mbandingin suasananya. Trus kalau bisa pas antara semi atau winter. Bingung jg sih, antara mau liat sakura sama salju haha galau

Reply Delete
Avatar
Eni Martini Jul 23, 2019, 10:00:00 PM

Entah kenapa setiap baca tentang Jepang, apapun itu yang kuingat April hahaha. Dia pengen banget lahiran di Jepang kan, tinggal di sana

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati Jul 23, 2019, 10:24:00 PM

Aku pengen juga ke Jepang. Tinggal ambil paspor aja nih. Mudah-mudah terwujud ya. Semua hal yang mba Al sebutin jadi rekomendasi saya pergi kesana.

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin Jul 23, 2019, 10:24:00 PM

Aku antara kepingin dan nggak kepingin sih mbak. Soalnya kepikiran kalau di sana nanti ribet nggak ya untuk urusan makanan halal dan kemudahan beribadah. Tapi kebayang sih kalau aku ke sana bakalan kalap belanja perintilan lucu2 gitu soalnya aku seneng ngeliat produk2nya Jepang terutama untuk perlengkapan rumah tangga yang super praktis.

Goal aku kalau emang suatu hari nanti bisa ke Jepang, pas sampe Jepang aku mau main suling lagunya Tokyo Love Story. wkwkwkwk

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Jul 25, 2019, 7:40:00 AM

Wah Jepang. Salah satu negara impian untuk destinasi wisata. Alamnya, budayanya, masyarakatnya, dan teknologinya bikin takjub dan bikin mupeeeeng pengen ke sana.

Reply Delete