Keliling Kota Wisata Cibubur dan Optimalisasi Youtube

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Keliling Kota Wisata Cibubur dan Optimalisasi Youtube


Apa pertimbangan ketika mencari rumah ? Lokasi yang strategis? Fasilitas yang lengkap? Harga yang terjangkau? Lingkungan yang nyaman? Kayaknya semuanya menjadi pertimbangan untuk bisa memiliki rumah pribadi.

Tapi banyak yang bilang, memiliki rumah itu seperti mencari jodoh. Gampang-gampang susah!. Ada yang udah sreg ama lingkungannya, teryata harganya tak terjangkau. Ada rumah yang lokasinya strategis, tapi fasilitasnya kurang lengkap. Susah kan kalau begitu?

Cluster baru di Kota Wisata Cibubur
Seperti pengalaman saya ketika mencari rumah. Hampir setiap hari selama beberapa bulan, saya dan suami berkeliling dari satu rumah ke rumah lainnya mencari rumah yang tepat. Ada yang saya sreg, tapi suami mengatakan ada kendala pada fasilitas. Ada yang bangunan rumahnya bagus, tapi teryata akses jalan mobil tak ada. Memang tak mudah kan?

Kalau teman-teman mengalami seperti yang saya alami, saya sarankan untuk mencari alternatif rumah di Kota Wisata Cibubur. Saya sudah beberapa kali ke kawasan Kota Wisata Cibubur. Pertama kali datang itu ketika berkunjung ke kawasan Kampung Cina yang terletak di wilayah Kota Wisata Cibubur.  Kawasan Kota Wisata Cibur pertama kali dibangun pada Juni 2017 di area seluas 700 Ha. Hingga kini, total sebanyak 41 cluster yang telah didirikan di kawasan Kota Wisata Cibubur.

Awal Juli 2019, saya diajak mengikuti blogger gathering Kota Wisata Cibubur. Namun sebelum berkeliling ke Kota Wisata Cibubur, saya dan teman-teman blogger mengikuti materi tentang optimalisasi youtube yang disampaikan oleh IniMasabi.

Optimalisasi yoututube ini adalah materi yang saya inginkan karena selama ini saya ingin mengoptimalisasikan youtube. Saya termasuk paling sering membuat video tapi paling malas untuk proses editing. Setiap kali ke suatu tempat, saya mendokumentasikan kegiatan saya melalui foto dan video dan kemudian juga menampilkannya di blog dan youtube. Sebetulnya lebih karena agar semuanya punya dokumentasi yang lebih baik.

Mas Abi 
Tapi, bagaimana sih caranya mengoptimalisasikan youtube? Pertama-tama, dibahas tentang tahapan pembuatan video. Ada tiga tahapan utama dalam proses pembuatan video yakni pra produksi, produksi dan post produksi. Pra Produksi meliputi ide/konsep, skenario, casting, reading, cek lokasi dan lain-lain. Sedangkan post produksi meliputi editing, musik, souund mixing dan publising.

Proses pengambilan visual menurut Mas Abi, ada tekniknya juga. Salah satunya dengan berjalan tapi dengan kaki berjinjit sehingga visual tidak tampak goyang alias stabil. Selain itu yang digunakan adalah pembuatan thumbnail. Nah jujur, saya hampir tak pernah memasang thumbnail di video saya. Namun teryata penggunaan thumbnail ini memiliki daya tarik sendiri. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika penggunaan thumbail yakni :
  • Kesesuaian dengan isi video
  • Bebas edit namun masih sesuai
  • Menggunakan gambar terbaik
  • Menggunakan penulisan atau kalimat tambahan di thumbnail.

Untuk membuat video satu menit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni :
  • Intro 10 detik dengan 2-3 adegan video
  • Isi : 40 detik dengan 5-6 adegan video
  • Closing : 10 detik dengan 2-3 adegan video
  • Bisa juga dengan menambahkan bumper di awal video.

Namun, untk optimalisasi youtube, harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya, youtube sekarang bukan mempertimbangkan view tapi watch time. Watch time artinya, lamanya waktu menonton suatu video. Semakin lama menonton maka exposore yang diperoleh semakin banyak dan itu berarti keuntungan pun akan dimiliki. Namun yang paling penting, memiliki youtube itu artinya harus konsisten. Misalnya membuat jadwal kapan harus update youtube minimal seminggu satu atau dua kali.

Keliling Kota Wisata Cibubur 

Setelah materi optimalisasi youtube, kami diajak berkeliling Kota Wisata Cibubur. Ada beberapa alasan mengapa Kota Wisata Cibubur bisa menjadi pilihan bagi teman-teman yang ingin mencari rumah impian:

Lokasi di Tepat yang Strategis
Boleh dibilang, kawasan Kota Wisata Cibubur terletak di tempat yang strategis. Beberapa hal misalnya, bisa melalui gerbang tol Jatiasih dan juga dari kawasan Jl. Raya Bogor. Saat saya ke kawasan Kota Wisata Cibur di hari Sabtu, berangkat dari rumah di Pasar Rebo hanya membutuhkan sekitar 40 menit untuk tiba di kawasan Kota Wisata Cibubur.

Fasilitas yang Lengkap
Kota Wisata Cibubur memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari sarana pendidikan, tempat ibadah, pasar tradisional, tempat makanan enak dan sarana olahraga. Saya sempat berkeliling dan melihat sarana pendidikan yang lokasinya luas dan megah. Saya sampai binggung apakah itu sekolah atau mall karena saking megahnya. Sarana olahraga pun tersedia lengkap di Kota Wisata Cibubur. Mulai dari kolam renang hingga gym yang pas untuk kebutuhan sehari-hari.
 
Salah satu ikon Kota Wisata 
Cluster Terbaru
Tau nggak kalau sekarang Kota Wisata Cibubur memiliki cluster terbaru yang bisa menjadi pilihan? Nah, saya sempat datang ke cluster terbaru Kota Wisata Cibubur yakni Visalia, Nashville dan Bellwood. Untuk cluster Nashville, luas bangunan yang ditawarkan adalah 68/60 dan 121/120 dengan harga jual sekitar Rp 960 juta hingga Rp 1,8 miliar. Sedangkan cluster Nashville memiliki luas bangunan 100/112 dan 220/190 dengan harga jual Rp 1,6 miliar hingga Rp 3,2 miliar. Dan terakhir, Bellwood yang memiliki luas 133/128 dan 256/20 dengan harga Rp 2 miliar hingga Rp 3,8 miliar.

Kalau ditanya, saya milih mana di antara tiga cluster itu? Pilihan saya cluster Nashville. Teman-teman inginn punya rumah di Kota Wisata?







2 comments

Avatar
Nia K. Haryanto Aug 1, 2019, 8:58:00 AM

Wah, seru banget ini. Cuci mata keliling Cibubur dan nambah ilmu baru. Ajarin bikin video dong :D

Reply Delete
Avatar
Bang Day Aug 1, 2019, 1:59:00 PM

pernah ke sini tapi udah luamaaa :) 2012 kali yah

Reply Delete