Cara Agar Berkurban Setiap Tahun di Hari Raya Idul Adha

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Agar Berkurban Setiap Tahun di Hari Raya Idul Adha


Assalamu Alaikum teman-teman. Tak terasa hanya dalam hitungan hari, InsyaAllah akan datang hari Raya Idul Adha. Dan ketika hari Idul Adha segera tiba, sudahkah kita menyisihkan sebagian rejeki kita untuk berkurban di hari Idul Adha ? Lalu, bagaimana cara agar bisa berkurban setiap tahun di Hari Raya Idul Adha ?

Hukum berkurban adalah sunnah muakkadh (sangat dianjurkan) bagi orang yang memiliki kemampuan materi. Saya bersyukur Allah selalu memberikan kesempatan bagi saya untuk berkurban. Dulu, saya tak memberikan anggaran khusus untuk berkurban. Tak juga memberikan target setiap tahun untuk bisa kurban di hari raya Idul Adha.

Sumber foto : pixabay.com


Hingga kemudian, ada yang berkata “Beli handphone sampai Rp 2 jutaan tapi nggak sanggup berkurban?”. Saya lupa siapa yang memberikan kalimat itu. Tapi kalimat ini seringkali saya dengar dan berulangkali pula saya merasa tertohok dengan kalimat itu. Dari situlah, saya kemudian berusaha menyisihkan rejeki untuk bisa berkurban di hari Raya Idul Adha.

Keluarga besar saya kemudian membuat tabungan kurban. Jadi, kami menyisihkan sebulan minimal Rp 100 ribu setiap bulan per orang. Uang itu dikumpulkan di om saya dan kemudian, om saya itu pula yang bertugas memberikan kambing untuk dikurbankan setiap hari Raya Idul Adha.

Sedihnya, ketika om saya meninggal, tak ada yang meneruskan kebiasaan baik itu. Dan kami pun memilih menabung sendiri-sendiri agar bisa berkurban setiap tahun di hari raya Idul Adha. Apa hukum berkurban dalam Islam? Hukum Idul Adha adalah sunnah muakad artinya sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki kemampuan secara materi.

Nabi Muhammad SAW bersabda “Barang siapa memiliki kelapangan keuangan, lalu ia tidak berkurban, maka janganlah ia datang ke tempat shalat kami.'' (HR Ahmad). Selain itu, Allah SWT berfirman, ''Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka, dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah.'' (QS 108: 1-2)

Berkurban memiliki banyak manfaat yang bisa diterima oleh umat muslim yang memutuskan untuk berkurban. Beberapa makna kurban antara lain :

Meningkatkan Takwa Kepada Allah
Sebagai umat muslim, kita wajib untuk meningkatkan takwa kepada Allah dengan cara menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Dengan berkurban, berarti kita menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Berkurban merupakan bentuk ketakwaan kepada Allah.

Sebagai sarana mendekatkan diri pada Allah
Kurban mempunyai akar kata qaruba, yang membentuk kata: qurb (dekat), taqarrub (mendekatkan diri), aqriba’ (kerabat). Seiring bertambahnya usia akan bertambah dekat pula dengan kematian. Ini berarti makin dekat perjumpaan dengan Allah, dengan memutuskan untuk berkurba, minimal menjadikan ingat dan insaf, yang pada akhirnya berjumpa dengan-Nya dalam kebaikan.

Berbagi kepada Sesama
Dengan berkurban, kita akan menumbuhkan dan meningkatkan kasih sayang, utamanya antara yang kaya dan miskin. Berkurban juga berarti membagikan sebagian rejeki yangn kita miliki kepada orang yang membutuhkan. Dengan berbagi, akan merekatkan tali silaturahmi dan mewujudkan kebersamaan dan kerukunan.

Cara Agar Berkurban Setiap Tahun 

Tiga hal ini hanyalah sebagian kecil makna berkurban yang akan diterima ketika berkurban di hari raya Idul Adha. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara agar bisa tetap berkurban setiap tahun di hari raya Idul Adha ?

Kuatkan Niat
Semua balik lagi pada niat. Jika kita berniat, insyaAllah Allah akan memudahkan serta memuluskan niat kita untuk berkurban. Niat itu sebaiknya dipupuk jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan jelang hari Raya Idul Adha. Minimal setahun sebelumnya sehingga niat pun semakin kuat untuk berkurban di hari raya Idul Adha?

Sisihkan Rejeki Setiap Bulan
Mungkin mengikuti cara yang saya lakukan bersama keluarga bisa menjadi pilihan. Terserah mau sisihkan berapa ribu per bulan tapi usahakan teratur setiap bulan. Namun harus disesuaikan juga dengan perkiraan harga hewan kurban di tahun mendatang. Misalnya hewan kurban seharga Rp 2 juta, maka di bagi 12 bulan dan itulah jumlah tabungan kurban setiap bulan yang harus disisihkan.

Taruh di tabungan khusus
Biar tak tercampur dengan pos keuangan lain, tak ada salahnya untuk membuat tabungan khusus kurban. Kalau tak mau repot, bisa gunakan kaleng atau botol bekas untuk tempat meletakkan uang kurban. Jadi nanti setiap ada rejeki, masukkan uang di tabungan atau tempat khusus menabung untuk hewan kurban.  

Tiga cara itu bisa menjadi pilihan teman-teman agar bisa berkurban setiap tahun di hari Raya Idul Adha. Kalau teman-teman ingin berkurban, sekarang tak perlu kuatir karena ada banyak kemudahan berkurban yang bisa teman-teman pilih. Bahkan, teman-teman bisa berkurban di pelosok-pelosok Indonesia. Bagaimana caranya ?

Program Tebar Hewan Kurban di Dompet Dhuafa 

Teman-teman pasti tahu tentang Dompet Dhuafa kan ? Jadi, sejak tahun 1994, Dompet Dhuafa telah menghadirkan program Tebar Hewan Kurban yang menyebarkan layanan kurban ke berbagai wilayah di Indonesia. Penasaran kan kenapa ada program Tebar Hewan Kurban? Jadi, program ini berawal dari cita-cita mendistribusikan berkah hewan kurban ke daerah-daerah terpencil melalui pemberdayaan kelompok peternak lokal yang mandiri.

Boleh dibilang, ada unsur pemerataan juga dengan adanya program ini karena tak hanya orang di kota saja yang menerima hewan kurban tapi juga di pelosok tanah air. Ada lima keunggulan tebar kurban yakni :

Kemudahan Layanan Kurban
Sekarang, layanan berkurban dapat dilakukan  melalui : konter kurban di berbagai mall, layanan kurban melalui kurban.dompetdhuafa.org, layanan jemput kurban, dan ransaksi melalui rekening bank.

Tebar kurban hingga pelosok negeri
Seperti yang saya bilang sebelumnya, dengan adanya program ini, tak hanya orang di kota saja yang mendapatkan pembagian hewan kurban tapi juga pelosok tanah air. Salah satunya ibu Kalsum, warga Ronting, Nusa Tenggara Timur yang merasa bersyukur dan berterima kasih untuk saudara-saudara yang sudah membantu dan berbagi daging kurban. Sang suami yang hanyalah seorang buruh tani harus membanting tulang untuk menghidupi ketiga anaknya.


Sumber : DOmpet Dhuafa 

Kualitas Hewan Kurban
Percayalah, kualitas hewan kurban yang ada di Dompet Dhuafa memiliki penilaian mutu hewan yang terbaik. Rata-rata bobot hidupnya kambing, 25-29 kg. Hewan kurban yang dipilih tidak cacat, lepas gigi dan jantan. Selain itu juga melalui pemotongan sesuai syariah Islam.

Laporan Kurban Transparan
Tak perlu kuatir karena orang yang berkurban di Dompet Dhuafa akan mendapatkan laporan berupa laporan donasi, foto-foto pelaksanaan serta informasi dari berbagai daerah.

Sumber foto : pixabay,com


Memberdayakan Peternak dan Ekonomi Desa
Bapak Suhilwadi, Ketua Kelompok Paguyuban Pagar Sembalun mengatakan dengan adanya program Tebar Kurban ini membuat para peternak bisa mendapatkan rejeki dan ini tentunya memberikan peningkatan kemakmuran desa.

Nah, teman-teman sudah tahu kan cara agar bisa tetap berkurban setiap tahun di Hari Raya serta pilihan tempat berkurban yang tepat ? Mungkin ada yang punya tips lainnya ?

24 comments

Avatar
herva yulyanti Aug 2, 2019, 1:23:00 PM

yah itu kalimatnya menusuk tapi sekaligu renungan juga kita mampu beli HP mahal moso kurban nda sih :) btw kebiasaan baiknya bagus ummi sayang yah selepas kepergian om jadi ga lanjut :(

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Aug 2, 2019, 1:30:00 PM

Berkurban di Dhompet Dhuafa nggak perlu khawatir ya, karena udah terpercaya, apalagi laporannya juga transparan. Sangat memudahkan sekali tentunya dan lebih praktis.

Reply Delete
Avatar
Lusi Aug 2, 2019, 3:54:00 PM

Wah disini 3,3 utk kambing tapi tau beres sama panitia di mesjid dekat rumah karena suami LDR jadi nggak sempat cari sendiri. Enak juga ya kalau di DD, bisa jadi alternatif buat ibu2 yg senasib denganku. Nggak perlu kebingungan lantaran suami nggak ada waktu buat nyari sendiri. Makasih infonya.

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Aug 2, 2019, 5:48:00 PM

Harus memiliki niat kuat ya, Mbak. Memang godaan ada aja. Pengen berkurba, tetapi tergoda beli yang lain. Gak boleh banget deh ini. BErkurban di Dompet Dhuafa udah dipercaya sekian lama

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Aug 2, 2019, 6:59:00 PM

Bismillah, semoga bisa ibadah qurban dan diterima Allah ta'ala
aamiiinn
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda Aug 2, 2019, 9:05:00 PM

jaman sekarang mau berkurban gampang ya, bisa online gitu. Kalau di dompet dhuafa setauku penyeberan hewan kurbannya juga luas, sampai ke pelosok

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) Aug 2, 2019, 10:14:00 PM

Mudah banget ya mba, berkurban di Dompet Dhuafa.
Dan yang paling penting adalah hati tenang karena qurban kita bakalan bisa di salurkan secara merata kepada orang yang membutuhkan.

Reply Delete
Avatar
nchie hanie Aug 2, 2019, 10:14:00 PM

Beli henpon bisa, buat qurban ga bisa rasanya ketabok mesra nih. Ku di tempat kerja dipotong gaji buat ikutan qurban.
Btw untungnya, ada Dopet Dhuafa yang memberikan solusi ya, cuss ahh berbagi ..

Reply Delete
Avatar
Hydriani Aug 2, 2019, 11:04:00 PM

Saya jadi tersentil mba tiap tahun selalu ada saja halangannya, mungkin niat saya harus lebih dikuatkan lagi, makasi sharingnya mba lid :)

Reply Delete
Avatar
Cerita Sore Aug 3, 2019, 10:16:00 AM

Bener, segala sesuatu emang harus diawali dari niat. Kalau ndak niat ya sudah lewat kesempatan emas, dan fasilitas dari dompet dhuafa emang bagus banget yaa.. 😄

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Aug 3, 2019, 12:08:00 PM

Bersyukur banget dengan adanya program qurban Dompet Dhuafa ini. Distribusi daging kurbannya memeratakan ya. Suka lihat soalnya yang timpang. Satu daerah dapet banyaaaak banget sampai bisa dihabiskan lama. Sementara
daerah lain gak dapet sama sekali.

Reply Delete
Avatar
Mechta Aug 3, 2019, 2:21:00 PM

Setuju sekali mba..semua berawal dari niat. Jk niat kita kuat maka insya Allah akan dipermudah ya mba..

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono Aug 3, 2019, 7:56:00 PM

Sebagai umat muslim harus introspeksi diri ya mba....beli hp 2 juta aja mampu masak berkorban sekali setahun gak mampu. Ini reminder buat kita umat Muslim yang mampu ya mba.... alangkah baiknya berkorban, agar bisa berbagi dengan sesama. Dan dompet duafa ini patut diacungi jempol....menjadi saran yang aman dan terpercaya untuk berkorban....

Reply Delete
Avatar
Helenamantra Aug 4, 2019, 5:58:00 AM

Selain sisihkan rezeki tiap bulan, bisa juga kalau punya bonus tahunan dialokasikan langsung untuk kurban. Jadi ga ganggu cashflow bulanan.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian Aug 4, 2019, 6:05:00 AM

Berkurban lewat lembaga seperti Dompet Dhuafa Insya Allah terpercaya ya mbak, pendistribusian dagingnya pun merata ke seluruh pelosok negeri. Ternyata ada akadnya juga ya waktu aku bayar kurban melalui DD

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Aug 4, 2019, 10:27:00 AM

Yups bener jadi kudu niat dulu ya dan tiap bulan sisihkan rejeki khusus kurban. Btw untuk program ini bagus dan saya masih belum paham, jadi kalau mau qurban lewat dompet dhuafa ini kita transfer uangnya dan kesana gt ya liat kambing yang kita beli itu dan menyaksikan sendiri pemotongan kambingnya?.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Aug 4, 2019, 10:39:00 AM

Aiihh benar juga ya, bisa belanja macem2 tapi malah kadang ga kepikiran untuk alokasi dana membeli hewan kurban. Terima kasih ya mba sudah diingatkan lewat postingan ini.

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta Aug 4, 2019, 10:45:00 AM

Wah boleh juga tipsnya nih mbak. Apalagi kalau mau berkurban lewat dompet dhuafa, tidak diragukan lagi pendistribusian dagingnya karena dilakukan secara transparan dan kualitas daging kurbannya juga terjamin. Yah. Semoga saya juga ada kesempatan untuk berkurban lewat lembaga ini.

Reply Delete
Avatar
Ida Aug 4, 2019, 12:03:00 PM

Bagus nih ada program Dd jadi penyebaran dagingnya lebih merata ya... Iya hrsnya beli hp bs kurban jg hrs bs tergantung fokus dan niat juga..

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul Aug 4, 2019, 9:55:00 PM

Cara berkurban yang memang sangat membantu masyarakat ya mbak, sekarang ngga perlu panas panasan cari hewan kurban terbaik, bisa pilih melalui dompet dhuafa dan ngga khawatir daging kurban menumpuk di perkotaan.. karena di salurkan ke pelosok negeri

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist Aug 4, 2019, 10:52:00 PM

Memang banyak yang punya uang
Tapi tidak banyak yang memiliki keimanan tentang bagaimana mengelola itu seharunya
Andaikan paham, tidak ada alasan kondisi keuangan menipis

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu Aug 4, 2019, 11:14:00 PM

Memang poin utama untuk berkurban adalah kuatkan niat ya mbak akhirnya bisa tercapai. Btw aplikasi dompet duafa bagus ya mbak, tersedia harga kambing serta jenisnya.

Reply Delete
Avatar
Novitania Aug 5, 2019, 12:11:00 PM

Aku pernah ikut beberapa kegiatan THK dompet duafa, dan memang subhanallah mereka terorganisir dan profesional banget mba. Insya allah amanah

Reply Delete
Avatar
Rudi Chandra Aug 7, 2019, 2:53:00 PM

Kalo di kampungku, ada panitia kurban, jadi yang mau berkurban, tiap bulan nabung ama panitianya. Cukup memudahkan orang-orang di kampungku sih.

Reply Delete