Pengalaman Tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi Thailand

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi Thailand


Saya bersyukur pada awal Agustus 2019 tepatnya tanggal 5 Agustus hingga 7 Agustus 2019, saya dan Herva Yulyanti, blogger dari Cimahi mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Thailand. Kunjungan kami ke Thailand merupakan hadiah menang lomba blog yang diadakan oleh KBR dan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN). Mengapa Thailand? karena Thailand merupakan negara yang menerapkan aturan ketat untuk larangan merokok di berbagai tempat publik yang ada di Thailand.

Oh ya, di Thailand ada dua bandara internasional utama yakni bandara internasional Suvarnabhumi dan bandara internasional dan Don Mueang.


Salah satu sudut bandara Suvarnabhumi

Kami memutuskan untuk mendarat di bandara Internasional Suvarnabhumi yang lebih besar dibandingkan bandara Don Mueang. Saya janjian dengan Herva di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 02.00 WIB karena pesawat Malaysia Airlines yang akan kami tumpangi akan boarding pukul 06.00 WIB.

Ngomong-ngomong soal Herva, ini pertemuan saya kedua setelah tiga tahun terpisah jarak dan waktu #Ehm. Kami pertama kali bertemu saat perjalanan menuju Malaysia-Melaka tiga tahun lalu untuk hadiah lomba blog. Dan alhamdulillah walaupun hampir tiap hari komunikasi via whatsapp dan telepon, akhirnya kami bertemu lagi dalam perjalanan ke Thailand.

Pesawat Malaysia Airlines yang kami tumpangi, mendarat pukul 08.00 di Malaysia. Setelah transit sekitar satu jam, pesawat Malaysia Airlines pun terbang menuju Bangkok, Thailand dan mendarat di bandara internasional Suvarnabhumi.

Ini pertama kali kami berdua kami mengunjungi Thailand. Dan ini berarti, pertama kali pula kami menginjakkan kaki di bandara internasional Suvarnabhumi. Tapi walaupun ini pertama kali kami ke bandara internasional Suvarnabhumi, kami bersyukur tak mengalami kesulitan dengan berbagai petunjuk karena selain menggunakan bahasa Thailand juga ada bahasa Inggris.
 
Saya di bandara Internasional Suvarnabhumi 

Sebelum menuju ruang pemeriksaan paspor, kami melewati meja untuk pengisian form imigrasi Thailand. Form ini wajib diisi setiap kali memasuki negara lain, termasuk Thailand. Kami beruntung tak perlu ikut ngantri dan berdesak-desakan mengisi form imigrasi karena saat transit di Malaysia, form itu sudah kami isi sehingga bisa langsung di serahkan.

Antrian di pemeriksaan paspor saat kedatangan cukup banyak orang, namun tak perlu ngantri terlalu lama karena banyak petugas imigrasi yang melayani dan ada lebih dari 10 loket pemeriksaan paspor yang dibuka sehingga mengurangi antrian.

Oh ya, di setiap loket tertulis untuk loket khusus orang Cina, Asian tapi teryata kami tetap dipersilahkan melakukan pemeriksaan paspor di loket khusus orang China. “Supaya tak terlalu ngantri,” kata salah satu petugas bandara kepada saya.

Tapi drama antrian paspor itu kami temui saat hendak pulang ke Indonesia. Ceritanya, pesawat Malaysia Airlines yang akan membawa kami ke Indonesia (transit dulu di Malaysia) akan terbang pukul 06.00 WIB. Di boarding pass tertulis untuk boarding pukul 05.00 WIB. Pas tiba di counter pemeriksaan paspor, kami kaget karena ada ratusan orang ngantri sedangkan counter paspor yang buka hanya empat. Bayangkan, empat counter paspor melayani ratusan orang? Sedangkan jam keberangkatan semakin dekat.

Saya dan Herva pun gelisah plus deg-degan. Membayangkan terlambat naik pesawat di negara orang sungguh bukan keinginan kami. Dan teryata, tak hanya kami berdua merasakan kegelisahan yang sama. Saya sempat ngobrol dengan orang Filiphina dan India yang bahkan harus berangkat 10 menit lagi sedangkan dia masih ngantri lama. OMG!


Salah satu sudut bandara Suvarnabhumi 

Sepajang antrian, kami berdoa semoga Allah memudahkan. Dan Alhamdulillah dua counter imigrasi tambahan dibuka dan penumpang pun menyerbu sehingga sempat terjadi keributan kecil. Setelah ngantri sekitar hampir satu jam (itu pun di bantu penumpang dari Afrika dan seorang petugas perempuan mempersilahkan kami duluan) walaupun kerasa berjam-jam, kami pun berhasil melewati drama pemeriksaan paspor.  

Larangan Merokok di Bandara Internasional Suvarnabhumi

Di bandara internasional, banyak fasilitas yang disediakan bagi para penumpang. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, tak perlu kuatir jika tak bisa berbahasa Thailand karena petunjuk jalan atau informasi berbahasa Inggris pun dengan mudah di peroleh.

Tak perlu kuatir kehausan juga karena banyak tersedia air kran gratis yang dapat dikonsumsi oleh para penumpang. Menikmati wifi gratis pun dengan mudah di akses untuk mendapatkan berbagai layanan internet untuk komunikasi ataupun lainnya.

Tapi jangan coba-coba merokok di bandara internasional Suvarnabhumi. Mengapa? Bandara Internasional Suvarnabhumi merupakan salah satu tempat di Thailand yang tidak memberikan kesempatan untuk merokok bagi para perokok.


Salah satu larangan merokok di sudut bandara Suvarnabhumi







Datang ke bandara Suvarnabhumi, saya dengan mudah melihat berbagai tanda-tanda larangan merokok yang terpasang di berbagai sudut bandara. Awalnya saya mengira bahwa ada ruang khusus yang disediakan bandara Suvarnabhumi untuk para perokok. Misalnya ruang tertutup khusus perokok atau merokok di taman yang berada di area bandara.

Namun sama sekali tak ada tempat untuk para perokok di bandara Suvarnabhumi. Penasaran, saya pun bertanya ke salah satu petugas bandara Suvarnabhumi tentang penyediaan ruang merokok bagi para perokok. “Tak boleh merokok disini (bandara Suvarnabhumi),” kata petugas itu tegas.

Wah, teryata pelarangan merokok ini tak hanya melalui tanda larangan merokok tapi juga tak menyediakan sama sekali ruang untuk para perokok di bandara Suvarnabhumi. Saat keluar dari bandara menuju kendaraan, saya sempat melihat turis asing yang menanyakan tempat untuk merokok ke salah satu petugas.

Namun, petugas itu kemudian menunjukkan tanda larangan merokok yang terpasang di dinding bandara dan kemudian menyampaikan bahwa di bandara Subharnabhumi memang tidak boleh merokok di bandara ini. Saya sempat juga ngobrol dengan salah satu warga asli Thailand yang bernama Miss Luna tentang pendapatnya adanya larangan merokok di bandara Suvarnabhumi. “Saya dukung. Karena saya tak suka bau rokok. Tak sehat juga,” kata Miss Luna kepada saya.  

Bandara merupakan salah satu tempat yang melarang para perokok merokok di kawasan itu. Tak hanya bandara. Tapi juga berbagai pusat pembelanjaan juga tempat wisata di Thailand juga memberlakukan larangan merokok bagi para perokok.

Lalu, apa dampak jika merokok di publik area di Thailand, termasuk di bandara? Hukumannya tak tanggung-tanggung yakni harus membayar denda 5000 bath atau sekitar Rp 2 juta jika ketahuan merokok di publik area.

Thailand termasuk negara yang memang ketat pelarangan merokok dan bahkan merencanakan untuk menghentikan konsumsi tembakau nasional setidaknya pada tahun 2025. Jumlah warga Thailand yang meninggal setiap tahun bertambah akibat asap rokok. Bahkan pada 20 Agustus mendatang, tak hanya area publik saja yang ada larangan merokok tapi juga di rumah karena asap rokok berbahaya bagi anggota keluarga lainnya. Saya berharap, Indonesia juga semakin ketat memberikan pelarangan merokok sehingga jumlah perokok di Indonesia semakin berkurang dan Indonesia pun bebas asap rokok.

Tips Mengunjungi Bandara Internasional Suvarnabhumi

Untuk mengunjungi bandara Internasional Suvarnabhumi, saya punya beberapa tips yang bisa diterapkan bagi teman-teman yang ingin mendarat atau sekedar transit.

Datang Lebih Awal
Saya sarankan untuk datang ke bandara  lebih awal jika ingin terbang balik ke negara asal. Mengapa? Antriannya sangat panjang dan ini sungguh sangat menyita waktu. Padahal antrian sangat panjang namun counter yang dibuka pun tak semuanya. Kami menyediakan waktu total 3 jam lebih sebelum keberangkatan pun masih tetap harap-harap cemas untuk berangkat.

Jangan Merokok
Bandara internasional Suvarnabhumi tegas melarang perokok merokok di wilayah bandara. Tak ada ruang untuk perokok sama sekali. Jadi, jangan merokok karena denda yang akan diberikan sekitar 5000 bath atau sekitar lebih dari Rp 2 juta. Lagian, tahu kan kalau merokok itu tak baik bagi kesehatan?

Thailand termasuk negara yang memang ketat pelarangan merokok dan bahkan merencanakan untuk menghentikan konsumsi tembakau nasional setidaknya pada tahun 2025. Jumlah warga Thailand yang meninggal setiap tahun bertambah akibat asap rokok. Bahkan pada 20 Agustus mendatang, tak hanya area publik saja yang ada larangan merokok tapi juga di rumah karena asap rokok berbahaya bagi anggota keluarga lainnya. Saya berharap, Indonesia juga semakin ketat memberikan pelarangan merokok sehingga jumlah perokok di Indonesia semakin berkurang dan Indonesia pun bebas asap rokok.


57 comments

Avatar
Winda - dajourneys.com Aug 9, 2019, 3:52:00 PM

bener mba, saya juga berharap indonesia lebih tegas lagi melarang perokok di muka umum, terutama di tempat2 umum seperti negara2 lainnya :( having fun ya mbak

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Aug 9, 2019, 4:43:00 PM

Asiiknyaaaa....!
Aku ke Thailand naik Air Asia, mba. Jadi turunnya di bandara Don Mueang.
Wah, keren ya, Thai begitu tegas melarang rokok.
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian Aug 9, 2019, 6:48:00 PM

Wah senangnya bisa ke Thailand bareng temen blogger ya, aku gak diajak di koper gitu mbak hehehe. Aku suka lah sama larangannya merokoknay di berbagia tempat mbak jadi nyaman ya & udara pun makin bersih.

Reply Delete
Avatar
Lusi Aug 10, 2019, 6:37:00 AM

Alhamdulillah, rejeki dari blog mengalir terus ya mbak. Memang antrian bandara itu sering bikin ketar-ketir. Lama juga itu ya 1 jam, kebayang kalau nggak dibuka loket tambahan. Masih banyak yg baik pula mempersilakan duluan. Kalau di Soetta itu aku suka geli dg para perokok di ruang khusus. Ngapain juga berkumpul saling mengasapi? Wkwkwkk. Pernah aku lihat aktor film layar lebar kenamaan didalam ruang rokok itu. Sekarang sudah meninggal padahal belum tua2 amat. Selain takdir Allah, kesehatan memang harus dijaga.

Reply Delete
Avatar
Nefertite Aug 10, 2019, 11:08:00 AM

Aku belum pernah ke Thailand, kyanya menawan banget ya tempatnya, eksotik. Bandara di kita memang masih banak sih space buat perok, jadi ngganggu juga ya

Reply Delete
Avatar
Susie Ncuss Aug 10, 2019, 12:29:00 PM

pas main di Thailand, saya mendarat di Dong Mueang, tapi abis itu pindah ke suvarnabhumi airport.
dua bandara itu beda banget gilakkk... sampai shock waktu masuk suvarnabhumi karena saking terangnya bandaranya :D

Reply Delete
Avatar
Desri Desri Aug 10, 2019, 12:35:00 PM

ini trip yang waktu menang lomba itu ya kak, duh seru banget deh. Tapi bener sih, kalo di Thailand petunjuknya cuma pake yang bahasa Thailand itu, kita kerepotan ya hihihi

Reply Delete
Avatar
Reva Nisa Nabella Aug 10, 2019, 1:09:00 PM

Coba indonesia juga kaya gini, lebih tegas lagi sama perokok di tempat umum gtu. Thank ya kak sharingnya, jadi tau nih kalau misalkan jalan2 ke thailand nanti hehe

Reply Delete
Avatar
Dewi Sulistiawaty Aug 11, 2019, 1:51:00 AM

Keren ya Thailand, khususnya untuk Bandara Suvarnabhumi yg bebas asap rokok. Saluut! Tiap temen yang main ke sana, hampir semua cerita positif ttg Thailand, apalagi soal makanannya hehe

Reply Delete
Avatar
Sera W. Aug 11, 2019, 6:21:00 AM

Wahhh mba alida dan mb herva emng langganan menang lomba.#salim sama suhu.
Keren noh Thailand, coba di Indonesia kek gitu ya, seswatu pastinya.

Reply Delete
Avatar
Tian Lustiana Aug 11, 2019, 6:39:00 AM

Barakallah yaaa dipertemukan kedua kali dari rezeki ngeblog. Seneng pastinya yaaaa. Wah mudah2an penerapan larangan ngerokok ini berlaku di semua bandara termasuk Indonesia ya dengan aturan yg ketat tentunya.

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni Aug 11, 2019, 7:42:00 AM

Ahhh masya Allah luar biasa rencana Allah, akhirnya bisa ketemu lagi hehe pantasan hadiahnya ke Thailand ternyata emang keras larangan merokok ya mba

Reply Delete
Avatar
Irena Faisal Aug 11, 2019, 10:19:00 AM

yes betul, yang paling disuka dari airport don mueang ini karena dilarang merokok, pun ngga ada smoking area :)

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu Aug 11, 2019, 1:13:00 PM

MasyaAllah doakan ya mba biar bisa traveling ke Bangkok bisa ngerasain dan melihat dari dekat mudah2an dalam waktu dekat ya...

Reply Delete
Avatar
Beautyasti1 Aug 11, 2019, 1:19:00 PM

Betul itu mba perokok jangan dikasih kendor, jangan dikasih ruang buat khusus merokok. Btw selamat ya mba menang lomba dan jalan jalan ke Thailand, ditunggu cerita kelanjutan di Thailand nya hehehe

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen Aug 11, 2019, 7:25:00 PM

Duh kalau udah larangan ngerokok gitu masih juga nggak dipatuhi udah nggak habis pikir deh, aku termasuk salah satu orang yg sebel banget liat orang merokok sembarangan di ruang publik.

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih Aug 11, 2019, 7:57:00 PM

Senangnya mba bisa ketemu mba Harga lagi dari hadiah lomba blog. Setuju banget deh kalo peraturan mesti diperketat utk larangan rokok inj

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Aug 11, 2019, 9:05:00 PM

Wah surga nih buat wisatawan kayak saya yang anti asap rokok. Kepalaku langsung pusing kalo terpapar asap rokok nih

Reply Delete
Avatar
Natrarahmani Aug 11, 2019, 9:19:00 PM

Waaaah aku liat Lok di story' kak herva dan kak lidba soal perjalanan ini. Baru tau juga kalo.thailand melarang merokok. Kece bener.

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono Aug 11, 2019, 10:01:00 PM

Pengalaman yang sangat berkesan ya mbak, bisa ke Thailand bersama teman blogger karena menang lomba, rasanya sesuatu banget. Apalagi pas baca ikut ngantri Berjam 2 sampe takut ketinggalan kereta, jadi ikutan deg-degan. Harus berangkat lebih awal supaya tidak terlambat pesawat ya mbak. Dan larangan merokok ini sangat tepat, saya juga tidak suka ada orang merokok di tempat umum....jadi ikut sesak nafas rasanya hehehe

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Aug 12, 2019, 1:33:00 AM

Baru ngeh kalau udah lama ngg mampir dan main ke Thailand. Aku pernah ke sini waktu baru buka hahaha.. udah lama bangeet. Well, setiap negara punya peraturan masing - masing ttg merokok ini yaaa

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Aug 12, 2019, 5:21:00 AM

Ketat juga ya mba bandara Suvarnabhumi ini terhadap larangan merokok. Bagus banget kalau kayak gini, negara tegas dalam membatasi aktivitas merokok. Agar orang lain yang bukan perokok tidak terganggu dengan asap kepulan rokok.

Reply Delete
Avatar
Novitania Aug 12, 2019, 7:29:00 AM

Mba Al, aku pengen ke thailand jugaaaa. Doakan yaaa. Soalnya fashion dan makeup Thai lagi hype banget kan. Hehehe *tetepbelanja ya 😆

Reply Delete
Avatar
Ade anita Aug 12, 2019, 7:36:00 AM

Aku senang dengan ketegasan pemerintah Thailand terhadap pelarangan merokok. Indonesia bisa nggak ya seperti itu, mengingat perusahaan rokok raksasa selalu berkelit dan berlindung di balik kekuasaan uang yang mereka hasilkan.

Reply Delete
Avatar
Cari angin Aug 12, 2019, 7:38:00 AM

Jalan2 bersama teman blogger asyik ya kayaknya. Kapan ya aku bisa jalan jalan dengan teman sesama blogger juga? Mupeng

Reply Delete
Avatar
Yanti Alif Aug 12, 2019, 8:30:00 AM

Seneng bangt sama Bandaranya ada larangan merokok kapan ya di Indonesia menerapkan peraturan yang sama ..sesak saya kalo ada yang merokok sembarangan

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti Aug 12, 2019, 9:18:00 AM

Keren ya bandara Thailand. Jujur aja dulu saya kayaknya menganggap negara Thailand itu lebih jelek daripada negara kita lho. Kotor dan semrawut gitu. Ternyata malah lebih cantikan Thailand ya, apalagi dengan pelarangan rokok itu. Mantap lah. Pernah waktu di Malaysia mau jalan darat ke Thailand, belum terlaksana. Moga lain waktu bisa jalan jalan ke sana

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne Aug 12, 2019, 9:19:00 AM

Wah keren suvarnabhumi di Thailand yang mengutamakan kesehatan. Kapan ya di Indonesia larangan ini di terapkan. Hukuma. Cukup bikin jera

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty Aug 12, 2019, 11:19:00 AM

Saya pernah nonton drama Thailand dan salut sama negara ini karena tiap hari memutarkan lagu kebangsaan di area umum, seperti sekolah dan perkantoran, lalu yang mendengar pun langsung berdiri khidmat dan sikap hormat, makin salut dengan pelarangan keras merokok, semoga di Indonesia juga menerapkan aturan yang ketat tentang rokok

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid Aug 12, 2019, 11:51:00 AM

Keren deh Thailand. Semoga suatu saat Indonesia bisa menerapkan aturan serupa, amiiin

Reply Delete
Avatar
Ira Aug 12, 2019, 11:53:00 AM

Wahhh keren nih Mba Alida dan Mba Herva bisa dua kali jalan-jalan ke luar negeri bersama dan yang lebih spesial lagi keduanya adalah hadiah dari blog :)

Reply Delete
Avatar
Cerita Sore Aug 12, 2019, 12:15:00 PM

Saya suka banget sama kebijakan pemerintah yang satu itu, ROKOK. Sya termasuk golongan penentang rokok hihi.. ingin suatu hari nanti ke thailand euy ❤

Reply Delete
Avatar
Diayu Refina Sembiring Aug 12, 2019, 12:39:00 PM

Seneng banget kalau tau aturan merokok segitu tegasnya di salah satu bandara di Thailand ini ya mbak. Kalau di KNO didalam bandara memang dilarang merokok dan disediakan tempat merokol diluar2 gitu sih mba.

Reply Delete
Avatar
Luella Artistry Aug 12, 2019, 12:45:00 PM

Wih liat gini jd kangen jalan jalan ke thailand deh. Btw aku suka sam peraturan disana. Coba bisa diterapin di indo y mengenai larangan merokok hehe

Reply Delete
Avatar
Riesranty Aug 12, 2019, 2:59:00 PM

Happy banget baca tips nomor 2 untuk Jangan Merokok (sama sekali) di area bandaranya. Semoga di Jakarta & semua bandara jg deh gak perlu ada smoking room/ area juga biar totally fresh ya mom hehe

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara Aug 12, 2019, 8:47:00 PM

Senangnya akhirnya bisa jalan2 sampai thailand.. Duh aku jadi pengen kesana.. Bandaranya aja bagus banget kayak gini .. Gimana tempatnyaaa

Reply Delete
Avatar
Maya Rumi Aug 13, 2019, 12:35:00 AM

Keren yah pemerintah thailand berani ambil keputusan untuk menghentikan merokok di negaranya sekitar 6 tahun lagi itu loh, salut banget

Selamat mbak hadiah jalan2nya asiek bgt soh ke thailand

Reply Delete
Avatar
Indah Juli Aug 13, 2019, 2:13:00 AM

Wuih yang ke Thailand itu hadiah lomba blog tho ternyata, keren banget sih.
Thailand hebat, nggak tanggung dalam bikin peraturan ya.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti Aug 13, 2019, 4:13:00 AM

Tegas banget ya Thailand pada perokok. Gak cuma merusak dirinya sendiri sih perokok itu ya mbak, tetapi juga orang lain, bahaya perokok pasif ini yang paling ditakutkan.

Reply Delete
Avatar
www.umidah.com Aug 13, 2019, 4:57:00 AM

Wah pengalaman yang seru banget, Travelling ke Thailand... Aturan larangan merokok di setiap area publik saya setuju apalagi di area bandara.

Reply Delete
Avatar
Cilya Aug 13, 2019, 6:08:00 AM

Aku entah sdh berapa kali ke Bangkok Thailand dan sdh berapa kali singgah di bandara ini..tapi tetap ngga sempat foto-foto ahaha...

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya Aug 13, 2019, 7:28:00 AM

Jodoh sahabat ini namanya. Bisa 2x pergi bareng2. Kapan dong bikin tulisan kolaborasi berdua? Hihiii.

Ini berarti di bandaranya gak ada smoking area juga yak? Hebat banget. Salut. Berdoa yg kenceng yuuk biar Indonesia juga tegas terhadap perokok.

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me Aug 13, 2019, 8:04:00 AM

Serunya yang menang lomba, pasti ne time banget ya mba di sana... Btw ku juga berharap tindakan tegas buat para perokok yg kadang merokok di tempat umum

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Aug 13, 2019, 8:54:00 AM

Seruuu pisan yaaa mba, menyusuri dan mengeksplorasi Bandara terbesar di Thailand ini. Banyak belanjaaa dong. Beli apa ajaaa mba?.seru pastinyaaa

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta Aug 13, 2019, 9:12:00 AM

Asyik banget ya Mbak bisa jalan-jalan ke Thailand berkah juara lomba blog. Btw saya baru tahu nih ternyata Thailand merupakan salah satu negara yang sangat ketat peratiran larangan rokoknya ya. Bahkan di bandaranya pun ada aturan dilarang merokok. Keren banget nih. Semoga Indonesia oun ke depannya bisa mencontoh Thailand dalam hal ini.

Reply Delete
Avatar
Widya Lim Aug 13, 2019, 9:33:00 AM

Sebagai salah seorang pecinta Thai Drama, aku pengen bangeet ke Thailand wkwkwk.. Makasih infonya kaak, semoga suatu hari nanti bisa ke Thailand dan tentunya ke airport nya juga XD

Reply Delete
Avatar
Suzannita Aug 13, 2019, 9:37:00 AM

Seru banget pastinya bisa Explorer Thailand ya ada pengalaman lucu sih di sana karena disana banyak yang tidak bisa Bahasa Inggris jadi pakai bahasa tubuh dan bahasa isyarat maupun bahasa kalkulator

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Aug 13, 2019, 11:50:00 AM

alhamdulilah ya ummi, kita bersua di Thailand btw aku sempet abadikan foto yang di imigrasi wkwkwk sebelum diciduk petugas :p

Reply Delete
Avatar
Nona Aug 13, 2019, 6:42:00 PM

Harus nya indonesia juga nih Ada larangan ngerokok wkwkkw . jadi pengen ke Thailand lagi . udah lama gak kesana , kalau kesana dulu cuman buat belanja Terus dijual lagi hahahaha 🤣

Reply Delete
Avatar
QIAH Aug 13, 2019, 7:22:00 PM

bandaranya gede banget ya
memang datang lebih awal itu udah jd pilihan terbaik klo mengurangi antrian, lgp luas juga nyaman buat nunggu ya

Reply Delete
Avatar
Ima Satrianto | www.tamasyaku.com Aug 14, 2019, 10:20:00 AM

Wah bisa reunian sama mba Herva ya mba, senangnya. Jalan-jalan bareng itu serunya ada yang motoin ya. Pengin suatu saat berkunjung ke Thailand, ditunggu ceritanya kemana saja pas ke Thailand ya mba.

Reply Delete
Avatar
Eni Martini Aug 14, 2019, 10:55:00 AM

Kalau baca pengalaman umi jalan ke Thailand kemarin, seneng banget tuh bisa jalan bareng sahabat ya, duh itu bandara kece ya

Reply Delete
Avatar
Mama Ayu Utami Aug 15, 2019, 7:23:00 AM

Semoga kapan2 aku bisa jalan2 bareng temen blogger juga, fotonya juga bagus2 deh mbak, kusuka lihat dan bacanya

Reply Delete
Avatar
Yayat Aug 15, 2019, 11:40:00 AM

ke Thailand kudu nyobain mango sticky rice tuh mbak.. sempet nyobain gak kemarin

Reply Delete
Avatar
Evalina Aug 15, 2019, 11:45:00 AM

Peraturan di hampir setiap bandara idara adalah datang lebih awal dan tidak boleh merokok

Reply Delete
Avatar
Tika Samosir Aug 15, 2019, 5:59:00 PM

Kemaren ke Thailand jalan-jalan ke mana aja mba? Ih kepo banget aku. Soalnya ke sana aku tahun 2013 sebelum dilamar suami.

Reply Delete
Avatar
Putri Istiana Aug 16, 2019, 9:27:00 AM

seneng banget bacanya berasa lagi di Thailand beneran hehe. pengen kesana juga taun depan insyaAllah

Reply Delete