Thailand dan Kebijakan Larangan Merokok

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Thailand dan Kebijakan Larangan Merokok


Berkunjung ke Thailand, berarti harus siap untuk berbagai ketentuan. Termasuk dengan adanya larangan merokok yang diterapkan di Thailand. Mengapa Thailand menerapkan larangan merokok di negara mereka ? Thailand merupakan salah satu negara ASEAN yang menerapkan aturan tegas bagi para perokok. Dampak rokok yang berbahaya bagi kesehatan serta meningkatnya orang yang meninggal karena merokok membuat Thailand menerapkan kebijakan larangan merokok.

Saya beruntung termasuk salah satu yang mendapatkan kesempatan berkunjung ke Thailand selama 3 hari 2 malam dan melihat secara langsung penerapan larangan merokok di Negara Gajah Putih itu. Selain saya, ada juga Herva Yulyanti yang juga memenangkan hadiah lomba blog yang diselenggarakan oleh Kantor Berita Radio (KBR) dan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN).
 
Saya di Thailand
Ada sekitar lebih dari 80 tempat di Thailand yang menerapkan kebijakan larangan merokok. Ada enam bandara yang melarang merokok di kawasan itu, 20 pantai, ATM, berbagai pusat pembelanjaan, kantor pemerintahan, rumah sakit, hotel, perpustakaan, dan lain-lain. Aturan terbaru bahkan memberikan larangan merokok di dalam rumah! Kebijakan pemerintah Thailand untuk adanya laranngan merokok di dalam rumah rencananya akan diberlakukan pada 20 Agustus 2019.  


Saat pertama tiba di bandara Suvarnabhumi, Thailand, saya mengira bandara masih menyediakan ruang-ruang khusus perokok seperti halnya yang masih ada di beberapa tempat di Indonesia. Namun perkiraan saya meleset. Saat berkeliling bandara terbesar di Thailand itu, saya tak menemukan satu pun ruang khusus bagi perokok.

Penasaran, saya pun bertanya ke salah satu petugas bandara. Apa jawabannya? “Tak ada yang boleh merokok disini,” kata petugas itu. Berbagai fasilitas yang disediakan di bandara teryata tidak memasukkan ruang merokok bagi para perokok.

Bahkan, berbagai tanda larangan merokok pun terpasang di dalam dan di luar bandara. Saya tak sengaja bertemu dengan salah satu turis asing yang menanyakan ruang merokok untuknya. Dan petugas pun menjawab bahwa memang tak ada ruang khusus buat merokok.

Larangan merokok di bandara Survanabhumi

Kebijakan larangan merokok juga di berlakukan di tempat wisata. Saat ke Thailand, saya berkunjung ke Wat Arun, salah satu tempat wisata yang terkenal dan wajib dikunjungi setiap kali tiba di Thailand. Saya, Herva dan seorang tour guide ke Wat Arun menggunakan mobil ke Wat Po dan kemudian jalan kaki sekitar 5 menit menuju dermaga kecil tempat berlabuh kapal yang akan membawa kami ke Wat Arun.

Sepanjang perjalanan, saya tak melihat ada yang menjajakan rokok ataupun wisatawan dan warga lokal yang bebas merokok seenaknya Asap rokok yang khas bahkan tak tak tercium. Tak heran, ini karena di berbagai tempat di tempat wisata pun dipasang adanya larangan merokok.





Saat membeli tiket kapal, ada tanda larangan merokok yang terpasang di dinding. Tertulis dengan jelas no smoking area serta ikon khusus larangan merokok. Selain itu juga tertulis sanksi yang akan diterima jika merokok di kawasan Wat Arun yakni denda 5000 bath atau sekitar Rp 2,5 juta!

Tak hanya menuju kawasan Wat Arun saja. Di dalam tempat wisata Wat Arun pun juga terpasang berbagai tanda larangan merokok. Bahkan ukuranya bervariasi yakni mulai dari yang kecil hingga yang besar.


Di dalam pasar yang ada di kawasan Wat Arun pun tak diperbolehkan merokok. Saya sempat ngobrol dengan salah satu wisatawan yang mengaku setuju dengan adanya larangan merokok. Larangan merokok di berbagai tempat wisata membuat kawasan itu pun bersih dari putung rokok.


Lalu, bagaimana dengan pusat pembelanjaan? Saat kami mengunjungi Platinum Mall, salah satu pusat pembelanjaan terbesar di Thailand, juga terdapat adanya larangan merokok. Bahkan pusat pembelanjaan itu tidak menyediakan ruang merokok yang kerap kali mudah di temui di pusat pembelanjaan.

Bahkan, berbagai tanda larangan merokok pun terpasang di berbagai tempat. Apa sanksi yang akan diterima jika ada yang ketahuan merokok di tempat umum? Dendanya 5000 bath atau sekitar Rp 2,5 juta.


Larangan merokok di pusat pembelanjaan

Bagi saya, pelarangan merokok di Thailand ini bisa menjadi salah satu contoh negara yang dengan tegas melarang adanya larangan merokok. Pelarangan ini tidak hanya sekedar simbol larangan merokok tapi juga tidak menyediakan fasilitas pendukung untuk merokok.

Tapi satu sisi saya penasaran, apakah ada warga yang telah menerima sanksi ketika ketahuan merokok di kawasan larangan merokok yang ada di Thailand? Namun, saya berharap Indonesia juga dengan tegas memberlakukan larangan merokok serta tidak menyediakan ruang merokok. Bagaimanapun, dampak asap rokok tentu sangat merugikan banyak pihak.  

Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

61 komentar

Avatar
HM Zwan 12 Agu 2019 09.34.00

Wih, keren banget Thailand. Bener bener tegas ya mbk pemerintahnya.. Plang larangan merokok dan dendanya juga tertulis jelas.. Keren

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 11 Sep 2019 07.33.00

Iyap dan semoga kita juga bisa melakukan ini

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas 12 Agu 2019 10.18.00

Mbaaak.. pernah kepikiran nggak buat nanyain denda yang ketahuan merokok? Maksudnya pelaksanaannya. Apakah mereka benar-benar tidak merokok? Bagaimana dengan diskotik? apakah hal sama berlaku juga di dalam diskotik?

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 12 Agu 2019 10.51.00

Wikkss, denda 2,5 JUTA? Mantaaabbb :D
Kalo diterapkan dgn sungguh2 bisa kasih efek jera ya Mba
Di INDONESIA, dulu sempat ramai sih larangan ngrokok ini.
tapi kayaknya hangat2 tahi ayam belaka
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati 12 Agu 2019 12.47.00

Wah senangnya kalo ada larangan merokok, aku suka pusing kalo kena asap rokok haha. Dendanya cukup banyak ya, 2,5 jt an. Semoga di Indonesia nantinya juga ada larangan merokok. Yang aku tau, di kereta udah ada larangan merokok, jadi lebih nyaman naik keretanya.

Reply Delete
Avatar
Akarui Cha 12 Agu 2019 13.00.00

Kece banget ini Thailand. Semoga jadi bahan percontohan di indonesia ya. Soalnya saya sebel gitu sama yang merokok suka suka di sini. Bahkan di bawah plang larangan merokok pun masih ada yang iseng sebats sebats.

Reply Delete
Avatar
Nefertite 12 Agu 2019 13.40.00

Bagus ya Thaiand tegas melarang merokok, bahkan sama sekali nggak ada space buat para perokok. Nggak tahu di Indonesia belum bisa tegas, apa kaitannya dengan belum ada alternatif bagi para petani tembakau ya?. E tapi aku ada teman produksi rokok yang campurannya non kimia, jadi rokoknya aman, malah campurannya kaya rempah plus madu begitu,

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 12 Agu 2019 16.47.00

Mau tanya dulu sebelum ngegugel, Wat Arun yang terkenal itu tempat wisata kayak gimana sih? Kabarnya, kalau belum mampir ke sana berasa kurang afdol ke Thailand... hehehe. Nah gini mestinya Indonesia juga turut memberlakukan larangan merokok. Kalau bisa dendanya dua kali lipat jadi 5 juta rupiah gitu kan mantap pisan! :) Btw selamat ya mbak Alida dan mbak Herva dapat juara dan hadiah seperti ini. Keren.

Reply Delete
Avatar
Fanny F Nila 12 Agu 2019 19.58.00

aku penasaran mba, jd di mana orang2 ini bisa merokok kalo nanti aturan larangan di rumah udh berlaku yaaa :D. tapi aku setujuuuu ama larangan ini. memang hrs begitu, tegas dong , jd pelan2 kebiasaan merokok juga bisa dikurangi.

ini temenkubpas tau thailand menerapkan aturan begini, dia lgs ogah dtg ke negara ini. temenku rokok berat soalnya -_-

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati 12 Agu 2019 20.56.00

Keren Thailand! Sehat sekali tinggal disana. Semua pihak mendukung larangan merokok. Pasti sebelumnya ada pro dan kontra kebijakan ini.

Reply Delete
Avatar
Efa Butar butar 12 Agu 2019 22.04.00

Kereennnnn, takjub ih bisa sekeras itu ke penduduknya dan penduduknya juga patuh. Kira kira bisa diterapkan di Indonesia tidak ya?

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni 12 Agu 2019 22.05.00

Ahh asli salut banget Sama Thailand. Semogaa aja Indonesia bisa segera mengikuti Dan konsisten soal kalangan merokok ini.

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama 12 Agu 2019 22.53.00

Wah keren Thailand. Aku baru tahu nih kalo seketat itu dengan denda yg cukup besar. Kalau diberlakukan di Indonesia bisa ga ya? Bakal ada pro kontra kah?

Reply Delete
Avatar
Memez Heidy Prameswari 12 Agu 2019 23.04.00

Ahhh jadi kangen sama Thailand. Memang nyaman banget kalau ruang publik tanpa adanya ruang untuk perokok... dan tegasnya peraturan ini sepertinya bagus juga diterapkan di Indonesia yaa....

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 13 Agu 2019 06.23.00

Mudah2an Indonesia kayak gini ya mba jadi bener2 sehat lingkungan Dan Pemerintah may menerapkan ya gak hitung untung rugi terus...mau juga k Bangkok kapan ya. 💗💗

Reply Delete
Avatar
gita siwi 13 Agu 2019 06.34.00

Sebagai negara yang tiap tahunnya banyak dikunjungi orang sudah seharusnya ya memang bikin larangan tegas nih karena akan mmenyamankan banyak orang terhadap lingkungan ini.

Reply Delete
Avatar
Farhati Mardhiyah 13 Agu 2019 07.17.00

Senengnya kak Alida ke Thailand , keren ya disana kawasan bebas merokoknya bener2 diterapkan, semoga di Indonesia bisa niru

Reply Delete
Avatar
Ria Nugros 13 Agu 2019 08.14.00

Keren sekali Thailand ini tegas sama perokok, pasti seger ya jalan-jalan tanpa asap rokok. Di Indonesia juga pernah ya denda uang klo merokok ditempat umum, sayang peraturannya udah hilang sekarang.

Reply Delete
Avatar
Yeni Sovia 13 Agu 2019 09.02.00

Waw keren ya mba. Sampai nggak ada juga ruang khusus merokok di tempat umum kayak bandara gitu. Apalagi rencananya larangan merokok sampai mau diterapin di rumah. Semoga berhasil itu dan semoga Indonesia bisa mengikuti juga programnya. Soalnya aku kemarin abis kesel ngeliat banyak influencer bahkan ibu-ibu dan berjilbab ikut daftar campaign rokok

Reply Delete
Avatar
Irena Faisal 13 Agu 2019 09.40.00

emang jagoan Thailand ini, keren banget bisa menerapkan peraturan dilarang merokok untuk suatu negara :)

Reply Delete
Avatar
Amelia Fafu 13 Agu 2019 09.52.00

Keren banget Thailand ya, tegas menerapkan larangan merokok dimanapun lokasinya, bahkan gak menyediakan tempat khusus merokok ya. Orang Thailand insya Allah jd sehat atuh paru-parunya. Seneng banget sama peraturam begini, negara kita belum sepenuhnya ya, semoga nanti bisa spt Thailand, tegas. Oya, have nice holiday, Ummi..

Reply Delete
Avatar
Okti Li 13 Agu 2019 10.45.00

Indonesia harus banyak belajar kepada negara Thailand ya. Disiplin dan kesadaran orang Indonesia memang masih kalah jauh. Senangnya ih bisa jalan jalan ke Thailand. Selamat ya....

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 13 Agu 2019 11.31.00

Kece ya aturannya. Bisa menarik minat wisatawan ni. Bebas wisata tanpa terganggu asap rokok.

Semoga indonesia juga akan seperti ini ya

Reply Delete
Avatar
Eskaningrum 13 Agu 2019 11.47.00

Semoga Indonesia segera mengikuti jejak negeri Gajah Putih untuk merealisasikan larangan merokok. Gemas gemas gregetan kalau ada yang sembarangan hempaskan asap rokok ke arah kita ya, bagi-bagi penyakit aja.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 13 Agu 2019 11.51.00

semoga negara flower kita tercintah ini bisa terapin ya ummi aturan tegas begini :) keren tanpa rokok

Reply Delete
Avatar
Khoirur Rohmah 13 Agu 2019 13.42.00

Sebelumnyaa,, selamat yahh mbak,,,
Pantas aja waktu liat storynya mbak Herva, ada Mbak Lid juga hehehe
Bagus nih peraturannya mbak, bebas rokok di tempat umum, bahkan ada peraturan di dalam rumah juga, kerennn ihh pokoknyaa

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati 13 Agu 2019 13.54.00

Wah, sehat dong udaranya, tidak terpapar asap rokok. Jadi sebenarnya itu tergantung niat juga ya... Btw di Thailand ada pabrik rokok tidak mb?

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 13 Agu 2019 17.36.00

Wah.. Perlu banget nih dicontoh. Terutama di tempat wisata. Karena di daerah saya sendiri masih bebas merokok, padahal tempat wisata.

Kayaknya baru Thailand apa ya yang memberikan larangan tegas terhadap rokok. Semoga bisa ditiru oleh negara lainnya.

Reply Delete
Avatar
mira utami 13 Agu 2019 19.25.00

Seneng juga banyak yang antusias dengan menghentikan kebiasaan buruk. Semiga di Indonesia bisa diterapkan juga

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 13 Agu 2019 21.59.00

Wow gak disangka ya Thailand ini panutan banget dalam hal bebas rokok. Keren euy, pemerintahannya gak bergantung pada pemasukan dari rokok. Gak kayak di sini, masih bergantung pada industri rokok. Hiks seedih.

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 13 Agu 2019 22.00.00

Aku setuju banget setiap negara banyak memiliki area dilarang merokok, jadi kita gak menjadi perokok pasif ya, Umi. Jempol deh Thailand

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 13 Agu 2019 22.36.00

Kalau Thailand bisa kenapa kita gak ya? Itu di bandara keluar dikit deket yang nungguin bus hedeh udah banyak yang kebal kebul padahal ya ada tanda larangan merokok. Krn penegakan hukumnya gak tegas sih. Jadi malu sama Thailand :(

Reply Delete
Avatar
Lia_Lathifa 13 Agu 2019 23.46.00

Rasanya gak percaya Thailand bisa begitu, menerapkan aturan larangan merokok sangat ketat dan tegas. Semoga benar-benar jadi pelajaran buat di sini ya

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 14 Agu 2019 03.14.00

Semoga Indonesia nyusul juga. Aheyyy yang dari Thailand, jadi makin tahu ttg jangan merokok ya mak.

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah 14 Agu 2019 04.59.00

Coba kalau di Indonesia atau minim di Jakarta aja berlaku hal yang sama ya. Mungkin akan berkurang kepengapan udara di sini. Tapi memang ahrus siap mengakomodir karyawan perusahaan rokok yang jumlahnya buanyak itu. Selalu kan, selama ini alasannya pajak dan PHK karyawan, makanya gak ada kebijakan yang tegas?

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 14 Agu 2019 07.23.00

Seneng ih baca tentang ketegasan pemerintah dalam melarang aktivitas merokok di ruang publik. Suka kesel aja kalau ada orang merokok yang tidak kenal tempat, was wus aja asapnya dan mengenai orang lain, apalagi seringnya mereka tidak peduli ada ibu-ibu dan anak-anak di dekatnya.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 14 Agu 2019 08.43.00

Seneng ya kalau daerahnya sudah bebas dari asap rokok. Seandainya Indonesia punya ketegasan tidak boleh merokok, pasti udara dilingkungan kita bersih. Cukup udara kotor dr polusi jangan ditambah dari rokok.

Reply Delete
Avatar
Ludyah Annisah 14 Agu 2019 08.52.00

Salah satu kebijakan yang mesti ditiru nih, terlebih semua stakeholder bekerja sama untuk menegakkan aturan ini. Asli, ini keren banget ummi. Bahkan, dendanya pun enggak tanggung-tanggung ya mi. Salute!

Reply Delete
Avatar
Natrarahmani 14 Agu 2019 09.26.00

Duuhh kepengennya Indonesia seperti ini ya kak Alida.. bersih pasti udara di sekitar dan kita pun nggak rentan sakit..

Reply Delete
Avatar
Amelia Fafu 14 Agu 2019 10.57.00

Keren Thailan dg kebijakan larangan merokok hampir di setiap tempat umum, semoga Indonesia bisa ikut jejak Thailand nih

Reply Delete
Avatar
Ria Fasha 14 Agu 2019 12.02.00

Keren banget thailand bisa menerapkan ini. Jadi lebih nyaman ya mbak kalo berada di fasilitas umum ataupun di tempat wisata .semoga aja kebijakan ini bisa segera di ikuti Indonesia

Reply Delete
Avatar
fenni bungsu 14 Agu 2019 13.10.00

Berharap nya di Indonesia pun juga sama larangan rokok yang ketat, biar kualitas udara kita bisa menjadi lebih baik

Reply Delete
Avatar
Ririe Khayan 14 Agu 2019 14.41.00

Semoga di INdonesia juga bisa diterapkan peraturan yang ketat, tegas, ditegakkan dengan efek jera, minimal dimulai dengan implementasi yang ketat ini dari larangan merokok di ruang publik. KArena meski di tertulis larangan merokok di ruang publik, kadang masih ada saja yang merokok dengan santai.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 14 Agu 2019 16.30.00

Kece banget ini mbak Lidha, aku salut ini fotonya selalu ada signed larangan merokok. Indonesia harusnya dapat mencontoh Thailand, karena disana memang sudah lama sekali larangan ini diberlakukan.

Reply Delete
Avatar
Witri Prasetyo Aji 14 Agu 2019 18.17.00

Setuju sama larangan merokok ini, semoga di Indonesia juga bakal ada larangan merokok...sedih akutuh kalau liiat orang ngerokok sembarangan

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 14 Agu 2019 19.01.00

Owalah jd itu ya alasan kunjungannya kmrn dipilih di Thailand.
Memang kyknya tergantung dari kesadaran masyarakatnya plus juga penegakan hukumnya ya mbak. Indonesia jg msh sangat ramah sama perusahaan rokok dan kyknya kebijakannnya pun masih ragu2

Reply Delete
Avatar
Rudi Chandra 14 Agu 2019 20.08.00

Wah... Tegas banget Thailand dalam melarang merokok, bahkan sampe ruang khusus merokok juga nggak disediain.

Tapi bagus sih itu, yang gak merokok juga bisa nyaman buat bernafas.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 14 Agu 2019 20.26.00

aku suka lah kalau ada larangan kaya gini di sini juga mbak, biar gak terllau sesak napas kalau di mana-mana cium asap rokok

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara 14 Agu 2019 21.10.00

Keren yaa thailand itu .. Kapan ya indonesia negara kita keluarin kebijakan kayk gini ya mom.. Soalnya masi banyak yg rokok sembarangan

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 14 Agu 2019 21.29.00

Keren nih Thailand dengan kebijakannya ini. Aku pernah bikin kempen di kampung ku nempelin stiker di rumah2 " Dilarang merokok di dalam rumah" Tapi ga berlangsung lancar

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 15 Agu 2019 10.49.00

Kelemahannya di Indonesia gtu kyknya ya, bikin kebijakan trus dilanggar, bahakan ada guyonan kalau larangan dibikin buat dilangar, emang miris :(

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 14 Agu 2019 21.31.00

setelah liat cuplikannya di IG, akhirnya bs baca lengkap di sini. Ini nih yg bikin saya pengen ke thailand, bebas asap rokok dj tempat umum

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 14 Agu 2019 21.35.00

setahu aku yah, di negara kita jug alarangan udah cukup kuat sih Mba, cuma yah itu pabriknya aja gede di indonesia,lalu mau dijual di mana produknya, hihihi

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 14 Agu 2019 21.57.00

Selagi peraturan, penerapan, sanksi dan penegakan hukum tidak berjalan seirama, sulit rasanya bagi negara kita untuk membuat larangan ini dipatuhi seluruh makhluk perokok.

Reply Delete
Avatar
Hana Aina 14 Agu 2019 22.26.00

Wah, kompak ya antara pemerintah dan masyarakatnya, sama-sama setuju anti rokok. Semoga saja di Indonesia segera bisa menyusul

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 14 Agu 2019 23.12.00

waaah enaknya kalau tempat wisata dan bandara bebas asap rokok. Eh beneran tuh di rumah pun ada larangan merokok? Menarik nih, gimana ya penerapannya? Apa harga rokok di Thailand mahal?

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 15 Agu 2019 00.00.00

Semoga di Indonesia pun hukumnya jelas antara smoking area atau bukan.
Karena ga jarang juga tuh...otang tetep merokok padahal NO SMOKING AREA tulisannya uda segede gaban gitu...

Reply Delete
Avatar
Hani 15 Agu 2019 00.59.00

Saya baru tau, segitunya ya Thailand anti rokok. Bagus ini, patut ditiru oleh Indonesia. Semoga Indonesia bisa bebas rokok juga ya. Dan semoga suatu saat saya bisa menang jalan2 ke Thailand juga ya mba. Aamiin. Hehe.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 15 Agu 2019 07.39.00

Wah, keren ya Thailand dengan kebijakan Larangan Merokoknya. Dendanya gede, bikin masyarakat takut merokok. Tapi iya, kalo ada larangan ketat, biasanya pelanggaran tetap banyak terjadi. Apa ada kasus yg pernah didenda?

Reply Delete
Avatar
Farahdjafar 15 Agu 2019 09.00.00

Aku belum pernah ke thailand hehehe pas liat postingan kamu mba di fb jadi envy aq pgn kesana juga hehehe

Reply Delete
Avatar
Grandys 17 Agu 2019 10.20.00

waaah udara di Thai sepertinya lebih leluasa ya mba karena tidak ada paparannya asap rokok. Aku pengen nih k Thai dan menghirup udara di sana yang tanpa asap rokok ini

Reply Delete